12 Oleh-Oleh Khas Hongkong dan Lokasi Membelinya!


Jehan  August 30, 2023  0 Comment

Oleh – Oleh Khas Hongkong – Kota yang menjadi ikon dari China ini menjadi salah satu kawasan menarik yang tidak jarang menjadi destinasi wisata para turis mancanegara. Ada berbagai macam tempat wisata yang dapat dieksplor dari Hongkong.

Perpaduan budaya Tiongkok dan Barat yang berkembang di sana, menjadikan Hongkong memiliki berbagai tempat wisata kultural hingga yang kekinian dan fotogenic. Ketika sobat GoTravelly datang ke wilayah administratif dari Negeri Tirai Bambu tersebut, kamu akan menemukan surga belanja yang sangat menakjubkan.

oleh oleh khas hongkong
unsplash.com

Kamu akan bertemu dengan suasana pasar tradisional yang semarak, gedung pusat perbelanjaan mal yang megah dan bertingkat tinggi, atau butik-butik dengan detil cantiknya. Suasana tersebut menjadikan Hongkong menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berbelanja.

Berbagai macam benda unik dan menarik dapat kamu temukan di setiap sudut area perbelanjaan yang ada di sana. Tentu saja, jika melakukan pembelian di pasar tradisional kamu bisa menawar harga agar mendapat keuntungan.

Kali ini GoTravelly akan membagikan rangkuman mengenai oleh-oleh yang dapat kamu jadikan sebagai referensi saat sedang mencari cendera mata untuk dibawa pulang ke rumah. Penasaran apa saja yang dapat kamu bawa pulang? yuk, ikuti ulasan berikut ini.

Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Hongkong

1. Barang Antik

barang antik hongkong
flickr.com

Hongkong adalah kota yang paling tepat untuk berburu koleksi kuno. Jika sobat GoTravelly tertarik untuk mendapatkan berbagai macam barang-barang unik untuk dibawa pulang, cobalah datang ke Upper Lascar Row atau sebuah kawasan yang juga dikenal dengan Cat Street.

Di sana kamu akan menemukan banyak pedagang yang menggelar barang-barang unik yang dijual ke pada para kolektor. Tempat yang telah ada sejak ratusan tahun ini, menjadi salah satu ikonik tujuan wisata di Hongkong dengan segudang barang antik.

Kamu bisa berkeliling di sekitar kawasan Cat Street untuk menelusuri berbagai macam benda kuno, seperti koin kuno, kaligrafi, kepala Buddha, liontin giok, dan masih banyak lagi benda antik lainnya.

2. Giok

giok
pexels.com

Apakah kamu tahu jika dalam budaya Tiongkok, Giok atau Jade menjadi salah simbol benda yang dikaitkan dengan kemurnian, keanggunan, serta umur panjang untuk para pemakainya?

Giok diyakini mampu menangkal segala keburukan dan mampu membawa keberuntungan ke pada siapa saja yang memakainya. Jika kamu tertarik untuk berbelanja Giok, cobalah datang ke butik perhiasan mewah yang ada di sana.

Baca juga :  10 Tempat Outbound di Bandung Paling Seru dan Menyenangkan

Tentu saja ada harga dan kualitas yang berbanding setara dengan benda untuk benda yang kamu inginkan. Berikut beberapa toko Giok dengan kualitas dan koleksi terkenalnya: Edwar Chiu, Chinese Arts & Crafts, dan Yewn.

Namun, jika sobat GoTravelly ingin mendapatkan barang dengan harga ekonomis toko Chow Tai Fook dan Meimei Wonbow bisa menjadi alternatif lain untukmu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memilih Giok sebagai oleh-oleh khas dari Hongkong?

3. Stempel Nama

stempel nama
flickr.com

Ternyata menandatangani berkas dengan stempel nama tidak hanya ada di Negeri Sakura saja loh. Secara tradisional Hong Kong dan Tiongkok juga mewajibkan setiap masyarakatnya untuk memiliki Stempel Nama.

Dahulu kala, penanda identitas yang telah ada sejak tahun 1600 SM dari Dinasti Shang ini telah digunakan untuk menandatangani dokumen pengadilan. Biasanya Stampel Nama terbuat dari batu giok, kayu, marmer, gading, logam, atau pun plastik.

Jika kamu datang ke Hongkong dan ingin mendapatkan oleh-oleh khas yang unik untuk dibawa pulang, maka Stempel Nama akan menjadi referensi menarik untuk didapatkan. Kamu bisa mendapatkan ukiran namamu atau penerima stempel yang akan kamu berikan nantinya.

Apabila tertarik untuk mendapatkan Stempel Nama sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang ke Man Wa Lane atau yang lebih popular dikenal dengan Chop Alley. Satu sudut dari kota Hongkong ini menjadi jalanan yang menarik untuk ditelusuri.

4. Pakaian China

pakaian china
unsplash.com

Salah satu produk kultural yang dapat kamu temukan di sana adalah pakaian tradisional mereka. Para wanita biasa mengenakan pakaian adat yang disebut Cheongsam, sedankan untuk lelaki adalah setelah Mao.

Ada banyak butik yang dapat kamu temukan di sana untuk menemukan berbagai macam Pakaian China dengan kualitas baik. Hongkong dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak penjahit lokal dengan ketrampilan membuat Cheongsam dan Mao.

Jika tertarik untuk berbelanja Pakaian China, cobalah untuk ke Stanley Market, Li Yuen Street East & West, atau Pottinger Street. Tempat-tempat tersebut akan menjadi rumah fesyen besar yang akan menyambutmu dengan koleksi pakaian beragam dengan harga terjangkau dan berkualitas.  

5. Porselen China

porselen china oleh-oleh khas hong kong
instagram.com

Hongkong menjadi salah satu rumah produksi dalam jumlah besar untuk produk-produk porselen. Ada berbagai macam benda yang terbuat dari porselen, seperti piring, cangkir, toples, vas, dan masih banyak lainnya.

Jika sobat GoTravelly ingin membawa Porselen China, cobalah untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dari Yuet Tung China Works. Tempat tersebut menjadi satu-satunya pabrik porselen legendaris yang melahirkan banyak karya seni melalui lukisan tangan pada setiap produk.

Porselen yang tersedia di toko tersebut, tidak sekadar berwana putih dan biru saja, melainkan ada berbagai macam warna dengan tinta cantik yang dapat kamu temukan di sana.

Baca juga :  Nggak Harus ke Eropa, 10 Negara di Asia Bersalju Cakep Banget!

Beragam peralatan makan dengan sentuhan seni yang menghiasi dari Yuet Tung China Works bisa kamu dapatkan dengan langsung di lokasi toko mereka. Jika berbelanja di sana, kamu akan mendapatkan porselen dengan kualitas guratan gambar yang rapi dan  garis warna yang tajam.

6. Papan Permainan Klasik

mah jong
unsplash.com

Tidak akan pernah salah jika kamu memilih papan permainan klasik Tiongkok sebagai oleh-oleh khas dari Hongkong. Ada beberapa papan permainan yang bisa kamu pilih, seperti Weiqi (Go), Mah-Jong, Jungle dan Xiangqi (Chinese Chess).

Pada beberapa kesempatan, mungkin kamu pernah atau akan bertemu dengan pemandangan sejumlah pria lokal yang sedang asyik memainkan permainan tradisional mereka tersebut di jalanan.

Apapun papan permainannya, tentu saja ini akan menjadi suvenir berharga yang mampu memberi waktu kumpul terbaik bersama keluarga atau teman. Ada banyak macam pilihan produk papan permainan dengan desainnya masing-masing. Kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu saat berbelanja oleh-oleh tersebut.

7. Makanan dari Hongkong

oleh oleh snack makanan khas hongkong
flickr.com

Makanan menjadi salah satu tujuan yang tidak boleh kamu lewatkan saat akan berbelanja oleh-oleh khas Hongkong. Ada berbagai macam produk makanan yang dapat kamu pilih untuk dibawa pulang ke rumah.

Kamu bisa membawa pulang camilan dengan berbagai bentuk, rasa, dan warna. Biasanya saat datang ke sana, para turis akan disuguhkan berbagai macam kudapan dengan rasa gurih, manis, atau asam yang akan memanjakan lidah.

Rekomendasi oleh-oleh ini tentu saja bisa kamu dapatkan dari berbagai toko yang kamu temukan selama berjalan-jalan di Hongkong. Jadi, siapa saja nih yang akan kamu beri untuk menikmati makanan dari Hongkong nanti?

8. Ikan Kering

dried seafood
unsplash.com

Sobat GoTravelly, tahukah kamu jika produksi Ikan Kering menjadi salah satu industri tertua yang ada di Hongkong? Hoi Mei atau makanan laut kering bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh untuk di bawa pulang.

Di masa lalu, Hongkong merupakan kumpulan dari desa nelayan. Oleh karena itu, ikan laut kering menjadi salah satu produk yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ada berbagai macam produk, seperti terasi, cumi kering, dan berbagai macam jenis ikan kering lainnya.

Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan salah satu kekayaan kuliner lokal dari Hongkong, kamu bisa menemukannya di Sai Ying Pun atau Sai Wan. Kawasan tersebut menjadi salah satu daerah yang memiliki sejarah panjang dari logistik laut Cina. Saat berjalan di sepanjang jalan kawasan tersebut, kamu akan mencium aroma khas dari ikan yang telah dikeringkan.

9. Teh China

teh china
unsplash.com

Saat berkunjung ke Hongkong, kamu bisa menjadikannya sebagai kesempatan baik untuk mendapatkan produk teh yang ada di sana. Hampir di seluruh kota di China memiliki koleksi tehnya masing-masing.

Baca juga :  7 Lembah Terindah di Swiss Keindahannya Bikin Betah

Ada berbagai macam teh yang dapat kamu pilih dan nikmati selagi di sana. Bagi masyarakat lokal, minuman yang dihasilkan dari tumbuhan yang telah melewati proses pengeringan tersebut dipercaya mampu memberi manfaat baik untuk tubuh.

Sebagai jenis minuman yang mendunia tersebut, teh yang memiliki kandungan tinggi antioksidan tersebut seringkali menjadi alternatif obat untuk banyak orang. Oleh karena itu, membeli teh sebagai oleh-oleh khas dapat kamu temukan saat ke Hongkong.

Ada banyak tempat yang dapat kamu tuju untuk berbelanja teh. Cobalah untuk memilih teh yang popular dari China, seperti teh hijau, teh oolong, atau teh hitam. Kamu bisa menyeduh teh tersebut, saat kembali ke rumah atau membagikannya ke pada kerabat terdekatmu.

10. Sumpit

sumpit tiongkok
flickr.com

Salah satu alat makan dari Tiongkok ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas saat datang ke Hongkong. Hampir di seluruh pusat perbelanjaan tradisional hingga modern, kamu dapat menemukan oleh-oleh yang satu ini.

Jika memilih suvenir ini, kamu akan menemukan berbagai macam pilihan dengan model yang beragam pada setiap pasang sumpit. Pasar-pasar di sana akan memberimu penawaran terbaik untuk alat makan yang satu ini. Tentu saja, sumpit bisa menjadi pilihan buah tangan yang ekonomis dan mudah untuk di bawa saat perjalanan.

11. Goji Berry

goji berry
pexels.com

Buah yang satu ini merupakan varian hasil bumi yang tumbuh dengan baik di Asia, salah satunya dari dataran Tiongkok. Goji Berry bisa menjadi kado terbaik untuk dibawa pulang ke rumah.

Kamu bisa memilih buah sehat ini lalu menikmatinya sendiri atau akan lebih baik lagi, jika membagikan bingkisan sederhana ini ke pada keluarga atau sahabat-sahabatmu. Jika menginginkannya, sobat GoTravelly bisa membeli Goji Berry yang sudah dikeringkan agar lebih mudah untuk di bawa pulang.

Goji Berry kering yang memiliki rasa khas tersebut, dapat kamu nikmati sebagai kudapan atau dijadikan sebagai tambahan untuk sebuah sajian makanan atau minuman lain. Saat ingin membeli buah kering ini, kamu bisa datang ke toko herbal yang ada di seluruh sudut kota.

12. Kucing Keberuntungan

fortune cat maneki neko
pexels.com

Selama menghabiskan waktu saat berjalan-jalan di jalanan Hongkong, kamu pasti akan bertemu dengan keberadaan patung kucing hampir di setiap sudut rumah atau toko. Kucing berwarna emas tersebut, menjadi salah satu ikon simbol untuk keberuntungan yang dipercaya oleh masyarakat Tiongkok.

Kucing yang melambaikan tangan tersebut, dikenal juga dengan sebutan Maneki Neko. Simbol yang lekat dengan nilai kultural dari China ini bisa menjadi referensi oleh-oleh khas yang dapat kamu beli saat di Hongkong.

source: https://www.youtube.com/@riasukmawijaya

Sobat GoTravelly, itulah rekomendasi oleh-oleh khas Hongkong yang dapat kamu jadikan sebagai referensi buah tangan saat berbelanja di sana. Jangan lupa untuk menawar ya, selamat berbelanja!



Leave a Reply