20 Spot Wisata Terindah di Indonesia yang Mirip di Luar Negeri


prita  May 1, 2021  0 Comment

Berwisata ke luar negeri memang selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Negara-negara di luar negeri memang menawarkan deretan wisata dengan pemandangan yang memukau dan pastinya membuat wisatawan Indonesia tergoda untuk mengunjunginya. Namun, tentu saja berlibur ke luar negeri dibutuhkan sejumlah dokumen dan budget yang tidak sedikit. Nah, daripada kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk berlibur ke luar negeri, Berikut spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang pemandangannya tak kalah indah

1. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul
kastara.id

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang pertama adalah Monumen Simpang Lima Gumul yang berada di kota Kediri, Jawa Timur. Monument ikonik ini memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe yang berada di kota Paris.

Monumen ini berada di tengah kota Kediri dengan luas bangunan 804 meter persegi dan tinggi 25 meter. Monumen Simpang Lima Gumul ini pun memiliki 6 lantai. Tak hanya itu, di sekitar monument ini terdapat taman hijau yang membuatnya semakin terlihat seperti Arc de Triomphe yang ada di Paris.

paket wisata murah

Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Di Mojokerto

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

2. Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Patung Buddha Tidur
gotravelly.com

Masih di Provinsi Jawa Timur, ada satu lagi spot wisata Indonesia mirip di luar negeri, tepatnya mirip dengan Sleeping Buddha yang ada di Thailand, yaitu Buddha Tidur di Kota Mojokerto.

Patung Buddha Tidur di Kota Mojokerto ini berada di kawasan Mahavihara Majapahit, Trowulan. Perlu diketahui, Indonesia sebenarnya memiliki 4 patung Buddha Tidur yang tersebar di berbagai wilayah, namun yang ada di Mojokerto ini merupakan patung terbesar karena memiliki panjang hingga 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi mencapai 4,5 meter. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk berfoto dengan Patung Buddha Tidur ini.

3. Kampung Warna Warni Jodipan, Malang

Kampung Warna Warni Jodipan
gotravelly.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kampung Warna Warni Jodipan yang ada di Kota Malang. Kampung Warna Warni Jodipan ini disebut mirip dengan Gamcheon Culture Village yang berada di kota Busan, Korea Selatan.

Kampung warna Warni Jodipan ini menjadi salah satu kampung warna warni yang ada di Indonesia. Semua rumah warga dinding hingga gentengnya dicat dengan berbagai warna yang mencolok. Bahkan ada juga mural serta lukisan 3D yang sangat menarik. Kamu pun bisa menikmati kampung ini dari Jembatan Kaca yang berada di atas Sungai Brantas.

4. Bukit Pelalangan, Bangkalan

Bukit Pelalangan
gotravelly.com

Bukit Pelalangan yang berada di Kabupaten Bangkalan, Madura ini juga cukup populer sebagai salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri. Wisata di Pulau Madura ini disebut mirip dengan Antelope Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat.

Bukit Pelalangan ini sebenarnya adalah bekas tambang kapur yang sudah tidak digunakan lagi. Sisa dari aktivitas penambangan batu kapur ini kemudian meninggalkan relief yang cantik pada tebingnya sehingga menjadi tempat wisata yang sangat instagramable.

5. Sungai Maron, Pacitan

 Sungai Maron
blog.misteraladin.com

Sungai Maron juga masuk dalam daftar spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang wajib untuk kamu kunjungi. Sungai yang berada di Kabupaten Pacitan ini disebut mirip dengan Sungai Amazon yang berada di Amerika Selatan.

Sungai Amazon memang dikenal memiliki pemandangan indah seperti hutan hujan tropis dan sering menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film. Begitu juga dengan keindahan Sungai Maron ini. Sepanjang sungai ini kamu bisa melihat hutan yang masih asri dan rimbun. Pengunjung bisa menyusuri indahnya Sungai Maron ini dengan menggunakan perahu tradisional.

6. Taman Nasional Baluran, Situbondo

 Taman Nasional Baluran
travel.okezone.com

Sudah bukan rahasia lagi soal keindahan dari Taman Nasional Baluran ini. Taman Nasional Baluran yang berada di Kabupaten Situbondo ini memang disebut mirip dengan Cagar Alam Maasai Mara yang berada di Kenya, Afrika.

Taman Nasional Baluran ini bahkan dijuluki sebagai Africa Van Java karena memiliki pada savanna yang sangat luas. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat indah bahkan banyak satwa liar yang hidup bebas di dalamnya, seperti rusa, banteng, macan tutul, ajag, monyet ekor panjang, ular, kucing bakar hingga burung merak. Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang satu ini membuatmu benar-benar seperti sedang berada di Benua Afrika.

7. Gua Jomblang, Gunung Kidul

 Gua Jomblang
phinemo.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri selanjutnya adalah Gua Jomblang yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua Jomblang ini disebut mirip dengan Stephens Gap yang berada di Alabama, Amerika Serikat.

Gua Jomblang ini menjadi wisata yang cocok bagi kamu yang suka aktivitas menantang dan caving. Gua Jomblang ini memiliki kedalaman hingga 90 meter dan kamu bisa masuk kedalamnya dengan menggunakan gear. Di dalam gua ini kamu bisa merasakan sinar matahari yang menembus masuk dalam gua bagaikan cahaya surga. Cahaya inilah yang membuat fotomu terasa semakin cantik dan magical.

8. Telaga Warna, Wonosobo

 Telaga Warna
ksmtour.com

Telaga Warna yang berada di Dieng, Wonosobo ini juga menjadi salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri. Banyak yang menyebutkan jika Telaga Warna Dieng ini mirip dengan Danau Pitvice yang berada di Kroasia.

Telaga Warna ini dikenal sebagai telaga terluas di kawasan dataran tinggi Dieng. Disebut sebagai Telaga Warna karena air telaga ini bisa berubah-rubah warnanya, hal ini dikarenakan kandungan sulfur di dalamnya. Tak hanya itu, telaga ini memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh perbukitan indah dan menyegarkan mata.

9. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah
gotravelly.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang satu ini juga layak untuk kamu kunjungi jika kamu sedang berada di kota Semarang, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah.

Masjid Agung Jawa Tengah ini memang sangat megah dengan adanya 6 payung hidrolik raksasa yang membuatnya mirip seperti Masjid Nabawi. Tak hanya memiliki payung hidrolik, masjid ini juga memiliki arsitektur yang tak kalah menawan lainnya. Seperti menara masjid yang tingginya mencapai 99 meter dan bisa dinaiki oleh pengunjung untuk menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Tak heran jika Masjid Agung Jawa Tengah ini menjadi salah satu wisata religi di Semarang yang cukup populer.

10. Kawah Putih, Bandung

 Kawah Putih
wisataoke.com

Kawah Putih yang berada di Bandung ini juga layak masuk dalam daftar spot wisata Indonesia yang mirip di luar negeri. Kawah Putih ini disebut mirip dengan Danau Rotorua, yaitu sebuah pemandian air panas alami yang lokasinya berada di tengah hutan lebat Selandia Baru.

Sementara Kawa Putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan memiliki air berwarna putih kehijauan karena campuran belerang. Tak hanya itu, tanahnya juga berwarna putih sehingga pemandangan yang ditawarkan sangat syahdu. Apalagi jika ada kabut di Kawa Putih ini sehingga menambah efek dramatis dalam foto.

11. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Tana Toraja

Patung Tuhan Yesus Memberkati
phinemo.com

Bermimpi untuk berkunjung ke Patung Tuhan Yesus tertinggi di dunia yang berada di Brazil? Kamu tak perlu jauh-jauh untuk kesana karena di Indonesia ada salah satu patung Tuhan Yesus yang tak kalah indah.

Kamu bisa berkunjung ke Tana Toraja, tepatnya di Puncak Buntu Burake. Patung ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter yang mana lebih tinggi dari Patung Tuhan Yesus yang berada di Brazil yang tingginya hanya 38 meter. Disini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan patung, namun kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit dengan udara khas pegunungan yang sejuk. Patung Tuhan Yesus Memberkati ini juga masuk dalam daftar spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang tak kalah indah.

12. Pulo Cinta, Gorontalo

 Pulo Cinta
reddoorz.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang satu ini juga tak kalah menawan dan cukup populer, yaitu Pulo Cinta yang berada di Gorontalo. Pulo Cinta ini awalnya merupakan sebuah pulau tidak berpenghuni yang kemudian dikembangkan menjadi kawasan resort yang sangat cantik.

Di Pulo Cinta ini kamu bisa merasakan sensasi menginap dalam hotel diatas laut selayaknya di Bora-Bora, Tahiti. Tak hanya itu, keindahan laut disini juga tak kalah menawan. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan air disini, seperti diving dan snorkeling. Tak hanya itu, kamu juga bisa trekking untuk menikmati sunset dan sunrise di pulau berbentuk hati ini.

13. Pantai Ora, Maluku

 Pantai Ora
indonesiatraveler.id

Kalau Pulo Cinta disebut mirip dengan Bora-Bora yang ada di Tahiti, maka Pantai Ora yang berada di Maluku ini disebut mirip dengan Maldives. Keindahan Pantai Ora ini tentu tak perlu diragukan lagi, bahkan banyak yang menyebutnya sebagai Maldives-nya Indonesia.

Pantai Ora memiliki laguna dengan pantai yang perairannya tenang dan sejernih kaca. Tak hanya itu, disini juga terdapat penginapan yang dibangun di atas laut sehingga menambah keindahan dari pantai ini. Tak hanya itu, kawasan ini juga dikelilingi dengan perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Pantas saja jika Pantai Ora ini menjadi salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri.

14. Gua Rangko, Manggarai Barat

 Gua Rangko
pinguincruisekomodo.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang layak untuk kamu sambangi selanjutnya adalah Gua Rangko. Gua Rangko ini berada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Gua Rangko ini disebut mirip dengan Gua Crystal yang berada di Bermuda. Gua ini memiliki gugusan stalaktit yang indah berpadu dengan air berwarna biru dan jernih. Kamu pun bisa mencoba berenang di kolam alami yang berada di dalam gua tersebut. Sayangnya, akses untuk menuju ke gua ini masih belum terlalu baik, namun wisata ini tetap layak untuk kamu kunjungi.

15. Danau Kelimutu, Ende

Danau Kelimutu
phiradio.net

Danau Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende, Pulau Flores ini juga menjadi salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri. Danau Kelimutu ini disebut mirip dengan Kawah Viti yang berada di Islandia.

Danau Kelimutu dan Danau Viti ini sama-sama memiliki air berwarna biru tua dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Keindahan Danau Kelimutu ini tentu tak perlu diragukan lagi karena mampu membius siapapun yang datang kesana. Untuk itu, kamu tak perlu pergi jauh ke Islandia untuk bisa menikmati Kawah Viti karena di Indonesia ada Danau Kelimutu yang indah.

16. Jembatan Akar, Pesisir Selatan

 Jembatan Akar
rimbakita.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri selanjutnya adalah Jembatan Akar. Jembatan Akar ini berada di Desa Pulut-Pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Jembatan yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini disebut mirip dengan Living Root Bridges yang berada di India. Sesuai dengan namanya, jembatan ini terbuat dari akar dua pohon yang berbeda, yaitu pohon beringin dan poson asam kumbang. Meskipun terbuat dari akar, namun kamu tak perlu ragu akan kekuatannya karena jembatan ini sangat kokoh.

17. Danau Kaolin, Belitung

Danau Kaolin
lotuswisatabelitung.com

Kalau kamu bermimpi untuk berkunjung ke Pamukkale, Turki untuk mencoba sensasi berendam dalam pemandaan air panas alami yang bertingkat, kamu bisa menemukannya di Indonesia, yaitu Danau Kaolin yang berada di Belitung. Danau ini memiliki pemandangan yang hampir mirip dengan Pamukkale, yaitu tebing dan permukaan danaunya yang sama-sama berwarna putih dan airnya yang berwarna biru.

Danau Kaolin ini terbentuk dari bekar penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas galian tersebut kemudian terisi oleh air dan berpadu dari kaolin yang merupakan mineral sehingga membuat airnya berwarna biru yang cantik. Danau Kaolin ini bisa menjadi salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang wajib kamu kunjungi saat berada di Belitung.

18. Janjang Koto Gadang, Bukittinggi

 Janjang Koto Gadang
pegipegi.com

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Janjang Koto Gadang. Janjang Koto Gadang ini disebut mirip dengan Great Wall of China atau Tembok Besar China.

Janjang Koto Gadang ini berada di kawasan Ngarai Sianok, Bukittinggi. Memiliki panjang mencapai 1,5 meter, pengunjung diharuskan untuk trekking menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai puncaknya. Meskipun cukup melelahkan, namun semua rasa lelah akan hilang seketika setelah kamu melihat pemandangannya yang hijau dari pegunungan dan Ngarai Sianok di kejauhan. Janjang Koto Gadang ini berada sekitar 90 kilometer dari kota Padang dan bisa kamu tempuh dengan jalur darat.

19. Pantai Gigi Hiu, Lampung

 Pantai Gigi Hiu
republika.co.id

Pantai Gigi Hiu yang berada di Lampung ini juga menjadi salah satu spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Gigi Hiu ini disebut mirip dengan Taman Nasional Zhangjiajie yang berada di Tiongkok.

Pantai Gigi Hiu ini memiliki pemandangan berupa gugusan batu karang berbentuk lancip dan tertata alami tak jauh dari bibir pantai. Di bagian atas batu karang ini ditumbuhi dengan pepohonan kecil. Meskipun gugusan karang ini tak setinggi bukit batu di Taman Nasional Zhangjiajie, namun pemandangan yang ditawarkan ktak kalah cantik.

20. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat
islander.io

Spot wisata Indonesia mirip di luar negeri yang terakhir adalah Raja Ampat yang berada di Provinsi Papua Barat. Gugusan pulau karang yang indah di Raja Ampat ini terlihat bagai di Koh Phi Phi yang berada di Thaialnd.

Keindahan Raja Ampat memang tak perlu diragukan lagi. Raja Ampat memang sudah sangat populer karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Disini kamu bisa berkunjung ke 4 pulau besar, yaitu Misool, Batanta, Salawati dan Waigeo. Ragam aktivitas juga bisa kamu lakukan disini, seperti island hopping, snorkeling dan diving.



Leave a Reply