Yuk! Jelajahi 10 Pulau Cantik di Kepulauan Riau


Reni  September 17, 2022  0 Comment

Kepulauan Riau ternyata menyimpan banyak pulau indah yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Selain pantai yang indah, sebagian besar juga memiliki keanekaragaman hayati yang menarik di bawah permukaan lautnya. Inilah pulau di kepulauan Riau yang pantas dimasukkan dalam daftar kunjungan sebelum pergi menjelajah kepulauan tersebut.

1. Pulau Penyengat

pulau penyengat
pesisir.net

Pulau Penyengat adalah pulau kecil dengan penduduk sebanyak 2.500 jiwa yang berada dekat Tanjungpinang. Pulau Penyengat dapat dikunjungi dari kota Tanjungpinang dengan menggunakan perahu pompong dengan jarak tempuh hanya 15 menit saja.

Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata populer dengan daya tarik utama berupa bangunan bersejarah berupa Masjid Raya Sultan Riau dan wisata ziarah makam – makam dari Yang Di-Pertuan Muda Kerajaan Johor – Pahang – Riau – Lingga. 

Selain itu juga terdapat makam pahlawan nasional Raja Ali Haji yang merupakan Bapak bahasa dan Raja Haji Fisabilillah. Balai Adat Melayu Kepulauan Riau yang menyimpan banyak informasi budaya juga berada di pulau ini.

Gotravelly

Akhir Pekan Sambil Trekking Menyenangkan Di Bukit Teletabis Rongi

Morabito Art Cliff : Bali Rasa Santorini

2. Pulau Abang

pulau abang
idntimes.com

Pulau Abang merupakan pulau kecil yang berada di selatan Batam. Pulau ini menjadi populer sebagai tujuan wisata karena memiliki keindahan alam bawah laut yang disebut – sebut tidak kalah dari Bunaken atau Raja Ampat.

Pulau ini dapat didatangi dengan rute dari jembatan Barelang Enam dengan menggunakan perahu pompong yang memakan waktu sekitar 30 menit. Pulau dengan ukuran sekitar 2 X 5 kilometer persegi ini memiliki pantai dengan pasir putih yang indah.

Atraksi wisata utama di tempat ini adalah wisata bawah air yang bisa dilakukan dengan snorkeling atau diving. Ada banyak jenis ikan dan terumbu karang pada area laut yang dangkal serta jernih, terdapat 9 titik penyelaman yang bisa dijadikan tujuan menyelam di sekitar pulau Abang.

3. Pulau Beralas Pasir / White Sand Island

pulau beralas pasir
batam.tribunnews.com

Pulau Beralas Pasir yang juga populer disebut dengan White Sand Island ini merupakan pulau di kepulauan Riau yang  berada di antara Tanjungpinang dan Bintan. Pulau yang dikelola menjadi sebuah destinasi wisata ini dapat diakses dari Teluk Bakau dengan menggunakan menggunakan perahu dengan durasi perjalanan hanya 15 menit.

Terdapat beberapa atraksi wisata menarik yang bisa dicoba di pulau kecil ini, mulai dari berkemah di tepi pantai hingga snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada. Pulau ini juga menjadi area konservasi penyu karena telah digunakan sebagai lokasi pendaratan alami untuk bertelur setiap musim kemarau.

4. Pulau Putri

pulau putri
liputan6.com

Pulau Putri merupakan salah satu pulau kecil terluar yang ada di wilayah NKRI. Pulau ini masuk dalam kawasan Nongsa Batam dan dapat dikunjungi dengan menggunakan speed boat dari Pantai Nongsa untuk perjalanan pulang dan pergi. 

Terdapat pantai berpasir putih yang masih alami untuk bermain dan berenang. Sarana akomodasi yang ada di pulau ini terbilang sudah memadai sehingga wisatawan bisa menginap untuk merasakan suasana malam ataupun melihat matahari terbit dan terbenam di pantai pulau kecil ini.

5. Pulau Mubut Darat

pulau mubut darat
jogja.tribunnews.com

Pulau Mubut Darat dapat diakses melalui pelabuhan Sembulang pulau Batam dengan menggunakan perahu pompong. Perjalanan dengan durasi kurang lebih 15 menit tersebut akan membutuhkan biaya Rp 25.000 untuk sekali jalan. 

Terdapat banyak destinasi dan fasilitas wisata yang bisa dikunjungi wisatawan di pulau Mubut Darat ini, mulai dari gazebo hingga cafe yang mengapung di atas laut. Akomodasi di pulau ini juga terbilang baik dan memberi kesempatan bagi wisatawan untuk menginap. Aktivitas di sekitar pantai seperti berenang, bermain pasir ataupun bermain bola menjadi aktivitas favorit mayoritas wisatawan yang datang ke pulau kecil ini.

6. Pulau Belakang Padang

pulau belakang padang
batamnews.co.id

Pulau Belakang Padang merupakan merupakan salah satu pulau di kepulauan Riau yang masih termasuk dalam satu kecamatan dengan pulau Batam. Perjalanan menuju ke pulau kecil ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 25 menit dari pelabuhan Sekupang,Batam.

Keunikan pulau ini ada pada budaya Melayu yang sangat kental, mulai dari dialek bahasa hingga bangungan – bangunan yang memiliki langgam arsitektur Melayu. Salah satu daya tarik unik yang ada di pulau ini adalah kuliner khas berupa nasi lemak dan masakan mie yang disebut dengan mie lendir. 

7. Pulau Anambas

pulau anambas
liputan6.com

Pulau Anambas merupakan pulau terbesar yang ada di gugusan kepulauan Anambas. Pulau kecil ini dapat diakses dengan jalur laut ataupun jalur udara dari Bandara Batam dengan menggunakan seaplane. Terdapat banyak destinasi dan atraksi wisata menarik yang ada di pulau ini, salah satunya adalah resort yang menjadi favorit untuk menginap karena nuansa alami yang sangat menarik.

Selain itu terdapat beberapa destinasi wisata unik seperti Air Terjun Temburun yang memiliki tujuh tingkat dan berakhir di laut. Beberapa pulau kecil di sekitar Anambas juga memiliki banyak pantai indah dengan pasir putih yang juga digunakan sebagai area konservasi penyu. Keindahan alam bawah air di pulau ini juga menarik wisatawan untuk melakukan snorkeling ataupun diving.

8. Pulau Ranoh 

pulau ranoh
batam.tribunnews.com

Pulau Ranoh merupakan sebuah pulau kecil yang tadinya tidak berpenghuni. Pulau ini kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata karena memiliki keindahan alam yang unik berupa pantai berpasir putih serta area hijau yang masih alami sebagai latar belakangnya.

Pulau Ranoh dapat diakses melalui jalur laut melalui jembatan 6 Barelang. Selain pantai berpasir putih yang bersih, daya tarik pulau ini salah satunya ada di bawah permukaan laut. Area perairan sekitar pantai di pulau Ranoh memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang indah dalam wujud biota lut, mulai dari beragam jenis ikan, penyu dan terumbu karang.

9. Pulau Senua

pulau senua
indozone.id

Pulau Senua merupakan salah satu pulau di kepulauan Riau yang menjadi pulau terluar di wilayah NKRI. Pulau kecil ini berada di sebelah timur pulau Bunguran dan berjarak sekitar 4 kilometer. Pulau ini dapat diakses dengan menyewa perahu nelayan atau perahu pompong.

Daya tarik utama pulau kecil ini ada pada keindahan alamnya yang masih asli. Pantai berpasir putih yang bersih serta laut dangkal di sekitarnya menjadi arena bermain air yang seru serta menjadi spot snorkeling atau diving yang menantang. Kekayaan biota laut di tempat ini terbilang sangat kaya, mulai dari ikan, penyu dan terumbu karang yang masih asli. Selain itu juga terdapat hewan primata unik yang menjadi ikon pariwisata berupa kekah atau Presbytis natunae.

10. Pulau Basing

pulau basing
batam.tribunnews.com

Pulau Basing berada di Dompak dan bisa didatangi dengan menyeberang dari Tanjung Siambang. Pulau ini dapat diakses setiap hari dengan sarana transportasi berupa perahu nelayan. Sedangkan pada akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu terdapat perahu khusus yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Dompak.

Terdapat pantai yang landai dengan pasir putih yang landai. Panorama laut dan pantai menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini. Pulau tak berpenghuni ini dahulu pernah digunakan sebagai penjara pada masa penjajahan Belanda. Sisa bangunan tersebut masih dapat ditemui hingga saat ini.

Itulah daftar 10 pulau di kepulauan Riau yang patut dicatat dan dimasukkan dalam daftar kunjungi ketika merencanakan wisata ke tempat ini. Perpaduan antara keindahan alam serta keunikan budaya setempat membuat Kepulauan Riau menjadi sebuah destinasi wisata yang pantas untuk diprioritaskan untuk dikunjungi.



Leave a Reply