Kuliner

8 Wisata Kuliner Semarang Terkenal Enak Dan Penuh Antrian Setiap Harinya

Ngomongin yang namanya kuliner memang tidak ada habisnya, sebab hampir di setiap wilayah Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dengan cita rasa yang pastinya juga sangat beragam. Dikenal sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, ternyata Semarang juga masuk dalam kategori kota yang memiliki ragam kuliner lezat dan menggoda. Dengan menggunakan kombinasi bahan tradisional, menjadikan wisata kuliner Semarang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kuliner dari wilayah lain.
Bagi Kamu yang memang sedang jalan-jalan di Semarang dan bingung ingin mencicipi wisata kuliner Semarang apa yang sangat lezat dan unik, kami akan berikan beberapa rekomendasi menarik yang patut Kamu coba. Mengapa demikian? Pasalnya, kuliner yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat Semarang, bahkan antrianpun tiap harinya sangat panjang.
Penasaran dengan kuliner tersebut? berikut ini deretan kuliner Semarang yang wajib Kamu coba kelezatannya.

 

1. Waroeng Semawis

frontoneinnsemarang.com

Jika Kamu saat ini sedang berakhir pekan di Semarang, janga lupa untuk singgah di Waroeng Semawis atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Semawis. Salah satu destinasi wisata kuliner Semarang yang satu ini sangat banyak dinantikan oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, banyak ragam kuliner mulai dari menu oriental hingga Eropa yang menanti Kamu untuk dicicipi. Bahkan, rata-rata harga yang dipatokpun juga cenderung sangatlah terjangkau.
Di sini, Kamu bisa menikmati ragam makanan seperti halnya sego gandhul, lumpia, sate, babat gongso dan masih banyak lagi. Namun, Kamu perlu hati-hati saat membeli di wisata kuliner yang satu ini, sebab ada beberapa kedai yang memang menjajakan makanan dari bahan dasar babi. Untuk menikmati ragam kuliner ini, Kamu bisa meluncur ke Jalan Gang Warung No. 50, Semarang.

 

2. Bebek goreng pak Thori

jatenglive.com

Untuk Kamu pecinta kuliner penyetan berupa daging bebek, sudah saatnya wisata kuliner Semarang mengajak Kamu untuk singgah di bebek goreng pak Thori. Salah satu kuliner yang menjadi andalan masyarakat Semarang ini memiliki ciri khas tersendiri berupa tekstur dagingnya yang pastinya lembut, gurih dan bebas dari bau amis. Akan lebih mantab jika menu tersebut disajikan dengan nasi putih hangat.
Jangan lupa juga untuk mencicipi sambal super pedas nan menggoda yang dikenal dengan sebutan sambal hijau ataupun sambal merah. Dengan rasa yang pastinya menggoda, para pengunjung bisa bebas menambah sambal sesuai dengan batas kewajaran. Sangat mengasyikkan bukan? Untuk itu, segera datang ke Jalan Raya Gunungpati KM 15, Semarang.

 

3. Pesta Keboen

Flickr.com

Jika Kamu menginginkan untuk makan di tempat yang mengusung nuansa klasik tempo doeloe, kini saatnya Kamu berkunjung ke Pesta Keboen. Di sini, Kamu akan menikmati nuansa tempo doloe dengan gaya vintage yang pastinya sangat mengasyikkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen makan di lokasi wisata kuliner Semarang yang ada di Jalan Veteran No. 29 Semarang.
Ragam kuliner yang bisa Kamu nikmati di lokasi wisata kuliner Semarang pesta kebon diantaranya adalah nasi goreng, pecel, babat gongso, ayam goreng kuning, bakmi dan masih banyak lagi. Sembari menikmati sajian yang sangat menggoda, Kamu bisa mendengarkan live music yang sangat menghibur.

 

4. Soto Bangkong

KSMTour.com

Dikenal sejak tahun 1950, Soto Bangkong merupakan salah satu wisata kuliner Semarang yang juga banyak diminati oleh masyarakat sekitar termasuk para wisatawan. Cita rasanya yang sangat legendaris menjadikan soto ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuat para pelanggannya menjadi ketagihan untuk nambah lagi dan lagi.
Dengan mengusung perpaduan yang sangat sederhana berupa bihun, kuahnya yang kental, bawang goreng merah hingga ayam suwirnya yang menggoda, menjadikan wisata kuliner Semarang yang satu ini sangat menggoda. Terlebih lagi, dengan olahan bumbunya yang kaya akan rempah-rempah, membuat soto ini memiliki aroma yang khas. Untuk Kamu yang penasaran dengan menu ini, Kamu bisa singgah ke Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Setia Budi No.229, Semarang.

 

5. Bakmi Jawa Pak Gareng

Ulinulin.com

Berlibur ke Semarang memang tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner yang dikenal dengan nama bakmi. Salah satu menu bakmi yang sangat melegenda dan banyak diminati oleh masyarakat adalah Bakmi Jawa Pak Gareng. wisata kuliner Semarang yang satu ini menyajikan menu khas berupa bakmi masak kuah ataupun goreng lengkap dengan taburan suwiran ayam , sawi, kol dan juga telur.
Dengan mengusung kuah yang bening dan dikombinasi rempah pilihan yang sangat kuat menjadikan wisata kuliner Semarang berupa Bakmi Jawa Pak Gareng ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Hal ini juga didapatkan dari cara memasaknya yang masih tradisional dengan menggunakan anglo dan bahan bakar arang. Untuk mencicipi makanan ini, Kamu bisa singgah di Jalan Wotgandul Dalam No. 173 Semarang.

 

6. Rumah Makan Kampung Laut

rentalmobilsemarang.org

Tujuan wisata kuliner Semarang yang selanjutnya adalah Rumah Makan Kampung Laut yang akan memanjakan Kamu dengan ragam kuliner seafood yang pastinya sangatlah menggoda. Tidak hanya itu saja, di sini Kamu juga bisa menikmati menu lain seperti olahan ayam hingga iga bakar yang pastinya sangat menggiurkan.
Uniknya lagi, di tempat Rumah Makan Kampung Laut, Kamu akan diajak untuk menyantap menu makanan lezat di atas saung yang mengapung di kolam pemancingan. Tentunya, hal ini sangat unik dan menjadikan acara makan bersama teman ataupun keluarga akan semakin lebih berkesan. Untuk Kamu yang hobi memancing, di sini juga disediakan wahana pemancingan sekaligus taman bermain untuk anak. Segera datang ke Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang.

 

7. Gulai kambing Bustaman Pak Sabar

Phinemo.com

Bagi Kamu penikmat kuliner yang berbahan dasar kambing, sudah sepantasnya untuk singgah di tempat wisata kuliner Semarang yang dikenal dengan sebutan Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Berbeda dengan gulai kambing pada umumnya, untuk gulai kambing yang satu ini sama sekali tidak menggunakan santan dan sebagai bahan penggantinya digunakan kuah yang bening. Penggunaan kelapa ini akan diparut dan disangrai yang kemudian dicampurkan dengan bahan lain.
Tentunya, dengan kombinasi bahan yang demikian ini menjadikan kuliner wisata kuliner Semarang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini sangatlah melegenda dan banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun kuahnya tidak menggunakan santan, namun sangat kental dan yang demikian inilah membuat tempat makan di Belakang Gereja Blendak, Kawasan Kota Tua Semarang selalu dipadati oleh pengunjung.

 

8. Angkringan Gaul Ampiran

Pegipegi.com

Untuk Kamu yang mengaku anak muda dan gaul, jangan sampai kelewatan untuk mencicipi kuliner di Angkringan Gaul Ampiran. Salah satu tempat wisata kuliner Semarang yang didesain kekinian ini menyajikan banyak sekali menu makanan seperti halnya tempe, ayam, teri, aneka sate mulai dari sate usus hingga telur puyuh dengan harga yang sangat terjangkau.
Nuansa modern dari angkringan ini disebabkan oleh adanya fasilitas wifi yang pastinya menjadikan anak muda lebih betah untuk berlama-lama sembari menghabiskan malam bersama teman. Jika Kamu penasaran dengan ragam menu kuliner tersebut, segera datang ke Jalan Durian Raya No. 29C, Semarang.
Ragam kuliner Semarang memang sangat menggoda untuk dicicipi. Dengan mengusung berbagai jenis rempah sebagai bumbu setiap masakan, menjadikan sajian kuliner tersebut sangat khas dan memiliki cita rasa yang berbeda. Oleh sebab itu, jika Kamu ingin mencicipi ragam wisata kuliner Semarang, Kamu bisa singgah di salah satu referensi tempat makan yang tersebut di atas.

Join The Discussion