sugengcool | Traveler
Chiang Rai, Chiang Rai, Thailand | Historical Places
18 Mar 2020


Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?
Wat Rong Khun atau White Temple di Chiang Rai menjadi tujuan kami selanjutnya…

How to Get There

Setelah keliling beberapa tempat wisata di Chiang Rai, kami masih melanjutkan perjalanan. Kali ini tujuannya adalah Wat Rong Khun / White Temple Chiang Rai.

 

Berangkat dari tujuan wisata sebelumnya yakni Wat Huay Pla Kang, kami membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit perjalanan.

What to Do

Wat Rong Khun lebih sering dikenal wisatawan dengan sebutan White Temple. White Temple merupakan sebuah pameran kesenian yang sudah dibuka sejak tahun 1997. Chalermchai Kositpipat adalah seseorang yang merancang, membuka, dan membangun White Temple di Chiang Rai.

Wat Rong Khun terkenal dengan bertuk arsitekturnya yang unik dan terkesan aneh. White Temple bernuansa surealis dan tentu ditambah dengan arsitektur tradisional Thailand. Karena bentuk desainnya yang cukup rumit dan unik, White Temple terlihat sangat megah dan elegan. Tapi tidak sedikit lo yang merasakan suasana seram di White Temple.

wat rong khun

Tiket masuk White Temple 100 baht

wat rong khun

wat rong khun

Seperti namanya, White Temple dicat serba putih, maksudnya adalah untuk menggambarkan kesucian Budha. Adanya patung setan, tengkorak, hingga kepala yang terpenggal dan tergantung menjadikan suasa White Temple cukup menegangkan. Tema kehancuran dan kekacauan memang sengaja diangkat untuk Wat Rong Khun atau White Temple ini.

Pertama datang, pengunjung harus melewati jembatan yang dikenal dengan sebutan “siklus kelahiran kembali”. Di kanan kiri jembatan, ada desain yang tak kalah seram yakni adanya banyak tangan yang menggapai seakan meminta tolong dari bawah. Jembatan yang satu ini melambangkan kelahitan kembali setelah kematian. Gimana, sudah merinding? Hehe.

wat rong khun

wat rong khun

Kalau mau dilihat lebih detail lagi, arsitektur yang terkesan rumit tadi adalah menyerupai bentuk api putih. Memasuki ruangan White Temple, kalian pasti akan mengira bahwa kuil ini berisi patung-patung budha. Tapi, di dalam ruangan White Temple kalian justru akan menemukan lukisan ikon budaya seperti Ultraman, Superman, dan Neo dari The Matrix.

wat rong khun

White Temple sengaja menampilkan budaya modern untuk merepresentasikan antara baik dan jahat daripada tokoh terkenal dalam sejarah agama Budha. Meskipun terkesan seram dan unik, banyak pengunjung yang datang dari luar negeri untuk melihat White Temple dari dekat. Indah dan uniknya bangunan White Temple juga tak jarang menjadikan banyak orang kagum dan selalu menyempatkan berfoto. Tidak mau kesempatan terbuang sia-sia, saya dan keluarga juga menyempatkan berfoto di kuil cantik ini.

wat rong khun

wat rong khun

Menikmati keindahan White Temple memang sangat mengagumkan dan memanjakan mata. Setiap patungnya dibuat indah dan detail banget. Keren sih ini perancang desainnya. Adanya perairan di kawasan Wat Rong Khun / White Temple juga membuat kesan semakin segar.

Beberapa tempat duduk disediakan bagi kalian yang sejenak ingin beristirahat. Saat ke Chiang Rai Thailand, sempatkan mampir ke Wat Rong Khun / White Temple ya!

Tips and Trick
  • Gunakan pakaian yang rapi dan sopan
  • Datang pagi atau sore hari
  • Jangan merusak fasilitas di Wat Rong Khun
Where to Stay
Chiang Rai Hotel
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY