7 Kuliner Serba Lontong Khas Jawa Timur Yang Gurih Dan Lezat!


Fida  August 20, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata indah serta kuliner lezat. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa yang berbeda, Seperti Kuliner Jawa timur selain putis, kuliner serba lontong khas Jawa timur juga banyak disuka. Rempah menjadi kunci utama lezatnya berbagai masakan khas.

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dimana Anda dapat menjumpai berbagai kuliner lezat. Anda dapat mencoba berbagai kuliner mulai dari yang manis, gurih, hingga pedas. Cita rasa dan tampilan yang menggugah selera membuat siapapun sayang untuk melewatkan berbagai kuliner Jawa Timur. Anda dapat menjumpai berbagai kuliner yang menjadikan lontong sebagai pengganti nasi. Beberapa kuliner serba lontong disajikan bersama dengan bumbu khas atau sayur yang lezat. Berikut daftar 10 Kuliner serba lontong khas Jawa Timur yang bisa Anda coba

1. Lontong Lodeh

Lontong Lodeh
cookpad.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner lontong lodeh. Kuliner yang satu ini juga dikenal dengan sebutan lontong sayur. Sesuai dengan namanya, lontong digunakan sebagai pengganti nasi.

Lontong lodeh menawarkan isian lontong dan sayur lodeh dengan kuah kuning bersantan. Isian sayur lodeh diantaranya kacang panjang, nangka muda, serta labu siam. Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa lezat, makanan yang satu ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Bagi pecinta pedas, kuliner yang satu ini akan lebih nikmat jika ditambah dengan sambal. Anda dapat menjumpai kuliner yang satu ini di berbagai warung makan di Jawa Timur dengan harga yang cukup terjangkau.

Warung Leko Iga Sapi Penyet Terenak Di Surabaya

Depot Sioke Siobak Fu Siang

2. Lontong Kupang

Lontong Kupang
idntimes.com

Salah satu kuliner Jawa Timur yang menggunakan lontong sebagai pengganti nasi adalah lontong kupang. Meskipun memiliki nama lontong kupang, tetapi makanan yang satu ini bukan berasal dari NTT. Makanan lontong kupang berasal dari Sidoarjo. Tidak hanya populer di kalangan warga lokal saja, lontong kupang juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Sidoarjo.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama lontong dan kupang. Kupang merupakan sejenis kerang putih kecil. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan sate kerang sebagai pelengkap. Cita rasa kuah yang khas serta gurihnya kerang menjadi hal menarik yang sayang untuk tidak Anda coba. Anda dapat dengan mudah menjumpai warung lontong kupang saat berkunjung ke Sidoarjo. Meskipun dikenal dengan cita rasa lezat serta aroma yang khas, tetapi kuliner yang satu ini tetap dijual dengan harga yang terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,- per porsi.

3. Lontong Kikil

Lontong Kikil
idntimes.com

Salah satu kuliner Jawa Timur yang cukup populer adalah lontong kikil. Lontong kikil cukup mudah dijumpai di berbagai daerah di Jawa Timur. Yang menjadi ciri khas lontong kikil adalah kikilnya atau bagian kaki sapi.

Proses pembuatan lontong kikil memang tidak mudah. Langkah pertama adalah dengan merebus kikil dalam waktu yang cukup lama hingga empuk. Air yang telah digunakan untuk merebus kemudian dicampur bersama dengan bumbu kaya rempah. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat serta aroma yang menggugah selera. Teksturnya yang kental dan berminyak menjadi ciri khas kuliner yang satu ini.

4. Lontong Kikil

Lontong Kikil
kompas.com

Diantara banyaknya kuliner Jawa Timur, tahu tek menjadi salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba. Kuliner yang satu ini menggunakan lontong sebagai pengganti nasi.

Pada saat disajikan, kuliner yang satu ini menggunakan tahu yang baru saja digoreng kemudian dipotong menggunakan gunting. Suara gunting tersebut menjadi ciri khas kuliner yang satu ini. Tahu tek disajikan bersama dengan bumbu kacang yang lezat. Tidak lupa kuliner yang satu ini juga dilengkapi dengan kerupuk udang kecil sebagai pelengkap. Kuliner tahu tek biasa dijual keliling pada malam hari.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur
doyanresep.com

Saat berbicara tentang kuliner Jawa Timur, beberapa dari Anda tentu tidak lupa dengan rujak cingur. Rujak cingur merupakan salah satu kuliner khas yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, rujak yang satu ini menggunakan bahan utama cingur. Cingur merupakan sebutan untuk mulut atau moncong sapi.

Cara pembuatan rujak cingur adalah terlebih dahulu dengan merebus cingur hingga empuk kemudian dipotong-potong. Cingur yang telah dipotong-potong kemudian dicampur dengan berbagai sayuran. Rujak cingur juga dilengkapi dengan isian tahu dan tempe. Kuliner yang satu ini dikenal dengan bumbunya yang khas. Bagi pecinta pedas, kuliner yang satu ini juga sangat lezat dinikmati dengan cita rasa pedas. Tidak lupa gunakan kerupuk sebagai pelengkap untuk menikmati lezatnya rujak cingur.

6. Lontong Balap

Lontong Balap
idntimes.com

Lontong balap menjadi salah satu kuliner Jawa Timur yang populer dan cukup mudah dijumpai. Konon katanya nama balap pada kuliner yang satu ini dulunya berasal dari masyarakat yang melihat penjual lontong balap berjalan cepat cepat. Hal itu dikarenakan penjual lontong balap memikul dagangan yang sangat berat. Jadi bukan karena makan sambil balapan, ya.

Kuliner yang satu ini disajikan dengan berbagai isian yakni lontong, tahu, lentho, serta kecambah yang masih segar. Adanya siraman kuah gurih serta taburan bawang goreng tentu menjadikan kuliner yang satu ini sangat menggugah selera dan wajib Anda coba. Kuliner lontong balap sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Jawa Timur. Biasanya penjual lontong balap menggunakan gerobak dan menjual dagangannya di pinggir jalan. Kuliner yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Lontong Mie

Lontong Mie
delishtube.com

Salah satu kuliner Jawa Timur yang menggunakan lontong sebagai pengganti nasi adalah lontong mie. Lontong mie menjadi kuliner yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah di Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memiliki isian utama yakni lontong dan mie.

Salah satu tempat untuk menikmati lontong mie enak adalah di Lontong Mie Peneleh di Jalan Peneleh Nomor 76, Surabaya. Anda akan dimanjakan dengan isian lontong dan mie serta siraman kuah campuran bumbu petis yang lezat. Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa lezat, kuliner ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Penasaran dan ingin mencobanya?

Saat berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan. Diatas merupakan daftar 7 kuliner serba lontong yang bisa Anda nikmati saat datang ke Jawa Timur. Lontong yang disajikan bersama dengan bumbu atau sayur khas tentu menjadi daya tarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Dari ketujuh kuliner serba lontong di atas, kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply