Cari Sarapan Nikmat? Cobain 7 Doclang Enak di Bogor


prita  October 20, 2022  0 Comment

Doclang enak di Bogor bisa jadi salah satu rekomendasi kuliner yang patut untuk kamu coba saat berada di Kota Hujan tersebut. Namun sebelumnya, pernahkah kamu mendengar tentang doclang? Kalau kamu adalah orang Bogor, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini.

Doclang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah ada sejak tahun 60-an. Dulu, kuliner ini sering disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Jika diperhatikan sekilas, makanan ini mirip dengan kupat tahu. Padahal, keduanya memiliki perbedaann. Bedanya, doclang ini terdiri dari tahu goreng, kentang rebus, telur rebus dan lontong nasi berbungkus daun patat yang disebut pesor. Semua bahan tersebut kemudian diguyur dengan saus kacang yang gurih dan sedap. Nah, kalau kamu lagi main ke Bogor, jangan lupa cicipi doclang paling enak berikut ini.

1. Doclang Bapak Odik

Doclang Bapak Odik
tripadvisor.co.id

Doclang enak di Bogor yang pertama wajib kamu coba adalah Doclang Bapak Odik. Pak Sodiq, sang pemilik, awalnya berjualan doclang dengan cara berkeliling di tahun 1976 di sekitar Pasir Kuda hingga Gunung Batu. Sekarang, Pak Sodiq sudah tidak lagi berjualan keliling karena sudah menyewa kios di Jalan Pasir Kuda, Ciomas.

Warung doclang ini sudah buka sejak tahun 1995 dan sampai saat ini masih menjadi buruan penggemar doclang. Sekarang, usaha Pak Odik ini dilanjutkan oleh anak keenamnya yang bernama Ismail. Meskipun begitu, cita rasa doclang-nya masih tetap sama sejak dahulu dan tidak pernah berubah. Tak heran jika pembeli doclang di warung ini bukan hanya masyarakat Bogor saja, tapi juga wisatawan dari kota lain. Bahkan, sejumlah artis ternama pernah mencicipi doclang di warung ini, seperti Syahrul Gunawan, Desy Ratnasari hingga Vina Panduwinata. Kepopuleran doclang ini karena cita rasanya yang benar-benar lezat, apalagi bumbu kacangnya diberi tambahan kacang mede sehingga lebih nikmat.

Gotravelly

Omah Tutur, Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View Cantik

Cafe Jalan Tengah: Hidden Gem Paling Rekomended Untuk Work From Cafe

2. Doclang Pak Oyen

Doclang Pak Oyen
carimakanaja.com

Masih di kawasan Ciomas, selain Doclang Bapak Odik kamu juga bisa menemukan kedai lainnya, yaitu Doclang Pak Oyen. Sama halnya dengan kebanyakan doclang lainnya, Doclang Pak Oyen ini berisikan lontong nasi yang dibungkus dengan daun patat dan tahu juga kerupuk. Istimewanya, saus kacang disini memiliki cita rasa lebih gurih, lembut juga sedikit pedas.

Hal itulah yang membuat banyak orang berburu Doclang Pak Oyen ini. Untuk bisa mencicipi doclang disini, kamu harus bersabar karena tempatnya tidak mudah ditemukan dan tidak ada petunjuk arah menuju kedainya.

Kedai milik Pak Oyen ini bisa dikatakan tidak terlalu besar dan terlihat sederhana. Lokasi kedainya pun ada di bawah pohon rindang, meskipun begitu kedai ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika kamu ingin mengunjunginya, kamu bisa langsung datang ke Jalan Duren No 14, Ciomas, Kabupaten Bogor.

3. Doclang Pak Ambing

Doclang Enak di Bogor
carimakanaja.com

Warung doclang enak di Bogor yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja berikutnya adalah Doclang Pak Ambing. Berlokasi di Jalan Abesin No 6B, Pabaton, Bogor Tengah, warung ini juga menjadi favorit banyak orang.

Di warung ini kamu bisa memesan doclang khas Bogor yang rasanya otentik karena warung ini menggunakan bahan dasar serta kecap yang khas. Tak hanya itu, di warung ini kamu bisa mencicipi doclang khas Bogor dengan bumbu kacang yang lezat. Dalam satu porsi doclang ini terdapat irisan ketupat, tahu kuning goreng, kentang goreng dan telur. Harga seporsi doclang Pak Ambing ini juga cukup terjangkau. Meskipun tampak sederhana, namun rasanya enak karena saus kacangnya cukup kental.

4. Doclang Mantarena

Doclang Mantarena
superapps.kompas.com

Ada lagi nih rekomendasi tempat makan doclang enak di Bogor yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu Doclang Mantarena. Berlokasi di Jalan Mantarena yang tak jauh dari Stasiun Bogor, warung doclang ini selalu dipadati pengunjung saat pagi hari. Untuk itu, kamu yang ingin mencicipinya harus datang di pagi hari karena kalau kesiangan akan kehabisan.

Kombinasi lontong, kentang, tahu dengan saus kacang yang gurih sehingga membuat menu ini cocok sebagai makan pagi. Porsinya juga pas dan sambalnya tidak terlalu pedas. Istimewanya lagi, disini kamu bisa menambah kerupuk lho.

5. Doclang 405

Doclang 405
jnewsonline.com

Doclang enak di Bogor selanjutnya adalah Doclang 405. Doclang 405 ini memang namanya sudah cukup populer di Bogor dan lokasinya ada di Jembatan Merah, di sekitar Bogor Tengah. Pemiliknya adalah Haji Aos dan sekarang warung ini dikelola oleh Pak Rahmat yang merupakan adik dari sang pemilik.

Nama Doclang 405 ini berasal dari nama pendirinya, yaitu Pak Haji Aos. Nama ini mewakili hurud dari nama beliau, yaitu 4 yang berarti A, angka 0 berarti O dan angka 5 berarti S. Haji Aos ini diketahui sudah lama merintis usaha doclang ini.

Menurut Pak Rahmat, keunikan dari doclang ini ada pada lontongnya yang terbungkus daun patat. Daun patat yang digunakan membungkus lontong ini memberikan efek harum pada makanan tersebut.

Kalau kamu ingin mencicipinya, kamu bisa datang langsung ke warungnya yang berada di Jalan Veteran, Bogor.

6. Doclang Umi

Doclang Umi
superapps.kompas.com

Doclang Umi juga masuk dalam daftar doclang enak di Bogor yang wajib untuk kamu cicipi. Jika kamu ingin mencicipinya untuk sarapan pagi, kamu harus rela antri panjang karena tempat ini selalu ramai.

Doclang Umi ini hanya berjualan di pagi hari saja sehingga kamu harus datang pagi-pagi sekali. Saat menjelang siang, doclang ini sudah habis terjual. Yang membuat doclang ini menjadi buruang adalah karena sambal kacangnya yang terkenal enak. Selain itu, harga seporsi doclang disini juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000 saja. Kalau kamu penasaran bagaimana enaknya doclang ini, kamu bisa langsung datang ke warungnya yang berada di Jalan Mantarena No 1, Panaragan, Bogor Tengah.

7. Doclang Abah Jujun

Doclang Abah Jujun
wongkamfung.com

Doclang enak di Bogor yang terakhir adalah Doclang Abah Jujun. Doclang Abah Jujun ini termasuk dalam doclang legendaris di Bogor karena sudah buka selama puluhan tahun dan sampai sekarang tak pernah sepi pengunjung.

Rasa saus kacangnya yang khas membuat Doclang Abah Jujun ini memiliki banyak pelanggan dan selalu ramai setiap harinya. Disini kamu bisa minta tambahan sambal kacang dan gorengan. Kamu juga bisa minta tambahan kerupuk karena disediakan secara gratis. Harga seporsi doclang di warung ini juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 12.000an saja. Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa langsung datang ke warungnya yang berada di Jalan Tumenggung Wiradireja No 116, Bogor Utara.

Itulah daftar doclang enak di Bogor yang wajib untuk kamu cicipi saat berkunjung ke Bogor. Doclang tentu sangat nikmat jika dinikmati di pagi hari, untuk itu jangan sampai kamu kesiangan ya.



Leave a Reply