Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru ini

nasi kerabu malaysia

pritagizela | Tourist
Selangor, Selangor, Malaysia | halal
05 Oct 2019


Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru ini
Masih ada di Medan Selera nih. Kali ini bakal nyobain nasi berwarna biru di Genting! Gimana ya rasanya? Aku juga baru pertama kali cobain nih, Simak sampe habis deh!

Tak hanya ada nasi lemak, Malaysia juga punya segudang kuliner khas yang memanjakan lidah kalian saat traveling kesana. So, setelah menyusuri keindahan Kota Sejarah Melaka dan mencicipi berbagai kuliner khasnya yang lezat, akhirnya aku bergeser ke Kuala Lumpur buat dateng ke Marvel Exhibition di Pavilion dan mencici kuliner khasnya di kawasan Genting. Kebetulan, setelah main-main di Skyavenue, aku dan temen-temen makan siang di sebuah restoran bernama Medan Selera. Disinilah aku mencicipi Nasi Kerabu ini.

nasi kerabu malaysia

Sebenernya aku udah pernah denger soal Nasi Kerabu ini, udah sempet baca-baca juga dan tertarik banget buat nyobain saat berkunjung ke Malaysia. Aku tertarik banget karena tampilannya yang unik, yaitu berwarna biru. Yaa kalo biasanya aku suka makan nasi kuning atau nasi merah, nah disini ada nasi berwarna biru guys! Anti-mainstream banget kan?

Nasi Kerabu merupakan kuliner khas kawasan pantai timur Malaysia, seperti Kelantan. Ngga heran kalo banyak orang menyebut kuliner ini sebagai Nasi Kerabu Kelantan. Nasi Kerabu Kelantan ini sebenernya ada dua versi guys, nasi kerabu biru dan nasi kerabu putih. Kalo versi yang putih kayaknya kurang menarik ya guys, soalnya emang begitu warna dasar nasi. Nah, kalo untuk yang biru ini banyak orang yang tertarik buat nyobain dan mencicipi karena warnanya menarik.

nasi kerabu malaysia

Awalnya aku berpikir, aman ngga sih nasi biru ini dimakan? Kok bisa berwarna biru? Apa pake pewarna zat kimia yang membahayakan bagi tubuh? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang ada di kepala sampe akhirnya aku mutusin buat Googling dan ternyata Nasi Kerabu ini aman buat tubuh, bahkan menyehatkan.

Nasi Kerabu yang berwarna biru ini karena menggunakan sari kelopak Kembang Telang atau Clitoria Ternatea. Sari kelopak kembang telang ini diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan warna biru yang tetap aman dikonsumsi. 

nasi kerabu malaysia

Lalu, bedanya apa sih Nasi Kerabu Putih dan Nasi Kerabu Biru? Perbedaannya selain terlihat dari warnanya, nasi kerabu biru ngga dimakan dengan kuah tumis, melainkan disajikan bersamaan dengan sambal kelapa atau sambal biasa.

Seporsi nasi kerabu biru yang aku pesan kemaren disajikan dengan kerupuk, telur asin, tauge plus parutan kelapa alias serundeng, cabai dan sambal. Untuk lauk tambahannya bisa dipilih sesuai selera, aku kemaren memilih Ayam bumbu merah yang disajikan dalam piring berbeda. 

nasi biru malaysia

Rasanya? Ngga usah ditanya lagi guys, enak dan cocok di lidah orang Asia, apalagi orang Indonesia. Rasa nasi kerabu ini cenderung gurih yang menurutku cocok banget dimakan bareng lauk yang rasanya pedas manis. Wangi dari kembang telang ini masih terasa guys di mulut guys, semakin menjadikannya perpaduan yang pas banget di mulut.

nasi biru malaysia

Untuk seporsi Nasi Kerabu di Medan Selera Genting ini harganya sekitar 20 ringgit guys dan porsinya gede banget menurut aku, sehingga kalo dimakan sendirian berasa kenyang banget. Ngga tau lagi deh kalo kalian yang porsi makannya banyak, mungkin bakal ngerasa cukup.

Overall, Nasi Kerabu ini wajib banget kalian cobain kalo kalian lagi traveling ke Malaysia. Jadi ngga hanya makan nasi lemak ya guys, nasi kerabu juga ngga kalah lezat kok guys. Selain di Medan Selera Genting, kalian juga bisa menemukan penjual nasi kerabu di banyak tempat di Kuala Lumpur. Jadi kalian ngga perlu jauh-jauh ke Genting ya guys! Selamat mencoba.. 

Opening Hours
10 am - 10 pm
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY