9 Makanan Khas Hungaria Bikin Perut Bergoyang Gembira


sisil angelin  June 7, 2019  0 Comment

Negara Hungaria merupakan salah satu Negara Eropa yang memiliki bendera mirip dengan Negara Indonesia hanya saja warnanya ada 3 yaitu merah, putih dan hijau. Hungaria termasuk negara tertua di Benua Eropa karena dirintis pada tahun 1000 oleh seorang keturunan bangsawan bernama Raja Stephen I. Agama resmi Negara Hungaria adalah Katolik meski demikian Anda tidak perlu khawatir jika berkelana ke sana dan mencicipi Makanan Khas Hungaria.

Makanan Khas Hungaria

1. Goulash

Goulash
pipandebby.com

Goulash (artinya gembala) atau gulai biasanya berkuah kental dengan bahan dasar daging tetapi di Hungaria goulash adalah sajian berbahan dasar daging sapi sayuran yang dimasak sup encer. Rasa kuah rempahnya mirip dengan sup sumatra yang kuat pedasnya (merica). Goulash sangat cocok untuk Anda nikmati saat musim dingin sebagai makanan pembuka. Ciri khas Negara Hungaria adalah terkenalnya masakan dari sup entah sup daging atau sup sayuran. Olahan sup gaolash yang terkenal nikmat antara lain Spaetzle Beef Goulash, Beef Goulash. Mulanya masakan ini diolah pertama kali dari seorang penggembala kemudian ditiru oleh masyarakat Hungaria. Untuk pemeluk Agama Islam di Hungaria tetap bisa menikmati masakan halal karena ada sebuah daerah komunitas di sebelah utara Budhapest.

Gotravelly

Susuri Keasrian Banyu Urip Mangrove Center

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

2. Hortobagyi Palacsinta

Hortobagyi Palacsinta

Mindmegette.hu

Langos adalah sebuah cemilan yang berbahan dasar tepung yang dibentuk seperti kulit lumpia dan diisi dengan sayatan daging ayam atau daging sapi dan tak lupa topping dari sup kental. Rasanya sangat nikmat sekali ada gurih asin dan manis. Jika di Indonesia bisa dikatakan mirip dengan lumpia basah namun tidak digoreng dan rasanya manis. Sedangkan Hortobagyi Palacsinta dipanggang di atas teflon hingga kaku berwarna kecoklatan.  

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Keraton Jogja

3. Langos

Langos

WeLoveBudapest.com

Langos adalah sajian roti pipih yang ditaburi topping keju, krim asam, kacang, coklat. Proses pembuatan langos ini menggunakan metode panggang menggunakan tungku dan masih tradisional sekali sehingga tidak mengandung minyak goreng berlebihan. Jika Anda sedang mujur, Langos dapat ditemui di sepanjang jalanan karena cemilan ini menjamur saat ada event seperti karnaval atau pesta masyarakat. Langos sendiri memiliki nama lain yakni Lalanga, ukuran Lalanga sendiri hanya sebesar piring berdiameter 20 cm, kombinasi rasa gurih bercampur manis lebih enak disantap ketika masih panas. Setelah Anda mencoba berjalan sambil menikmati Langos di sekitar kota Hungaria cobalah berendam air panas di Kota Budhapest. Di kota ini ada pemandian air panas yang alami yang airnya akan naik 70 liter setiap hari.  

4. Fozelek

Fozelek
travellandculture.blogspot.com

Mencicipi Makanan Khas Hungaria lainnya yaitu fozelek yaitu rebusan sayuran yang baik untuk diet. Secara khusus menu ini mirip dengan Urap Ala Indonesia atau Salad Ala Amerika. Isian sayur bisa kacang hijau, kacang polong, lentil, sumsum, kubis atau semacamnya. Fozelek bisa didampingi dengan minuman anggur merah lokal yang nikmat. Proses pembuatan menu Fozelek ini tidak menggunakan bumbu rempah hanya sedikit minyak, mayonaise. Untuk menu tradisional ini akan Anda temui selama semua musim tetapi paling enak dimakan saat siang hari.   

5. Kubis Isi

Kubis Isi
cookpad.com

Saat Anda mengunjungi cagar alam di Taman Nasional Hartobagy yang berisi populasi hewan liar tak lupa membawa bekal kubis isi. Kubis isi ini adalah daging lembut berbalut kubis yang ditambah dengan sayuran lain seperti paprika, selada air, tomat, timun. Kemudian diberi saos tomat pedas (sesuai selera) ditambah nasi pulen. Sangat kental dengan nuansa membawa bekal ala anak sekolah. Di Taman Nasional Hartobagy Anda bisa menyentuh beberapa hewan langsung (terutama jinak) melalui mobil yang telah diberi pengaman. Tak terbatas itu saja, Anda juga bisa melihat langsung riwayat rantai makanan saat singa menelan kambing atau hewan lainnya.   

Baca juga :  10 Wisata Kuliner Enak di Lamongan, Enaknya Kebangetan

6. Pasta Biji Poppy Manis

Pasta Biji Poppy Manis
idntimes.com

Menu Pasta Biji Poppy Manis bisa dikatakan minuman bisa juga makanan karena dibuat dari biji poppy yang digiling kemudian diolah dengan kuah kental. Lebih tepatnya mirip dengan kuah santan kental pada opor ayam tetapi warna menu ini merah marun. Dahulunya Pasta Biji Poppy hanya ditemukan saat perayaan Kebudayaan Sziget atau Perayaan Musim Semi Budapest. Perayaan Sziget adalah perayaan musikal daerah asli dari Hungaria yang dirayakan pada Bulan Agustus di Kota Budhapest dan sekitarnya. Sedangkan, perayaan Musim Semi Budapest mengeluarkan semua musisi Hungaria dan berkumpul jadi satu yang diadakan pada Bulan Maret.

7. Paprikash

Paprikash
seriouseats.com

Paprikash merupakan menu bahan paprika daging ayam, ikan atau jamur. Cara memasaknya juga mirip dengan osengan santan Rendang Ala Indonesia namun tidak lama saat memasaknya. Paprikash mengutamakan rempah bawang dan merica sehingga rasa pedas hangat di tubuh akan Anda rasakan jika memakan menu ini sampai habis. Menu Paprikash akan satu paket dengan minuman khas Hungaria yaitu palinka. Palinka adalah minuman beralkohol dengan ekstrak buah anggur yang memiliki banyak pilihan rasa seperti ceri, aprikot dan plum. Bir terkenal Hungaria lainnya seperti Borsodi, Soproni, Arany Aszok, Kobanyai dan Dreher. Jika teman Anda ingin melihat pembuatan bir Hungaria yang nikmat coba berkunjung ke kota Balaton fured-Csopak, Balatonboglar, Badascony, dan Balton-felvide

8. Somloi Galuska

Somloi Galuska
hungarytoday.hu

Bagi Anda yang menyukai menu kue bisa mencicipi Somloi Galuska yang dijual murah dan banyak di pinggir jalan. Kue bolu ini dilapisi oleh krim keju, kismis, saus coklat dan walnut yang porsinya cuma sepiring kecil. Di Hungaria ada sekitar 1000 tempat spa yang bisa Anda pilih untuk merilekskan pikiran, tak lupa cafe 24 jam yang juga menyediakan menu Kue Somloi Galuska. Ada banyak menu kue Hungaria lain yang tidak kalah nikmat seperti Kue Dobos Torta (kue dengan krim keju, coklat karamel, biji poppy) , Kue Pancake Flambeed dengan isian cokelat dan berbagai kacang-kacangan yang menggigit rasa lidah Anda.     

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak di Chiang Mai Wajib Coba

9. Kremes

Kremes

http://thymeaftertime33.blogspot.com

Kremes adalah menu Makanan khas Hungaria penutup pesta yang terbuat dari puding berasa vanilla yang dilapisi lembaran kue kering bagian atas, sepihan keju dan lapisan mentega di bagian sisi sampingnya. Menu ini bisa Anda nikmati sambil melakukan perjalanan ke tempat ibadah bernama Sinagog di Kota Budhapest. Sinagog Budhapest yang terkenal adalah Sinagog Dohany Street, tempat ibadah yang dibangun pada tahun 1854 ini mampu menampung 3000 orang jamaah yang ingin beribadah. Gaya bangunan Sinagog ini menggunakan gaya Neo-Moorish sehingga sangat kuat sekali arsitektur ke-Eropanya. Interior indah di dalamnya yang penuh lampu hiasan dan lukisan bersejarah.

Makanan Khas Hungaria sangat kuat dengan bumbu rempah dan terkenal sekali hidangan Sup Goulashnya. Racikan bumbu instan yang sudah sedia di berbagai toko atau minimarket memang banyak variannya. Untuk bumbu sup goulash, paprikash, dan adonan praktis kue-kue bisa Anda racik tanpa repot. Menikmati keindahan kota Hungaria tak lengkap tanpa adanya dampingan kuliner khas tradisional yang menggigit lidah.   



Leave a Reply