10 Minuman Khas dan Populer di Perancis


Reni  June 20, 2022  0 Comment

Kepopuleran Perancis tidak hanya sebatas sejarah dan seninya, tapi juga dari makanan dan minuman yang identik dengan alkohol. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua minuman khas dan populer di Perancis mengandung alkohol. Berikut 10 minuman khas Perancis yang beralkohol dan tanpa alkohol.

Rekomendasi Minuman Khas Perancis yang Populer

1. Absinth

absinth
pixabay.com

Perancis memiliki tradisi minum bersama, terutama minum anggur. Salah satunya minuman khas negara ini adalah Absinth. Minuman yang menjadi favorit setiap lapisan masyarakat ini telah diproduksi terlebih dahulu di Swiss sebelum Perancis. Namun setelah beberapa dekade tepatnya pada abad ke-19, Perancis mulai memproduksi minuman ini dengan skala besar.

Pada tahun produksi pertama, Perancis memproduksi dalam jumlah sangat banyak yakni sekitar 35 juta liter per tahun. Bahkan minuman tersebut digemari oleh kalangan artis hingga seniman. Meskipun pada tahun 1915 minuman ini sempat dilarang karena mengandung halusinogen. Hingga saat ini larangan tersebut tidak pernah dicabut, hanya saja tidak ada lagi pengawasan yang artinya sudah diperbolehkan.

Gotravelly

Grilled Seafood : Makanan Halal Jonker Street Night Market Melaka

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

2. Benedictine

benedictine
gotravelly.com

Jenis minuman khas lainnya dari negeri mode ini adalah Benediktin. Minuman ini termasuk jenis paling unik karena merupakan minuman alkohol herbal. Awalnya minuman ini dibuat oleh para Biarawan di Biara Benedictine tepatnya abad ke-16. Sumber lain juga mengatakan bahwa minuman alkohol tersebut dibuat oleh Alexandra Le Grand bersama seorang apoteker pada abad ke-19.

Baca juga :  Segar dan Sehat, kamu Wajib Cobain 10 Minuman Khas Asia

Umumnya masyarakat Perancis lebih percaya pada sumber kedua. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan minuman khas ini terdiri dari 27 tanaman serta rempah-rempah. Benediktin juga dapat berfungsi sebagai obat yang membantu melancarkan pencernaan setelah makan. Bagi Anda yang memiliki riwayat hati lemah, minuman ini tidak disarankan untuk dikonsumsi.

3. Pastis

Minuman Khas dan Populer di Perancis
bp-guide.id

Bagi penggemar minuman, Pastis dapat ditemukan dengan mudah di Perancis karena setiap rumah di sana menyimpan minuman jenis ini. Aroma minuman ini sangat manis dan cocok disajikan menggunakan tambahan es maupun air. Produk minuman ini dijual pertama kali pada tahun 1932 yang ketika itu dijadikan sebagai pengganti Absinth.

Seperti yang diketahui bahwa Absinth sempat dilarang sehingga Pastis menjadi penggantinya. Apalagi rasanya tidak jauh berbeda dengan Absinth. Pasti juga memiliki kemiripan rasa dengan minuman terkenal lainnya di kawasan Eropa seperti Sambucca dan Ouzo.

4. Chartreuse

charteruse
cityawesome.com

Jenis minuman khas dari Perancis yang satu ini telah ada sejak abad ke-18. Ketika itu para biksu dipercaya sebagai pembuat minuman yang diberi nama Chartreuse. Meskipun telah ada sejak lama, tapi minuman ini masih diproduksi dan mudah ditemukan di Perancis. Minuman ini termasuk jenis minuman keras hijau yang terdiri dari 130 resep ramuan dan bahan yang dirahasiakan.

Minuman ini sangat populer di kalangan musisi, sastrawan dan seniman. Cita rasa minuman ini cukup unik dengan rasa pedas, manis dan aftertaste herbal. Aturan konsumsi minuman ini dibatasi mulai dari 100 ml untuk satu atau dua kali seminggu. Selain itu manfaat yang dapat dirasakan setelah konsumsi minuman ini adalah menghilangkan penyakit jantung dan hipertensi.

5. Kir

kir
seevine.com

Kir juga termasuk salah satu minuman khas dan populer di Perancis. Minuman ini terbuat dari anggur putih dan crème de cassis. Anda akan menemukan minuman ini dengan variasi lainnya seperti Peach Liqueur sebagai ganti Kir Royal. Minuman yang termasuk minuman tradisional Perancis ini memiliki sejarah yang lumayan panjang.

Baca juga :  Puaskan Hasrat Kuliner di 10 Festival Kuliner Terbaik Dunia

Informasi yang diperoleh dari kalangan masyarakat, Kir muncul pertama kali ketika masa pemerintahan walikota Dijon, Felix Kir pada tahun 1950. Kala itu minuman ini terbuat dari anggur putih yang dikombinasikan bersama liqueur blackcurrant circant.

6. Air Mineral Salus

salus
pinhome.id

Salus termasuk minuman khas Perancis meskipun hanya berupa air mineral dan menjadi salah satu minuman khas Perancis tanpa alkohol. Air mineral ini mungkin saja merupakan air mineral kemasan pertama yang ada di dunia. Semuanya berawal dari tahun 1898 di mana seorang dokter lokal memutuskan untuk membeli mata air Perancis. Meskipun bukan minuman beralkohol, air mineral cukup populer di kalangan masyarakat setempat. Hingga saat ini Perancis menjadi negara dengan produksi minuman kemasan terbanyak.

7. Grand Marnier

grand marnier
gotravelly.com

Minuman khas dengan rasa ringan dari jeruk ini cukup populer. Biasanya penyajian minuman ini dilakukan dengan berbagai bentuk seperti ditambahkan es batu atau dicampur cocktail. Meskipun tergolong minuman ringan, Grand Marnier juga dapat dikonsumsi sebagai minuman penutup.

Tahun 1880 menjadi waktu pertama kali minuman ini diproduksi oleh Alexandre Marnier Lapostolle dengan jumlah alkohol sebesar 40%. Jumlah yang lumayan tinggi untuk sebuah minuman ringan. Selain itu komposisi terdiri dari bahan seperti jeruk, brendi cognac dan gula. Saat natal, Grand Marnier menjadi minuman wajib di Perancis untuk menemani patisseries, crepes dan kue khas natal dari Perancis.

8. Calvados

calvados
cityawesome.com

Calvados termasuk jenis minuman paling unik karena mudah terbakar sehingga perlu kewaspadaan tinggi ketika meminumnya. Anda harus menghindari sumber api seperti rokok dan lainnya. Minuman ini terbuat dari brendy apel yang banyak diproduksi di daerah Normedia. Brendy apel sendiri adalah hasil dari penyulingan dari buah apel yang memiliki rasa nikmat.

Baca juga :  5 Minuman Khas Gresik Yang Kaya Akan Manfaat Dan Menyegarkan

Jumlah apel yang digunakan lebih dari 200 varietas khusus untuk pembuatan Calvados. Hal itulah yang dianggap unik dan berkelas. Kadar alkohol yang terkandung di dalam sebotol Calvados dinyatakan standar karena dapat dikonsumsi bersama kopi.

9. Eaux de Vie

eaux de vie
gotravelly.com

Nama minuman ini memiliki makna air kehidupan. Sebutan tersebut merujuk pada minuman bening yang beralkohol dan disajikan sebelum makan malam. Kandungan alkohol per botolnya sangat tinggi bahkan melebihi minuman tradisional Perancis yang lain. Apalagi setiap daerah memiliki jenis minuman berbeda.

Minuman ini memiliki rasa buah yang ringan dengan warna jernih dan lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan minuman khas ini antara lain ceri, apel, pir, persik dan plum. Ada pula varian dari buah stroberi, raspberry, blueberry dan aprikot.

10. Chambord Liqueur Royale de France

Chambord Liqueur Royale de France
myspirits.it

Minuman ini juga disebut sebagai khamar salah satu minuman Perancis yang terkenal. Anda bisa mengenali minuman ini dengan mudah melalui botolnya yang anggun dan unik. Chambord merupakan minuman tertua di Perancis yakni sejak 1658. Kala itu Perancis sedang dikuasai oleh Louis XIV.

Bahan yang digunakan dalam minuman tersebut antara lain adalah raspberry, blackberry, vanila dan brandy cognac. Semua bahan tersebut lalu diseduh bersamaan dan jadilah Chambord. Cara menikmati minuman ini dengan baik adalah ketika berada di pantai.

Itulah 10 minuman khas dan populer di Perancis yang mengandung alkohol dan tanpa alkohol. Umumnya minuman khas Perancis memang mengandung alkohol karena negara tersebut merupakan negara penghasil alkohol terbaik. Jadi, minuman khas Perancis manakah yang sudah pernah Anda coba?



Leave a Reply