7 Rekomendasi Cuanki Enak di Bandung


prita  October 25, 2022  0 Comment

Cuanki enak di Bandung pastinya bisa jadi salah satu alternatif kuliner yang patut untuk kamu coba. Sebelum kita bahas dimana saja bisa menikmati cuanki enak di Kota Kembang, tahukah kamu apa itu cuanki? Cuanki merupakan jajanan khas Bandung yang sangat mudah ditemukan. Biasanya, penjualnya menjajakan makanan ini dengan cara dipikul atau didorong dengan gerobak.

Cuanki sendiri adalah singkatan dari cari uang jalan kaki. Hal ini karena awalbya pedagang cuanki menjajakan dagangannya dengan cara memikul sambil berjalan berkeliling. Sampai sekarang masih banyak sih penjual yang menjajakan cuanki dengan cara seperti ini meskipun sudah banyak juga yang membuka kedai. Para pedagang cuanki sendiri biasanya berkeliling menjajakan dagangannya di siang hari maupun sore hari. Karena pedagang cuanki ini banyak yang berasal dari Bandung, maka jajanan ini juga sering disebut sebagai bakso Bandung.

Cuanki ini berupa siomay atau bakso tahu kering yang kemudian diberi kuah. Jika diperhatikan sepintas, cuanaki memang tak beda jauh dengan bakso pada umumnya. Bedanya, cuanki tidak diberi topping mie ataupun sayuran. Nah, untuk kamu yang ingin menjajal cuanki di Bandung, berikut ini adalah rekomendasi yang paling enak.

1. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu
gotravelly.com

Cuanki enak di Bandung yang pertama adalah Cuanki Serayu. Kedai cuanki yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena cuanki ini cukup legendaris sejak tahun 1990.

Kedai ini selalu dipenuhi pengunjung, baik itu saat hari biasa ataupun hari libur. Cuanki Serayu ini dikenal memiliki cita rasa yang nikmat sehingga banyak sekali yang menyukainya dan untuk itu kamu harus sabar mengantri saat ingin mencicipinya.

Kuah kaldu cuanki Serayu ini dibuat bukan menggunakan tulang sapi, melainkan rebusan tulang ikan. Inilah yang membedakan Cuanki Serayu dengan cuanki lainnya. Apalagi ditambah dengan campuran siomay, bakso, batagor serta tahu yang pastinya akan membuat rasanya semakin lezat. Selain cuanki, disini kamu juga bisa memesan batagor yang cita rasanya tak kalah nikmat.

Alamat: Jalan Serayu No 2, Cihapit, Bandung Wetan

Gotravelly

Nikmatnya Cuanki Cep Bewok, Jajanan Sunda Untukmu Pecinta Pedas

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri..

2. Cuanki Endos

Cuanki Endos
jabar.tribunnews.com

Cuanki Endos juga menjadi salah satu kedai cuanki enak di Bandung yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Disini, kamu tak hanya bisa menikmati siomay dan bakso saja, tapi kamu juga bisa menikmati gorengan pangsit, ceker ayam dan tulang ayam sehingga satu mangkok cuanki akan terasa lebih nikmat.

Menu lain yang bisa kamu tambahkan pada satu porsi cuanki ini adalah tahu putih, tahu goreng serta perasan jeruk limau sehingga kuah cuanki menjadi lebih segar. Kedai yang berada di kawasan Buah Batu ini menyediakan dua menu cuanki, yaitu cuanki endos 1 yang berisikan bakso kasar, tahu putih, tahu goreng, pangsit dan siomay. Lalu, ada cuanki endos 2 yang isinya berupa bakso kasar, tahu goreng, siomay, tahu putih dan pangsit ditambah juga dengan bakso halus. Kamu juga bisa memberi tambahan topping berupa tulang ayam dan ceker ayam.

Kuah kaldu Cuanki Endos ini pun terasa nikmat dan spesial karena tidak menggunakan rebusan tulang sapi, melainkan menggunakan rebusan tulang ayam. Tak heran jika banyak pengunjung yang ketagihan saat pertama kali mencobanya.

Alamat: Jalan Kliningan No 1, Turangga, Lengkong

3. Cuanki Wildan

Cuanki Enak di Bandung
traveloka.com

Cuanki enak di Bandung yang patut untuk dicoba adalah Cuanki Wildan. Cuanki Wildan merupakan salah satu kedai cuanki yang mulai banyak terdengar namanya karena disini kamu akan menemukan banyak menu dan pastinya yang paling populer adalah cuanki-nya.

Cuanki Wildan ini yak hanya menawarkan isian yang beragam, tapi juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Menu lainnya yang ditawarkan oleh kedai ini adalah cuanki goreng yang disajikan seperti sate bersamaan dengan sambal kacang serta kecap manis. Dalam seporsi cuanki ini terdiri dari pangsit goreng, bakso halus, bawang merah goreng, daun seledri cincang serta kuah yang gurih. Sebagai tambahannya, kamu bisa menambahkan potongan jeruk limau yang memberikan kesegaran pada kuah cuanki.

Alamat: Jalan Sirnasari No 7, Pasteur, Sukajadi

4. Cuanki Dara Kembar

Cuanki Dara Kembar
tripzilla.id

Cuanki Dara Kembar juga masuk dalam daftar cuanki enak di Bandung yang layak untuk kamu cicipi. Selain dikenal karena rasanya yang lezat, cara penyajian cuanki di kedai ini terbilang unik dan tak akan kamu temukan di kedai cuanki lainnya di Kota Bandung.

Cuanki di kedai ini disajikan menggunakan hot plate yang berbentuk wajan serta kuali mini berbahan tanah liat. Salah satu menu cuanki yang paling banyak dipesan disini adalah Cuanki Reuwazz, yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate ditambahkan dengan kuah pedas yang disajikan terpisah. Tak hanya menawarkan cuanki, kedai ini juga menawarkan bacang yang berisikan daging sapi untuk teman makan cuanki.

Alamat: Jalan Ternate No 10, Citarum, Bandung Wetan

5. Cuanki Lakoca

Cuanki Lakoca
tokopedia.com

Cuanki enak di Bandung selanjutnya adalah Cuanki Lakoca. Berbeda dengan cuanki lainnya yang diproses dan disajikan di tempat, maka Cuanki Lakoca ini adalah cuanki instan.

Sama halnya dengan mie instan, cuanki ini sangat mudah dibuat dan disajikan. Meskipun berbentuk instan, namun rasanya tak kalah dari cuanki lainnya. Cara menikmatinya pun cukup mudah, yaitu dengan diseduh dengan air panas. Di dalam cup Cuanki Lakoca ini sudah terdapat siomay dan tahu beserta bumbunya. Inovasi Cuanki Lakoca ini dihadirkan dengan beragam rasa, seperti original, soto juga kari ayam.

Alamat: Jalan Kol Masturi, Komp Rinjani No 16, Cipageran, Cimahi Utara

6. Cuanki Otten

Cuanki Otten
traveloka.com

Untuk kamu yang suka dengan makanan porsi besar, maka Cuanki Otten ini bisa jadi pilihan. Cuanki Otten juga masuk dalam daftar cuanki enak di Bandung yang patut untuk kamu cicipi.

Kedai Cuanki Otten ini menyediakan bakso besar berisikan daging. Seporsi Cuanki Otten ini berisikan siomay, tahu putih, tahu goreng dan bakso. Jika kamu ingin porsi yang lebih banyak, kamu bisa memilih bakso besar berisikan daging.

Menariknya, tak hanya bisa makan di tempat, kamu juga bisa membawa cuankinya ke rumah karena Cuanki Otten ini menyediakan frozen cuanki. Selain menu cuanki, disini kamu juga bisa mencicipi menu cilok goreng yang diberi bumbu kacang yang gurih.

Alamat: Jalan Dr Otten No 1, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo

7. Cuanki CLBK

Cuanki CLBK
id-id.facebook.com

Kedai cuanki enak di Bandung yang terakhir adalah Cuanki CLBK. Pemilik kedai cuanki ini sengaja memilih nama CLBK karena selain unik, nama ini juga mudah diingat oleh banyak orang.

Tak hanya namanya yang unik, kedai ini juga menyajikan cuanki dengan rasa yang lezat. Kamu akan langsung bisa merasakan rasa gurih akan saat mencicipi cuanki di kedai ini. Kamu pun bisa membawa cuanki ini pulang sebagai oleh-oleh dalam besek bambu atau yang disebut pipiti oleh orang Sunda.

Alamat: Belakang SD Sejahtera, Jalan Senang No 28/35A, Pasteur, Sukajadi



Leave a Reply