10 Kota Terdingin di Dunia, Siap Membuat Beku!


Jehan  January 25, 2023  0 Comment

Kota Terdingin di Dunia – Apa kamu tahu di mana saja tempat yang terdingin dari planet ini? Yuk, simak ulasan mengenai kota paling dingin yang ada di dunia bareng GoTravelly, ada Yakutsk kota terdingin yang sempat viral juga.

Tempat yang akan kamu simak berikut ini akan membuatmu merasakan beku yang nyata loh. Selain itu, suhu kota-kota di bawah ini juga tidak dapat dideteksi dengan termometer biasa. Saking bekunya, ada beberapa tempat di bawah ini yang tidak dihuni oleh penduduk. Penasaran apa saja? Yuk lanjut baca terus!

10 Kota Terdingin di Dunia:

1. Eastern Antarctic Plateau, Antartika 

eastern antarctic plateau
flickr.com

Dataran tinggi antartika timur adalah salah satu wilayah terdingin di dunia. Sering dijuluki sebagai tempat terdingin di bumi, membuat orang sering tertarik untuk menantang diri dan datang ke tempat yang satu ini.

Dataran tinggi antartika yang menjulang hingga mencapai ketinggian rata-rata 3.000 m ini, dapat menyentuh suhu di bawah -60°C. Bahkan di tahun 1983, hasil penelitian yang dirilis dalam halaman Nasa mengatakan bahwa dataran tinggi antartika tersebut bertemu dengan titik suhu terendah -89,2°C. Lalu, bagaimana dengan suhu tinggi dari dataran tinggi terendah di Antartika? Suhu rata-rata tahunan yang tinggi di sana dapat mencapai 2,8°C.

2. Vostok Station, Antartika

vostok station antartika
csmonitor.com

Kota terdingin di dunia selanjutnya adalah Vostok Station di Antartika. Tempat yang menjadi rumah dari suhu terendah di permukaan bumi ini dapat mencapai derajat suhu -89,2°C. Voston Station merupakan wilayah yang dikenal sebagai daerah tidak ramah kunjungan karena suhu rendah ekstrimnya.

Namun saat musim panas tiba, suhu maksimum di Vostok dapat mencapai derajat suhu -3°C. Bagi mereka yang pernah datang ke sana, tentu itu menjadi suhu yang cukup hangat. Namun apabila kamu berkunjung ke sana, apa benar bisa menahan dan berdamai dengan udara dingin di Vostok Station?

3. Amundsen-Scott Station, Antartika

amundsen scott station
flickr.com

Masih berada di Antartika, kota terdingin di dunia dengan suhu rata-rata -61°C dicapai oleh Amundsen, Scott Station. Wilayah yang ada di kutub selatan ini menjadi daerah yang disinari dengan sinar matahari selama enam bulan musim panas.

Selanjutnya enam bulan dengan kegelapan yang menjadi musim dingin bagi mereka. Rekor tertinggi di Amundsen, Scott Station ini pernah tercatat mencapai derajat suhu tertinggi sekitar -12,3°C pada tahun 2011. Sedangkan suhu terendah pernah tercatat hingga -82,8°C di tahun 1982.

3. Denali, Alaska

denali alaska kota terdingin
unsplash.com

Denali atau juga yang dikenal sebagai Gunung McKinley adalah puncak gunung tertinggi dari dataran Amerika Utara. Denali menjadi salah satu kota terdingin di dunia dengan suhu rata-rata mencapai -10°C.

Hanya sedikit orang yang mampu menaklukan wilayah beku ini dengan melakukan pendakian ke sana. Rekor yang tercatat, di tahun 1950 dan 1969 suhu di Denali mencapai -73°C. Dilansir dari Weather Spark waktu kunjungan terbaik untuk ke Denali ini adalah saat cuaca hangat, yakni pada penghujung Juni hingga Juli akhir.

4. Klinck, Greenland

klinck greenland
sciencefocus.com

Tempat terdingin di dunia selanjutnya adalah Klinck di Greenland. Greenland yang dikenal sebagai pulau terbesar di dunia dengan sedikitnya penduduk ini memiliki daratan kota terdingin di dunia.

Suhu terdingin di Klinck mampu mencapai suhu -69,6°C. Apa kamu bisa membayangkan betapa dinginnya di sana?

5. Yakutsk, Rusia

yakutsk kota terdingin di dunia
flickr.com

Yakutsk merupakan salah satu kota terdingin di dunia yang ada di sisi timur laut Rusia. Sebenarnya kota yang sedang ramai perbincangan di lini media sosial ini juga memiliki musim panas loh. Namun waktu berlangsungnya untuk musim panas di sana relatif singkat.

Suhu panas yang dirasakan di kota Yakutsk hanya mencapai 38,4°C. Saat musim dingin Yakutsk dikenal memiliki suhu yang cukup ekstrim dan bisa mencapai minus 50°C. Bahkan Yakutsk pernah mencapai suhu udara dibawah 60°C hingga 70°C loh. Dengan suhu serendah itu, tidak mengherankan bahwa Yakutsk menyandang julukan sebagai kota terdingin di dunia, bukan?

6. Snag, Canada

yukon kota terdingin
unsplash.com

Kota terdingin di dunia selanjutnya adalah Snag, Teritori Yukon yang ada di Kanada. Kota ini cukup terkenal dengan suhu dinginnya dan saat musim dingin Snag memiliki suhu maksimum yang sangat jauh dari angka nol.

Suhu udara di sana dapat menyentuh hingga -63°C. World Data juga merilis data bahwa suhu tinggi harian rata-rata di Snag, Yukon hanya mencapai 5 derajat loh. Jika ingin berkunjung ke kota ini, sebaiknya datang di saat suhu Snag lebih hangat, yakni pada bulan April hingga September. Di luar waktu tersebut, dapat dipastikan Snag akan menyambut pengunjung dengan suhu dinginnya yang membeku. Tertarik ke kota ini?

7. Prospect Creek, Alaska

prospect creek kota terdingin di dunia
unsplash.com

Prospect Creek adalah salah satu kota di Alaska yang mennyandang gelar sebagai kota terdingin di dunia. Berlokasi di James Dalton Highway pada dataran ketinggian 643 kaki dari atas permukaan laut.

Baca Juga :

Berfoto di Art in Paradise Chiang Mai: Lukisan-Lukisannya Unik!

Dulunya wilayah kota yang menjadi tempat penambangan ini menjadi base camp yang dihuni para pekerja ekspedisi penambangan pada tahun 1970-an. Namun saat ini Prospect Creek menjadi kota hantu yang tak berpenghuni sejak tahun 1990-an. Suhu dingin di kota ini dapat mencapai suhu beku -62°C. Bagaimana menurutmu?

8. Oymyakon, Siberia

oymyakon siberia kota terdingin di dunia
unsplash.com

Tercatat pada tanggal 6 Februari 1933 suhu di belahan bumi Oymyakon ini mencapai titik suhu -67°C. Berada di sisi utara bumi ini menjadikan Oymyakon sebagai salah satu kota terdingin di dunia.

Baca Juga :

Nihonmaru Ramen, Ramen Halal Bikinan Orang Jepang

Wilayah ini diisi dan dihuni oleh populasi yang melakukan aktivitas sehari-hari dengan biasa. Biasanya sekolah di sana tidak akan dibuka jika suhu dingin mencapai derajat lebih dari -55°C. Kebayang betapa dinginnya di sana, tidak?

10. North Ice, Greenland

north ice kota terdingin di dunia
flickr.com

Sebenarnya keseluruhan wilayah dari Greenland adalah zona dengan iklim kutub yang dingin. Tidak terkecuali North Ice yang membeku dan siap mendinginkan apa saja yang ada di sana.

Baca Juga :

10 Makanan Khas Tahun Baru di Jepang Sarat Akan Makna

Tercatat pada tahun 1950 North Ice mencapai rekor suhu terendah sekitar -66°C. Pencatatan suhu tersebu dilakukan untuk memenuhi penelitian yang didirikan oleh British North Greenland Expedition. Jadi, apakah menurutmu suhu di North Ice sangat ekstrim?

Nah, dari pemaparan mengenai kota terdingin di dunia dalam ulasan di atas tersebut, dataran manakah yang menarik perhatianmu? Apa kamu pernah terbayangkan berada di belahan bumi dengan suhu ekstrem yang siap membekukan tersebut? Yuk, cari tahu terus berbagai macam hal menarik yang ada di sisi dunia lainnya bersama informasi-informasi terbaik dari GoTravelly yang dirangkum hanya untukmu. Jangan lupa juga untuk bergabung dalam halaman paradise GoTravelly dan bagikan pengalaman terbaikmu dalam berwisata atau kulineran.



Leave a Reply