Nggak Melulu Pantai, Nih 10 Tempat Wisata Budaya di Bali


Fida  October 10, 2020  0 Comment

Indonesia menawarkan banyak sekali daerah dengan panorama alam serta tempat wisata yang indah. Bali menjadi salah satu lokasi yang menawarkan banyak tempat wisata indah. Juga wisata budaya di Bali selalu menarik wisatawan asing.

Selain tempat wisata alam yang indah, bali juga dikenal dengan budayanya yang kental. Pengunjung yang datang dan menikmati budayanya tidak hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga wisatawan mancanegaraSaat datang ke Bali Anda bisa mencoba datang ke salah satu wisata budaya di Bali berikut ini

1. Taman Air Sukasada

 Taman Air Sukasada
edyraguapo.blogspot.com

Taman Air Sukasada menjadi salah satu wisata budaya di Bali yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali. Selain dikenal dengan wisata budaya, tempat yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Selain pemandangan alam, adanya reruntuhan bangunan juga menambah kesan estetik. Tidak heran jika tempat yang satu ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding.

Dulunya, Taman Air Sukasada digunakan sebagai tempat pemandian para raja. Seiring berjalannya waktu, tempat yang satu ini kemudian digunakan sebagai tempat peristirahatan para delegasi kerajaan Karangasem. Dan saat ini, Taman Air Sukasada ramai dikunjungi wisatawan sebagai tempat wisata budaya yang sangat dikenal di Bali.

wisata terdekat

Spot Instagramable Dengan Menikmati Sejuk Dan Keindahan Hamparan Bunga Cantik Padang Bunga Kasna

Pantai Mertasari: Ngadem Di Bawah Pinus Atau Berjemur Di Panas Matahari


2. Pura Besakih

pura besakih
metrobali.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan tempat wisata budaya di Bali yang satu ini. Pura Besakih beralamat di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pura Besakih merupakan tempat beribadah yang juga dikenal dengan pemandangannya yang indah. Di tengah kawasan Pura Besakih terdapat satu pura besar yang merupakan pusat dari seluruh pura di lokasi ini. Wisatawan yang datang dan berkunjung tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan juga wisatawan mancanegara.

3. Taman Air Tirta Gangga

taman air tirta gangga
idetrips.com

Salah satu wisata budaya di Bali yang cukup dikenal adalah Taman Air Tirta Gangga. Pemandangan indah dan suasana sejuk yang ditawarkan membuat pengunjung betah selama berada di sana. Wisata budaya yang dikelilingi oleh pepohonan ini sangat direkomendasikan untuk didatangi saat berada di Bali.

Tempat wisata yang satu ini dulunya merupakan bekas istana kerajaan. Saat ini, Taman Air Tirta Gangga sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengunjung bisa menikmati indahnya air mancur, labirin, dan taman. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menikmati mempelajari sejarah dari lokasi ini.

4. Pura Tanah Lot

 Pura Tanah Lot
baligetaway.co.id

Pura Tanah Lot menjadi tempat favorit wisatawan sekaligus wisata budaya di Bali yang cukup populer. Saat datang ke Bali, kurang afdol rasanya jika tidak berkunjung ke Pura Tanah Lot. Pemandangan indah akan Anda jumpai selama berada di sana. Deburan ombak yang keras serta pemandangan laut yang indah membuat banyak wisatawan tertarik datang ke Pura Tanah Lot.

Di kawasan tersebut terdapat dua pura yang berdiri kokoh di atas batu. Lokasinya yang berbatasan dengan laut menjadi daya tarik tersendiri. Tempat tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Pujangga Laut. Wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat menakjubkan dari kawasan Pura Tanah Lot.

5. Desa Penglipuran

desa penglipuran
tripbaligo.com

Desa Penglipuran tentu sudah tidak asing didengar sebagai salah satu wisata budaya di Bali. Desa yang terdiri dari rumah dengan bentuk bangunan unik ini sangat indah dipandang mata. Tidak hanya itu, desa Penglipuran juga dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih.

Desa Penglipuran dulunya merupakan tempat tinggal bagi para seniman atau penghibur raja. Penglipuran memiliki arti penghibur. Yang kental akan budaya dan adat istiadat ini masih lestari hingga saat ini. Jika ingin datang ke desa dengan rumah adat Bali yang sangat unik ini, anda bisa menuju ke kawasan Kubu, Kecamatan Bangli, Bali.

6. Desa Tenganan

 Desa Tenganan
bali.tribunnews.com

Selain Desa Penglipuran, Desa Tenganan juga menjadi salah satu lokasi wisata budaya di Bali yang bisa Anda kunjungi. Desa yang satu ini biasa disebut Bali Aga atau Bali kuno. Di Desa Tenganan, Anda bisa menjumpai banyak rumah adat yang unik dan menarik. Tidak hanya itu, penduduk desa yang satu ini juga kental akan adat dan budaya.

Desa Tenganan sudah ada dan dikenal sejak tahun 1970 an. Sejak saat itu juga, desa yang satu ini mulai dikenal sebagai salah satu objek wisata budaya di Bali yang ramai didatangi oleh wisatawan. Tidak jarang wisatawan mancanegara juga mengunjungi Desa Tenganan karena penasaran dengan adat dan budayanya. Saat datang ke Bali, tempat yang satu ini bisa menjadi destinasi pilihan yang tepat.

7. Candi Dasa

 Candi Dasa
rentalmobilbali.net

Ada salah satu objek wisata budaya di Bali yang cukup dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan yakni Candi Dasa. Jika datang kesana, pengunjung akan merasakan suasana alam yang masih sangat alami dan menenangkan. Pemandangan yang ditawarkan di sekitar objek wisata yang satu ini juga sangat memanjakan mata.

Saat ingin datang ke tempat wisata budaya yang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, Candi Dasa bisa menjadi pilihan wisata yang tepat. Selain disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa mencoba berbagai kuliner khas yang merupakan hasil dari tangkapan laut di kawasan ini.

8. Pura Luhur Uluwatu

pura luhur uluwatu
blog.airpaz.com

Berbicara tentang banyaknya wisata budaya di Bali, pura Luhur Uluwatu menjadi salah satu tempat yang bisa Anda datangi. Tempat yang satu ini memang sudah tidak asing di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pura Luhur Uluwatu beralamat di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pura yang satu ini memiliki keunikan karena lokasinya yang berada di atas batu karang dan berbatasan langsung dengan laut, bisa dibilang memiliki lokasi yang hampir mirip dengan Pura Tanah Lot. Di area Pura Luhur Uluwatu, Anda juga bisa menjumpai Pantai Pecatu dikenal sebagai tempat peselancar kelas dunia.

9. Kapal Karam USS Liberty

 Kapal Karam USS Liberty
lifestyle.okezone.com

Saat ingin mengunjungi wisata budaya di Bali yang tidak biasa, Kapal Karam USS Liberty bisa Anda datangi. Kapal yang satu ini merupakan sebuah kapal perang akibat Perang Dunia II. Yang menjadikan lokasi ini banyak didatangi wisatawan adalah bangkai kapal yang kini ditumbuhi dengan karang.

Karang warna-warni yang tumbuh di sekitar kapal menjadi rumah bagi berbagai biota laut. Hal itu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang. Menyelam dan menikmati keindahan bangkai kapal serta ekosistem laut yang indah bisa Anda coba saat datang ke Bali.

10. Pura Tirta Empul

pura tirta empul
info.caraputu.com

Bali memiliki salah satu wisata budaya yakni Pura Tirta Empul. Lokasinya berada di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura Tirta Empul sangat dikenal oleh wisatawan salah satunya karena air dari pura ini yang dianggap suci. Banyak umat Hindu yang melakukan penyucian diri di kawasan pura ini. Pura yang telah dibangun sejak tahun 962 Masehi kini sangat banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Bali.



Leave a Reply