10 Minuman Khas Kepulauan Riau Kesegarannya Bikin Galau!


Fida  November 19, 2021  0 Comment

Kepulauan Riau dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke kawasan ini, tidak ada salahnya untuk berburu kuliner berupa makanan maupun minuman khas Kepulauan Riau. Beberapa minuman khas Kepulauan Riau memiliki tampilan serta cita rasa yang unik. Berikut daftar rekomendasi 10 minuman khas Kepulauan Riau yang menarik untuk kamu coba.

1. Air Tebu Nostalgia

air terbu nostalgia
lifestyle.okezone.com

Salah satu rekomendasi minuman khas Kepulauan Riau yang menarik untuk kamu coba adalah air tebu nostalgia. Air tebu yang satu ini bentuk menawarkan cita rasa manis serta segar saat diminum.

Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini terbuat dari air perasan tebu yang disajikan tanpa tambahan pemanis buatan. Oleh karena itu, minuman yang satu ini dikenal segar dan tidak membuat tenggorokan sakit. Minuman yang satu ini juga diberi tambahan jahe, kacang tanah, dan juga kelapa muda. Hal itu tentu membuat banyak orang bernostalgia sehingga minuman ini disebut dengan air tebu nostalgia. Saat berkunjung ke daerah kepulauan Riau, kamu dapat dengan mudah menjumpai minuman yang satu ini dengan harga terjangkau.

Gotravelly

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Segernya Es Dawet Kudus Cak Minto, Bikin Rela Ngantri!

2. Es Lancang Kuning

es lancang kuning
yummy.co.id

Rekomendasi minuman khas Kepulauan Riau berikutnya adalah Es Lancang Kuning. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan yakni buah-buahan dengan warna kuning seperti nanas, mangga, dan juga lemon. Warna dari minuman ini tentu tampak segar dan menggugah selera. Untuk menikmatinya, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 20.000,- per gelas. Kamu dapat membeli minuman ini salah satunya di Sultan Resto di Jalan Ronggowarsito.

Minuman es Lancang Kuning juga dikenal sebagai lambang kegemilangan Kota Riau. Saat berkunjung ke kawasan Kepulauan Riau, minuman yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

3. Es Air Mata Pengantin

es air mata pengantin
yummy.co.id

Pernah mendengar sebutan es air mata pengantin? Es air mata pengantin merupakan salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang biasa disajikan dalam acara seperti pesta pernikahan. Minuman ini melambangkan air mata kebahagiaan.

Es air mata pengantin dibuat dengan berbagai bahan seperti sirup, biji selasih, agar-agar putih, gula, dan juga serutan es. Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa manis, minuman ini juga sangat menyegarkan. Untuk mencobanya, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 25.000,- per porsi.

4. Es Laksamana Mengamuk

es laksamana mengamuk
batam.tribunnews.com

Pernah terbayang tampilan dari sebutan es Laksamana mengamuk? Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman khas Kepulauan Riau dengan penamaan yang sangat unik.

Minuman yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan juga segar. Untuk membuat es Laksamana mengamuk, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti susu kental manis, santan segar, serutan es, dan juga kueni matang yakni buah yang mirip dengan mangga. Minuman yang satu ini tentu mampu melepas dahaga dan memberi kesegaran luar biasa saat diminum siang hari. Es Laksamana mengamuk juga sangat mudah dijumpai dan dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,-.

5. Kopi Hawaii

kopi hawaii
masakandapurku.com

Bagi kamu pecinta kopi, kopi Hawaii yang merupakan salah satu minuman khas Kepulauan Riau ini tentu sayang untuk tidak kamu coba. Jika dilihat sekilas, minuman yang satu ini memang tampak seperti kopi pada umumnya. Yang membedakan adalah kopi Hawaii diracik dengan resep khas dan tidak memiliki ampas. Hal itu membuat banyak orang menyukai minuman yang satu ini.

Salah satu keunikan dari kopi Hawaii adalah jika ada pelanggan yang ingin kopi Hawaii untuk dibawa pulang, maka kopi akan dibungkus dengan menggunakan kaleng bekas susu atau botol sirup. Hal itu bertujuan untuk menjaga cita rasa kopi. Kamu dapat membeli kopi ini di berbagai warung kopi di daerah Kepulauan Riau.

6. Es Sirup Mak Inang

es mak inang
cookpad.com

Rekomendasi minuman khas Kepulauan Riau berikutnya yang menarik untuk dicoba adalah Es Sirup Mak Inang. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa minuman yang satu ini menawarkan kesegaran yang sangat luar biasa. Bahan utama pembuatan es sirup mak Inang adalah buah nanas.

Tidak hanya dikenal menyegarkan, minuman ini juga memiliki proses pembuatan yang sangat mudah. Buah nanas yang telah diiris dimasak bersama dengan air hingga mendidih. Minuman yang satu ini disajikan dengan berbagai tambahan seperti biji selasih, sirup jeruk, apel, agar-agar, dan juga es batu. Tampilannya yang berwarna-warni juga menjadikan minuman ini sangat menggugah selera. Tertarik untuk mencobanya?

7. Jus Melayu

jus melayu
jejakpiknik.com

Tidak perlu bingung menentukan minuman khas Kepulauan Riau yang bisa kamu coba, jus Melayu menjadi minuman yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Minuman yang satu ini dikenal memiliki tampilan empat warna yang disusun secara vertikal. Hal itu tentu menjadikan minuman ini sangat menggugah selera dan menarik untuk dicoba.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jus Melayu adalah terong Belanda, buah sirsak, mangga, dan juga alpukat. Minuman ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 15.000,- per porsi. Tidak hanya dikenal lezat dan segar, jus Melayu juga tentu sangat menyehatkan.

8. Jus Telaga Tiga Warna

jus telaga tiga warna
lifestyle.okezone.com

Pilihan minuman khas Kepulauan Riau berikutnya adalah jus telaga tiga warna. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini merupakan olahan jus yang memiliki tampilan 3 warna. Minuman yang satu ini berwarna kuning, hijau, dan juga merah. Menurut sejarah, nama minuman ini terinspirasi dari telaga tiga warna yang berlokasi di Kota Riau.

Jus dengan tampilan 3 warna ini biasa di bandrol dengan harga Rp 25.000,- per gelas. Tidak hanya dimanjakan dengan tampilan yang menarik serta cita rasa segar, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh.

9. Es Samudra

es samudra
jejakpiknik.com

Eh Samudera menjadi salah satu minuman khas Kepulauan Riau yang sayang untuk dilewatkan. Minuman yang satu ini memiliki tampilan yang sangat unik dengan berbagai isian yakni santan, gula, garam, sirup, dan juga rumput laut.

Es Samudera juga dikenal sebagai salah satu minuman yang karet dipilih sebagai menu berbuka puasa. Tidak hanya mudah dijumpai, minuman yang satu ini juga dijual dengan harga yang terjangkau.

10. Setup Tematu

Minuman Khas Kepulauan Riau
jejakpiknik.com

Tidak perlu bingung memilih minuman khas Kepulauan Riau yang akan kamu coba, Setup Tematu menjadi pilihan tepat dan sayang untuk dilewatkan. Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman tradisional yang dibuat dari olahan buah nipah. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang unik dan menarik saat mencobanya. Minuman yang satu ini tidak hanya dikenal unik tetapi juga menawarkan harga yang terjangkau.



Leave a Reply