10 Masakan khas Andorra, Cita Rasa Lain yang Wajib Kamu Cobain!


Jehan  November 5, 2022  0 Comment

Apakah kamu seorang pecinta kuliner dari berbagai macam negara? Jika iya, maka jangan sampai kamu lewatkan masakan khas Anddora yang beragam ini. Makanan dari wilayah Barat Daya Eropa ini memiliki beragam jenis masakan yang akan menggugah seleramu. Andorra memiliki jenis sajian masakan Mediterania barat.

Penasaran apa saja makanan khas dari Andorra? Yuk, simak daftar hidangan di bawah ini.

1. Escudella

escudella
www.tasteatlas.com

Escudella merupakan jenis sup khas Andorra yang dikenal sebagai hidangan nasional mereka. Sup ini memiliki tekstur kuah yang sangat kental. Sehingga biasa disajikan saat musim dingin atau di hari libur. Escudella menjadi salah satu makanan andalan rumahan yang biasa dihidangkan di Andorra, namun memiliki rasa nikmat yang luar biasa. Orang Andorra mempercayai bahwa sup ini lebih enak untuk dikonsumsi segera setelah di masak.

Pada dasarnya Escudella adalah sup dengan kuah kaldu dari daging dan campuran sayur sebagai bahan utamanya.Tak jarang juga sup ini dibuat menggunakan kacang putih, tulang ham, atau tulang sumsum sapi yang diawetkan. Bahan sayurnya juga biasa menggunakan kubis, kentang, dan buncis. Biasanya orang lokal juga sering menambakan pasta kerang ke dalam sup yang satu ini.

Saat ini sup Esscudella banyak menjadi hidangan yang dapat kamu temui di restoran di Andorra. Jangan kaget jika kamu menemui penampakan yang berbeda saat sup ini dihidangkan di depanmu. Escudella semakin menjadi makanan nasional Andorra yang dikreasikan. Terkadang ada restoran yang menyajikan sup ini dengan gaya tradisional, namun ada juga yang menyajikan dengan gaya modern. Tertarik mencobanya?

Gotravelly


Lezatnya Soto Selingkuh, Kuliner Khas Sumenep Yang Unik Dan Patut Dicoba

Sate Ayam Ponorogo H Tukri, Sate Legendaris Langganan Presiden

2. Embotits

embotits
pinterest.com

Hidangan khas yang satu ini adalah makanan berupa sosis khas milik Andoraa. Sosis ini memiliki bahan dasar daging babi yang dibumbui dengan garam, lada merah atau hitam khas Andorra. Proses pembuatan makanan yang satu ini membutuhkan waktu yang tak singkat. Daging diolah dengan cara diawetkan. Embotit dapat kamu temui di banyak menu pada restoran Andorra. Orang lokal juga biasa menyajikan Embotit sebagai hidangan harian mereka.

3. Truchas a la Andoranna

truchas a la andoranna
www.internationalcuisine.com

Masakan ini adalah hidangan ikan bakar khas Andorra. Jika kalian tahu, Andorra bukanlah daerah yang memiliki  garis pantai. Alhasil masakan dengan bahan dasar ikan yang kalian nikmati adalah ikan air tawar dari sungai-sungai setempat. Menu ini biasa menggunakan ikan jenis trout atau salmon.

Truchas a la Andoranna ini biasa dimasak dengan cara dipanggang, namun ada juga yang mengolahnya dengan menambahkan lapisan ham pada ikan. Saat kamu mencoba hidangan ini, kamu akan merasakan cita rasa yang gurih, dengan rasa bersih yang tercipta dari bumbu khas.

Biasanya ikan diisi dengan daun parsley dan oregano di dalamnya. Jika kamu memiliki lidah yang peka, tentu saat kamu mulai mencicipi hidangan ini, kamu akan merasakan sensasi sedikit pedas yang muncul dari lada. Tidak hanya itu, air perasan lemon juga digunakan sebagai bahan memasak Truchas a la Andoranna. Sepertinya hidangan Truchas a la Andoranna dengan rasa gurih dan light-nya ini, sangat cocok untukmu yang menyukai cita rasa sederhana di lidah.

4. Trinxat

trinxat
www.tasteatlas.com

Trinxat menjadi menu andalan lain dari Andarra saat musim dingin. Berasal dari kata Trinxar Catalan yang artinya mengiris, menumbuk, atau memotong. Pada dasarnya makanan ini memang diolah seperti arti namanya. Dimana bahan yang dimasak dihaluskan hingga menjadi seperti panekuk berukuran kecil lalu ditaburi dengan daging yang telah dipotong-potong kecil.

Idealnya hidangan ini berbahan kubis dan kentang yang dicincang dengan halus. Lalu ditambahkan bawang putih, potongan jamur, bacon atau daging babi, dan dimbumbui dengan garam, merica, serta minyak zaitun.

Penduduk lokal biasa menggunakan bahan masak dari tanaman yang mereka tanam sendiri. Makanan yang satu ini terlihat seperti hidangan rumahan dengan bahan sederhana bukan? Mungkin kamu bisa mencoba memasak menu khas Andorra ini. Kamu bisa menggunakan bahan seperti kubis, kentang, bacon, bawang putih, parsley, minyak zatun, garam, lada hitam yang kamu miliki di rumah.

5. Cargols

cargols
gourmetexpedition.com

Sesuai dengan arti namanya, makanan yang satu ini adalah hidangan berbahan dasar siput. Sedikit mirip dengan Prancis, Andorra juga menjadikan siput sebagai makanan khas tradisional yang mereka miliki. Andorra memiliki cara beragam untuk mengolah hidangan yang satu ini.

Biasanya menu ini diolah dengan cara dipanggang dalam oven, mereka biasa menyebutnya dengan nama cargols a la lluna. Biasanya siput panggang ini akan disajikan dalam satu porsi dalam piring besar. Siput dipanggang dengan perlahan dan ditaburi garam. Lalu taburan merica dan tetesan minyak zaitun akan membuat hidangan yang satu ini semakin lezat. Tidak hanya itu hidangan Cargols ini juga biasa dimasak menggunakan mayones bawang putih yang dikenal dengan aioli, dan tambahan cuka dengan paprika.

6. Calçots

calcots
roadaffair.com

Calçots adalah menu tradisional yang harus kamu saat mencicipi kuliner dari Anddora. Menu makanan yang satu ini terbuat dari sayuran musiman yang mirip dengan daun bawang. Jenis sayuran ini masih berada dalam garis keluarga tanaman bawang.

Biasanya Calçots dapat dijumpai sebagai hidangan tradisional di perayaan keahlian memasak. Hidangan ini biasa diolah dengan cara dipanggang dan disajikan dengan saus khas bernama romesco, dan potongan roti serta anggur merah sebagai pelengkapnya.

7. Canellonni Andorrana

canellonni
visitandorra.com

Hidangan Canellonni merupakan hidangan yang juga dikenal di Italia. Namun di Andorrana hidangan ini menjadi makanan khas mereka. Menu masakan ini adalah menu makanan yang menggunakan bahan dasar pasta.

Di Andorra, Canellonni biasa dimasak dengan mencampur daging domba, babi, dan ayam cincang yang dimasak menggunakan saus béchamel putih.

Biasanya hidangan ini disajikan saat ada perayaan seperti natal. Orang lokal Andorra akan menggunakan bahan makanan sisa yang mereka miliki di dapur setelah perayaan natal usai untuk memasak menu yang satu ini. Meskipun dikenal sebagai hidangan yang disajikan pada waktu tertentu, kamu tetap bisa mencoba menu Canellonni yang satu ini di restoran yang menjualnya setiap saat.

8. Salad Chicory

salad chicory
theflavorvortex.com

Saat musim dingin orang lokal di sana terbiasa memasak hidangan dengan beragam sayuran. Bahan makanan seperti kentang, jenis kacang-kacangan, kubis, identik menjadi bahan yang mereka gunakan saat masak di musim dingin dengan campuran daging. Namun makanan di Andorra yang satu ini cukup berbeda dari menu hidangan sebelumnya.

Chicory menjadi salah satu menu salad andalan orang Andorra di saat musim semi dan musim panas datang. Karakter dari menu yang ringan dan rasa yang segar menjadi alasan salad ini dibuat untuk dikonsumsi di waktu tersebut. Salad ini biasa disajikan menggunakan bahan dasar sawi putih yang bisa mereka dapatkan dari lereng gunung di sana. Sayuran yang dipetik dalam kondisi segar semakin memberi sensasi salad menjadi segar. Biasanya orang Andorra menambahkan kacang dan beberapa potongan bacon di atas salad Chicory saat dihidangkan.

9. Crema Andorrana

crema andorrana
theculturetrip.com

Menu yang satu ini termasuk hidangan penutup dari Andorra. Saat melihat gambaran dari makanan ini, mungkin kamu menyadari bahwa Crema ini mirip dengan crème brûlée dari Prancis. Jika crème brûlée menggunakan gula yang dibakar diatasnya, Crema Andorrana justru menggunakan krim kocok segar yang baru.

Makanan seperti custard ini, dimasak menggunakan bahan yang cukup sederhana. Jika kamu memiliki bahan seperti telor, gula, susu, tepung maizena, kayu manis, dan lemon, maka kamu bisa mencoba membuat satu menu makanan dari Anddora ini. Namun jika kamu ragu dan tetap ingin mencobanya, kamu bisa berkunjung ke restoran dengan menu Andorra yang satu ini.

10. Truites de Carreroles

truites de carreroles
kochbuchkatz.com

hidangan yang satu ini adalah menu sederhana lain milik Andorra. Tampilan yang dimiliki makanan ini, mungkin akan membuatmu mengingat hidangan telor dadar bukan?

Ya, Truites de Carreroles adalah sajian telor dadar jamur khas Anddora. Menu olahan telor sederhana yang dimiliki Andorra ini biasa dimasak dengan campuran jamur yang diiris. Lalu ditambahkan keju parut, daun bawang, dan tarragon yakni sejenis herb yang biasa ditambahkan dalam menu masakan Andorra.

Itulah 10 makanan di Anddora yang bisa kamu coba saat berwisata kuliner di sana, atau mungkin kamu tertarik untuk bereksperimen dengan membuatnya? Dari menu di atas mana yang ingin kamu coba?



Leave a Reply