11 Makanan Khas Balikpapan Terkenal Enak No. 5 Cocok Buat Oleh Oleh


Reni  May 3, 2018  0 Comment

Makanan khas Balikpapan cukup digemari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Balikpapan merupakan kota maju yang ada di Kalimantan Timur yang ditandai dengan banyaknya industri yang beroperasi disini.

Balikpapan mendapat juluklan “kota minyak” sebab disini terdapat kilang minyak yang besar. Dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, biaya hidup di Balikpapan sangat tinggi.

Jika kebetulan Anda saat ini sedang berada di kota minyak ini, jangan lupa membeli buah tangan sebagai oleh-oleh. Makanan khas Balikpapan yang bisa Anda jadikan buah tangan dengan rasa yang nikmat adalah;

1. Keripik Iron

Keripik Iron

portalbalikpapan.com

Di kalangan wisatawan, kripik iron sepertinya kurang familiar. Namun jika Anda membawanya pulang sebagai oleh-oleh, dijamin nagih. Karena cemilan yang satu ini rasanya sudah pasti nikmat dan menggugah selera. Apa itu keripik iron? Tentu Anda tidak asing dengan keripik singkong.

Ya, keripik iron ini adalah keripik yang terbuat dari singkong pilihan yang berasal dari Saat direbus atau digoreng, tidak seperti singkong umumnya yang berubah lunak, namun singkong bahan dasar keripik iron sangat keras. Dan, ketika dijadikan keripik, rasanya sangat renyah dan gurih. Sungguh, keripik iron recommended banget bagi pecinta cemilan crunchy.

Mie Bancir Agus Sasirangan

Pondok Patin Bakar Banjarmasin

2. Roti Mantau

Roti Mantau

ridwansyah.com

Breakfast khas Balikpapan identik dengan roti mantau sebagai santapannya. Ya, roti mantau adalah roti yang biasa dipakai sarapan. Tidak seperti jenis roti lain yang didalamnya berisi coklat atau yang manis-manis, roti mantau cocok sekali digunakan sebagai teman sarapan pagi.

Baca juga :  8 Rekomendasi Sate dan Gule Kambing Paling Enak di Surabaya

Rasanya gurih diluar karena cara penyajiannya adalah dengan cara di goreng. Adapun dalamnya terasa lembut dan nikmat. Anda bisa manfaatkan roti mantau ini sebagai teman sarapan yang nikmat dengan cara dicocol saus balado atau saus lada hitam.

Akan lebih nikmat lagi jika roti ini disajikan dengan pendamping daging kambing atau daging sapi dengan rasa yang nikmat. Harga rotinya sudah pasti sangat terjangkau, cukup 2.000 rupiah saja per potong.

3. Abon kepiting

Abon kepiting

makanankhasbalikpapan.blogspot.co.id

Pecinta abon wajib mencoba oleh-oleh khas Balikpapan yang satu ini. Biasanya, di tempat lain, jenis abon yang dijual adalah abon daging ayam, daging kambing, dan daging sapi. Nah, di Balikpapan, Anda akan disuguhkan dengan menu abon istimewa dengan nama abon kepiting.

Abon ini tentunya terbuat dari bahan daging kepiting segar yang menjadi ciri khas buah tangan dari Balikpapan. Abon kepiting tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dimana kemasannya berupa plastic transparan.

Harga abon kepiting cukup terjangkau dan cocok jika Anda jadikan buah tangan sebelum meninggalkan kota minyak Balikpapan.

4. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting

sepinggan-airport.com

Apakah Anda penggemar peyek dan sekaligus pecinta olahan kepiting? Di Balikpapan, Anda akan menemukan makanan khas berupa peyek kepiting yang gurih, renyah, dan nikmat. Memang, hasil laut terbesar di Balikpapan adalah kepiting.

Daging kepiting terasa nikmat saat diolah menjadi peyek dengan tambahan bumbu yang meningkatkan cita rasa peyek dan memberikan keunikan tersendiri. Peyek kepiting cocok digunakan sebagai pendamping makan atau teman minum kopi dengan harga yang relative terjangkau.

5. Amplang

Amplang

wisatakulinerbengalon.wordpress.com

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah amplang. Tak disangkal lagi bahwa amplang adalah makanan khas yang selalu dirindukan dan menjadi target oleh-oleh utama. Mayoritas orang menyukai kerupuk ikan, namun yang jadi ciri khas kerupuk ikan asal Balikpapan adalah bahan ikannya yang terbuaat dari ikan belida.

Baca juga :  15 Wisata Kuliner Enak Di Temanggung

Ikan ini adalah ikan yang jarang ditemui di tempat lain dengan rasanya yang nikmat luar biasa. ikan belida secara tekstur lembut dan rasanya pun gurih. Kelebihan lainnya adalah, selain rasanya yang nikmat, Anda bisa memilih berbagai varian rasa dari kerupuk amplang yang satu ini. Masih ragu membawa oleh-oleh kerupuk amplang? Dijamin nagih!

6. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu

ondeondeunik.blogspot.co.id

Onde-onde di Balikpapan adalah onde-onde yang istimewa. Biasanya, onde-onde terbuat dari bahan dasar tepung dengan isi kacang hijau dan taburan wijen, Anda akan menemukan onde-onde varian lain di Balikpapan.

Onde-onde ini terbuat dari bahan dasar ubi ungu. Seperti yang kita tau bahwa ubi ungu adalah jenis ubi-ubian yang kaya akan vitamin A yang baik bagi tubuh. Isinya pun beragam, mulai dari kacang hijau, keju, coklat, keju hingga rasa original ubi ungu. Dan, yang membuat makanan khas Balikpapan ini lebih istimewa lagi adalah wijen yang dipakai adalah wijen hitam yang semakin mempercantik tampilan ubi ungu.

7. Bingka Kentang

Bingka Kentang

twitter.com/bigmall_smd

Dulu, makanan bingka adalah makanan khas Balikpapan yang hanya tersedia pada saat bulan puasa saja, namun sekarang tidak lagi. Anda bisa temukan makanan khas bingka kentang setiap hari. Bingka adalah makanan khas Medan yang memang juga dijumpai di kota Balikpapan.

Bahan dasarnya adalah kentang dengan varian rasa yang banyak, mulai dari pandang, keju, original, dan rasa coklat. Yang menarik adalah, makanan ini berbentuk mahkota bunga yang menarik, harganya pun cukup terjangkau. Teskturnya begitu lumer di lidah dan yang pasti sehat, karena bahan dasarnya adalah kentang.

8. Bakpia

Bakpia

memowisata.com

Makanan khas Balikpapan yang satu ini memang cukup mudah ditemukan di tempat lain, semisal yang paling populer adalah bakpia Malang dan Bakpia Jogja. Bahannya memang tidak berbeda jauh. Namun, ada yang berbeda dari bakpia Balikpapan ini, yaitu dari segi teksturrnya yang lembut dan aromanya yang khas.

Baca juga :  11 Makanan Khas Banjarmasin Enak Banget Bikin Lidah Goyang

Saat digigit sudah pasti terasa legit. Bakpia adalah makanan yang bisa bertahan cukup lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

9. Nasi bakar seafood

Nasi bakar seafood

caramembuat123.blogspot.co.id

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah nasi bakar seafood. Seperti yang disinggung di muka bahwa Balikpapan kaya akan hasil lautnya. Salah satu olahan yang cukup menggoda lidah adalah nasi bakar seafood.

Di dalam nasi yang terbungkus praktis ini, terdapat olahan ikan, kepiting, dan udang dengan bumbu yang meningkatkan cita rasanya. Cukup praktis sebab Anda tidak perlu lagi membawa lauk secara terpisah. Efek bakar-bakarnya memberikan aroma harum yang khas.

10. Pisang Gapit

Pisang Gapit

masteroleholeh.com

Selanjutnya, makanan ringan yang selalau dirindukan adalah pisang gapit asal Balikpapan. Terbuat dari bahan dasar pisang gepok yang dibakar diatas arang hingga setengah matang. Setelah itu, pisang tersebut akan digapit dengan kayu lalu dibakar lagi hingga matang.

Setelahnya, untuk meningkatkan citarasanya, pisang gapit disiram dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari bahan santan, gula merah dan potongan nangka. Yummy sekali!

11. Bubur Gunting

Bubur Gunting

dapurgreget.blogspot.co.id

Bubur gunting, unik sekali nama dari makanan khas Balikpapan yang satu ini. Pada dasarnya, tidak ada sesuatu yang istimewa dari bubur ini. Hanya saja, proses pembuatannya memang digunting. Bahan dasarnya adalah tepung ketan, yang dicampur dengan garam, air daun suji, dan air kapur sirih.

Selanjutnya, adonan tersebut dibentuk atau digunting memanjang lalu dimasukkan dalam rebusan gula merah, garam, dan santan. Rasanya manis dan gurih, cocok jika disantap di kala hangat.



Leave a Reply