8 Sate Maranggi di Bandung Kelezatannya Nempel di Hati


prita  August 23, 2022  0 Comment

Sate Maranggi di Bandung bisa jadi salah satu alternatif kuliner yang wajib untuk kamu coba. Sate Maranggi merupakan salah satu jenis sate khas Nusantara yang cukup populer. Berasal dari Purwakarta, Sate Maranggi ini juga menjadi salah satu kuliner yang cukup banyak dicari wisatawan saat berlibur di Jawa Barat.

Menariknya, nama Maranggi berasal dari Bahasa Sunda yang merupakan istilah pertukangan, yaitu Seorang Ahli Pembuat Sarung Keris. Biasanya, sate maranggi ini dibuat dengan dua varian daging, yaitu daging sapi dan daging kambing. Bedanya dengan sate dari daerah lain di Indonesia adalah proses perendaman daging dalam bumbu sebelum akhirnya diolah menjadi sate.

Nah, untuk kamu yang sedang berencana berlibur ke Bandung, berikut ini adalah daftar tempat untuk menikmati sate maranggi paling enak di Bandung.

1. Sate Maranggi 77

Sate Maranggi 77
gofood.co.id

Sate Maranggi 77 menjadi salah satu tempat untuk menikmati sate maranggi di Bandung paling enak. Warung sate ini terkenal menyajikan sate yang lembut dan enak, ditambah lagi daging sate yang dipotong besar-besar kemudian ditusuk dengan bambu.

Satu porsi sate maranggi disini disajikan dengan nasi hangat dalam bakul kecil, sepiring acar dan lengkap dengan bumbu kacang juga cabe rawit. Harga satu porsi sate maranggi disini juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 30.000 saja. Sate Maranggi 77 ini berada di lokasi yang tidak sulit ditemukan karena berada di pinggir jalan besar.

Alamat: Jalan Burangrang, Bandung

Gotravelly

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri

Sindang Reret Surapati: Tawarkan Ragam Menu Khas Sunda Dengan Tempat Yang Nyaman

2. Warung Sate Pak Gino

Warung Sate Pak Gino
tripadvisor.com

Sate Maranggi di Bandung yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Warung Sate Pak Gino. Berbeda dengan sate maranggi di tempat lain, Pak Gino menawarkan sate maranggi dalam hot plate sehingga panasnya tetap terjaga.

Sebagai menu pelengkap, sate maranggi disini disajikan bersama acar dan bumbu kacang yang gurih. Selain itu, diberi nasi atau lontong sebagai pelengkapnya agar semakin kenyang. Istimewanya, dalam meracik satenya, pria asal Sidareja ini memiliki resep khusus. Ia memberi bumbu sate dengan racikan gula merah, asam dan garam. Kemudian sate dibakar setengah matang, lalu dicelupkan pada bumbu yang sama dan dibakar sampai matang.

Cara memasak yang seperti ini membuat cita rasa daging ini empuk dan lezat. Bumbunya meresap sempurna sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkan bumbu kacang unik menikmatinya. Bumbu khas yang dicelupkan saat proses pembakaran sudah menghasilkan rasa yang enak.

Tak hanya menawarkan menu sate maranggi, warung Pak Gino ini juga menawarkan menu lainny, seperti tongseng kambing. Kuah tongseng disini juga tak kalah nikmat dengan kuah kekuningan dan beraroma rempah.

Alamat: Jalan Sunda No 76, Sumur Bandung, Kota Bandung

3. Sate Maranggi Guru Mughni

Sate Maranggi Guru Mughni
traveloka.com

Sate Maranggi Guru Mughni juga menjadi salah satu tempat makan sate maranggi di Bandung yang terkenal enak. Jika warung sate biasanya berupa warung di pinggir jalan dengan interior yang tidak mewah, maka warung sate ini menawarkan tempat yang sangat nyaman.

Sate Maranggi Guru Mughni ini menawarkan tempat makan sate yang tenang, bersih dan luas sehingga kamu tidak perlu berdesakan dengan pengunjung lainnya. Ditambah lagi, disini terdapat ruangan ber-AC serta ruangan merokok. Sate Maranggi disini juga terkenal sangat enak dengan bumbu yang meresap pada dagingnya.

Alamat: Jalan Cilaki No 51, Bandung

4. Sate Maranggi Ko Angga

Sate Maranggi di Bandung
ayobandung.com

Warung sate maranggi di Bandung yang terkenal lezat selanjutnya adalah Sate Maranggi Ko Angga. Bisa dibilang, Sate Maranggi Ko Angga ini sudah memiliki nama di kota Bandung dan sering diburu oleh para pecinta kuliner.

Berlokasi di dekat Gasibu, Sate Maranggi Ko Angga ini sering menjadi jujugan banyak wisatawan juga warga setempat. Selain menawarkan sate maranggi, di warung ini kamu juga bisa memesan menu lainnya, seperti oseng mercon Maranggi dengan daging sapi ataupun daging kambing, tongseng sapi dan kambing, lotek hingga karedok.

Alamat: Jalan Surapati No 59, Bandung

5. Sate Maranggi Mang Ujang

Sate Maranggi Mang Ujang
menukuliner.net

Kalau biasanya sate maranggi dibuat dari daging kambing ataupun sapi, lain halnya dengan sate Maranggi Mang Ujang ini. Sate Maranggi Mang Ujang ini dibuat menggunakan saging ayam yang mana tak mengurangi kenikmatan satenya.

Sate Maranggi Mang Ujang ini juga layak untuk masuk dalam daftar sate maranggi enak di Bandung yang wajib untuk kamu kunjungi. Selain menggunakan daging ayam, kamu juga bisa memesan sate maranggi dengan daging sapi maupun kambing. Sama halnya dengan sate maranggi pada umumnya, Mang Ujang juga menyajikan sate maranggi dengan sambal kecap yang diberi tambahan potongan tomat, bawang dan cabe rawit. Ada juga sop iha sapi, sop kaki sapi dan gule kambing di warung ini dan semuanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No 707, Cibuntu

6. Sate Maranggi Cianjur Pak Ade

Sate Maranggi Cianjur Pak Ade
bandungcity.net

Sate Maranggi di Bandung yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Sate Maranggi Cianjur Pak Ade. Warung sederhana ini memang cukup populer dan sate maranggi disini terkenal memiliki cita rasa yang sangat lezat karena disajikan dengan bumbu kacang dan acar segar sebagai pelengkapnya.

Selain bisa menikmati sate maranggi, disini kamu juga bisa memesan menu lainnya seperti nasi dan ketan bakar. Warung Sate Maranggi Cianjur Pak Ade ini menyajikan dua pilihan sate, yaitu sate sapi spesial dan sate jando.

Alamat: Jalan Lingkar Selatan, Jalan BKR No 81, Kecamatan Regol, Kota Bandung

7. Kedai Rakha

Kedai Rakha
pinhome.id

Jika kamu kebetulan sedang berada di Bandung Timur, kamu wajib berkunjung ke Kedai Rakha. Kedai Rakha ini dikenal menjadi salah satu tempat untuk menikmati sate maranggi di Bandung.

Kedai Rakha ini dikenal menawarkan menu sate maranggi yang cita rasanya lembut, wangi dan harganya relatif terjangkau. Tak hanya bisa menemukan sate maranggi, Kedai Rakha juga menyediakan gulai kambing dan sapi, pepes ayam dan aneka masakan rumahan lainnya yang tak kalah lezat.

Alamat: Cisaranten Baru No A13, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung

8. Sate Hadori

Sate Hadori
garnesia.com

Warung sate maranggi enak di Bandung yang terakhir adalah Sate Hadori. Sate Hadori merupakan salah satu warung sate legendari si Bandung karena sudah berdiri selama 80 tahun dan dijalankan secara turun temurun.

Sate Hadori ini menawarkan menu sate kambing yang terkenal juicy dan empuk. Bahkan, penampilan sate dan aromanya pun bisa membuat siapapun tergiur. Hal tersebut karena Sate Hadori ini menggunakan daging kambing muda sebagai bahan baku utamanya. Tak hanya itu, cara memasaknya pun sangat diperhatikan agar daging sate tidak berbau amin. Tak heran jika Sate Hadori ini menjadi salah satu tempat makan sate paling favorit di Bandung.

Alamat: Jalan Stasiun Selatan No 11-12, Kecamatan Andir, Kota Bandung



Leave a Reply