7 Wisata Legendaris di Semarang, Patut Kalian Kunjungi


Fida  February 5, 2023  0 Comments

Semarang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang menawarkan Banyaknya pilihan destinasi wisata. Tidak hanya tempat wisata alam, semarang juga menawarkan beberapa tempat wisata bersejarah dan legendaris. Saat hari libur tiba, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba datang ke salah satu tempat wisata legendaris di Semarang. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata legendaris di Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata Legendaris di Semarang :

1. Lawang Sewu

lawang sewu
regional.kompas.com

Lawang Sewu menjadi salah satu ikon wisata di Semarang yang cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Bangunan yang satu ini telah dibangun sejak tahun 1904 sehingga tidak heran jika dikenal sebagai salah satu tempat wisata legendaris di Semarang. Bangunan bergaya Belanda kuno ini dulunya digunakan sebagai kantor pusat Perkeretaapian Belanda.

Saat ini, Lawang Sewu digunakan sebagai tujuan wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Nama Lawang Sewu diambil dari bentuk bangunannya yang terdiri dari banyak pintu. Dalam bahasa Jawa, Lawang memiliki arti pintu, sedangkan Sewu memiliki arti seribu.

Selain bersejarah, tidak jarang wisata ini juga dianggap mistis karena beberapa cerita yang beredar. Hal tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan justru penasaran akan kebenarannya. Wisata Lawang Sewu dapat kamu kunjungi di Jalan Pemuda Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Kota Lama Semarang

kota lama semarang
kompas.com

Tempat wisata legendaris di Semarang berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kota Lama Semarang. Sesuai dengan namanya, kawasan yang satu ini menyuguhkan banyaknya bangunan klasik berarsitektur kuno. Kota Lama Semarang juga termasuk kawasan cagar budaya dengan banyaknya pilihan spot foto menarik dan instagramable.

Baca juga :  15 Rekomendasi Waterpark Semarang yang Wajib Dikunjungi!

Pengunjung dapat berjalan menyusuri kawasan Kota Lama Semarang dan menikmati keindahan di setiap sudut bangunannya. Kawasan wisata yang satu ini telah ada sejak abad ke-17 dan dulunya dikenal sebagai pusat perdagangan. Tidak hanya itu, di sungai dekat Kota Lama Semarang juga dulunya terdapat kanal kanal sebagai pelabuhan bagi kapal-kapal pedagang dari Cina, Arab, India, dan juga Eropa. Menarik sekali bukan?

Kawasan wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Letjen Suprapto 31, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Lokasinya yang strategis dan mudah untuk didatangi menjadikan Kota Lama Semarang sayang untuk kamu lewatkan.

3. Klenteng Sam Poo Kong

klentang sam poo kong
nativieindonesia.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata legendaris di Semarang, kamu dapat mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong juga biasa disebut dengan Klenteng Gedung Batu. Klenteng yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah karena dikenal memiliki bentuk bangunan berarsitektur unik dan menarik.

dibangun oleh seorang bangsa Cina yang bernama Wang Ji Ho yang merupakan nahkoda dari kapal Laksamana Cheng Ho. Dengan mengusung konsep arsitektur ornamen Jawa Cina yang kental, Klenteng Sam Poo Kong berhasil menarik perhatian wisatawan.

Tentang yang satu ini memiliki luas mencapai 1020 meter persegi. Di dalamnya, kamu akan menjumpai beberapa bagian bangunan diantaranya tempat sembahyang hingga toko souvenir. Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah di bagian dalam klenteng terdapat patung terbesar Laksamana Cheng Ho.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

museum kereta api ambarawa
travel.kompas.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai tempat wisata legendaris di Semarang lainnya, Museum Kereta Api Ambarawa juga menjadi salah satu yang menarik untuk kamu datangi. Museum kereta api yang satu ini menawarkan suasana klasik. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya pengetahuan baru mengenai kereta api. Banyak pajangan lokomotif uap, berbagai macam gerbong, hingga diesel kereta.

Baca juga :  10 Air Terjun di Jepara Pesonanya Ademkan Mata

Sebelum menjadi museum, kawasan ini dulunya merupakan stasiun kereta api bernama Wilem 1. Stasiun ini dibangun pada tahun 1873 dan beroperasi di tahun 1907.

Tidak hanya dapat melihat berbagai jenis kereta, pengunjung juga dapat mencoba sensasi menaiki gerbong-gerbong kereta. Terdapat gerbong kayu yang telah berusia ratusan tahun. Menarik sekali bukan? Museum yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Stasiun nomor 1, Panjang Kidul, Ambarawa, Semarang.

5. Umbul Sidomukti

umbul sidomukti
regional.kompas.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Umbul Sidomukti? Umbul Sidomukti dikenal sebagai tempat wisata alam sekaligus wisata legendaris di Semarang. Kawasan ini merupakan mata air alami yang sudah ada sejak lama dan nilai memiliki banyak manfaat bagi masyarakat setempat.

Kawasan Umbul Sidomukti telah dilakukan pembaruan atau renovasi pada tahun 2017. Saat ini, umbul Sidomukti telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta permainan seperti adanya flying fox, paralayang, hingga ATV. Bagi kamu yang ingin berlama-lama, Umbul Sidomukti juga menawarkan fasilitas berupa tempat bermalam atau hotel.

Di kawasan ini, pengunjung dapat sekaligus mengunjungi Gua Tirta Mulya. Sensasi menyusuri goa dengan panjang 100 meter tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Jalan Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Semarang.

6. Kampung Pecinan Semarang

kampung pecinan semarang
kompasiana.com

Kampung Pecinan Semarang juga dikenal sebagai salah satu wisata legendaris di Semarang karena sudah ada sejak dulu. Kawasan yang satu ini merupakan pusat kuliner dan sejarah Tionghoa di Semarang. Pengunjung yang datang dapat melihat langsung adanya bangunan zaman dahulu yang masih berdiri megah hingga saat ini. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa klenteng dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Baca juga :  Makanan Khas Sumenep yang Kaya Akan Rempah, Harus Coba!

Karena sudah ada sejak tahun 1740, kawasan ini berhasil membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. Saat malam hari, kamu dapat mencoba untuk berburu jajanan hingga kuliner lezat. Asik sekali bukan?

Baca Juga :

21 Wisata Alam di Semarang Pesonanya Bikin Nggak Mau Pulang

Untuk datang ke Kampung Pecinan Semarang, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang.

7. Gua Kreo

gua kreo
regional.kompas.com

Gua Kreo dapat menjadi tujuan tepat yang bisa dikunjungi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata legendaris di Semarang. Gua yang satu ini dikenal menyimpan banyak cerita sejarah mengenai Sunan Kalijaga. Menurut cerita yang beredar, Gua Kreo menjadi tempat Sunan Kalijaga mengambil kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Tidak hanya itu, konon Sunan Kalijaga juga memerintahkan monyet-monyet untuk tinggal dan menjaga Gua Kreo.

Baca Juga :

Dusun Semilir Eco Park, Bangunan Stupa Yang Lagi Viral Nih!

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Gua Kreo adalah adanya jembatan yang membentang di atas waduk. Tempat inilah yang kerap menjadi spot foto favorit bagi wisatawan. Pengunjung yang datang juga dapat mencoba berbagai permainan seru seperti adanya ayunan, seluncuran, hingga speed boat. Asik sekali ya?

Baca Juga :

Gurih dan Sedapnya Nasi Ayam Bu Widodo di Simpang Lima Semarang

Itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata legendaris di Semarang yang bisa kamu datangi. Dari beberapa rekomendasi di atas, kira-kira tempat wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur?



Leave a Reply

One Response