12 Ragam Kopi Ala Italia, Anak Nongkrong Wajib Tahu!


prita  December 2, 2021  0 Comment

Italia merupakan salah satu Negara yang terkenal dengan ragam minuman kopi yang mendunia karena cita rasanya yang nikmat. Ragam Kopi ala Italia memang sangat khas dengan berbagai macam varian yang unik serta aromanya sangat harum. Kopi khas Italia juga dibuat dengan perpaduan dan takaran yang pas sehingga menciptakan rasa yang enak. Bahkan, orang Italia menikmati kopi dengan jenis yang berbeda di waktu yang berbeda juga. Nah, berikut ini adalah daftarnya.

1. Cappuccino

Cappuccino
makanabis.com

Ragam kopi ala Italia yang pertama wajib kamu coba adalah Cappuccino. Cappuccino ini merupakan jenis racikan kopi yang paling terkenal di Italia, bahkan di seluruh dunia.

Cappuccino ini terdiri dari susu, espresso dan busa susu dengan rasio perbandingan yang sama. Cappuccino ini biasanya dinikmati sebelum atau saat makan pagi karena cappuccino mengandung busa atau foam dan susu sehingga masyarakat Italia menganggap kopi ini sebagai sarapan dan tidak diminum setelah jam 11 siang.

Gotravelly

Zabo Coffee : Tempat Ngopi Kekinian Di Jombang Dengan Desain Instagramable

Ame Coffee, Cafe Estetik Bernuansa Bali Di Tengah Kota Sidoarjo

2. Caffe

Caffe
id.wikipedia.org

Caffe atau yang sering juga disebut sebagai espresso ini juga menjadi salah satu dari ragam kopi ala Italia yang tak boleh untuk kamu lewatkan. Caffe ini disajikan dalam cangkir kecil dan biasanya dinikmati sepanjang hari.

Caffe ini disajikan tanpa penambahan susu atau campuran lainnya. Cita rasanya sudah pasti pahit karena sama sekali tidak diberi gula. Meskipun disajikan dengan cangkir kecil dan takarannya sedikit, namun minuman ini bisa membuatmu tidak tidur semalaman, lho. Caffe ini memang menjadi dasar dari semua kopi di Italia dan menjadi salah satu jenis kopi yang paling terkenal.

3. Caffe Latte

Caffe Latte
ranselatte.com

Ragam kopi ala Italia selanjutnya adalah Caffe Latte. Dalam Bahasa Perancis, Caffe Latte ini memiliki arti kopi susu. Sesuai dengan namanya, caffe latte ini merupakan campuran dari espresso dengan susu serta sedikit busa.

Perbedaan cappuccino dan caffe latte ini adalah caffe latte susunya lebih banyak dan busanya lebih sedikit. Rasa kopi ini agak lebih ringan dibandingkan dengan cappuccino karena susunya lebih terasa.

4. Caffe al Ginseng

Caffe al Ginseng
caffeaiello.it

Caffe al Ginseng juga masuk dalam daftar ragam kopi ala Italia yang cukup menarik untuk dicicipi. Susuai dengan namanya, kopi ini merupakan perpaduan dari espresso dengan ekstrak ginseng sehingga tak perlu diberi tambahan pemanis pada sajian kopinya.

Ginseng memang dikenal mampu meningkatkan energy sehingga minuman yang satu ini mampu menyehatkan pencernaan. Tak hanya itu, caffe al ginseng ini juga bisa dinikmati setelah makan siang atau setelah makan malam.

5. Caffe d’Orzo

Caffe d'Orzo
majalah.ottencoffee.co.id

Caffe d’Orzo merupakan salah satu dari ragam kopi ala Italia yang cukup populer. Kopi ini merupaka kopi barley dan 100% bebas kafein. Caffe d’Orzo ini merupakan alternative yang baik bagi kamu yang bermasalah dengan kafein.

Caffe d’Orzo ini juga bisa menjadi alternative yang bagus bagi anak kamu yang ingin mencicipi kopi. Biasanya kopi ini diberi irisan jeruk sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih enak dan segar.

6. Marocchino

Marocchino
delonghi.com

Ragam kopi ala Italia yang satu ini juga tak kalah populer dan wajib untuk kamu cicipi, yaitu Marocchino. Marocchino terbuat dari campuran espresso, lapisan busa serta taburan bubuk cokelat diatas cangkirnya.

Marocchino ini memiliki cita rasa yang lebih mirip susu dibandingkan kopi. Di kawasan Italia Utara, marocchino ini seperti cokelat panas tebal yang dicampur dengan espresso kemudian diberi lapisan busa yang dituang diatasnya. Marocchino ini memiliki aroma yang harum dan pekat dengan rasa kopi nikmat yang bercampur dengan lembutnya susu serta manisnya cokelat menjadi sebuah perpaduan yang pas. Kopi ini lebih nikmat bila diminum saat panas.

Sebenarnya marocchino ini berasal dari Maroko, namun banyak orang Italia yang gemar meminum kopi ini, terutama di kota Milan. Sementara di Indonesia sendiri kopi ini masih kurang dikenal.

7. Macchiato

Macchiato
id.jura.com

Macchiato merupakan salah satu dari ragam kopi ala Italia yang cukup dikenal di dunia. Kopi ini merupakan gabungan Antara espresso dan cappuccino dengan sedikit busa susu.

Macchiato memiliki dua jenis, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu dalam satu gelas espresso. Sementara latte macchiato lebih banyak diberi tambahan susu. Macchiato tidak terlalu memiliki busa susu selayaknya cappuccino. Selayaknya espresso, macchiato ini juga disajikan dalam gelas kecil dan bisa dinikmati kapan saja.

8. Moccablast

Moccablast
longevitywarehouse.com

Ragam kopi ala Italia yang populer berikutnya adalah Moccablast. Moccablast merupakan moccachino versi dingin dan minuman ini lebih banyak penggemarnya, terutama kaum hawa di Indonesia.

Moccablast ini terdiri dari campuran espresso, susu dan cokelat yang menyatu sempurna sehingga rasanya sangat enak. Nama kopi ini diambil dari nama mocha, yaitu jenis kopi dari daerah Mocha, Yaman. Kopi ini memiliki rasa cokelat meskipun tanpa campuran cokelat. Setelah itu, banyak Negara yang mengenal moccablast sebagai kopi yang diberi tambahan campuran cokelat air.

9. Shakerato

Shakerato
seriouseats.com

Shakerato adalah salah satu ragam kopi ala Italia yang memiliki cita rasa unik dan menarik. Minuman ini bisa termasuk espresso yang nikmat dan memiliki cita rasa serta kesan yang berbeda.

Shakerato ini memiliki cita rasa yang segar sehingga bisa dinikmati saat pagi atau sore hari, terutama saat cuaca sedang panas. Meskipun begitu, shakerato ini juga bisa dinikmati sebelum jam 11 siang, lho.

10. Americano

Americano
resepkoki.id

Americano adalah salah satu ragam kopi ala Italia yang bahan dasarnya juga menggunakan espresso. Kopi ini dibuat dengan espresso satu takaran yang kemudian ditambahkan dengan air panas.

Awal mula adanya Amricano ini adalah peminum kopi Amerika yang ingin espresso-nya dibuat lebih encer agar tidak terlalu pekat. Sebenarnya Americano ini awalnya sebuah ejekan untuk penikmat kopi asal Amerika yang tidak berani minum espresso yang pekat, namun sekarang Amaricano malah menjadi jenis minuman yang terkenal.

11. Long Black

Long Black
halalpedia.com

Long Black sebenarnya kopi yang berasal dari New Zealand dan Australia, namun banyak orang yang menyebutkan jika Long Black merupakan salah satu dari ragam kopi ala Italia. Long Black sendiri merupakan kopi hitam yang hampir sama dengan Americano.

Long Black ini dibuat dari satu single spout espresso dan air panas. Perbedaannya adalah, long black ini air panasnya dituang terlebih dahulu ke dalam cangkir baru kemudian espresso-nya. Hal inilah yang membuat sebagian atas minuman ini tampak espresso dengan warna keemasan karena crema pada espresso yang tidak pecah dan larut dalam air panas. Aroma long black pun lebih kuat karena espresso-nya berada di permukaan.

12. Frappucino

Ragam Kopi Ala Italia
idntimes.com

Ragam kopi ala Italia yang terakhir adalah Frappuccino. Frappuccino mungkin terdengar cukup familiar di telinga kita, khususnya bagi kamu yang suka minum kopi di Stabucks.

Nama Frappuccino merupaka gabungan dari kata frappe yang memiliki arti milk shake yang dibuat kental dengan cappuccino. Frappuccino awalnya dibuat pertama kali oleh Coffee Connection, yaitu sebuah kedai kopi di Boston kemudian hak ciptanya dibeli oleh Starbucks.



Leave a Reply