10 Kuliner Khas Batam Mulai Mie Hingga jajanan Yang Enak


sisil angelin  June 19, 2021  0 Comment

Kuliner khas Batam memang terkenal sekali dengan beraneka macam kulinernya yang unik, dan lezat! Makanya tak heran jika tempat ini selalu ramai dengan wisatawan, dan menjadi surganya street food bagi pencinta kuliner. Banyak sekali cafe, restoran, kedai, dan kawasan street food di Batam. Namun untuk kamu yang baru pertama kali ke Batam tentunya masih belum tahu apa saja kuliner yang lezat, dan wajib kalian coba saat berada di Batam. Namun kalian tidak perlu khawatir karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian kuliner yang unik, dan lezat di Batam. Mau tau apa saja? Berikut ulasannya

1. Mie Sagu

mie sagu khas batam
foodnesia.net

sesuai dengan namanya ini diolah menggunakan sagu, dan tekstur dari mie sagu memang berbeda dari mie biasanya yang lebih keras. sedangkan mie sagu memiliki tekstur yang lembut, dan mie sagu akan diolah deng kuah yang gurih serta pedas. Ukuran mie sagu juga memiliki ukuran yang besar, dan mie sagu biasanya dimasak menggunakan rempah-rempah sehingga saat dimasak Mie Sagu memiliki aroma yang sedap! udara dingin dimalam hari memang paling enak kalo menikmati semangkuk mie sagu. Untuk menemukan Mie Sagu kalian bisa mampir kekawasan street food atau kedai di Batam yang menjual mie sagu dengan rasa yang sedap.

paket wisata murah dan terpercaya

Ketan Intip, Kuliner Khas Kota Kecil Di Kaki Gunung Lawu

Cobain Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Yang Legendaris, Lembut Dan Gurihnya Sampe Ke Tulang

2. Mie Lendir

mie lendir khas batam
travel.detik.com

Dari namanya memang tidak begitu menggiurkan, namun jangan terkecoh dengan namanya yang cukup menggelikan karena rasa dari Mie Lendir sangat lezat, dan menjadi kuliner Batam yang wajib dicoba. Jadi Mie Lendir terdiri dari mie kuning, toge rebus, telur, sledri, dan bawang goreng selanjutnya semua bahan itu akan diguyur dengan bumbu kacang. bumbu kacang pada mie lendir sendiri memang sangat terasa gurih, dan rempah-rempah yang tercampur pada bumbu kacang emang membuat sajian mie lendir sangat sempurna saat masuk kelidah. Biasanya untuk pencinta rasa pedas akan menambah acar serta potongan cabe pada 1 mangkuk mie lendir.

3. Nasi Bakar

 Nasi Bakar
batam.tribunnews.com

Selain sajian mie ternyata di Batam juga ada nasi bakar loh! nasi bakar ini hampir sama seperti nasi bakar yang ada diberbagai daerah yang ada di pulau jawa. jadi nasi akan dibungkus menggunakan daun pisang, dan akan dibakar. setiap nasi bakar biasanya diisi dengan beraneka topping lauk diantaranya ada ayam, telur, ikan, dan masih banyak lagi. untuk nasi bakar biasanya di bumbui dengan rempah yang melimpah sehingga saat dibakar aroma dari rempah pada nasi bakar ini akan keluar. Untuk menemukan nasi bakar kalian bisa membelinya di restoran, cafe, kedai, atau street food yang ada di Batam.

4. Bilis Gulung

Bilis Gulung
blog.ivacanza.co

Sekilas makanan yang satu ini mirip sekali dengan molen, namun yang membuat bilis gulung ini berbeda adalah isiannya jika molen menggunakan isian pisang, sepeda dengan bilis gulung yang menggunakan isian ikan teri yang sudah diberi bumbu lalu digulung dengan kulit molen. bilis gulung ini sangat terkenal di Batam, dan menjadi oleh-oleh khas Batam yang wajib dibeli. biasanya bilis gulung bisa menjadi teman ngopi, namun ada juga masyarakat Batam yang memakan bilis gulung dengan nasi putih hangat.

5. Sop Ikan Batam

 Sop Ikan Batam
sajiansedap.grid.id

kuliner khas Batam memang sangat terkenal dengan kuliner seafood nya yang segar, dan ikan segar di Batam biasanya akan diolah menjadi sup ikan. namun sup ikan yang ada di Batam ini berbeda dari sup ikan pada umumnya yang memiliki kuah berwarna kuning, dan sop Ikan Batam memiliki kuah yang bening. ikan yang digunakan untuk mengolah sup ini biasanya menggunakan ikan kakap atau ikan tenggiri. selain ikan biasanya sup ini akan ditambahkan sayuran, udang, dan cumi. untuk membeli sup kalian bisa menemukannya di resto, dan cafe yang ada di Batam.

6. Bingka Bakar

Bingka Bakar
travel.tribunnews.com

Bingka Bakar memang menjadi hidangan suku Melayu yang memiliki tekstur padat, dan lembut serta manis. Bingka Bakar ini juga menjadi makanan khas Kalimantan, dan juga menjadi camilan khas Batam. Bingka Bakar memiliki adonan yang padat, dan akan dicampur dengan pandan sehingga memberikan aroma yang sangat menggoda! bingka yang dipanggang memberikan tekstur garing pada pinggiran bingka, dan bingka bakar juga menjadi buruan traveler saat berkunjung ke Batam loh! jadi jangan lewatkan hidangan yang satu ini saat berada di Batam ya!

7. Teh Obeng

Teh Obeng
covesia.com

Wah bagaimana rasanya ya teh obeng? apakah rasanya seperti ada aroma obeng, dan bahan yang digunakan menggunakan obeng? nah teh obeng ini hanya sebutan minuman es teh atau teh hangat di Batam, jadi bukan menggunakan bahan obeng. saat kalian memesan minuman es teh atau teh hangat di Batam biasanya penjual di sana menawarkan teh obeng itu es atau teh hangat. untuk kalian yang berada di Batam wajib banget cobain teh obeng, dan banyak sekali pusat oleh-oleh yang menjual teh obeng dengan kemasan yang unik.

8. Luti Gedang

Luti Gedang
cookpad.com

Luti Gedang menjadi kuliner khas Batam. jadi Luti Gedang ini adalah roti yang diberi isian berupa ikan, dan akan digoreng. namun meskipun digoreng tekstur dari roti ini masih tetap kenyal, dan garing pada bagian luarnya. isian dari Luti Gedang selain ikan biasanya menggunakan rempah yang berlimpah sehingga memberikan cita rasa yang yummy! untuk menemukan Luti Gedang kalian bisa mampir ke pusat oleh-oleh atau street food yang ada di Batam. harga dari Luti Gedang masih sangat terjangkau dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Batam.

9. Kue Batang Buruk

 Kue Batang Buruk
blog.tiket.com

Kue Batang Buruk menjadi camilan kuliner khas Batam yang wajib ada saat idul Fitri tiba, dan Kue Batang Buruk memang menjadi camilan tempo dulu yang masih hits di Batam. Kue Batang Buruk juga menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Batam loh! Kue Batang Buruk memang memiliki tampilan yang kurang menarik, namun dari segi rasa Kue Batang Buruk sangat sempurna. teksturnya yang kriuk, dan rasanya yang manis bikin siapa aja ketagihan untuk menikmati Kue Batang Buruk. untuk menemukan Kue Batang Buruk kalian bisa mampir ke pusat oleh-oleh yang ada di Batam. harga yang ditawarkan pun beragam ada yang murah hingga mahal. sesuai dengan kualitas yang ingin kalian inginkan. jadi jangan lewatkan untuk membeli Kue Batang Buruk ya!

10. Keripik Kari

toko oleh oleh terdekat
shopee.co.id

Kuliner khas Batam yang akan kita bahas terakhir ini adalah keripik kari. jadi untuk pengolahan keripik kari biasanya menggunakan gonggong yang merupakan seafood di kepulauan Riau yang memiliki aroma khas serta memiliki rasa yang lezat. memang aroma strong dari keripik kari ini membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya. makanya tak heran jika banyak sekali pusat oleh-oleh yang menjual keripik kari. gimana kalian tertarik mencoba keripik kari? yuk buruan borong keripik kari di Batam.



Leave a Reply