Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

Sanau Siombak Medan

Alfazza_19 | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | Family Trip
27 May 2020


Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan
Bosan sama danau yang biasa-biasa aja ? Nih aku review sebuah danau yang enggak biasa. Yuk simak sampai habis, siapa tau setelahnya kamu jadi tertarik untuk berkunjung.

How to Get There

Danau siombak berada di Kelurahan Paya Pasir, kecamatan Medan Marelan. Dari pusat Kota Medan dapat ditempuh sekitar 40 menit berkendaraan dengan jarak tempuh sekitar18,6 km.Tidak terlalu sulit untuk menuju Danau Siombak. Ikuti jalan besar Marelan Raya, terus-lurus melewati Pajak Marelan sampai bertemu Gapura Museum Kota Cina. Tidak jauh dari situ akan berjumpa dengan Gapura Sealamat Datang di Danau Siombak. Berkunjung ke danau siombak bisa diakses dengan mudah menggunakan motor, mobil, bus atau pun transportasi lainnya.

.Sanau Siombak Medan

 

What to Do

Danau siombak banyak dikunjungi oleh masyarakat saat liburan dan akhir pekan. Danau ini jarang diknjungi wisatawan asing. Dapat dikatakan danau ini adalah tempat favorit masyarakat medan karna masyarakat biasanya datang kesini untuk memancing. Tak hanya itu lokasi ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga karena disekitar area danau menyediakan fasilitasbermain bagi anak-anak. disekitar danau juga terdapat tempat-tempat yang indah untuk dijadikan tempat berfoto. Untuk masuk kedanau siombak cukup membayar tiket masuk Rp.10.000/ orang, free fruit tea kotak ditambah biaya parkir jika membawa kendaraan dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada.

wisata kota medan

Dari sisi sejarahnya tidak semisterius Danau Linting, tidak banyak yang dapat diceritakan. Jadi biasa-biasa  saja, tapi disitulah letak keistimewaannya Danau Siombak. Berdasarkan cerita mulut ke mulut, Danau Siombak katanya adalah danau buatan bekas galian tanah timbun tahun 1980-an untuk pekngerjaan proyek pembangunan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (BELMERA).

Sanau Siombak Medan

Selain terdapat banyak spot-spot foto nya fasilitas pendukung lainnya juga cukup lengkap seperti gajebo, Toilet, Mushola, Tempat makan minum dan juga tersedia pondok dan ada perahu nya untuk menikmati suasana air hanya saja danaunya yang kurang bersih. Semoga kedepannya, kebersihan danaunya lebih terjaga.

Sanau Siombak di kota  Medan

Keindahan dana siombak akan sangat terasa jika matahari mulai tenggelam disisi barat. Secara perlahan matahari tenggelam di lautan, cahaya keemasan berpendar di horizon membuat pengunjung yang datang  kagum dan takjub akan indahnya danau siombak.

Sanau Siombak Medan                                     Sanau Siombak Medan



Sanau Siombak Medan


Danau siombak cocok sebagai tempat acara keluarga, reuni, syukuran, arisan, acara halal bihalal, untuk praweding 
Sanau Siombak Medan    Sanau Siombak Medan

 

Tips and Trick

Berikut beberapa tips yang sebaiknya perlu diketahui:

  1. Bawa bekal makanan, air mineral dalam botol isi ulang. Karena anda akan mudah terkena dehidrasi saat terik matahari
  2. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen liburan kamu
  3. Waktu yang cocok untuk berkunjung adalah sore hari. Sebab siang agak panas, jangan lupa Bawa kacamata hitam juga, Baju gnati, dan sendal jepit. Gak ada salahnya juga kalau kamu membekali diri dengan obat-obatan pribadi
  4. Nah buat yang pengen mancing jangan lupa bawa peralatan pancing nya ya. 
  5. Umpannya disesuaikan dengan ikan yang ada di danau tersebut. Sebagian besar ikan yang terdapat di danau tersebut adalah ikan nila, ikan gurami,ikan mas, dan ikan tawes. pelet lele yang dicampur dengan terasi adalah umpan terbaik kesukaan ikan nla. Umpan ulat daun pisang umumnya disukai ikan gurami
  6. Kalau perginya dihari biasa pas banget untuk rileks karena pengunjungnya yang tidak terlalu ramai

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY