10 Oleh Oleh Khas Cilacap Selalu Jadi Incaran Wisatawan


Fida  October 25, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada cukup banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi hingga kuliner lezat khas daerah masing-masing.Saat berkunjung ke Cilacap, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir mengunjungi tempat wisata maupun mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan. Puas berkeliling daerah yang satu ini, sangat disayangkan bagi Anda jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh khas Cilacap. Berikut daftar 10 oleh oleh khas Cilacap yang sayang untuk dilewatkan.

1. Keripik Tempe

Keripik tempe
aminahstore.com

Keripik tempe tentu menjadi salah satu makanan yang tidak asing dan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Keripik tempe merupakan salah satu oleh-oleh khas Cilacap yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Selain dijual dengan kemasan praktis, Anda juga dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Keripik tempe dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh oleh di Cilacap.

Selain teksturnya yang renyah, keripik tempe juga biasa dijual dengan berbagai tambahan varian rasa. Kripik tempe khas Cilacap memiliki perbedaan dengan keripik tempe lainnya yakni ukurannya yang lebih tebal. Tetapi meskipun begitu, ketebalan keripik ini tidak mengurangi kerenyahan yang ditawarkan.

Gotravelly

Dermaga Rindu, Caffe And Resto Terbaik Untuk Menikmati View Jembatan Suramadu Dan Laut

Gubuk Makan Latar Ombo

2. Brekecek

Brekecek
inibaru.id

Saat bingung menentukan pilihan oleh oleh khas Cilacap untuk dibawa pulang, brekecek dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Jika dilihat dari namanya, beberapa dari Anda tentu masih asing karena namanya yang unik.

Brekecek merupakan olahan makanan khas Cilacap yang dibuat dengan bahan utama kepala ikan jahan. Kepala ikan tersebut diolah dengan menggunakan bumbu khas yang mirip dengan rica-rica. Selain tampilan dan aromanya yang menggugah selera, olahan ikan yang satu ini menawarkan kelezatan luar biasa yang sayang untuk tidak Anda coba. Tidak jarang brekecek dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Templeng

templeng
bosmeal.com

Berbicara tentang oleh-oleh khas Cilacap, tidak ada salahnya jika Anda mencoba templeng yang merupakan salah satu oleh-oleh populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Jika dilihat sekilas, templeng memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan rempeyek.

Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dan campuran bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih. Anda juga dapat memilih berbagai topping yang ditawarkan seperti ikan teri, kacang hijau, kacang tanah, hingga udang rebon.

4. Rempeyek Yutuk

rempeyek yutuk
inibaru.id

Pernah mendengar sebutan makanan rempeyek yutuk? Yutuk adalah nama salah satu binatang laut yang sekilas mirip dengan udang dan kepiting. Yutuk biasa dipilih dan diolah oleh warga Cilacap hingga menghasilkan rempeyek yutuk.

Yutuk yang telah diolah menghasilkan cita rasa gurih dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Anda dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Cilacap. Yutuk sendiri cukup sulit dijumpai karena hanya bisa ditemukan di sekitar wilayah pantai Cilacap. Saat berkunjung ke Cilacap, membeli rempeyek yutuk sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang tentu menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba.

5. Lanting

lanting
inibaru.id

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Cilacap yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Lanting. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ubi kayu atau singkong. Lanting juga memiliki bentuk khas yakni bulat dan berlubang di bagian tengahnya.

Saat mencoba lanting, Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih serta tekstur yang renyah. Paving biasa dijual dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Cilacap. Saat berkunjung ke Cilacap, menikmati lezatnya lanting untuk bersantai atau membelinya sebagai oleh-oleh tentu menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba.

6. Keripik dan Stik Sukun

Oleh Oleh Khas Cilacap
yummy.co.id

Berkunjung ke Cilacap tentu sangat disayangkan jika tidak pulang dengan membawa oleh oleh khas Cilacap. Salah satu oleh-oleh yang bisa Anda coba adalah keripik sukun atau stik sukun. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama sukun.

Buah yang dikenal memiliki rasa manis yang khas ini sangat cocok diolah sebagai keripik atau stik. Anda dapat merasakan tekstur yang renyah serta rasa manis yang ditawarkan. Keripik sukun biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Tahu Masak

tahu masak
silausurya.com

Tahu masak menjadi salah satu sekaligus oleh oleh khas Cilacap yang banyak diburu oleh wisatawan maupun warga lokal. Hidangan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional di Cilacap. Sesuai dengan namanya, tahu masak merupakan olahan tahu yang digoreng matang dengan sedikit minyak. Makanan ini juga ditambahkan dengan ketupat, irisan kubis, kerupuk, serta tambahan sambal kacang yang lezat.

Meskipun dikenal menawarkan cita rasa lezat, tahu masak dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya tampilannya yang menggugah selera, Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasa khas yang ditawarkan.

8. Tempe Dages

Oleh Oleh makanan Khas Cilacap
perpus.jatengprov.go.id

Saat bingung menentukan salah satu oleh oleh khas Cilacap untuk dibawa pulang, tempe dages menjadi rekomendasi tepat yang bisa Anda coba. Tempe yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan yang berbeda dari tempe pada umumnya. Tempe dages buat dari ampas tahu sehingga memiliki warna abu-abu.

Tempe dages biasa dijual dalam keadaan mentah maupun siap santap. Jika membelinya dalam keadaan mentah, Anda dapat mengolahnya dengan cara digoreng dengan tambahan baluran tepung. Tempe dages menawarkan cita rasa yang khas dan juga unik.

9. Karedok

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Cilacap
prasmanan.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan hidangan karedok. Makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di daerah Cilacap. Karedok juga di kerap dipilih sebagai salah satu oleh oleh khas Cilacap untuk dibawa pulang bagi para wisatawan.

Karedok merupakan hidangan yang dibuat dari berbagai bahan seperti mentimun, kacang panjang, toge, kubis, wortel, dan dilumuri dengan bumbu kacang. Adanya tambahan kerupuk juga menjadikan cita rasa hidangan yang satu ini semakin lengkap. Tidak hanya lezat saat dinikmati langsung, Anda juga dapat membawa pulang karedok sebagai oleh-oleh.

10. Manggleng Singkong

Oleh Oleh Khas Cilacap
bukalapak.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Cilacap yang dapat Anda bawa pulang, salah satunya adalah manggleng singkong. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilacap.

Sesuai dengan namanya, manggleng singkong dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan. Anda dapat mencoba rasa pedas dan juga gurih. Kemasan yang praktis juga menjadikan jajanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.



Leave a Reply