10 Rekomendasi Nasi Kuning Enak di Surabaya Rasanya Nagih


sisil angelin  January 31, 2020  0 Comment


Nasi kuning merupakan beras yang dimasak dengan campuran santan dan ditambah kunyit sehingga warnanya menjadi kuning. Selain kunyit dalam proses pembuatan nasi kuning menggunakan berbagai macam rempah lainnya. Di Surabaya banyak penjual nasi kuning di berbagai warung makan. Karena banyak yang suka nasi kuning maka dar itu terdapat banyak nasi kuning enak di Surabaya.
Campuran santan dan berbagai macam membuat rasa nasi kuning sangat gurih dan lezat. Nasi kuning sudah ada sejak zaman dahulu dan identik dengan budaya Jawa. Makanan ini biasanya digunakan untuk berbagai perayaan oleh orang Jawa karena warnanya melambangkan emas yang bermakna kemakmuran. Namun di berbagai tempat di luar Jawa nasi kuning juga dijadikan makanan khas.
Saat ini di Surabaya jika ingin menikmati nasi kuning tidak harus menunggu adanya perayaan. Banyak rumah makan atau restaurant yang telah menjual nasi kuning. Anda bisa sarapan atau makan siang dengan nasi kuning di berbagai tempat di Surabaya.

Berikut beberapa rekomendasi nasi kuning paling enak di Surabaya

1. Nasi Kuning Avon

nasi kuning avon

Merupakan salah satu penjual nasi kuning yang ramai akan pengunjung di Surabaya. Nasi Kuning Avon memiliki dua cabang yang berada di sekitar Jln. Lusi dan Jln. Raya Darmo Permai 3. Anda akan merasakan nasi kuning yang benar-benar pulen dan aromanya yang nikmat. Nasi Kuning Avon buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga pukul 12 siang.
Terdapat nasi kuning yang menjadi andalan dan favorit disini, yaitu nasi kuning ikan bumbu pedas dan nasi kuning ambon ayam. Nasi kuningnya pun disajikan dengan tempe kering dan mie pentil sehingga menambah kelezatan. Untuk lauknya anda bisa memilih karena ada berbagai macam lauk disini. Selain lauk ayam anda bisa memilih lauk ikan tongkol, telur, dan lain sebagainya.
Yang menarik dari lauk ayamnya adalah karena disajikan dengan bumbu merah yang pedas. Seporsi nasi kuning dibanderol dengan harga sekitar Rp. 16.000 – Rp. 20.000 an. Nasi Kuning Avon di Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1999-an. Karena itu semakin banyak yang menjamin bahwa nasi kuning ini memiliki kualitas yang bagus dan rasanya yang nikmat.

Baca juga :  7 Kaledo Enak di Palu Dengan Daging Kenyal dan Empuk!
restoran terdekat

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

Nasi Krawu Bu Azza, Sajikan Makanan Khas Gresik Dengan Rasa Gurih Melimpah

2. Nasi Kuning Depot Langgeng Jaya

Nasi Kuning Depot Langgeng Jaya
https://www.dimanaja.com/

Meskipun di Depot Langgeng Jaya menyediakan banyak menu makanan, namun yang paling tersohor dari tempat makan ini adalah nasi kuningnya. Depot Langgeng Jaya berada di sekitar Jln. Darmahusada, Surabaya. Anda bisa mengunjungi tempat makan ini kapanpun karena buka selama 24 jam.
Nasi kuning ayam di Depot Langgeng Jaya memiliki warna kuning yang bagus, tidak terlalu mencolok dan tidak pucat. Nasinya juga pulen dan porsinya lumayan banyak jadi benar-benar mengenyangkan. Paduan rasa santan dan rempah-rempahnya sangat pas hingga terasa enak. Nasi kuning ini disajikan dengan berbagai macam pelengkap yang lumayan banyak dan beragam.
Satu porsi nasi kuning ayam terdapat ayam, perkedel, sambal goreng hati, abon, kentang kering, dan irisan telur dadar. Dengan lauk yang sebanyak itu anda akan merasa sangat puas. Daging ayam yang digunakan pun juga empuk dengan bumbu yang pas. Ukuran daging ayamnya juga sedang.

3. Nasi Kuning Kalisumo

Nasi Kuning Kalisumo
https://travelingyuk.com/


Keunikan dari Nasi Kuning Kalisumo ialah hanya berjualan sekitar 1 sampai 2 jam saja. Hal ini dikarenakan pembelinya sangat ramai sekali. Nasi kuning ini berada di Jln. Jembatan Kalisumo dan biasanya ketika buka langsung diserbu oleh pembeli hingga ludes. Selain nasinya yang pulen bumbunya pun juga pas dan rasanya nampol.
Nasi Kuning Kalisumo buka di hari senin – sabtu saat pagi hari. Nasi kuning ini sering dijadikan menu sarapan karena buka sekitar pukul 6 hingga 8 pagi. Terdapat banyak pilihan lauk yang dapat anda pilih seperti udang, sambal goreng hati, telur, kering tempe, dll. Dengan harga yang terjangkau anda sudah bisa menikmati nasi yang lezat ini dan porsinya juga mengenyangkan.

Baca juga :  10 Bakso Enak di Sidoarjo, Kenyal Banget!

4. Nasi Campur Kertajaya

Nasi Campur Kertajaya
https://pergikuliner.com/

Disini tidak hanya menjual nasi kuning saja, namun menu nasi kuning disini rasanya sangat juara. Beralamat di Jln. Manyar Kertoarjo dan di Ruko Nirwana Eksekutif RK 88, Surabaya. Dengan lauk yang banyak nasi kuning disini harganya hanya Rp. 20.000 per porsi. Selain rasanya yang enak porsinya pun juga banyak sehingga dijamin mengenyangkan.

5. Nasi Kuning Luwuk

Nasi Kuning Luwuk
https://www.idntimes.com/

Tempat makan yang satu ini beralamat di Jln. Siwalankerto VII, Wonocolo. Terdapat banyak menu nasi kuning yang berbeda-beda dengan harga mulai dari Rp. 7.000 sampai Rp. 25.000 per porsi. Yang paling recommended untuk anda ialah menu nasi kuning komplit nya dengan harga Rp. 25 ribu. Selain rasa nasinya yang pulen dan gurih terdapat laksa yang rasanya enak sekali.

6. Depot Cik Lee

Depot Cik Lee
https://travelingyuk.com/


Tempat makan ini menyediakan menu nasi kuning yang sangat enak dan memuaskan. Berada di Jln. Darmo Permai III, Surabaya buka mulai pukul setengah 8 pagi sampai pukul 1 siang. Disini nasi kuningnya disajikan dengan suwiran ayam, sayuran, mie, sambal, dan lauk lainnya. Anda bisa menikmati nasi kuning yang nikmat ini dengan membayar Rp. 22.000 per porsi.

7. Nasi Kuning Ambon Poka

Nasi Kuning Ambon Poka
https://id.foursquare.com/

Nasi Kuning Ambon Poka sudah terkenal sekali di Surabaya. Tempat makan ini selalu ramai akan pembeli karena rasanya sangat enak sekali. Terdapat pilihan lauk yang dapat anda pilih sesuai selera. Terdapat menu nasi kuning komplit dimana anda dapat menemukan lauk ayam, ikan, mie, buncis, daging, dan sambal.
Paket komplit memang memiliki lauk yang banyak sehingga dapat memuaskan. Untuk menu nasi kuning komplit harganya Rp. 36.000 dan porsinya pun juga mengenyangkan. Nasi Kuning Ambon Poka sudah memiliki beberapa cabang dan berpusat di Jln. Raya Tenggilis Mejoyo no. 10 dan buka setiap hari jam 6 pagi sampai 3 sore.

Baca juga :  10 Kuliner Khas Kepulauan Halmahera Ada Sayur Lilin Hingga Suami

8. Depot Mentari

Depot Mentari
https://makassar.tribunnews.com/


Depot Mentari berada di Jln. Ngagel Madya no. 2B, menyediakan berbagai menu nasi kuning. Di Depot mentari tidak hanya menyediakan nasi kuning saja, namun nasi kuning disini rasanya sangat nikmat. nasi kuningnya dibanderol dengan harga dari Rp. 15.000 sampai Rp. 45.000 per porsi.

9. Nasi Kuning Pojok Pasar Pucang

Nasi Kuning Pojok Pasar Pucang
https://food.detik.com/

Gerai nasi kuning ini terletak di depan took bazar murah di Jln. Pucang Anom. Harga nasi kuning disini sangat murah yaitu mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 17.000 per porsi. Tempatnya sederhana namun rasa nasi kuningnya sangat pulen dan gurih. Ada berbagai macam lauk yang rasanya juga tak kalah enak dengan yang lainnya.

10. Nasi Kuning Dodo

nasi kuning enak di surabaya
https://foodizz.id/

Tempat makan ini menyediakan menu nasi kuning yang rasanya enak sekali. Pengunjungnya pun juga rame karena rasa nasi kuningnya yang nampol. Nasi Kuning Dodo beralamat di Jln. Nginden Raya No. 1D, Sukolilo dan buka pada hari selasa – minggu.

Meskipun nasi kuning merupakan makanan sejak dahulu namun sampai saat ini masih banyak yang menyukai rasanya. Di Surabaya biasanya menjadikan nasi kuning untuk sarapan dan makan siang. Ada banyak sekali penjual nasi kuning enak di Surabaya dengan berbagai lauk yang enak juga.



Leave a Reply