10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan Yang sayang untuk Anda lewatkan


Fida  March 7, 2021  0 Comment

Balikpapan menjadi salah satu kawasan yang dikenal memiliki banyak tempat wisata alam dan juga menawarkan berbagai kuliner lezat. Tidak heran jika kawasan yang satu ini sering menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur. Saat berlibur ke Balikpapan, sayang rasanya untuk tidak membawa oleh-oleh saat pulang. Berikut Oleh-oleh khas Balikpapan

1. Amplang

amplang
bukalapak.com

Saat berbicara mengenai oleh-oleh khas Balikpapan, amplang menjadi salah satu makanan ringan yang sayang untuk tidak Anda coba. Amplang sangat mudah dijumpai di kawasan Balikpapan dan sering dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Amplang merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar ikan. Di Balikpapan, terdapat dua jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar amplang yakni ikan tenggiri dan ikan pipih.

Amplang yang menggunakan bahan dasar ikan pipih jarang dijumpai di kota lain selain Balikpapan. Cita rasanya yang lebih gurih jika dibandingkan dengan amplang ikan tenggiri menjadikan amplang ikan pipih lebih sering diburu oleh wisatawan. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, oleh-oleh khas Balikpapan yang satu ini juga cocok dimakan bersama nasi sebagai pelengkap lauk.

Review Kuliner

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Cobain Pentol Gilaaa: Jajanan Pentol Yang Naik Kelas

2. Abon Kepiting

Abon Kepiting
kaltimprov.go.id

Balikpapan dikenal menjadi kota yang menghasilkan banyak kepiting. Salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa anda pilih adalah abon kepiting. Jika biasanya abon dibuat dari daging ayam atau sapi, Anda akan termanjakan dengan kelezatannya saat mencoba abon kepiting. Teksturnya yang unik serta cita rasa abon kepiting yang gurih dan lezat sangat sayang untuk tidak Anda coba.

Abon kepiting sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan. Abon kepiting juga menjadi pilihan tepat saat bingung menentukan oleh-oleh lezat untuk dibawa pulang.

3. Kain Songket

Songket balikpapann
pusatjajananbalikpapan70.blogspot.com

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa Anda bawa pulang selain makanan, salah satunya adalah kain songket. Kain songket merupakan kain yang ditenun dengan benang emas dan perak. Anda bisa memilih untuk membeli kain lembaran atau yang sudah dibentuk menjadi sarung maupun penutup kepala.

Ada banyak sekali pilihan jenis dan warna kain songket. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, anda bisa membelinya di kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan. Tampilan elegan dan menarik saat menggunakan kain yang satu ini menjadikan kain songket banyak diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang datang ke Balikpapan.

4. Batu Mulia

oleh-oleh khas Balikpapan
beritalima.com

Selain dikenal dengan berbagai makanan dan camilan lezat, batu mulia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sayang untuk dilewatkan. Anda akan dengan mudah menjumpai banyak pengrajin batu mulia di daerah Balikpapan. Bentuk dari batu mulia cukup beragam mulai dari yang masih alami berbentuk batu hingga yang sudah siap dipakai dengan bentuk cincin atau kalung.

Terdapat dua jenis batu mulia yang bisa Anda jumpai di kawasan Balikpapan yakni batu alami dan batu masak. Batu mulia alami adalah batu yang terbentuk asli oleh alam dan batu masak merupakan batu mulia yang dibuat dengan campuran beberapa bahan sehingga menghasilkan tampilan yang elegan.

5. Aksesoris khas Suku Dayak

aksesoris dayak
genpi.co

Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Balikpapan, anda bisa membeli berbagai aksesoris suku Dayak yang mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Balikpapan. Biasanya aksesoris yang dijual memiliki berbagai jenis seperti kalung gelang hingga tas yang dibuat dengan manik-manik kecil berwarna-warni.

Tas yang dibuat dengan manik-manik kecil khas suku Dayak dapat dikatakan populer dan banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Balikpapan. Selain membeli tas, Anda juga bisa memilih aksesoris lain seperti senjata khas suku Dayak.

6. Keripik Iron

 Keripik Iron
putratravel.net

Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Balikpapan untuk dibawa pulang, anda bisa memilih keripik Iron yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Kripik yang satu ini menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Singkong diolah menghasilkan tekstur yang renyah dan rasa yang sangat gurih. Tidak heran jika keripik Iron banyak disukai oleh semua kalangan.

Keripik iron sangat mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Balikpapan. Harga dari keripik yang satu ini juga cukup terjangkau yakni hanya berkisar Rp 6.000, – per bungkus. Salah satu oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang setelah berlibur dari kota Balikpapan.

7. Roti Mantau

Mantau
kaltim-tribunnews.com

Selain keripik iron, roti mantau juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang banyak diburu oleh wisatawan. Roti mantau disajikan dan diolah dengan cara digoreng. Isiannya yang beragam dan lezat menjadi ciri khas roti mantau khas Balikpapan ini. Roti mantau cocok dinikmati untuk sarapan pagi dan biasa disajikan bersama dengan saus sambal hitam atau balado.

Anda akan dengan mudah menjumpai olahan roti mantau saat berada di Balikpapan. Salah satu tempat untuk membeli roti mantau di Pondok Mantau yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 28, Gunungsari Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting
blanjabali.com

Salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat unik dan sayang untuk tidak dibawa pulang adalah peyek kepiting. Jika biasanya peyek dibuat dengan isian kacang, namun tidak dengan peyek unik yang satu ini. Peyek kepiting dibuat dengan bahan dasar kepiting dan menghasilkan cita rasa yang lezat dan gurih. Teksturnya yang renyah juga menjadikan peyek kepiting banyak diminati oleh wisatawan.

Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Balikpapan. Harga yang ditawarkan untuk satu bungkus peyek kepiting berkisar Rp 14.000,- hingga Rp 20.000,-.

9. Kaos

kaos balikpapan
bukalapak.com

Ada yang kurang rasanya jika tidak membeli kaos sebagai oleh-oleh saat berlibur ke suatu daerah. Kaos menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat mudah dijumpai. Terdapat berbagai pilihan gambar mulai dari tulisan hingga motif khas suku Dayak. Harga yang ditawarkan untuk satu kaos berkisar Rp 80.000, – hingga Rp 120.000, -. Anda bisa memilih tingkat ketebalan dan kenyamanan kain kaos sesuai yang diinginkan. Salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sayang untuk Anda lewatkan.

10. Gulung Jenebora

oleh-oleh khas Balikpapan
annarosanna.com

Saat bingung menentukan hidangan lezat yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Balikpapan, Anda bisa memilih gulung jenebora. Gulung jenebora sebenarnya merupakan nama toko yang menjual berbagai macam kue bolu. Berbagai bolu khas Balikpapan bisa anda jumpai di gulung jenebora. Kini terdapat beberapa outlet gulung jenebora yang tersebar di Balikpapan diantaranya di Soekarno Hatta, Sudirman, Novotel Hotel, dan di bandara.

Selain menawarkan tekstur yang lembut dan cita rasa yang lezat, Anda juga bisa mendapatkan gulung jenebora dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 27.000,- hingga Rp 60.000,- per kotak. Salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sayang untuk Anda lewatkan.



Leave a Reply