7 Oleh Oleh Khas Kepulauan Riau, Cocok Buat Buah Tangan


Fida  February 24, 2023  0 Comment

Saat menghabiskan waktu berlibur di Kepulauan Riau, kamu tidak hanya dapat mengunjungi banyaknya pilihan destinasi wisata tetapi juga dapat berburu oleh-oleh sebelum pulang. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang menarik kamu bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Apa saja? Berikut daftar 7 rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang harus kamu tahu.

Oleh Oleh Khas Kepulauan Riau :

1. Kue Deram

kue deram
budaya-indonesia.org

Saat berburu oleh oleh khas Kepulauan Riau, tidak ada salahnya jika kamu membeli kue deram. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang khas dan biasa disebut dengan deram-deram. Kue yang satu ini juga dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak zaman kerajaan Melayu. Hingga saat ini, cara pembuatan kue deram masih sangat tradisional dan resepnya juga diwariskan secara turun temurun. 

Jika dilihat sekilas, kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue donat, bulat serta berlubang di bagian tengahnya. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang empuk serta rasa manis. 

Kue deram dibuat menggunakan beberapa bahan seperti tepung beras serta gula merah. Kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai toko oleh oleh di Kepulauan Riau.

2. Batang Buruk

batang buruk
batam.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah batang buruk. Batang buruk merupakan jajanan dengan tampilan yang sangat unik dan khas. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai saat hari besar tiba, seperti hari raya Idul Fitri. Karena tampilannya yang unik serta cita rasanya yang lezat, tidak heran jika jajanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Yang Enak Dan Murah

Batang buruk dibuat menggunakan beberapa bahan seperti susu, kacang hijau, gula, dan juga tepung. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang legit. Jajanan yang satu ini disajikan dalam potongan-potongan kecil dan siap dikonsumsi. Warna putih yang berasal dari gula halus menjadi ciri khas dari bagian luar batang buruk.

Jajanan yang satu ini tentu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kepulauan Riau. Batang buruk juga biasa dikemas dengan kemasan praktis dan menarik sehingga cocok untuk kamu bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

2. Luti Gendang

luti gendang
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan luti gendang? Luti Gendang merupakan makanan sekaligus oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang wajib kamu coba. Makanan ini memiliki tampilan yang mirip dengan roti goreng pada umumnya. Namun yang membuat berbeda adalah luti gendang disajikan dengan isian daging tuna bumbu pedas manis. Perpaduan antara roti serta olahan tuna tentu sangat memanjakan lidah.

Luti gendang juga dikenal mampu bertahan cukup lama yakni hingga 4 hari. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok kamu pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kamu dapat membeli kue ini di warung-warung kecil maupun toko oleh-oleh di Kepulauan Riau.

Meskipun dikenal sangat khas, kamu tidak perlu khawatir karena luti gendang dijual dengan harga yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 2.000,- per biji. Bagaimana, penasaran dan ingin mencobanya bukan?

3. Tepung Gomak

tepung gomak
cookpad.com

Oleh-oleh khas Kepulauan Riau berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah tepung gomak. Oleh-oleh yang satu ini merupakan camilan yang cocok dinikmati saat bersantai. Biasanya, pung, disajikan bersama dengan satu cangkir teh atau kopi.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung kacang. Proses pembuatannya yang masih sangat tradisional dan tanpa menggunakan mesin juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain lezat, kamu juga dapat merasakan sensasi nikmat serta aroma yang khas pada jajanan ini.

Tepung gomak dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kepulauan Riau. Makanan yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per biji. Tepung gomak juga sangat cocok untuk dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena sebutan serta bentuknya yang unik, tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mencobanya.

4. Bilis Gulung

bilis gulung
dapur-teh-enur.blogspot.com

Saat berlibur ke kepulauan Riau, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Salah satu oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang adalah bilis gulung. Jajanan yang satu ini juga dikenal dengan sebutan angko bilis atau bilis berselimut.

Saat mencoba jajanan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah dan garing di luar. Rasanya yang gurih juga akan membuatmu ketagihan dan tidak bisa berhenti mengkonsumsinya. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri adalah bilis gulung dibuat menggunakan cara tradisional tanpa menggunakan mesin. Jajanan yang satu ini juga dibuat menggunakan campuran santan dari kelapa asli sehingga tidak perlu dilakukan lagi kelezatannya.

Bilis gulung biasa dijual dengan harga sekitar Rp 60.000,- per kilogram. Kamu dapat berburu jajanan ini di berbagai toko kue maupun toko oleh-oleh di Kepulauan Riau.

5. Kerupuk Atom

kerupuk atom
sajiansedap.grid.id

Pernah mendengar sebutan kerupuk atom? Kerupuk atom merupakan jajanan yang sekaligus banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Kepulauan Riau. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa ikan tongkol asli Pulau Anambas dan dipadukan dengan tepung serta bumbu lainnya. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih serta aroma ikan yang khas.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Tuban, ada yang Terbuat Dari Tanah Liat!

Baca juga :

11 Wisata di Kepulauan Riau, Salah Satunya Tampilkan Ribuan Patung

Jajanan ini tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, tetapi juga kerap dipilih sebagai hidangan pendamping saat makan. Kamu dapat membeli kerupuk atom di beberapa swalayan maupun toko oleh-oleh di Kepulauan Riau. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan jajanan ini wajib kamu bawa pulang.

6. Lopek Bugi

lopek bugi
tribunpekanbarutravel.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah lopek bugi. Lopek Bugi merupakan makanan dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa ketan sehingga tidak heran jika memiliki tekstur yang sedikit lengket.

Baca Juga :

10 Wisata Alam di Riau, Pesonanya Memukau

Lopek Bugi memiliki tampilan luar yang sangat khas yakni dibungkus menggunakan daun pisang. Seiring berjalannya waktu, kini kamu juga dapat menjumpai lopek Bugi yang dibungkus menggunakan plastik. Karena dibuat dengan cara tradisional, makanan yang satu ini dikenal cukup mampu bertahan lama.

Baca Juga :

Yuk! Jelajahi 10 Pulau Cantik di Kepulauan Riau

Makanan tradisional yang satu ini menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 3.000,- per biji. Tertarik untuk membelinya saat berkunjung ke Kepulauan Riau?



Leave a Reply