10 Stasiun Terindah di Dunia Dengan Pemandangan Memukau


prita  January 10, 2021  0 Comment

Bepergian dengan moda transportasi kereta api memang sering kali menjadi pilihan para wisatawan. Dengan naik kereta api, kamu bisa melakukan perjalanan jauh kamu bisa sambil menikmati pemandangan indah antar kota bahkan antar Negara. Beberapa Negara di dunia bahkan memiliki Stasiun terindah di dunia, tak heran jika wisatawan yang hendak berlibur dengan kereta api akan terpesona dengan keindahan dari bangunan stasiun tersebut. Misalnya seperti Stasiun dengan pemandangan menyegarkan mata

1. Grand Central Terminal, New York

Grand Central Terminal
luggagehero.com

Stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia yang pertama adalah Grand Central Terminal. Stasiun yang berada di kota New York ini juga dikenal sebagai stasiun kereta api terbesar di dunia dan terkenal sangat sibuk.

Stasiun yang dibangun oleh Cornelius Vanderbilt di tahun 1871 ini memliki bangunan yang sangat indah dengan langit-langit aquamarine yang memiliki tanda zodiak berdaun emas. Saat membeli tiket, pengunjung akan membelinya melalui jendela terbuat dari emas asli hingga berkunjung ke Oyster Bar yang sangat populer.

REVIEW WISATA

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. St Pancras International, London

St Pancras International
theculturetrip.com

Stasiun terindah di dunia selanjutnya adalah St Pancras International yang berada di kota London. Stasiun ini memiliki aula besar yang siap menyambut penumpang yang datang dari kota-kota lain di seluruh Inggirs, Prancis dan Belgia.

Dibutuhkan sekitar 20 tahun untuk membangun stasiun ini. Saat selesai di tahun 1686, stasiun ini menjadi ruang tertutup terbesar di dunia. Memiliki gaya Fasd Gothic dengan batu bata, menjadikan stasiun ini sebagai bukti hebatnya arsitektur era Victoria. Bahkan, stasiun ini selamat dari Perang Dunia II dan bangunannya masih kokoh hingga saat ini.

3. Gare de Lyon, Paris

Gare de Lyon
europebyrail.eu

Kota Paris sebenarnya memiliki 7 stasiun utama, namun Stasiun terindah di dunia yang menjadi favorit banyak wisatawan adalah Gare de Lyon. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, namun stasiun ini juga menjadi stasiun yang paling megah di Paris.

Gare de Lyon memiliki struktur bangunan asli yang dibangun pada tahun 1855 didesain oleh Marius Toudoire dan saat ini masih berdiri kokoh. Bangunan stasiun ini memiliki menara jam ikonik yang mirip dengan Big Ben di London dan terletak di bagian luar. Sementara di bagian dalam stasiun, kamu akan menemukan banyak sekali restoran terkenal dan salah satunya adalah Le Train Bleu.

4. Dunedin Railway Station, Dunedin

Dunedin Railway Station
experienceoz.com.au

Stasiun terindah di dunia di dunia yang satu ini berada di kota Dunedin, New Zealand. Dunedin Railway Station ini didesain oleh seorang arsitek bernama George Troup yang mendapat julukan sebagai ‘Gingerbread George’ dan Ksatria dari Raja.

Stasiun Kereta Api Dunedin ini dibangun pada tahun 1906 dengan gaya bangunan Flemish Renaissance dengan pola khas diciptakan oleh basalt gelap dari Kokonga yang dipadukan dengan batu Oamaru putih. Ditambah dengan aksen granit merah muda dan atap terakota serta lantai mozaik yang sangat menawan. Tak heran banyak yang menyebut stasiun ini sebagai stasiun paling indah di New Zealand.

5. Kanazawa Station, Kanazawa

Kanazawa Station
sg.trip.com

Jepang juga memiliki stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia yang tak boleh dilewatkan, yaitu Kanazawa Station. Stasiun kereta api yang pertama kali dibuka sejak tahun 1898 ini memang dikenal memiliki arsitektur yang modern dan sangat indah.

Stasiun ini memiliki pintu masuk modern yang baru diresmikan di tahun 2005 yang awalnya banyak yang merasa jika arsitektur tersebut tidak mewakili kota Kanazawa yang bersejarah. Menariknya, pintu masuk tersebut tidak rusak sama sekali saat Perang Dunia II. Bentuk dari pintu tersebut pun sangat menarik yang menjadi perpaduan modern dan internasional. Sementara di bagian luarnya, terdapat air mancur futuristic yang menunjukkan waktu seperti jam digital.

6. Helsinki Central Station, Helsinki

Helsinki Central Station
rail.cc

Finlandia juga memiliki sebuah stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia yang berada di kota Helsinki, yaitu Helsinki Central Station. Stasiun kereta api ini awalnya dibangun pada tahun 1862, namun saat itu dianggap terlalu kecil. Sehingga pada tahun 1904 diadakan sebuah kontes untuk membuat desain baru untuk stasiun tersebut.

Kemudian kontes tersebut dimenangkan oleh arsitek yang bernama Eliel Saarinen yang kemudian membuat sebagian besar stasiun ini dibalut dengan granit Finlandia. Stasiun ini kemudian dibuka kembali pada tahun 1919 dan menjadi symbol dari gaya Art Nouveau khas Saarinen. Stasiun ini memiliki empat penjaga besar yang memegang lampu bulat untuk mengawasi lalu lalang ratusan komuter di stasiun ini.

7. Antwerp Cantraal Station, Antwerp

Antwerp Centraal Station
showmethejourney.com

Stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Antwerp Central Station yang berada di kota Antwerp, Belgia. Stasiun kereta api ini dikenal sebagai salah satu stasiun terindah di dunia yang dibangun diantara tahun 1895-1905.

Stasiun ini dirancang oleh arsitek kenamaan Belagia, yaitu Louis Delacenserie dengan terminal yang berlapis batu. Delacenserie pun merancang bangunan ini menggunaan lebih dari 20 jenis marmer dan batu. Tak hanya itu, ia juga menggunakan kaca-kaca terbaik dan sangat indah, lalu juga langit-langit berkubah besi yang selamat dari bom V-2 pada Perang Dunia II.

8. Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai

 Chhatrapati Shivaji Terminus
thehindu.com

Kota Mumbai di India juga memiliki salah satu stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia. Stasiun ini bernama Chhatrapati Shivaji Terminus. Karena keindahan bangunannya, stasiun ini pun masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO juga menjadi symbol prestise kota Mumbai.

Stasiun kereta ini dirancang oleh seorang arsitek Inggris yang bernama Frederick William Stevens untuk menghormati Ratu Victoria. Pembangunannya membutuhkan waktu 10 tahun dan baru selesai di tahun 1888. Stasiun ini memiliki perpaduan gaya Barat dan Timur yang inspirasinya datang dari St Pancras dan bangunan instana India. Sekarang, Chhatrapati Shivaji Terminus dilewati oleh jutaan kamuter yang menghubungkan kota Mumbai dengan kota-kota lainya di India.

9. Estacao de Sao Bento, Porto

 Estacao de Sao Bento
noticiasaominuto.com

Stasiun dengan pemandangan indah di dunia yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Estacao de Sao Bento yang berada di kota Porto, Portugal. Stasiun ini menempati bangunan bekas biara S. Bento de Ave Maria dan memiliki banyak mural berwarna biru dan putih yang sangat indah.

Mural-mural tersebut menggambarkan adegan-adegan dari sejarah Portugal dan dibuat oleh seniman bernama Jorge Colaco. Colaco membutuhkan waktu hingga 14 tahu untuk menyelesaikan mahakarya tersebut dan membutuhkan lebih dari 20.000 ubin keramik yang berlapis timah untuk membuatnya.

10. Estacion de Madrid Atocha, Madrid

Estacion de Madrid Atocha
madridsecreto.co

Stasiun dengan pemandangan paling indah di dunia yang terakhir adalah Estacion de Madrid Atocha yang berada di kota Madrid, Spanyol. Astacion de Madrid Atocha ini merupakan stasiun pertama dan termegah di kota Madrid yang awalnya diresmikan pada tahun 1851.

Stasiun ini pernah terbakar sehingga menghancurkan bangunan pertamanya, namun kemudian dibangun lagi dan dirancang oleh Alberto de Palacio Elissagne dan dibantu oleh Gustave Eiffel dengan bangunan yang lebih modern dan dilapisi besi tempa.

Stasiun ini dianggap sangat indah karena memiliki taman tropis yang rimbun dan tanaman-tanaman yang tumbuh subur. Ditambah lagi, stasiun ini dilengkapi dengan aneka toko, café hingga klub malam.



Leave a Reply