10 Makanan Kering Khas Semarang Yang cocok Buat Oleh Oleh


prita  June 26, 2022  0 Comment

Makanan kering khas Semarang yang beragam tentu bisa jadi salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib untuk kamu beli setelah berlibur disana. Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini memang memiliki banyak sekali kuliner khas yang nikmat. Tak hanya bisa kamu nikmati disana, di Semarang kamu juga bisa menemukan deretan kue kering yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Semarang. Apa saja kira-kira? Berikut adalah daftarnya.

1. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
travel.kompas.com

Makanan kering khas Semarang yang pertama wajib untuk kamu cicipi adalah Roti Ganjel Rel. Nama kuliner yang satu ini memang cukup unik sehingga membuat banyak orang yang penasaran untuk membeli dan mencobanya.

Roti ini memiliki bentuk seperti bantalan rel dengan tekstur padar dan bantat. Roti ini merupakan peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih banyak dicari. Roti Ganjel Rel ini memiliki cita rasa yang manis karena roti ini dibuat dari campuran gula aren.

Gotravelly

Nasi Gandul Pak Memet

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

2. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu
tagar.id

Kue Sarang Madu juga menjadi salah satu makanan kering khas Semarang yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Disebut sebagai kue sarang karena memang bentuknya yang menyerupai sarang burung. Tak hanya itu, kue ini juga memiliki cita rsa yang manis karena diberi siraman gula merah.

Kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang cukup sederhana, yaitu tepung beras, santan dan gula merah. Jika kamu membawa Kue Sarang Madu ini untuk oleh-oleh, dalam perjalanannya baiknya kamu simpan di tempat yang aman karena camilan ini mudah hancur.

3. Torakur

Torakur
jateng.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar soal Torakur? Torakur merupakan salah satu makanan kering khas Semarang yang cukup populer dan wajib untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Torakur ini merupakan manisan unik khas Bandungan yang berada di Kabupaten Semarang. Manisan ini dibuat dari tomat yang dikeringkan dan jika dilihat dari tekstur, sajian ini mirip dengan kurma. Nama torakur sendiri merupakan singkatan dari kata to untuk tomat dan kur untuk kurma. Cita rasa torakur ini cukup lezat dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Brownies Opium

Brownies Opium
biggo.id

Makanan kering khas Semarang yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Brownies Opium. Meskipun namanya opium, tapi bukan berarti sajian ini ilegal ya.

Opium ini ternyata nama sebuah toko kue di Semarang yang menjual brownies dan cokelat. Camilan ini kemudian menjadi salah satu makanan ringan yang cukup populer di Semarang. Saat pertama kali mencobanya, kamu pasti langsung ketagihan karena cokelatnya sangat terasa dan nikmat. Mungkin itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa kue ini disebut sebagai opium karena bisa membuat siapapun ketagihan saat pertama kali mencobanya.

5. Wingko Babat

Wingko Babat
inews.id

Kalau makanan kering khas Semarang yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ya guys. Wingko babat menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang cukup populer karena memiliki cita rasa yang gurih.

Camilan ini berbentuk bulat dengan warna putih di tengahnya, sementara di permukannya berwarna kuning kecokelatan. Wingko babat ini memang sangat khas dan legitt juga gurih karena dibuat dari kelapa muda pilihan serta tambahan gula putih. Wingko juga dijual dengan berbagai pilihan rasa.

6. Tumpi

Tumpi
cookpad.com

Makanan kering khas Semarang yang satu ini juga wajib untuk kamu bawa pulang, yaitu tumpi. Tumpi sebenarnya bisa disebut mirip dengan peyek, namun keduanya memiliki perbedaan. Jika peyek umumnya menggunakan kacang tanah, maka tumpi menggunakan kacang hijau.

Tumpi juga memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Makanan ringan ini bisa bertahan agak lama dan bisa disimpan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga tumpi juga tidak mahal, berkisar belasan ribu rupiah saja per bungkusnya. Tumpi ini memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih sehingga bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga kamu.

7. Bandeng Presto

Bandeng Presto
shopee.co.id

Dari banyaknya makanan kering khas Semarang yang bisa dijadikan oleh-oleh, yang paling banyak dicari dan paling populer adalah bandeng presto. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng yang kemudian diproses dengan cara dipresto atau menggunakan uap tekanan tinggi.

Proses pembuatan bandeng presto ini dengan memasak ikan di dalam panci yang tertutup rapat setelah sebelumnya panci tersebut diberi air. Panci tersebut kemudian dipanaskan hingga airnya mendidih. Nah, ikan bandeng tersebut dimasak menggunakan uap air yang mendidih tadi.

Sebelum dipresto, ikan bandeng tersebut diberi bumbu dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, garam dan kunyit. Bumbu tersebut kemudian digunakan untuk melumuri bandeng.

8. Tahu Bakso

Tahu Bakso
travel.tribunnews.com

Makanan kering khas Semerang yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Tahu Bakso. Tahu Bakso ini menjadi salah satu camilan dengan cita rasa gurih yang nikmat, apalagi jika disajikan hangat dan dimakan bersama cabe rawit.

Terdapat dua jenis tahu bakso, yaitu tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng. Kamu bisa memilih sesuai selera kamu karena keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

9. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki
shopee.co.id

Lontong Spekkoek Waiki juga menjadi salah satu makanan kering khas Semarang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Meskipun namanya lontong, tapi sajian ini bukanlah makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun pisang.

Sajian ini memang dibungkus daun pisang, namun isiannya bukan lontong, melainkan kue lapis legit. Tak hanya punya nama yang unik, isian di dalamnya juga unik karena tekstur kue ini lembut dan lumer sehingga di lidah terasa lezat dan nikmat.

10. Brilliant Cake

Brilliant Cake
adira.co.id

Makanan kering khas Semarang yang terakhir adalah Brilliant Cake. Brilliant cake ini juga bisa jadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu bawa pulang karena cukup tahan lama.

Kue khas Semarang ini memiliki cita rasa legit yang tahan hingga 60 hari. Bahkan, kue ini telah tercatat MURI Sebagai kue yang tidak menggunakan pengawet yang bisa bertahan lama. Istimewanya lagi, kue ini memiliki cita rasa yang tidak membuat eneg meskipun sudah dimakan berkali-kali. Harga Brilliant Cake ini berkisar Rp 100.000 dan kamu bisa memilih beberapa pilihan rasa, seperti keju, cokelat, almond, kismis, brownies cream dan cokelat.

Itulah tadi daftar makanan kering khas Semarang yang bisa kamu beli untuk camilan atau oleh-oleh keluarga di rumah. Pastikan kamu membelinya setelah berjalan-jalan menjelajahi Semarang, ya. Makanan kering mana nih yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply