Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

es siwalan gersik

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
30 Jan 2020


Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan
Es siwalan dengan sensasi kenyal ini terasa spesial dengan lelehan gula merah yang diambil langsung dari sebuah pulau terpencil di Utara pulau Jawa.

 

Seperti biasa Minggu pagi jalan sehat, rencananya lanjut ikut senam di salah satu mall di Gresik.  Eh, gegara kecantol menikmati gurihnya nasi uduk Bu Imah sampai ketinggalan senam, ya udah, lanjut  cari yang segar segar saja.

Di dekat Gress Mall sebelah timurnya, tepatnya di taman belakang Mcd Gresik Kota Baru ada pusat kuliner. Deretan penjual makanan mulai makanan berat hingga makanan ringan, lengkap ada semua. Ada semanggi, bubur ayam, soto, nasi campur, bakso, rawon, aneka jus, dan masih banyak lagi.

Saya datang kemari untuk menikmati Es Siwalan Punokawan yang pernah diliput salah satu TV Swasta Indonesia. Es Siwalan yang sudah ada sejak tahun 2004 ini memang beda dengan lain. Ada rasa khas tersendiri.

es siwalan gersik


Saya memesan dua es siwalan. Sembari melayani, saya sempat bertanya tanya dengan si bapak penjual es siwalan. Pingin ngulik, rahasia dibalik es siwalannya yang spesial.

Gelas yang telah berisi dengan es batu dituang dengan gula merah. Teksturnya tidak terlalu kental juga nggak terlalu encer. Aroma juga berbeda, aroma manis sedikit smooky.

es siwalan gersik


Si Bapak yang berusia 80 an berbagi rahasia, untuk gula merahnya khusus didatangkan dari pulau Bawean. Sebuah pula di utara pulau Jawa yang masuk dalam kabupaten Gresik. Gula merahnya berbeda, baik dari segi rasa maupun aroma. Dan Gula merah nya tidak dicampur dengan gula putih, jadi murni menggunakan gula merah dari pulau Bawean.

Setelah dituang gula merah, tangan renta si bapak menuang beberapa sendok buah siwalan yang sudah dipotong dadu. Sekilas mirip dengan nata de coco. Warnanya putih bening. Tesksturnya kenyal. Terakhir disiram dengan santan.

es siwalan gersik



es siwalan gersik


Saya aduk gelas, hingga gula merah tersebar merata dengan santan. Di sruputan pertama memang tarasa beda, gula merahnya manis tapi nggak manis banget. Manis dengan sensasy smooky dan apa ya….bingung jelasinnya, sedikit masam tapi nggak semasam jeruk. masansegar rasanya. Santannya juga terasa ringan di tenggorokan.

Untuk buah siwalannya tidak terlalu tua juga nggak terlalu muda. Terasa kenyal kenyal dan enak waktu dikunyah. Kalau sudah terlalu tua, buah siwalannya biasanya terasa keras. Buah Siwalan sendiri rasanya sudah kenyal, enak apalagi ditambah dengan santan dan gula merah, hmmm tambah spesial.

es siwalan gersik


Buah siwalan  juga dikenal dengan lontar atau Tal, bapaknya mengambil dari daerah Paciran. Salah satu daerah di Gresik yang berada di pesisir Utara Pulau Jawa. Daerah Paciran memang banyak dijumpai pohon Siwalan. Bapaknya belanja buah siwalan setiap 3-4 hari. Tidak lebih dari itu karena takut buahnya nggak segar lagi.

es siwalan gersik


Nah, waktu saya minum dan berbincang, beliau sibuk memeras kelapa untuk dijadikan santan. Kemudian santannya disaring. Dan santannya nggak perlu dimasak. Masih santan segar. Oooo, mangkanya rasanya lebih segar dan ringan. Tentu saja lebih sehat. Untuk menjadi kesegaran santan, beliau nggak langsung memeras kelapa. Kalau sudah mulai sedikit habis, beliau memeras lagi dan ditambahakan sedikit garam. Selain terasa segar, biar pelangganya nggak kena kolesterol menjadi alasan santan nggak dimasak.

Untuk menikmati segelas es siwalan saya cukup merogoh kocek Rp. 6000 saja. Murah kan? Kalau lagi di Gresik, untuk melawan panasnya cuasa jangan lupa cobain es Siwalan. Enak, segar dan bergizi.

 

Opening Hours
Jam 6.30 - 16.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY