Rekomendasi Hotel Harga Murah Dekat Pantai Balikpapan


Rio Handika  July 6, 2023  0 Comment

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang disukai banyak orang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai, seperti berenang dan mencoba olahraga air seperti jetski. Bahkan hanya dengan bersantai di pinggir pantai dan mendengar deburan ombak pun sudah bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Tidak hanya Bali, ada banyak kota lain di Indonesia yang memiliki pantai-pantai cantik, salah satunya adalah Balikpapan. Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur. Ada banyak pantai di kota ini yang bisa kamu jelajahi, contohnya, Pantai Melawai dan Pantai Kemala. Untuk kamu yang ingin mengunjungi pantai yang anti-mainstream, cobalah berkunjung ke Balikpapan.

Dan kalau kamu lebih menyukai untuk tinggal di hotel dekat pantai selama kunjunganmu di Balikpapan, berikut beberapa rekomendasi hotel dekat pantai Balikpapan.

Rekomendasi Hotel Dekat Pantai Balipapan :

1. Astara Hotel Balikpapan

astara hotel balikpapan
tripadvisor.co.id

Astara Hotel Balikpapan bisa dibilang cukup baru karena baru mulai beroperasi pada tahun 2017. Namun, kamu tidak perlu meragukan kenyamanan serta kualitas layanan yang disediakan. Hotel ini langsung menghadap ke laut. Sehingga kamu selalu bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa setiap saat, bahkan begitu kamu bangun tidur.

Berlokasi di Balikpapan selatan, Astara Hotel juga dekat dengan pusat perbelanjaan Pentacity Shopping Mall. Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan waterboom serta area bermain untuk anak. Sungguh paket yang lengkap, kan?

2. Aston Balikpapan Hotel & Residence

aston balikpapan hotel
agoda.com

Jika kamu punya budget berlebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk menginap di Aston Balikpapan Hotel & Residence. Ini adalah hotel bintang 4 dengan lokasi yang strategis. Selain kamar hotelnya yang menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan, kolam renangnya pun juga menghadap ke laut. Sehingga kamu bisa berenang sambil menikmati lanskap yang indah.

Jika kamu pergi ke rooftopnya pada malam hari, kamu bisa menyaksikan gemerlap kota Balikpapan yang indah.

3. Hotel Menara Bahtera

hotel menara bahtera
agoda.com

Rekomendasinya selanjutnya adalah Hotel Menara Bahtera. Hotel ini sebenarnya sudah cukup lama, namun fasilitas dan pelayanannya masih berkualitas. Sebagai salah satu hotel tertinggi di Balikpapan, kamu bisa menikmati pemandangan kota yang cantik di rooftopnya, terlebih pada saat malam hari. Lampu-lampu akan menghiasi seluruh kota.

Baca juga :  Murah! Hotel Dekat Stasiun Depok Baru, Rekomendasi Terbaik

Jika menginap di sini, kamu bisa menikmati pantai sebagai pemandangan utamanya dari kamar hotelmu. Fasilitas yang disediakan Hotel Menara Bahtera termasuk kolam renang untuk dewasa serta kolam renang untuk anak-anak.

4. Quest Hotel Balikpapan by Aston

quest hotel balikpapan
tripadvisor.co.id

Berada di pusat kota Balikpapan, Quest Hotel Balikpapan by Aston terletak dekat dengan fasilitas publik, seperti E Walk dan Plaza Balikpapan. Kamu hanya perlu berkendara selama 2 menit saja untuk ke E Walk dan 12 menit untuk ke Plaza Balikpapan. Pantai terdekat dari Quest Hotel adalah Pantai Kemala yang berjarak 5,6 Km dari hotel.

Walaupun cukup jauh, namun pemandangan pantai yang indah bisa terlihat dari hotel naungan Aston ini. Jika kamu sedang malas kemana-mana, kamu bisa tinggal di hotel menikmati pemandangan laut dari kamar hotelmu, dan memanfaatkan fasilitas yang ada, seperti kolam renang dan pusat kebugaran.

5. Swiss-Belhotel Balikpapan

swiss belhotel balikpapan
cnnindonesia.com

Swiss-Belhotel Balikpapan berlokasi di area Balikpapan Ocean Square di Jalan Jenderal Sudirman. Hotel ini sangat dekat dengan Pantai Melawai yang terkenal dengan keindahannya. Kamu hanya perlu berkendara selama 10 menit untuk mencapai pantai ini dari hotel. Karena letaknya yang sangat dekat dengan pantai, kamu akan melihat hamparan laut biru yang luas saat membuka tirai kamar hotelmu.

Ada beberapa fasilitas hotel yang bisa kamu nikmati, seperti kolam renang, gym, dan restoran. Selain itu, ada beberapa tipe kamar yang bisa kamu pilih sesuai dengan budgetmu.

6. Novotel Balikpapan

novotel balikpapan
kalimantan.bisnis.com

Kamu pasti sudah familiar dengan Novotel. Novotel merupakan salah satu jaringan hotel terkemuka di Indonesia yang sudah tersebar di seluruh kota Indonesia, termasuk di Balikpapan. Terletak di pusat kota Balikpapan, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 3 menit saja dari hotel untuk mengunjungi Taman Bekapai.

Sedangkan untuk berbelanja di Plaza Balikpapan, hanya dibutuhkan 8 menit berjalan kaki dari hotel ini. Tempat wisata lainnya yang terletak dekat dengan hotel ini adalah Monumen Perjuangan Rakyat. Sedangkan pantai terdekat dari hotel adalah Pantai Monpera yang berjarak hanya 1,9 Km saja.
Jika kamu memilih untuk staycation, kamu bisa bersantai saja di kamar hotelmu sambil menikmati pemandangan laut yang cantik. Kamu pun juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan, seperti merawat dan memanjakan diri di spa. Fasilitas lainnya yang disediakan oleh Novotel Balikpapan adalah kolam renang outdoor dan pusat kebugaran.

7. Gran Senyiur Hotel

gran senyiur hotel
agoda.com

Rekomendasi hotel dekat pantai Balikpapan selanjutnya adalah Gran Senyiur Hotel. Sama seperti Novotel Balikpapan, Gran Senyiur Hotel juga terletak dekat dengan Plaza Balikpapan dan Taman Bekapai. Hotel ini merupakan hotel bintang 4 dengan fasilitas yang lengkap dan kenyamanan yang berkualitas.

Baca juga :  10 Hotel Dekat Duta Mall Banjarmasin dengan Fasilitas Lengkap

Banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di dalam hotel, termasuk restoran, kolam renang, pusat kebugaran, dan spa.

8. Hotel ibis Balikpapan

ibis balikpapan
booking.com

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menginap di Hotel ibis Balikpapan jika ingin menikmati view pantai dari jendela kamar hotelmu. Hotel ibis Balikpapan juga merupakan salah satu hotel yang berlokasi dekat dengan Taman Bekapai. Kamu juga hanya perlu berjalan kaki selama 7 menit untuk pergi berbelanja di Plaza Balikpapan.

Menginap di hotel ini bisa membantumu menghemat biaya transportasi karena kamu cukup berjalan kaki saja untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata. Dikenal sebagai hotel yang ramah lingkungan, Hotel ibis Balikpapan menyediakan fasilitas yang bisa kamu nikmati, seperti spa untuk merawat tubuh dan pijat.

8. Le Grandeur Hotel

le grandeur hotel balikpapan
traveloka.com

Le Grandeur Hotel juga bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menginap di hotel dekat pantai. Menginap di sini akan memberikanmu akses gratis masuk ke Club Lounge jika kamu memilih tipe kamar Club Room. Tipe kamar lain yang tersedia adalah Superior Room dan Deluxe Room. Yang menarik dari hotel ini adalah adanya winery atau toko wine.

Sedangkan fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati adalah café, kolam renang, ruang meeting, restoran, dan lainnya.

9. Favehotel

favehotel balikpapan
hotelmurah.com

Untuk kamu yang suka memperhatikan desain interior hotel yang kamu tempati, Favehotel di Balikpapan menawarkan desain yang stylish. Interior hotel ini dihiasi dengan desain yang minimalis namun dengan warna-warna yang cerah, sehingga terlihat unik. Di seberang hotel terdapat toko oleh-oleh, sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh untuk membeli buah tangan.

Tipe kamar yang disediakan adalah standard room dan superior room yang bisa kamu pilih salah satu sesuai dengan budget perjalananmu.

source : https://www.youtube.com/@SimadeTraveling

Destinasi Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi :

Setelah mengetahui hotel-hotel nyaman yang menawarkan view pantai untuk tempat kamu menginap di Balikpapan, kamu juga harus tahu destinasi wisata di kota ini yang wajib kamu kunjungi. Berikut beberapa diantaranya.

Pantai Kemala

Pantai Kemala adalah salah satu pantai terkenal di Balikpapan. Wisata yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi, terutama saat musim liburan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Jika kamu suka memacu adrenalin, kamu bisa naik banana boat atau mencoba paragliding. Oh ya, Pantai Kemala adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset, lho.

Baca juga :  Hotel Dekat Bandara Semarang, Rekomendasi Penginapan Murah!

Danau Cermin Lamaru

Dinamai Danau Cermin Lamaru karena danau ini memiliki air yang sangat jernih bak kaca. Selain itu, danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang asri, membuat suasana di sini sangat sejuk dan menenangkan. Terdapat pula bukit di samping danau yang bisa kamu daki. Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya sekedar untuk menikmati pemandangannya yang menakjubkan.

Kawasan Kampung Atas Air

Saat mengunjungi Balikpapan, kamu tidak boleh melewatkan pergi ke kawasan kampung atas air. Di sini, kamu bisa naik kapal dan berbelanja seperti orang lokal. Hal yang menarik dari tempat ini adalah tempat ini dulunya merupakan kawasan kumuh. Tapi pemerintah bersama warga setempat berhasil mengubahnya menjadi kawasan wisata yang layak. Keren sekali, kan?

Pantai Melawai

Ada banyak alasan kenapa Pantai Melawai menjadi pantai populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Selain pemandangannya yang cantik, pantai ini juga mudah untuk diakses. Pantai Melawai juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.
Saat malam hari, kamu akan menemukan banyak anak-anak muda nongkrong sembari menikmati kopi di warung-warung sekitar. Menikmati senja sambil minum kopi sepertinya bisa menjadi ide yang menarik untuk menutup harimu di Balikpapan.

Kebun Raya Balikpapan

Jika kamu mengunjungi Balikpapan bersama keluarga besar, Kebun Raya Balikpapan bisa menjadi destinasi wisata yang cocok. Terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, kebun raya ini menyajikan beragam flora Indonesia yang bisa kamu jelajahi. Dibuka pada tahun 2014, tempat ini merupakan sarana rekreasi, konservasi, dan pelestarian tanaman asli Kalimantan.

Karena itulah, udara dan atmosfer di Kebun Raya Balikpapan sangat bersih dan segar. Untuk kamu yang sports addict, kamu bisa menikmati jogging di fasilitas jogging track yang sudah disediakan.
Ruko Bandar

Para pecinta seafood tidak boleh melewatkan Ruko Bandar saat mengunjungi Balikpapan. Di tempat ini, kamu bisa menikmati kuliner seafood yang segar dan pastinya memanjakan lidah. Tidak hanya sajian seafoodnya saja yang menggugah selera, namun Ruko Bandar juga memberikan pengalaman kuliner yang romantis dan indah karena terletak di pesisir pantai.

Dengan begini, kamu bisa menikmati hidangan seafood kesukaanmu sembari merasakan semilir angin yang sejuk. Cocok untuk dikunjungi bersama pasangan!

Penangkaran Buaya Teritip

Ingin mengunjungi destinasi wisata yang anti-mainstream? Dengan luas mencapai 5 hektar, penangkaran ini merupakan rumah bagi setidaknya 1,400 ekor buaya. Ada beragam jenis buaya yang dipelihara di sini, termasuk buaya air tawar, buaya muara, dan buaya supit. Penangkaran Buaya Teritip berlokasi tidak jauh dari Pantai Lamaru.

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi hotel dekat pantai Balikpapan untuk referensi tempat kamu menginap. Seperti yang bisa kamu lihat, Balikpapan memiliki banyak pantai untuk dijelajahi. Selain itu, ada banyak destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata keluarga hingga wisata alam. Jadi, apa kamu tertarik untuk mengunjungi Balikpapan?



Leave a Reply