122 views | 0 Likes

Nasi Krawu bu Azza, Sajikan Makanan Khas Gresik Dengan Rasa Gurih Melimpah

0 star (from 0 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 18 November 2019, 11:00:00
Zulfa
Tourist

Yang special nasi Krawu Bu Azza, kuliner khas Gresik ini disajikan dengan sup daging dengan kombinasi rasa rasa gurih dan segar

Culinary Detail

 

Weekend,  saya biasanya ke pasar dekat rumah untuk membeli nasi krawu. Makanan khas Gresik sebenarnya banyak dijumpai penjualnya di Kota Gresik tapi saya lebih suka dengan rasa nasi Krawu di pasar Sidomoro. Mungkin karena dekat dan enak. Rasa gurihnya, aroma bawang yang nonjok dan sambal petis pedasnya mantap banget.  Dan murah. Kapan kapan akan saya review.

Nah, karena kesiangan, nasi Krawu yang berada di dalam pasar Sidmoro sudah habis.  Maklum, 3 jam saja nasi krawu ini sudah ludes diserbu pembeli. Kadang 2 jam sudah habis karena banyak yang bungkus.

nasi krawu bu azza

Akhirnya saya bersama anak menuju nasi Krawu Bu Azza yang letaknya tak jauh juga dari rumah.  Nasi krawu bu Azza berada di tepi jalan utama Jl. Panglima Sudirman, Gresik. Tak jauh dari perempatan sentolang.

Yang saya suka dengan nasi krawu bu Azza adalah tempatnya yang nyaman dan bersih.  Pelayannya banyak. Mengambil lauknya juga menggunakan selontongan tangan plastik. Maklum saja, biasanya nasi krawu ini ngambil lauknya langsung dengan tangan tanpa penutup. Tempat lauk bu Azza juga tertutup jadi  bebas dari  lalat. Tersedia tempat duduk dan meja kayu. Di masing masing meja terdapat kerupuk dalam toples.

Pilihan lauk untuk nasi krawu bu Azza tersaji di dalam tempat kaca bening. Ada daging, babat, paru, hati dan usus. Bisa dipilih sesuai dengan selera.

nasi krawu bu azza

nasi krawu bu azza

Saya pesan nasi krawu (tanpa milih) dan es jeruk. Sama dengan nasi kerawu pada umumnya, nasi krawu bu Azza disajikan diatas piring beralas daun pisang. Ini yang menjadi khas dari nasi krawu. Daun pisang membuat  aroma nasi semakin khas. Tentu saja lebih lezat.

Dalam sepiring nasi krawu bu Azza tersaji nasi punel dengan lauk suwiran daging, sepotong paru dan sepotong hati. Sambal petis. Taburan serundang. Dan yang menjadi ciri khas nasi krawu bu Azza adalah soup daging.

nasi krawu bu azza


Nasi Krawu bu Azza suwiran dagingnya sedikit lebih besar. Rasa dagingnya gurih banget dengan sentuhan sedikit manis. Tidak terlalu berempah.  Tidak terlalu berminyak. Aroma babat dan bawangnya juga nggak terlalu kuat.  Meski daging, biasanya  aroma babatnya sangat kuat. Katanya sih, daging dan jeraon sapi dimasak bersamaan jadi gurihnya mantap banget. Nasi Krawu bu Azza ini lezat.

nasi krawu bu azza

nasi krawu bu azza


Poyah atau serundeng terbuat dari parutan kelapa  berbumbu yang disangrai. Ada dua serundeng yang disajikan, berwarna orange dan kuning muda. Yang berwarna orange dengan rasa sedikit pedas dan yang kuning muda rasanya gurih.

nasi krawu bu azza

Sambal petisnya padat dan pedas. Karena perut saya lagi error dan nggak boleh mengkonsumsi pedas, saya hanya mengambil sedikit saja. Padahal biasanya kalau perut sehat, itu sambal biasanya  nambah lagi. Sambalnya memang beda ya, terbuat dari cabe yang dimasak bersama petis hingga padat. Jadi rasa sambal nggak pedas saja tapi juga ada sentuhan rasa gurih petis.

Nah ini yang bikin nasi krawu bu Azza terasa begitu special, ada sop kuah dagingnya. Sop disajikan dalam mangkok kecil. Sopnya tidak ada sayur atau apapun didalamnya. Hanya berupa kuah dengan warna coklat muda. Sopnya ini terbuat dari didihan daging (kuah daging). Kuahnya tidak terlalu tebal, tidak terlalu berlemak, segar dan gurihnya pas. Suka dengan rasa kuahnya.

nasi krawu bu azza


Kalau saya sendiri biasanya suka mengguyur kuahnya langsung diatas sasi krawu. Nasinya jadi sedikit basah. Kalau anak saya beda lagi. Di awal dia nyruput sesendok atau dua sendok kuah, buat nelesin tenggorokan. Kemudian makan nasi krawu, ditengah tengah makan kadang dia nyruput sesendoknya lagi. dan terakhir, dia nyruput sopnya langsung dari mangkok. Hahaha. Mantap!

nasi krawu bu azza

Meski tempatnya nyaman dan super bersih harganya standar Rp. 20.000/ porsi. Untuk es jeruknya Rp. 7.000. Nah, untuk kamu kamu yang hunting nasi krawu dengan tempat nyaman dan super bersih, Nasi Krawu bu Azza menjadi pilihan yang tepat.

 

Opening Hours

Jam 07.00 - 09.00 (sampai habis)

Gallery (9)

Comments (0)