19 Pantai Terkenal di Penang Keindahannya Bikin Hati Tenang


prita  September 14, 2021  0 Comment

Pantai di Penang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi tak hanya oleh wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara. Penang merupakan sebuah pulau yang berada di Negeri Jiran Malaysia dan terkenal dengan destinasi wisata sejarahnya, meskipun begitu ternyata wisata pantai disini juga layak untuk kamu kunjungi.

Pantai di Penang memiliki ciri khasnya masing-masing dan memiliki berbagai macam atraksi. Seperti untuk bermain pasir, mencoba water sport, snorkelling, bermain ombak, bermain pasir atau hanya sekedar bersantai sambil melihat keindahan matahari terbenam. Bahkan, Penang juga memiliki deretan pulau kecil yang cantik dengan wisata pantai yang masih alami dan jarang dikunjungi. Nah, untuk kamu yang ingin berwisata ke Penang, jangan lewatkan untuk mengunjungi 19 wisata pantai berikut ini ya.

1. Pulau Jerejak

Pulau Jerejak
bharian.com.my

Pantai terindah di Penang yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Pulau Jerejak. Pulau indah ini memang menawarkan destinasi pantai dengan pasir putih yang indah dan air laut berwarna biru yang jernih.

Pulau ini berada di antara Jembatan Penang dan daratan, namun pulau ini tidak banyak dikunjungi sehingga sebagian besar dari pulau ini masih terjaga kealamiannya. Disini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan air yang seru dan cocok sekali bagi kamu yang menyukai ketenangan.

Gotravelly

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

Berburu Oleh Oleh Coklat Di Coco Valley Langkawi

2. Batu Ferringhi

Batu Ferringhi
tempahhotel.com

Pantai Batu Ferringhi masuk dalam daftar pantai di Penang yang wajib untuk kamu singgahi. Pantai Batu Ferringhi ini menjadi salah satu wisata di Penang yang digemari wisatawan lokal mauapun mancanegara.

Pantai ini menawarkan berbagai kegiatan permainan air yang bisa kamu coba, seperti berenang, banana boat hingga terjun payung. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki beberapa hotel berbintang yang lokasinya tak terlalu jauh.  Kamu juga akan menemukan banyak penjual makanan dan minuman di sekitar pantai. Kamu bisa mencoba aneka seafood yang segar dan rasanya sangat nikmat.

3. Monkey Beach

Monkey Beach
free4kwallpapers.com

Sesuai dengan Namanya, pantai indah di Penang ini menjadi rumah bagi monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar pantai. Bukan hanya monyet yang menjadi daya Tarik dari pantai ini, melainkan pemandangan pantainya tak kalah menakjubkan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dengan air laut berwarna biru jernih. Pantai yang berlokasi di Taman Nasional Pulau Penang ini memang menjadi daya Tarik wisatawan lokal dan mancanegara, karena keindahannya dan cocok untuk berlibur Bersama keluarga. Tak perlu khawatir soal monyet-monyet yang berkeliaran disini karena mereka sudah jinak.

4. Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
flickr.com

Pantai Pasir Panjang juga menjadi salah satu pantai terbaik di Penang yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Pantai Pasir Panjang ini lokasinya berada di Balik Bukit, Penang dan sangat cocok menjadi destinasi wisata liburan akhir pekan kamu Bersama keluarga juga teman-teman.

Sesuai dengan Namanya, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengana pasir putih yang bersih. Lokasinya yang berada cukup jauh dari pusat kota membuat pantai ini memiliki suasana yang tenang dan nyaman serta pengunjungnya tidak terlalu banyak. Pantai Pasir Panjang ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tujuan memancing dan berburu ikan.

5. Pulau Betong

Pulau Betong
flickr.com

Pulau Betong ini berlokasi di ujung barat daya Penang, tepat di seberang desa nelayan dengan nama yang sama. Pulau Betong ini juga memiliki pantai indah di Penang yang menarik untuk kamu kunjungi.

Pulau Betong ini memang tidak terlalu besar, namun memiliki hutan yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Pulau Butong dikenal sebagai salah satu destinasi memancing yang populer. Pulau ini juga menjadi akses utama menuju Pantai Pasir Panjang yang indah dan wajib untuk kamu kunjungi.

6. Pantai Kerachut

Pantai Kerachut
youtube.com

Pantai di Penang yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Pantai Kerachut. Pantai yang berlokasi di Teluk Bahang ini merupakan pantai berpasir putih yang sangat indah.

Pantai Kerachut ini menjadi tempat persinggahan banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Disini kamu bisa menikmati suasana pantai yang sejuk dan bisa bermain di tepian pantainya. Tak hanya itu, Pantai Kerachut ini juga memiliki danau yang menjadi tempat pertemuan air tawar dan air laut.

Pantai Kerachut juga terkenal sebagai tempat penangkaran penyu dimana kamu bisa melihat penyu-penyu lucu disini. Jika kamu berkunjung antara bulan September hingga Februari, kamu bisa melihat para penyu bertelur dan melepasnya ke lautan. Namun, kamu perlu berhati-hati saat bermain di pantai ini karena disini banyak sekali ubur-ubur.

7. Teluk Kampi

Teluk Kampi
commons.m.wikimedia.org

Berada di sisi selatan Pantai Kerachut, ada satu lagi destinasi wisata pantai di Penang yang layak untuk kamu kunjungi, yaitu Teluk Kampi. Teluk Kampi ini juga menjadi bagian dari Taman Nasional Penang yang menjadi tempat berlibur sempurna bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi Teluk Kampi memang cukup terpencil dibandingkan dengan pantai lainnya, namun pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah dengan teluk melengkung yang sangat menawan. Tak hanya itu, angin pantai di laut ini sangat sejuk dan air lautnya berwarna biru jernih sehingga membuat Kawasan ini sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

8. Teluk Bahang

Teluk Bahang
pinterest.com

Pantai Teluk Bahang atau yang juga dikenal sebagai Tanjung Bungah ini merupakan salah satu pantai di Penang yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Penang karena berada sekitar 30 menit dari pusat George Town. Meskipun berada tak jauh dari pusat kota, namun Teluk Bahang ini tidak ramai dikunjungi wisatawan.

Berkunjung ke Teluk Bahang ini tentu bisa menjadi pilihan tepat jika kamu tidak ingin berlibur ke pantai yang lokasinya terlalu jauh. Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Bungah ini memang sangat menawan dan cocok untuk bersantai. Tak hanya itu, jangan lewatkan juga kesempatan untuk menikmati lezatnya olahan seafood segar yang banyak ditemukan di sekitar pantai.

9. Gertak Sanggul

Gertak Sanggul
flickr.com

Pantai di Penang yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Gertak Sanggul. Pantai cantik ini berada di sisi barat daya Pulau Penang yang mana adalah sebuah desa nelayan.

Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin bersantai, memancing atau sekedar hunting foto. Pemandangan di pantai ini memang terkenal sangat indah, terutama jika saat matahari terbenam. Disini kamu bisa berjalan-jalan di atas pasirnya yang lembut sambil melihat pemandangan laut yang indah. Kamu juga bisa mampir ke sebuah café yang terkenal menyajikan mie udang yang nikmat.

10. Pulau Aman

Pulau Aman
visionkl.com

Pantai di Penang berikutnya bisa kamu temukan di Pulau Aman. Pulau Aman merupakan sebuah pulau kecil di Penang yang menawarkan keindahan desa nelayan. Pulau kecil ini hanya memiliki populasi sekitar 300 orang, sehingga menjadikannya sebagai tempat terbaik untuk bersantai dengan suasana yang tenang.

Pulau Aman seolah menjadi destinasi wisata terbaik di Penang untuk kamu yang ingin menjelajahi tempat baru dengan banyak spot menarik. Pantai di Pulau Aman ini memiliki ombak yang tenang dengan air yang jernih sehingga sangat cocok untuk berenang dan memancing. Tak hanya ada pantai, pulau ini juga memiliki sejumlah tempat wisata menarik lainnya, seperti Telaga Emas dan hutan hijau yang subur di sekitar desa. Kamu bisa trekking menuju hutan yang indah dan masih alami ini. Setelah puas berpetualang, kamu pun bisa mencicipi ragam oalahan seafood khas yang masih segar.

11. Teluk Bayu

Teluk Bayu
flickr.com

Satu lagi pantai terindah di Penang yang lokasinya cukup tersembunyi, yaitu Teluk Bayu. Teluk Bayu ini berada di selatan Penang dan merupakan sebuah pantai berpasir putih yang panjang,

Teluk Bayu ini memiliki barisan Pohon Casuarina di tepian pantainya yang memberikan keteduhan bagi wisatawan. Disini kamu akan menemukan beberapa meja yang sempurna untuk melakukan piknik. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya melakukan piknik sambil bersantai di tepian pantainya. Kamu bisa membawa bekal makanan kamu sendiri atupun membelinya disini karena di sekitar pantai ini kamu juga bisa menemukan banyak penjual makanan. Teluk Bayu ini juga berada cukup dekat dengan destinasi wisata menarik lainnya, yaitu Sungai Batu dan Gertak Sanggul.

12. Miami Beach

Miami Beach
theperpetualsaturday.home.blog

Miami Beach ini bukanlah nama sebuah pantai di Amerika, melainkan nama salah satu pantai di Penang. Miami Beach ini merupakan sebuah teluk kecil yang berada di antara Tanjung Bungah dan Pantai Batu Ferringi.

Pantai Miami ini dikenal sebagai salah satu pantai terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Untuk menuju ke pantai ini, kamu bisa menuju ke Miami Café dimana disana terdapat kursi dan dek yang bisa kamu gunakan untuk bersantai. Kamu juga diperbolehkan untuk berenang di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa karena aksesnya melalui café, maka pantai ini cukup ramai dan bukan menjadi tempat terbaik untuk mencari ketenangan.

13. Sungai Batu

Sungai Batu
flickr.com

Pantai di Penang yang satu ini juga merupakan salah satu wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Sungai Batu ini berada di pantai selatan Penang dan berada di dekat Teluk Kumbar, di sisi timur Gertak Sanggul.

Sungai Batu ini menjadi tempat sempurna untuk berenang karena perairannya sangat tenang. Tak hanya berenang, disini juga menjadi tempat yang sempurna untuk memancing dan menikmati aneka pilihan seafood segar yang nikmat.

14. Moonlight Bay

Moonlight Bay
penangfoodie.com

Moonlight Bay mungkin terdengar agak asing, namun keindahannya cukup populer di kalangan masyarakat setempat. Moonlight Bay ini merupakan sebuah teluk atau pantai di Penang yang berlokasi di antara Miami Beach dan Batu Ferringhi.

Moonlight Bay ini merupakan destinasi wisata favorit bagi keluarga lokal yang ingin sekedar piknik atau bersantai. Teluk ini menawarkan pemandangan yang indah dan memiliki pasir lembut serta beberapa formasi batuan yang menarik di sepanjang pantainya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Monnlight Bay ini adalah saat sore hari karena tidak terlalu panas dan kamu bisa menikmati indahnya panorama pemandangan terbenam.

15. Pantai Malindo

Pantai Malindo
photoblog.com

Pantai di Penang yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Malindo. Pantai Malindo ini memang terkenal sebagai salah satu pantai paling cantik di Penang dan menjadi buruan wisatawan.

Pantai yang berlokasi di Balik Pulau, Penang ini berbeda dengan pantai yang berada di Penang pada umumnya yang memiliki pasir putih, karena pantai ini memiliki bebatuan yang ditata rapi di tepuannya. Area di sekitar pantai ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersepeda atau sekedar berjalan-jalan sore sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

16. Pulau Kendi

Pulau Kendi
thestar.com.my

Pulau Kendi menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Penang yang menawarkan pemandangan menawan. Tak kalah dengan pantai lainnya, Pulau Kendi ini menawarkan pengalaman menikmati pantai dengan air laut yang jenis dan matahari yang terik untuk berjemur.

Pulau yang berlokasi di barat daya Penang ini memang agak sedikit terisolasi, namun pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah. Perairan di pulau ini tak hanya jernih namun juga bersih dan sangat tenang sehingga kamu bisa berenang dengan bebas tanpa takut ubur-ubur. Ditambah lagi, pemandangan bawah lautnya sangat indah dan dipenuhi terumbu karang juga biota laut. Selain berenang, pulau kecil ini juga memiliki deretan bukit curam dan hutan yang lebar sehingga sangat menarik untuk dijelajahi, khususnya bagi kamu pecinta alam.

17. Karpal Singh Drive

Karpal Singh Drive
propertyguru.com.my

Karpal Singh Drive mungkin bukanlah seperti pantai di Penang pada umumnya, namun keindahannya tentu bisa memanjakan mata. Disini kamu tidak akan menemukan pantai berpasir, hanya terdapat bebatuan besar dan pemandangan indah perpaduan dari laut dan perkotaan.

Karpal Singh Drive ini menghadap ke Pelabuhan industry Butterworth sehingga kamu juga bisa melihat deretan kapal yang tengah bersandar. Selain itu, banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan disini, seperti jogging, bersepeda atau hanya sekedar berjalan-jalan di dekat kota. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa restoran yang ada di sekitar Kawasan ini. Bila kamu berkunjung di malam hari, kamu bisa menonton instalasi Celebration of Our Blue Sky, yang terbuat dari empat pilar biru yang sangat indah.

18. Gurney Drive

Gurney Drive
youtube.com

Gurney Drive seharusnya menjadi salah satu pantai terindah di Penang dan menjadi pantai yang paling panjang, namun kini telah berubah. Bukan berarti pemandangannya sudah tidak indah lagi, Gurney Drive ini masih layak untuk kamu jadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Penang.

Gurney Drive ini merupakan pemandangan dari proyek reklamasi tanag yang akan menjadi sebuah taman dengan pemandangan laut. Disini kamu bisa menikmati aneka kuliner khas Penang dengan cita rasa otentik sambil menikmati pemandangan laut. Tak hanya itu, Gurney Drive ini juga berada dekat dengan dua pusat perbelanjaan besar di Penang, yaitu Gurney dan Gurney Paragon.

19. Pantai Tanjung Asam

Pantai Terkenal di Penang
flickr.com

Pantai di Penang yang terakhir adalah Pantai Tanjung Asam yang berada di Teluk Kumbar. Pantai ini berada di sisi barat daya Penang dan menawarkan pemandangan laut yang indah.

Pantai Tanjung Asam ini memiliki air laut berwarna biru yang jernih, ombak yang tenang dengan pasir yang lembut sehingga menjadikannya sebagai tempat yang pas untuk bersantai di tepi laut. Pantai ini juga cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga kamu bisa merasakan suasana yang tenang dan nyaman disini.

Demikianlah daftar 19 pantai di Penang yang layak untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Cukup banyak, kan? Yuk segera agendakan perjalanan liburan kamu ke Penang, Malaysia. Dijamin menyenangkan.



Leave a Reply