10 Tempat Ngabuburit di Jogja Yang Asyik Dan Banyak Jajanan


Fida  April 7, 2022  0 Comment

Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat. Saat bulan Ramadhan tiba, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi beberapa tempat yang cocok didatangi untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi tempat ngabuburit di Jogja yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

kampung ramadhan jogokaryan
pantainyajogja.com

Rekomendasi tempat ngabuburit di Jogja yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Kampung Ramadan Jogokaryan. Di kawasan ini, kamu dapat menunggu waktu berbuka puasa sekaligus berburu menu takjil. Ada banyak sekali pilihan makanan mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan pilihan minuman yang ditawarkan.

Kampung Ramadhan Jogokaryan selalu dipenuhi pengunjung khususnya saat jam menuju berbuka puasa. Pengunjung yang datang juga sekaligus dapat berburu banyaknya pakaian muslim dan keperluan ibadah yang ditawarkan. Tidak hanya itu, buka dapat menyempatkan mampir ke Masjid Jogokaryan untuk berwisata religi.

Gotravelly

Rela Mampir Ke Angkringan Podo Mampir: Angkringan Jogja Dengan Konsep Self Grill

Ngopi Ala Jogja Dengan Konsep Menarik Di Coffee Joglo

2. Alun-alun Kidul Yogyakarta

alun alun kidul yogyakarta
kompasiana.com

Alun-alun Kidul Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Saat bulan Ramadan tiba, Alun-alun Kidul juga kerap dipilih sebagai tempat ngabuburit di Yogyakarta yang banyak didatangi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Pengunjung dapat bersantai hingga berfoto sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di kawasan Alun-alun Kidul Yogyakarta adalah mencoba sensasi naik odong-odong hingga menyewa sepeda. Kamu juga tidak perlu khawatir karena terdapat banyak sekali makanan atau jajanan takjil yang dijajakan di sekitar Alun-alun Kidul Yogyakarta. Berbagai menu yang ditawarkan tentu sangat menarik untuk dinikmati saat buka puasa tiba.

3. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

titik nol kilometer yogyakarta
antarejatour.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan tempat ngabuburit di Jogja, kamu dapat mengunjungi Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Saat bulan Ramadhan tiba, tempat yang satu ini selalu ramai pengunjung khususnya saat sore hari atau menuju waktu berbuka puasa. Tidak hanya masyarakat lokal saja, banyak wisatawan yang memutuskan untuk menghabiskan waktu di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta untuk ngabuburit.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat kalian coba, salah satunya adalah berfoto dengan spot menarik yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memutuskan untuk berburu kuliner atau menu berbuka di sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Menarik sekali bukan?

4. Kawasan Lembah UGM

lembah ugm
merahputih.com

Saat bulan Ramadhan tiba, kawasan Lembah UGM tentu menjadi destinasi yang sudah tidak asing lagi dipilih sebagai tempat ngabuburit di Jogja. Bagaimana tidak, saat sore hari di bulan Ramadhan kawasan ini dipenuhi dengan pedagang yang menjual berbagai jajanan serta makanan takjil atau menu berbuka. Lokasinya yang strategis juga menjadikan tempat ini sangat mudah untuk dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

Kawasan Lembah UGM juga dekat dengan masjid sehingga sangat memudahkan bagi kamu yang ingin melaksanakan ibadah salat. Saat datang ke kawasan pasar takjil yang satu ini, pastikan kamu membawa uang jajan lebih karena berbagai makanan dan jajanan yang ditawarkan sangat menggugah selera.

5. Masjid Gedhe Kauman

masjid gedhe kauman
travel.kompas.com

Menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan mengunjungi salah satu tempat ngabuburit di Jogja memang menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Masjid Gedhe Kauman menjadi salah satu tempat wisata religi yang sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin ngabuburit.

Masjid yang dikenal sebagai masjid tertua ini memiliki tradisi unik setiap bulan Ramadhan tiba yakni adanya takjil gulai kambing yang dibagikan setiap hari kamis. Kamu juga dapat melakukan berbagai aktifitas sebelum berbuka puasa seperti berzikir atau membaca buku-buku agama.

6. Kampung Ramadhan Kauman

kampung ramadhan kauman
motorplus-online.com

Kampung Ramadhan Kauman tentu sudah tidak asing dipilih sebagai salah satu tempat ngabuburit di Jogja. Tempat yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya jajanan takjil hingga makanan berat yang dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Kampung Ramadhan Kauman sendiri sudah ada sejak tahun 1973, lama sekali ya.

Saat memasuki waktu berbuka puasa, Kampung Ramadhan Kauman tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun lokasinya terbilang berada di gang kecil, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan berburu berbagai menu berbuka puasa. Tertarik untuk mengunjungi Kampung Ramadhan Kauman saat berada di Yogyakarta?

7. Candi Ratu Boko

candi ratu boko
travel.kompas.com

Candi Ratu Boko juga menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi sebagai tempat Ngabuburit di Jogja. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa candi ini memang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan khususnya saat sore hari. Saat bulan Ramadhan tiba, Candi Ratu Boko juga banyak didatangi pengunjung saat sore hari untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengunjung diantaranya bersantai dan menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan, hingga berfoto dengan spot menarik yang ada. Hal yang menjadi daya tarik dari candi ini adalah dulunya pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2.

8. Bukit Bintang

bukit bintang
nyero.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan destinasi wisata Bukit Bintang yang ada di Yogyakarta. Bukit Bintang juga menjadi salah satu rekomendasi tepat bagi kamu yang ingin mencari tempat ngabuburit di Jogja. Bagaimana tidak, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan sore hari. Kamu dapat memilih untuk bersantai dan menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa di bukit ini.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena kawasan Bukit Bintang menawarkan berbagai tempat makan dengan menu-menu yang menarik untuk dicoba. Saat bingung menentukan pilihan tempat untuk ngabuburit di Jogja, Bukit Bintang menjadi pilihan tepat dan sayang untuk kamu lewatkan.

9. Candi Prambanan

candi prambanan
kwikku.com

Ada banyak sekali pilihan tempat ngabuburit di Jogja yang sayang untuk kamu lewatkan, salah satunya adalah Candi Prambanan. Candi yang satu ini kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dikenal menawarkan bangunan yang megah serta pemandangan indah.

Saat bulan Ramadhan, Candi Prambanan biasa dikunjungi saat sore hari untuk ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ngabuburit di kawasan Candi Prambanan bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

10. Bukit Watu Lumbung Parangtritis

Tempat Ngabuburit di Jogja
jejakpiknik.com

Satu lagi rekomendasi tempat ngabuburit di Jogja yang menarik untuk didatangi yakni Bukit Watu Lumbung Parangtritis. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini merupakan perbukitan dengan udara yang sejuk pemandangan yang indah. Bukit Watu Lumbung juga ramai pengunjung saat sore hari di bulan Ramadhan sebagai lokasi untuk ngabuburit.

Selain pilihan menunya yang lengkap dan menggugah selera, indahnya pemandangan alam yang ditawarkan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Saat datang ke Yogyakarta, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir ke tempat yang satu ini.



Leave a Reply