Jelajahi 10 Tempat Wisata Riga Terbaik Bersama Keluarga


Jehan  November 21, 2022  0 Comment

Riga merupakan ibu kota Latvia yang penuh dengan destinasi wisata menarik. Berkunjung ke tempat wisata Riga akan membuatmu berpetualang. Beragam nilai-nilai seni yang kuat dari Riga akan membuatmu kagum.

Berikut Daftar Tempat Wisata di Riga yang Penuh Sejarah dan Seni yang menarik dan dapat kamu kunjungi setiap saat:

1. Riga central Market

riga central market
fromplacetoplace.travel

Riga Central Market merupakan salah satu pasar terbesar di Eropa dengan lebih dari 3000 vendor pedagang di dalamnya. Saat berkunjung ke pasar ini kamu akan dibuat terkesan dengan banyaknya vendor yang tertata rapi di dalam pasar.

Berbagai macam produk lokal dapat kamu temui di Riga Central Market ini, seperti daging, ikan, sayuran, dan susu dengan kualitas terbaik. Selain itu kamu juga bisa mencoba membeli breberapa jenis makanan khas yang dapat kamu beli di pasar seperti: pickles, pelmeni dumplings, uzbekistani non bread, smoked fish, keju Latvian, dan rye bread.

Riga Central Market memiliki lokasi yang cukup strategis, letaknya cukup dekat dengan tepi sungau Daugava. Tidak jauh dari Daugava, terdapat stasiun kereta api dan bus Riga yang dapat diakses masyarakat umum.

Selain itu, Riga Central Market juga cukup dekat dengan destinasi wisata lokal Riga yang lainnya. Sehingga pasar ini dapat menjadi patokanmu untuk memulai perjalanan menjelajah setiap sudut Riga.

Gotravelly Review

Baca juga: Menikmati Indahnya Karya Seni Di Vin Autism Gallery

Baca juga: Gedung Sate: Ikon Kota Bandung Yang Bersejarah

2. Riga’s Old Town

riga's old town
gpsmycity.com

Riga’s Old Town merupakan kota tua yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Kota tua ini menjadi salah satu tempat wisata di Riga yang sering dikunjungi para wisatawan.

Saat berkunjung ke kota tua Riga ini, kamu akan menapaki jalan batu yang khas. Selain itu kamu juga bisa melihat alun-alun kota yang penuh warna, serta model bangunan era abad pertengahan yang menjadi ciri khas dari sudut kota tua Riga.

Tata ruang di kota tua Riga penuh dengan kekayaan arsitektural, lebih dari 500 bangunan mencerminkan gaya gothic, barok, modernisme, dan art nouveau. Kamu akan dibuat kagum denga kota tua Riga yang penuh dengan sentuhan seni di setiap sudutnya.

3. Art Nouveau Museum

velvetescape.com

Riga merupakan kota yang cukup dikenal memiliki gaya bangunan arsitektur art nouveau terbaik di Eropa. Berkunjung ke museum ini akan mengajakmu berkeliling melihat sejarah arsitektur yang indah, ditambah dengan segala rupa seni dan interior bergaya Art Nouveau.

Tidak jauh dari museum, kamu akan menemukan jalan Alberta di mana memiliki deret bangunan rumah megah yang akan membuatmu terperangah dengan model indahnya.

Kamu akan melihat fasad dengan warna-warna yang beragam, pahatan batu yang cukup rumit, serta patung-patung gargoyle yang tidak biasa. Kamu akan menemukan lanskap yang menakjubkan!

4. Jurmala Beach

jurmala beach
visitjurmala.lv

Pantai yang satu ini menjadi tempat wisata Riga yang cukup menarik perhatian wisatawan. Jurmala merupakan pantai dengan pasir putih yang memiliki panjang sekitar 20 mil. Menyusuri pantai adalah salah satu hiburan yang tidak akan pernah membosankan.

Saat kamu pergi ke pantai Jurmala, kamu dapat bersantai di beberapa tempat yang tersedia di sana, seperti wisma atau vila dengan gaya khas art nouveau. Letak pantai Jurmala tidak terlalu jauh dari pusat kota Riga. Kamu hanya butuh tempuh perjalanan sekitar 20 menit dengan menaiki kereta api.

5. Bastejkalna Park

flickr.com

Apabila kamu menginginkan tempat wisata yang memberi ketenangan, maka taman Bastejkalna dapat kamu kunjungi. Di taman Bastejkalna ini kamu dapat berjalan-jalan atau berpiknik di tengah rimbunnya taman yang hijau.

Taman Bastejkalna cukup dekat dengan kota tua Riga. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan cantik dari desain taman yang memiliki gaya khas dari abad ke-19. Kamu juga bisa menikmati interior taman yang ditata dengan apik.

Tidak jauh dari taman Bastejkalna, jika kamu meneruskan langkah ke arah utara kamu akan mendapati sebuah taman cantik lainnya yang dikenal dengan Taman Esplanade. Letak taman Esplanade diapit oleh katedral yang memiliki kubah emas cantik.

6. House of the Black Heads

house of the black heads
latvia.travel

House of the Black Heads merupakan sebuah tempat paling megah di Riga dan menjadi landmark dari kota tua ibu kota Latvia. Bangunan yang telah ada sejak tahun 1334 ini menjadi ruang pertemuan dan perjamuan.

Gedung mewah ini biasa dijadikan tempat untuk pameran, konser, atau acara kesenian lainnya. Saat berkunjung ke House of the Black Heads, kamu dapat mengikuti tur dan melihat karya-karya pengrajin antik yang ada di Riga. Kamu akan menemukan banyak replika yang dibuat dengan apik serta simbol-simbol penuh sejarah lainnya.

8. Museum of the Occupation of Latvia

museum occupation of latvia
travelhk.com

Museum Occupation of Latvia merupakan lembaga pendidikan bersejarah yang terletak di Riga, Latvia. Berdiri sejak tahun 1993 untuk memamerkan artefak, dokumen arsip, dan mendidik publik tentang periode 51 tahun di abad ke-20.

Museum of the Occupation of Latvia memiliki koleksi yang mengisahkan tiga pendudukan yang dialami Latvia di abad terakhir di masa pendudukan Soviet dan Jerman.

Museum Occupation of Latvia akan menyuguhkan informasi menarik dalam bentuk dokumen, foto, dan benda bersejarah yang penuh dengan kisah sejarah mengenai Latvia.

Tidak hanya itu saja, kamu bisa mampir ke corner house, di mana kamu akan melihat sudut pandang sejarah mengenai individu di masa lalu dengan sistem yang ada.

8. Latvian War Museum

latvian war museum
tripadvisor.com

Latvian War Museum merupakan salah satu museum tertua sekaligus terbesar di Latvia. Museum perang Latvian ini berlokasi di Powder Tower yang merupakan bekas menara benteng Riga sejak tahun 1916.

Museum perang Latvian ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi penanda atas sejarah militer dan politik Latvia yang kompleks. Dimana mengisahkan perjuangan Latvia dalam merebut kemerdekaannya sebanyak dua kali.

Di dalam museum ini, kamu akan mendapati koleksi benda-benda militer bersejarah abad ke-20. Selain itu kamu juga akan melihat koleksi senjata, foto, dokumen, serta medali dan seragam militer Latvia.

9. Doma Square

doma square
latvia.travel

Doma Square merupakan alun-alun terbesar yang ada di kota tua Riga. Doma Square menjadi pusat dimana sering diselenggarakannya berbagai acara publik.

Berkunjung ke alun-alun yang menjadi tempat wisata Riga ini, kamu akan melihat beberapa bangunan monumental yang dibangun pada abad ke-19 dan abad ke-20. 

Salah satu bangunan ikonik di Dom Square adalah gereja Dom atau Doms. Di samping itu juga ada gedung bursa efek Rifa yang telah berdiri sejak tahun 1855. Berseberangan dari situ ada gedung Komercbanka yang dibangun pada tahun 1922 dan gedung kementrian keuangan yang dibangun pada tahun 1940.

Suasana di Doma Square cukup magis, kamu akan sering mendengar suara lonceng bergema, ditambah dengan burung-burung merpati yang terbang rendah di alun-alun. Pemandangan dan suasana yang lekat dengan perasaan emosional yang akan membuatmu tidak bisa berhenti mengagumi Riga.

10. Fashion Museum Riga

fashion museum riga
latvia.travel

Museum mode Riga merupakan museum yang terletak di jantung kota Riga, dan telah menjadi rumah dari empat pameran mode terbesar, “Elegance of the 1930s”, “The Secrets of the East Western Fashion and China”, “Dior”, dan “The Golden Twenties”.

Berkunjung ke museum ini kamu dapat melihat berbagai koleksi dan model gaya pakaian selama berabad-abad lamanya. Museum interaktif ini sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Dari seluruh Daftar Tempat Wisata Riga yang Penuh Sejarah dan Seni tersebut, kamu akan mendapat petualangan yang seru dan saling terkait satu sama lain. Tunggu apa lagi, bersiap lah mempersiapkan diri untuk menjelajahi Riga!



Leave a Reply