Jelajah 10 Pulau Indah di Kalimantan


Reni  September 12, 2022  0 Comment

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa Kalimantan hanya terdiri atas kawasan hutan yang sangat luas di Indonesia. Tapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah Kalimantan ternyata mempunyai beberapa objek wisata pulau yang cantik. Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa pulau di Kalimantan yang cantik dan indah tersebut, seperti :

1. Kepulauan Derawan

kepulauan derawan
travel.tempo.co

Objek wisata pulau pertama yang pastinya cantik adalah kepulauan Derawan. Dimana ini termasuk salah satu pulau yang cukup terkenal, bahkan di kalangan traveler dunia. Di kepulauan tersebut, terdapat habitat alami dari flora dan fauna laut yang terbilang cukup langka. Anda sebagai wisatawan tentunya dapat menikmati keindahan tersebut, sambil berenang bersama kura kura hijau raksasa, dan juga ubur ubur yang tidak beracun.

Caranya cukup kunjungi kawasan Kalimantan Timur, atau sekitar 45 menit dari Balikpapan. Yang menarik, kawasan yang satu ini sudah dicalonkan ke dalam warisan UNESCO.

2. Pulau Maratua

pulau maratua
beborneotour.com

Berikutnya adalah pulau Maratua, sebuah pulau kecil dan tidak berpenghuni yang ada di bagian selatan kepulauan Derawan. Termasuk salah satu destinasi wisata favorit dari para wisatawan asing.

Alasannya karena keindahan alam bawah laut yang ada di kawasan tersebut, mampu membius para pecinta snorkeling dan diving. Saat ini untuk memfasilitasi para pelancong tersebut, sudah dibangun beberapa cottage yang dapat disewa di pulau tersebut.

Kualitas air yang jernih, dengan ribuan terumbu karang dengan tipe fringing, reef, membuat pulau ini terasa sangat indah. Untuk dapat mengunjungi kawasan tersebut, Anda dapat mengaksesnya dari Tarakan.

Sedikit tips untuk Anda yang ingin mengunjungi kawasan yang satu ini, pastikan Anda membawa bekal makanan yang cukup, mengingat kawasan ini tidak berpenghuni.

Gotravelly

Weekend Di Pulo Cinta Eco Resort, Gorontalo

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

3. Pulau Samber Gelap

pulau samber gelap
banjarmasin.tribunnews.com

Dengan pulau cantik yang juga mempunyai nama yang sama, yaitu pantai Samber Gelap. Termasuk salah satu pulau kecil yang ada di Kalimantan. Yang menarik adalah pulau ini terbilang masih perawan, dan lokasinya tidak jauh dari kawasan Kotabaru.

Dengan warna pasir pantai yang putih bersih, air laut yang jernih, dilengkapi dengan keindahan alam bawah laut yang indah. Membuat para pelancong senang datang ke tempat yang satu ini. Yang pasti para pelancong tidak akan bosan tinggal di tempat ini, karena ada cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan, seperti snorkeling, memancing, dan juga diving.

4. Pulau Kakaban

pulau kakaban
traveling.bisnis.com

Masih jadi 1 dengan kepulauan Derawan, dimana pulau Kalimantan yang satu ini terbilang sangat istimewa. Mempunyai luas sekitar 774,2  Ha, pulau yang satu ini tidak hanya mempunyai beberapa lokasi pantai yang cantik dan indah, namun juga suasana pulau yang terbilang asri.

Tapi ada yang lebih unik, dimana di pulau tersebut, terdapat sebuah danau, yang terletak di bagian tengah pulau. Namanya adalah danau Kakaban, sebagai tempat tinggal dari kawanan ubur ubur cantik dan tidak beracun. Terdapat 2 jenis ubur ubur yang ada di kawasan tersebut, yaitu ubur ubur emas dan juga bulan.

Mengingat kawanan terbut tidak berbahaya, artinya Anda dapat berenang di danau tersebut bersama kawasan ubur ubur tersebut.

5. Pulau Sangalaki

pulau sangalaki
celebes.co

Berikutnya adalah pulau Sangalaki yang ada di Kalimantan Timur. Ketika Anda mengunjungi kawasan yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan hamparan pantai dengan pasir putihnya yang cantik. Pohon pohon nyiur yang melambai lambai, membuat udara di sekitar pulau jadi terasa lebih sejuk. Ombak yang beriring iring tenang, air laut yang jernih, dan berwarna kehijauan, membuat pemandangan alam di kawasan tersebut, terlihat sangat cantik.

Tidak hanya sampai disana, di tempat ini, Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling atau juga diving, untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di sekitar lokasi pulau.  

6. Pulau Randayan

Pulau Indah di Kalimantan
tribunnewswiki.com

Bagi sebagian orang, pulau Randayan yang ada di Kalimantan ini merupakan pesaing ketat dari kepulauan Derawan.  Dimana pulau Kalimantan yang satu ini tidak hanya menyuguhkan keindahan pantainya yang cantik, namun Anda juga dapat menikmati aneka keindahan alam bawah laut, termasuk keragaman biota laut yang ada di kawasan tersebut.

Lokasinya ada di Kalimantan Barat, Anda hanya perlu pergi ke kawasan Singkawang, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Pontianak ke Teluk Suak, berikutnya perjalanan akan dilanjutkan ke pulau Randayan. Untuk sampai ke pulau tersebut, Anda hanya perlu menyewa Speed Boat sekitar 150 ribuan rupiah saja.  

7. Pulau Kepayang

pulau kepayang
travelerien.com

Pulau Kepayang termasuk salah satu pulau cantik lainnya yang ada di Kalimantan. Tidak hanya mempunyai pasir putih yang cantik, dilengkapi juga dengan keinahan alam bawah laut yang tidak peru diragukan lagi.

Tidak hanya itu, saat ini pemerintah Kalimantan Barat, tengah menjadikan kawasan yang satu ini sebagai kawasan konservasi. Yang artinya, fasilitas wisata yang ada di kawasan yang satu ini akan lebih ditingkatkan. Anda yang ingin berlibur ke kawasan wisata alam yang terbilang  lengkap, maka ini akan jadi salah satu pulau yang harus Anda kunjungi.

8. Pulau Beras Basah

pulau beras basah
pegipegi.com

Pulau Beras Basah, yang berlokasi di Bontang Lestari, Kec Bontang Selatan, kota Bontang ini, juga tidak kalah indah dengan beberapa objek wisata pulau yang ada di pulau Kalimantan. Tidak hanya mempunyai panorama alam yang indah, pasir pantai yang putih bersih, juga beberapa pohon rindang yang membuat siapa saja jadi betang berlibur di pulau tersebut.

Tidak hanya wisata alam atas lautnya saja yang indah, namun juga wisata alam bawah lautnya juga tidak kalah menarik. Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan aneka biota laut nan cantik, dan juga aneka terumbu karang yang indah. Anda dapat menyaksikan aneka keindahan alam tersebut dengan cara snorkeling atau juga diving.

9. Pulau Kumala

pulau kumala
phinemo.com

Lokasinya ada di kabupaten Kutai Kartanegara, kecamatan Tenggarong. Termasuk salah satu pulau cantik yang ada di pulau Kalimantan yang pas untuk dijadikan sebagai tempat berlibur.

Yang menjadi daya tarik dari pulau Kumala ini antara lain panorama alam sekitar yang terlihat sangat indah. Mulai dari sungai Mahakam yang indah, pas jika digunakan sebagai lokasi bersepeda santai. Selain itu ada juga ragam wahana menarik yang dapat Anda gunakan bersama keluarga, seperti bermain kereta api mini, bermain mobil wisata, dan yang lainnya.

10. Pulau Kaja

pulau kaja
phinemo.com

Lokasinya sendiri ada di Kalimantan Tengah, tepatnya di kecamatan Tangkiling, kota palangkaraya. Di tempat ini, Anda akan menikmati kehidupan orang utan di alam bebas.

Adapun orang utan yang ada di pulau yang satu ini, sudah menjalani rehabilitasi di Arboretum Nyaru Menteng. Sengaja ditempatkan di pulau Kaja, agar mereka dapat belajar hidup mandiri, sebelum akhirnya dilepaskan di alam liar.

Akses menuju ke pulau Kaja dari Kota Palangkaraya sendiri sekitar 40 hingga 50 menit. Kemudian menuju dermaga Tangkiling yang ada di pinggir sungai Rungan. Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan kapal wisata yang sudah disiapkan sebelumnya.

Dari 10 pulau Kalimantan cantik yang disebutkan di atas, mana yang Anda nilai paling menarik, dan pastinya ingin dikunjungi. 



Leave a Reply