15 Air Terjun di Australia Dengan Keindahan Luar Biasa


Altesa  October 8, 2022  0 Comment

Air Terjun menjadi salah satu wisata alam yang populer dimanapun Air Terjun itu berada. Tak hanya memiliki air yang jernih biasanya Air Terjun juga memiliki keunikan dan keindahannya masing – masing. Tak hanya di Indonesia di luar negeri pun juga memiliki Air Terjun yang menarik dan menjadi ikon wisata dari daerah tersebut. Beberapa Air Terjun indah di dunia adalah Air Terjun Niagara di Amerika, Air Terjun kawasan yang terletak di Filipina, Baatara Gorge yang berlokasi di Lebanon, dan masih banyak air tejun di dunia lainnya. Air Terjun di Australia juga sering dikunjungi serta menjadi obek wisata ikonik di Australia. Tak hanya terkenal dengan kangguru nya Australia juga memiliki Air Terjun yang bisa kamu kunjungi saat berada disana.

Kali ini Gotravelly akan membantu kamu memberikan rekomendasi Air Terjun indah di Australia yang bisa kamu kunjungi saat berada disana. Berikut adalah beberapa Air Terjun di Australia;

1. Air Terjun Wollomombi

Air Terjun Wollomombi
sydneyuncovered.com

Air Terjun wollomombi merupakan salah satu Air Terjun di Australia yang berlokasi di Taman Nasional Oxley Wild Rivers di New South Wales Australia. Begitu indah dan uniknya Air Terjun satu ini hingga menjadi salah satu situs yang diakui dan ada dalam UNESCO. Air Terjun ini merupakan salah satu Air Terjun tertinggi yang ada di Australia. Memiliki tinggi berkisar 228 meter atau sekitar 750 kaki ke dalam jurang woollomombi yang indah dan menakjubkan. Saat hujan deras kapasitas air dalam Air Terjun akan meningkat, sehingga kamu bisa melihat Air Terjun dengan buliran air yang deras dan spektakuler. Untuk menuju kesini terdapat salah satu tour yang dinamakan wollomombi walk. Tour Wollomombi merupakan kegiatan berjalan menyusuri sisi utara ngarai dan perlahan – lahan ke dasar jurang. Rute tour ini berkisar 1,5 KM yang akan mnghabiskan waktu sekitar 1,5 jam hingga kembali.  

Gotravelly

KOPTE TARIK By DUM DUM Group, Pilihan Coffee To Go Dengan Harga Murah Dan Rasa Yang Ga Murahan!

Villa Kopi Prigen, Cafe Ala Pedesaan Dengan Pemandangan Indah

2. Air Terjun Wallaman

Air Terjun Wallaman
ga.gov.au

Air Terjun wallaman yanjg merupakan Air Terjun di Australia, berlokasi di Taman Nasional Girringun. Air Terjun ininjuga merupakan salah satu Air Terjun di Australia yang menjadi warisan dunia UNESCO. Air Terjun ini berada di daerah Queensland yang juga memiliki berbagai wisata yang menarik untuk di kunjungi. Air Terjun Wallaman memiliki tinggi berkisar 245 meter dan di kelilingi tebing yang tinggi menjulang. Berada di antara tebing tinggi menjulang membuat pemandangan di Air Terjun ini sungguh indah serta menakjubkan, tak heran jika Air Terjun ini juga masuk dalam salah satu warisan budaya UNESCO. Untuk menuju kesini pengunjung bisa melakukan tracking untuk menyusuri hutan lebat agar dapat menikmati keindahan Air Terjun ini dengan lebih dekat.

3. Air Terjun Rockhole

Air Terjun di Australia
idntimes.com

Air Terjun selanjutnya yang berada di Australia adalah Air Terjun Rockhole. Air Terjun di Australia satu ini berlokasi di Taman Nasional Nitmiluk. Untuk menuju ke Air Terjun ini kamu harus melakukan trekking sekitar 8 kilometer perjalanan pulang pergi dari pintu masuk Taman Nasional Nitmiluk. Kendala terbesar untuk trekking menuju ke Air Terjun ini adalah iklim brutal di Australia yang bisa memakan tenaga. Perlu dicatat pada saat bulan kemarau atau musim panas intensitas air pada Air Terjun ini akan menipis dari biasnaya. Aktifitas yang bisa kamu lakukan saat berada di air terjun ini adalah berenang di bawah Air Terjun sembari menikmati segar dan indahnya pemandangan Air Terjun ini dari dasar.

4. Air Terjun Ellenborough

Air Terjun Ellenborough
tripadvisor.com

Air Terjun di Australia selanjutnya adalah Air Terjun Ellenborough. Air Terjun ini berlokasi tak jauh dari Taman Nasional Oxley Wild Rivers yang sangat populer, tepatnya berada di dekat kota kecil Elands, bagian timur dataran tinggi Bulga. Air Terjun ini memiliki tinggi berkisar 150 meter atau 490 kaki. Disekitar Air Terjun ini memiliki tangga yang di jaga untuk akses menuju ke air terjun ini. Untuk menuju kesini dan menikmati keindahan Air Terjun tentu saja kamu harus melakukan trekking yang cukup sulit. Namun, trekking itu akan terbayarkan dengan keindahan Air Terjun ini. Air Terjun Ellenborough sendiri memiliki aliran air yang ditentukan dengan cuaca di daerah Air Terjun tersebut, jika cuaca sedang hujan maka Air Terjun ini memiliki aliran air yang deras, namun jika pada musim panas ataupun kemarau aliran air juga akan berkurang secara cukup signifikan. Meski begitu Air Terjun ini tetap layak dan bisa dikunjungi jika kamu berada di sekitaran daerah tersebut.

5. Air Terjun Dandongadale

Air Terjun Dandongadale
valleyviewcaravanpark.com.au

Air Terjun Dandongadale merupakan Air Terjun di Australia yang berlokasi di perbatasan dataran tinggi dalam Taman Nasional Alpine. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah akhir musim dingin dan pada musim semi, saat air terjuni ini akan dibanjiri salju. Oleh sebab itu, disarankan sebelum merlakukan perjalanan sebaiknya lakukan pemeriksaan perjalanan kamu jika ingin menuju ke Air Terjun ini. Disekitaran Air Terjun ini juga terdapat sunga Dandingadale yang cukup jernih dan indah. Disini kamu juga bisa melakukan aktifitas santai seperti piknik di dekat area Air Terjun dan sungai hingga berenang dan bermain air.

6. Air Terjun Millaa Millaa

Air Terjun Millaa Millaa
gotravelly.com

Air Terjun di Australia selanjutnya adalah Air Terjun Millaa Millaa. Air Terjun ini berlokasi tak jauh dari Kota Millaa Millaa di pantai timur laut Australia. Millaa Millaa sendiri merupakan salah satu buah khas lokal yang dihargai oleh penduduk asli sekitar air terjun dan kota ini. Ais terjun ini memang tidak terlalu tinggi seperti Air Terjun kebanyakan yaitu dengan tinggi 60 kaki namun, Air Terjun satu ini  sangatlah indah. Air Terjun Millaa Millaa hanya berjarak sekitar 10 menit dari kota dan jalan rute menuju ke Air Terjun ini cenderung lebih mudah dan singkat. Air Terjun ini merupakan daya tarik yang besar bagi wisatawan yang ingin melakukan tour kesini. Berbeda dari Air Terjun sebelumnya, Air Terjun ini berada di tengah hutan dengan dikelilingi pepohonan yang rindang dan indah. Karena lokasinya berada di tengah hutan, air terjun ini seperti oasis aliran air yang indah di tengah hutan.

7. Air Terjun Jim Jim

Air Terjun Jim Jim
kakadutoursandtravel.com.au

Air Terjun Jim Jim merupakan Air Terjun di Australia selanjutnya yang cukup populer di daerah tersebut. Air Terjun ini berlokasi di Ngarai Jim Jim Taman Nasional Kakadu. Untuk menuju ke Air Terjun ini diperlukan pendakian berjarak 900 meter melintasi medan yang sulit dan berbatu. Sembari berlompatan di bebatuan untuk menuju ke sana, kamu bisa melihat sungai di bawahnya dan juga terkadang terdapat buaya yang berada di tepi sungai. Saat berada disana patutnya kamu untuk berhati – hati ya. Saat berada di Air Terjun kamu bisa mengabadikan momen dengan memotret gambaran tebing yang berwarna merah serta dilengkapi dengan air terjun yang indah. Di dasar Air Terjun terdapat 2 buah kolam yang bisa direnangi dan menjadi sarana bermain air. Bermain air setelah melakukan trekking bebatuan yang sulit sangatlah menyenangkan untuk dilakukan.

8. Air Terjun Ebor

Air Terjun Ebor
sydneyuncovered.com

Air Terjun Ebor merupakan salah satu air terjun di Australia yang terletaj di taman nasional sungai guy fawkes daerah New England di New South Wales. Air Terjun satu ini memiliki tinggi berkisar 300 kaki hingga dasar ngarai. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun ini kamu juga bisa berkunjungi di 3 area buatan yang menjadi wisata dengan pemandangan indah lainnya selain Air Terjun. Beberapa 3 destinasi lainnya menawarkan aktifitas di luar ruangan yang memerlukan jiwa petualangan dan seru untuk dilakukan bersama keluarga atau teman dekat. Untuk melakukan perjalanan trekking menuju Air Terjun ini biasanya dilakukan mulai dari Armidale. Air Terjun ini bisa menjadi alternatif liburan kamu saat berada di Australia.

9. Air Terjun Crystal Shower

Air Terjun Crystal Shower
sydneyuncovered.com

Air Terjun selanjutanya yang menajadi salah satu destinasi menyenangkan adalah Air Terjun Crystal Shower. Air Terjun di Australia satu ini berlokasi di Taman Nasional Dorrigo di New South Wales. Air Terjun di Australia satu ini bersebelahan dengan traktat besar hutan hujan Australia. Di dalam Taman Nasional ini tak hanya terdapat air terjun ini saja, namun Air Terjun ini menjadi daya tarik utama dari beberapa air terjun yang ada di taman nasional ini. Untuk menuju kesana jarak Air Terjun ini dengan Kota Coffs Harbour sekitar 1 jam perjalanan, sehingga nenungkinkan menjadi perjalanan satu hari pulang pergi. Perjalanan menuju air terjun ini juga sangatlah indah kamu berasa menjelajah hutan dengan melihat berbagai flora dan fauna yang hidup di dalam taman nasional ini.

10. Air Terjun Liffey

Air Terjun Liffey
hikespeak.com

Air Terjun Liffey merupakan salah satu Air Terjun di Australia selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi. Air Terjun Liffey terletak di hulu bandar Liffey, di dalam Lembah Meander, tepatnya berada di Cagar Alam Air Terjun  Liffey dan bisa diakses dari Deloraine melalui Lebuh Raya Tasik. Air Terjun ini berada di daerah Tasmania yang juga merupakan rumah dari beberapa air terjun lainnya yang juga indah serta menakjubkan. Air Terjun ini memiliki tinggi berkisar 400 kaki dan merupakan destinasi yang terkenal di daerah ini. Karena terkenalnya Air Terjun ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan terutama pecinta alam untuk datang dan berlibur di Air Terjun Liffey.

11. Air Terjun Mackenzie

Air Terjun Mackenzie
headingforthehills.com

Air Terjun Mackenzie merupakan Air Terjun yang berada di Taman Nasional Grampians. Air Terjun ini memiliki tinggi 100 kaki dan termasuk dalam Air Terjun yang tidak terpengarung dnegan cuaca sekitar. Air Terjun satu ini sudah memiliki akses menuju lokasi yang sangat baik, sudah ada jalanan setapak menuju air terjun ini yang juga dikelilingi dengan pemandangan indah nan asri pada rute perjalanan. Saking indah dan menairknya Air Terjun Mackezie menjadi salah satu landmark alam menakjubkan yang berada di Australia. Air Terjun ini memiliki panorama aliran air yang deras dan jatuh di bebatuan, kolam kecil yang berada pada dasar air tejunnya. Uniknya jika kamu beruntng kamu akan bisa melihat Pelangi di dekat aliran Air Terjun Mackenzie yang akan menambah keindahannya. Meskipun Air Terjun ini memiliki keindahan dan air yang jernih namun, tidak di perbolehkan unruk berenang di dasar air terjun.

12. Air Terjun Russell

Air Terjun Russell
hikespeak.com

Air Terjun di Asutralia yang indah dan mempesona selanjutnya adalah Air Terjun Russelll. Air Terjun ini berada di Taman Nasional Gunung Field, sekitar satu jam perjalanan ke barat laut Hobart. Air Terjun ini memiliki tinggi berkisar 200 kaku dari atas hingga dasar Air Terjun. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Air Terjun Russelll, tak perlu khawatir karena Air Terjun ini sudah memiliki akses jalan menuju likasi yang mudah karena Air Terjun ini merupakan salah satu Air Terjun yang cukup populer. Selain memiliki air terjun yang indah disekitaran taman nasional ini memiliki flora dan fauna yang tak bisa diabaikan pula. Disini kamu bisa melihat beragam flora dan fauna yang tinggal dan tumbuh dengan baik di daerah taman nasional ini. Tanaman yang subur di daerah ini adalah ohon pakis besar dan pohon eucalyptus. Memiliki banyak tumbuhan eucalyptus mungkin saat berada disana kamu akan lebih rileks dan tenang dnegan bau bauan aromatic dari tumbuhan satu ini.

13. Air Terjun King George

Air Terjun King George
worldtoptop.com

Air Terjun ini merupakan salah satu atau mungkin satu satunya air terjun di Australia yang memiliki 2 air terjun dari satu saluran atau sumber air yang sama pada satu lokasi. Air Terjun ini memiliki tinggi berkisar 300 kaki dari atas hingga dasar air terjun. Untuk menuju ke Air Terjun ini tidaklah mudah, namun ad acara u=yang lebih mudah untuk melihat Air Terjun ini adalah dengan melalui perjalanan perahu menyusuri Sungai King George. Jangan khawatier meskipun kamu tidak bisa terlalu mendekati Air Terjun ini karena akses yang sulit, melalui perjalanan perahu, kamu akan disuguhkan tak hanuya pemandangan Air Terjun, namun juga pemandangan di sekitar sungai yang indah.

14. Air Terjun Horizontal

Air Terjun Horizontal
lifestyle.okezone.com

Air Terjun Horizontal merupakan Air Terjun di Australia yang memiliki keunikan yang belum tentu ada di dunia. Jika biasanya Air Terjun memiliki sudut vertical yaitu lurus ari atas hingga bawah, namun untuk Air Terjun ini mengalir diantara titik jepit batuan atau tebing besar. Air Terjun ini merupakan titik jepit antara arus air pasang surut yang kuat mengalir diantara batuan besar mirip gunung di Teluk Talbot, karena lokasinya ini menyebabkan air melonjak saaat di peras melalui lubang yang memiliki lebar 60 kaki. Aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan untuk menelusuri Air Terjun ini adalah dengan menggunakan pesawat amfibi atau perahu sehingga bisa melihat keindahan Air Terjun dan alam sekitarnya lebih dekat.

15. Air Terjun Horseshoe

Air Terjun Horseshoe
hikespeak.com

Air Terjun di Australia sati ini juga terletak padi dataran tinggi Tasmania. Air Terjun Horseshoe merupakan Air Terjun yang memiliki beberapa tingkatan atau kaskade. Air Terjun ini berlokasi tepatnya di dalam area Taman Nasional Gunung Field, yang juga merupakan rumah dari air terjun populer lainnya. Untuk itu taka da ruginya untuk kamu bisa mengunjungi daerah Taman Nasional Gunung Field, karena kamu bisa melakuakn perjalanan menuju beberapa air terjun dalam satu hari tour.

Nah itulah dia beberapa Air Terjun di Australia yang bisa kamu kunjungi saat berada disana. Beberapa Air Terjun memiliki akses jalan yang berbahaya. Oleh karena itu, pentingnya untuk mempersiapkan baik fisik maupun perlatan yang lengkap dalam perjalanan sangatlah penting. Jika perlu kamu bisa pergi menelusuri dengan lokal guide yang tersedia di area Air Terjun, agar memandu kamu selama perjalanan, agar tidak tersesat dan lebih aman.



Leave a Reply