10 Minuman Khas Kepulauan Riau Yang Unik Dan Segar


Fida  April 23, 2022  0 Comment

Kepulauan Riau dikenal sebagai salah satu kawasan yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat. Tetapi selain itu, kepulauan Riau juga menawarkan banyaknya minuman khas yang memiliki tampilan unik dan dikenal segar. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 10 minuman khas yang wajib kamu coba saat datang ke Kepulauan Riau.

1. Es Sirup Mak Inang

es sirup mak inang
carimakanyok.com

Es Sirup Mak Inang menjadi salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang populer dan mudah kamu jumpai. Dilihat dari tampilannya saja, minuman yang satu ini sudah tampak segar dan menggugah selera. Buah nanas menjadi bahan utama untuk membuat minuman Es Sirup Mak Inang.

Cara membuat minuman ini adalah dengan cara merebus irisan buah nanas bersama air hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah menambahkan beberapa bahan sebelum disajikan seperti apel, biji selasih, sirup jeruk, serta serutan es batu. Es Sirup Mak Inang tentu sangat menggoda untuk dinikmati saat siang hari sebagai pelepas dahaga. Tampilannya menarik sekali bukan?

GoTravelly

Cobain Sensasi Ngopi Ala Jepang Di Taketama Coffee

Rumah Susu Sudiro KUD: Tempat Nyusu Enak Di Tengah Dinginnya Kota Batu

2. Kopi Hawaii

kopi hawaii
masakandapurku.com

Rekomendasi minuman khas Kepulauan Riau yang tidak kalah khas dan menarik untuk dicoba adalah Kopi Hawaii. Jika dilihat dari tampilannya, kopi Hawaii memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan kopi pada umumnya. Kopi ini memiliki banyak peminat karena cita rasanya yang khas dan tidak dapat dirasakan pada kopi lainnya.

Kopi Hawaii disajikan dengan tidak memiliki ampas. Kopi ini juga memiliki keunikan yakni apabila kamu ingin membungkus dan membawa pulang, maka kopi Hawaii akan ditempatkan pada kaleng bekas susu atau botol sirup. Hal itu bertujuan untuk menjaga cita rasa kopi khas yang satu ini. Penasaran dengan kenikmatan kopi Hawaii?

3. Es Lancang Kuning

es lancang kuning
cookpad.com

Minuman khas Kepulauan Riau selanjutnya yang tidak salah menggoda adalah es Lancang Kuning. Pernahkah kamu mendengar sebutan es yang satu ini sebelumnya? Sebutan Lancang Kuning diambil dari lambang atau tanda kegemilangan Kota Riau.

Es Lancang Kuning dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti buah mangga, buah lemon, dan juga buah nanas. Selain segar, minuman ini juga dikenal menyehatkan. Es Lancang Kuning juga sangat cocok dinikmati saat siang hari. Selain dapat membuatnya sendiri di rumah, kamu juga dapat membeli dengan merogoh kocek sekitar Rp 20.000,- untuk menikmati minuman khas yang satu ini.

4. Jus Melayu

jus melayu
lifestyle.okezone.com

Jus Melayu dikenal sebagai salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang populer dan menarik untuk kamu coba. Minuman yang satu ini dikenal memiliki tampilan berwarna-warni dan sangat menarik. Warna-warna yang disajikan diantaranya putih, merah, kuning, dan hijau.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini diantaranya terong Belanda, alpukat, sirsak, serta buah mangga. Saat menikmati minuman ini, kamu akan dimanjakan dengan sensasi segar sekaligus perpaduan rasa manis dan asam. Kamu dapat membeli minuman ini dengan harga sekitar Rp 15.000,- per gelas. Tampak segar sekali bukan?

5. Es Laksamana Mengamuk

es laksamana mengamuk
idntimes.com

Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Es Laksamana Mengamuk yang menjadi salah satu minuman khas Kepulauan Riau. Meskipun memiliki nama yang cukup membuat penasaran dan terbilang mengerikan, tetapi minuman Es Laksamana Mengamuk memiliki banyak peminat mulai dari masyarakat lokal hingga wisatawan yang datang ke kepulauan Riau.

Untuk membuat minuman ini, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya kueni matang, santan segar, susu kental manis, serta serutan es. Minuman ini tentu dapat memanjangkan tenggorokan khususnya jika dinikmati saat siang hari. Saat datang ke kawasan Kepulauan Riau, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba minuman khas yang satu ini.

6. Es Air Mata Pengantin

es air mata pengantin
yummy.co.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan Es Air Mata Pengantin? Es Air Mata Pengantin dikenal sebagai salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang populer dan menarik untuk dicoba. Selain dikenal menyegarkan, minuman ini juga memiliki bahan-bahan yang praktis dan mudah dijumpai.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat segarnya Es Air Mata Pengantin yakni sirup, biji selasih, gula, agar-agar putih, dan juga serutan es. Saat berkunjung ke kawasan Kepulauan Riau, tentu menjadi hal yang mudah untuk menjumpai segarnya minuman yang satu ini. Biasanya, Es Air Mata Pengantin dijual dengan kisaran harga Rp 25.000,- per gelas.

7. Air Tebu Nostalgia

air terbu nostalgia
cookpad.com

Air Tebu Nostalgia juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang populer dan sangat mudah dijumpai. Sesuai dengan namanya, minuman ini dibuat dengan sangat sederhana yakni dari air perasan tebu. Yang membedakan Air Tebu Nostalgia dengan minuman perasan tebu lainnya adalah minuman ini ditambahkan dengan beberapa bahan seperti kelapa muda, kacang tanah, dan juga jahe. Bahan-bahan tambahan tersebut digunakan agar yang menikmati minuman ini merasa bernostalgia.

Air Tebu Nostalgia biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat mudah dijumpai saat kamu berada di Kepulauan Riau. Peminatnya tidak hanya masyarakat lokal saja, tetapi juga banyak wisatawan yang penasaran ingin mencobanya.

8. Jus Telaga Tiga Warna

jus telaga tiga warna
brosispku.com

Ada cukup banyak pilihan minuman khas Kepulauan Riau yang terbilang unik dan menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah Jus Telaga Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memang memiliki tampilan tiga warna yakni berwarna merah, kuning, dan hijau. Penamaan minuman ini terinspirasi dari sebuah tempat di Riau yakni Telaga Tiga Warna.

Jus Telaga Tiga Warna dapat dinikmati dengan harga berkisar Rp 25.000,- per gelas. Selain warnanya yang indah dan tampilannya yang menarik, minuman ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik dan menyehatkan tubuh.

9. Setup Tematu

setup tematu
jejakpiknik.com

Setup Tematu dikenal sebagai salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang dibuat dengan menggunakan bahan utama buah Nipah. Minuman yang satu ini dikenal unik dan sangat khas sehingga berhasil membuat banyak orang penasaran dan ingin mencobanya. Saat berkunjung ke daerah Kepulauan Riau, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu uniknya Setup Tematu.

10. Es Samudra

Minuman Khas Kepulauan Riau
jejakpiknik.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan minuman es Samudra bukan? Es Samudra dikenal sebagai salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang segar dan mampu melepas dahaga. Minuman yang satu ini dibuat dengan beberapa bahan diantaranya buah durian, rumput laut, santan, gula, garam, potongan roti tawar, dan juga sirup.

Selain cocok dinikmati saat siang hari, minuman ini juga kerap dipilih sebagai menu berbuka puasa saat bulan Ramadhan tiba. Saat berkunjung ke daerah Kepulauan Riau, tentu sangat mudah untuk menjumpai segarnya minuman yang satu ini.



Leave a Reply