Ini Nih 10 Kereta Api Tercepat di Dunia Wajib Coba Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  March 3, 2020  0 Comment

Kereta api menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang banyak dipilih oleh traveller karena Anda bisa menikmati pemandangan sekitar sambil diajak melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, beberapa negara di dunia memiliki kereta yang diburu oleh wisatawan karena penasaran ingin mencobanya. Misalnya, Shinkansen yang dimiliki oleh Jepang. Namun, selain Jepang beberapa negara lainnya juga memiliki kereta yang lebih cepat. Bahkan salah satunya memiliki fasilitas first class. Berikut adalah sepuluh kereta api tercepat di dunia

1. THSR 700T – Taiwan

THSR 700T
youtube.com

Dari sepuluh kereta api tercepat di dunia, Taiwan adalah salah satu negara yang memilikinya. Kereta api ini bernama Taiwan High Speed Rail atau yang biasa disingkat sebagai THSR. Kereta api yang di produksi oleh Jepang ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 186,4 mph dan dapat mempersingkat waktu perjalanan antara Kota Taipei dan Kaohsiung dari 4,5 jam menjadi hanya 90 menit saja.

Tak hanya cepat, kereta api ini juga memiliki fasilitas yang dapat membuat setiap penumpangnya merasa nyaman. Setiap kursi kereta ini dilengkapi dengaaan meja lipat dan akses internet yang cepat. Kereta ini juga dibagi dalam dua kelas yaitu kelas ekonomi dan kelas bisnis yang membuatnya berbeda adalah jarak antar kursinya.

Gotravelly

Vihara Buddha Tidur Mojokerto: Terbesar Di Indonesia!

Fansipan Cable Car: Yang Wajib Dikunjungi Di Sapa Vietnam

2. ETR 500 Frecciarossa – Italia

 ETR 500 Frecciarossa
commons.wikimedia.org/

ETR 500 Frecciarossa milik Italia juga masuk dalam list sepuluh kereta api tercepat di dunia. Kereta listrik yang telah beroperasi di Italia sejak tahun 1993 ini memiliki kecepatan hingga 186,4 mph. Kereta cepat yang diproduksi oleh TREno Veloce Italiano atau TREVI ini memiliki rute Milan – Roma – Napoli dengan waktu tempuh hanya 2 jam 40 menit saja.

ETR 500 Frecciarossa menawarkan 72 layanan yang dibagi dalam empat kelas, yaitu kelas standar, kelas premium, kelas bisnis dan kelas eksekutif. Kereta ini juga memiliki fasilitas wifi gratis yang bisa diakses oleh seluruh penumpang dan juga gerbong yang kedap suara.

3. SNCF TGV Duplex – Prancis

SNCF TGV Duplex
travel.tribunnews.com

Prancis juga memiliki kereta api cepat masuk dalam daftar sepuluh kereta api tercepat di dunia yang bernama SNCF TGV Duplex. Kereta yang diproduksi oleh Alstom ini dioperasikan oleh perusahaan kereta api nasional Prancis yaitu SNCF.

Kereta yang mampu melaju dengan kecepatan 198,8 mph ini mampu menampung sebanyak 508 penumpang untuk sekali perjalanan. Kereta ini menggunakan bogie Jacobs pada setiap rangkaiannya agar dapat berjalan dengan nyaman.

4. Alstom Euroduplex – Prancis

alstom euroduplex
alstom.com

Tak hanya kereta SNCF TGV saja yang masuk dalam daftar sepuluh kereta api tercepat di dunia, tapi juga Alstom Euroduplex. Sesuai dengan namanya, kereta ini juga dibuat oleh Alstom yang mulai beroperasi pada Desember 2011.

Alstom Euroduplex mampu melaju dengan kecepatan hingga 198,8 mph dan mampu menampung sekitar 1020 penumpang. Kereta ini dikenal lebih ringan, lebih aerodinamin dan lebih hemat energy.

5. E5 Series Shinkansen Hayabusa – Jepang

e5 series shinkansen hayabusa
planetminecraft.com

Pada urutan kelima dari sepuluh kereta api tercepat di dunia ada E5 Series Shinkansen Hayabusa yang telah beroperasi sejak Maret 2011. Kereta api yang dioperasikan oleh East Japan Railway Company ini dikenal dengan nama Hayabusa.

E5 Series Shinkansen Hayabusa mampu melaju dalam kecepatan 198,8 mph dan menghubungkan Tokyo dengan Aomori yang berada di Prefektur Aomori hanya dalam waktu 2 jam 56 menit. Kereta api ini dibagi dalam tiga kelas, yaitu Gran Class, Green Car dan Ordinary Class. Sementara kelas tertinggi adalah Gran Class dimana penumpang akan dimanjakan dengan kursi yang dibalut dengan jok kulit.

6. Talgo 350 – Spanyol

 Talgo 350
co.pinterest.com

Talgo 350 milik Spanyol juga masuk dalam daftar sepuluh kereta api tercepat di dunia. Kereta api yang dikembangkan oleh Patentes Talgo ini diproduksi oleh konsorsium Patentes Talgo dan Bombardier Transportation.

Talgo 350 mampu melaju hingga kecepatan 217,4 mph dan memiliki bentuk kereta yang unik karena menyerupai hidung bebek atau pato. Seperti halnya kereta cepat lainnya, Talgo 350 juga menawarkan fasilitas bagi setiap penumpangnya seperti setiap kursi yang empuk dan dilengkapi dengan perangkat video dan audio, lampu baca, stop kontak dan juga meja.

7. Siemens Velaro – Spanyol

 Siemens Velaro
pinterest.at

Siemens Velaro milik Spanyol juga masuk dalam sepuluh kereta api cepat di dunia. Kereta api ini beroperasi di jalur Barcelona – Madrid dengan kecepatan hingga 217,4 mph yang mampu ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam 30 menit saja.

Kereta ini dipesan oleh Spanish National Railways Renfe. Tak hanya beroperasi di Spanyol, kereta api ini juga beroperasi di Jerman, Prancis, Inggris, Belanda, Belgia, China, Rusia dan Turki. Siemens Velaro dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih dan salah satunya adalah pengurangan suara bising. Kerennya lagi, kereta ini mampu menerjang es dan salju karena masinis mampu melihat jalur dengan jelas meskipun kondisinya bersalju.

8. AGV Italo – Italia

 AGV Italo
id.pinterest.com

Dari sepuluh kereta api cepat di dunia, AGV Italo yang dianggal sebagai kereta api paling modern di Eropa. Kereta api yang mulai beroperasi sejak April 2012 ini mampu melaju hingga kecepatan 223,6 mph dengan rute Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano.

Kereta rancangan Alstom ini memiliki 14 gerbang dengan kapasitas 245 hingga 446 penumpang. Uniknya, 98 komponen kereta ini bisa didaur ulang, lho. Tak hanya itu, biaya pembuatan kereta ini juga terhitung jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya pembuatan kereta sejenis.

AGV Italo menawarkan sejumlah fasilitas yang mampu membuat penumpangnya merasa nyaman selama perjalanan. Seperti Wifi gratis, televise hingga kursi yang nyaman dan dapat disesuaikan tinggi rendahnya. Selama perjalanan, penumpang juga akan dimanjakan dengan desain interior yang menggabungkan tiga atmosfer yaitu Club, Prima dan Smart.

9. Harmony CRH 380A – China

Harmony CRH 380A
youtube.com

Selain Jepang, negara di Asia lainnya yang memiliki kereta tercepat di dunia adalah China. Harmony CRH 380A milik China ini masuk dalam sepuluh kereta api tercepat di dunia karena mampu melaju hingga 236,12 mph. Kereta api yang beroperasi sejak Oktober 2010 ini memiliki jalur dari Shanghai – Nanjing dan Shanghai – Hangzhou juga melayani rute sepanjang Wuhan hingga Guangzhou.

Kereta Harmony CRH 380A ini didesain dari hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai universitas di China yang kemudian dikembangkan oleh SCR Corporation Limited dan sekarang diproduksi oleh CSR Qingdo Sifang Locomotive & Rolling Stock CO., Ltd.

Tak hanya memiliki kecepatan yang mengagumkan, Harmoni CRH 380A ini juga memiliki berbagai kelas untuk penumpang dan salah satunya adalah zona VIP. Penumpang kelas VIP ini akan duduk di dekat kabin kemudi sehingga bisa menikmati pemandangan yang tak biasa.

10. Shanghai Maglev – China

. Shanghai Maglev
id.wikipedia.org

Dari sepuluh kereta api tercepat di dunia, kereta api yang paling cepat ada di China yaitu Shanghai Maglev yang mampu melaju dengan kecepatan 267,8 mph. Kereta ini melayani rute perjalanan dari Bandara Internasional Pudong Shanghai ke Stasiun Metro Longyang di Shanghai. Jarak yang ditempuh sekitar 30 km dan kereta ini mampu melaju selama 7 menit saja.

Kereta ini menggunakan teknologi levitasi magnetic yang beroperasi tanpa roda. Selama perjalanan, penumpang sama sekali tidak akan merasa adanya bunyi atau gesekan kereta yang diangkat 1 cm diatas jalur.



Leave a Reply