Wisata Religi Mengunjungi 10 Patung Yesus Terkenal di Dunia


Altesa  December 24, 2022  0 Comment

sebagai umat beragama, sebagian masyarakat di dunia ini memiliki cara masing-masing dalam mengekspresikan keimanan dan keyakinannya terhadap Tuhan. Salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat atau bahkan pemerintah  untuk menunjukkan keesaan Tuhan ialah dengan membangun sarana maupun monumen atau ikon keagamaan. Salah satu bentuk ikon keagamaan yang biasa di bangun khususnya oleh umat Nasrani ialah patung Yesus. Patung yesus sendiri biasanya dibangun dalam ukuran yang sangat besar. Bahkan Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki beberapa patung Yesus dalam ukuran besar.

Bukan hanya itu, saat ini juga sedang berlangsung pembangunan patung Yesus terbesar di Pulau Samosir dan digadang-gadang patung ini akan menjadi patung Yesus terbesar yang ada di dunia. Selain patung-patung Yesus berukuran besar, di seluruh dunia terdapat patung Yesus yang sangat terkenal dengan alasan dan latar belakangnya masing-masing. Kira-kira patung Yesus yang paling terkenal dunia ada dimana saja ya? Yuk kita simak, berikut 10 patung Yesus terkenal di dunia.

Patung Yesus Terkenal di Dunia:

1. Patung Yesus Juru Selamat Dunia, San Salvador, El Salvador

Patung Yesus Juru Selamat Dunia, San Salvador, El Salvador
lifestyle.sindonews.com

Sebagai pembuka deretan patung Yesus terkenal di dunia ada monumen patung Yesus Juru Selamat Dunia. Berlokasi di San Salvador, El Salvador rincinya di Plaza El Salvador del Mundo. Patung Yesus berdiri diatas bola dunia ini awalnya dibangun untuk menghiasi makam Presiden El Salvador yaitu Enrique Araujo. Sempat mengalami kerusakan pda tahun 1986, patung ini akhirnya direnovasi pada tahun 2010.

Baca juga :  9 Destinasi Wisata di Asia yang Asyik Dijelajahi Dengan Kereta Api

2. Patung Kristus Sang Penebus, Rio de Jeneiro, Brazil

Patung Kristus Sang Penebus, Rio de Jeneiro, Brazil
travel.kompas.com

Bagi kamu pecinta film Hollywood mungkin tidak asing dengan penampakan patung Yesus satu ini. Patung ini kerap kali ditampilkan dalam berbagai film seperti halnya film populer “2012”. letaknya yang berada di atas puncak gunung yaitu gunung Corcovado. Patung Kristus Penebus Sang Penebus ini memiliki tinggi 30 meter dan berdiri diatas alas 8 meter. Semakin megah mengingat letaknya diatas gunung.

Patung yang dihasilkan oleh pematung bernama Paul Landowski bekerjasama dengan Insinyur bernama Heitor da Silva Costa ini menjadi salah satu tujuan wisata rohani bagi umat Nasrani. Setiap hari para peziarah berbondong-bondong mendatangi patung yang dibangun pada tahun 1926-1931 ini guna memanjatkan doa. Pengunjung patung semakin membludak menjelang waktu natal.

3. Patung Kristus Sang Raja, Polandia

Patung Yesus Terkenal di Dunia
stock.adobe.com

Terletak di Polandia, patung Yesus terkenal di dunia yang satu ini merupakan patung Yesus yang dikenal sebagai patung Yesus tertinggi di dunia. Tingginya sendiri mencapai 33 meter tanpa alas. Tinggi 33 meter ini melambangkan usia Yesus pada saat wafat. Patung Kristus Sang Raja ini selesai dibangun pada tahun 2010 dimana pembangunannya menghabiskan biaya sebanyak 1.5 juta dolar Amerika dan bersumber dari donasi masyarakat sekitar. Jumlah ini sangat wajar karena  terdapat sebuah mahkota setinggi 2 meter diatas kepala patung yang keseluruhan bahannya terbuat dari emas. Dapat dibayangkan bukan berapa harga mahkotanya saja.

4. Patung Kristus Sang Raja, Portugal

Patung Kristus Sang Raja, Portugal
es.wikipedia.org

Masih dengan nama Kristus Sang Raja, patung Yesus terkenal di dunia berikutnya berada di Portugal. Patung ini juga termasuk salah satu patung Yesus tertinggi karena memiliki tinggi 28 meter, namun alas dari patungnya sendiri tidak kalah tinggi yakni 82 meter. Ini menyebabkan patung Kristus Sang Raja terlihat semakin gagah dan besar. Bentuk dan rupa patung ini terinspirasi dari patung Yesus yang terkenal di Brazil. Pembangunannya sendiri didasari pada rasa syukur karena Portugal terhindar dari menakutkannya perang dunia kedua.

Baca juga :  Adrenalin Junkies, Cobain 10 Jalur Offroad Paling Menantang Di Dunia

Patung ini menawarkan pemandangan indah Kota Lisbon dan sungai Tagus yang dapat dilihat dari dek alas patung yang berada di ketinggian 82 meter. Selain itu, dari sini kamu juga dapat menikmati eloknya jembatan 25 de Abril. Jika bertandang ke Portugal, tidak lengkap rasanya bagi umat nasrani jika tidak mampir ke patung Kristus Sang Raja ini.

5. Patung Kristus Perdamaian dari Concordia, Bolivia

Patung Kristus Perdamaian dari Concordia, Bolivia
istockphoto.com

Patung Kristus dari Concordia ini ialah patung Yesus terkenal di dunia yang selanjutnya. Lokasinya ada di atas bukit San Pedro Kota Cochabamba, Bolivia. Untuk sampai di patung ini, kamu harus berjuang dengan menaiki anak tangga berjumlah 2.000 buah. Namun jika kamu malas atau menyukai sesuatu yang praktis, kamu dapat menaiki mobil kabel yang telah disediakan. Desainer patung ini ialah Cesar dan Walter Terrazas Pardo, yang lagi-lagi terinspirasi oleh patung Yesus di Brazil.

6. Patung Kristus dari Vung Tau, Vietnam

Patung Kristus dari Vung Tau, Vietnam
megavina.com

Kini kita beralih ke Asia. Patung Yesus memang identik dengan keberadaannya yang senantiasa di ketinggian, patung Yesus terkenal di dunia yang satu ini juga berada diatas bukit, patungnya sendiri setinggi 32 meter dan alasanya 4 meter. Karena ikon yang dianggap sakral, ada beberapa peraturan yang diberlakukan bagi pengunjung patung ini. Salah satu aturan yang harus dipatuhi ialah pengunjung dilarang menggunakan alas kaki dan dilarang menggunakan  tank top.

Patung yang memiliki lebar 18.3 meter ini dirancang dengan posisi merentangkan keuda tangannya. Uniknya, patung ini dapat kamu naiki hingga ke bagian pundak, dimana kamu dapat mencapainya dengan menaiki 133 anak tangga yang terdapat didalam patung.

7. Patung Jesus de Greatest, Nigeria

 Patung Jesus de Greatest, Nigeria
beritasatu.com

Selanjutnya ada patung Yesus yang terletak di Afrika Barat yakni Nigeria. Bernama patung Jesus de Greatest, patung ini juga patut menjadi salah satu patung Yesus terkenal di dunia karena bahan yang digunakan untuk membangun patung ini ialah marmer. Bahkan dalam peresmian atau pembukaannya, patung ini dihadiri oleh 100 pastor. Patung ini memiliki berat 40 ton dan menjadi patung Yesus terbesar di Afrika. Inisiator patung Yesus ini merupakan seorang pengusaha bernama Obinna Onuoha, ia membayar sebuah perusahaan yang berasal dari Tiongkok untuk memahat patung ini, serta menempatkannya di sebuah gereja yang juga ia bangun.

Baca juga :  Keunikan 10 Motif Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia

8. Patung Kristus Sang Penebus Andes, Chile

Patung Kristus Sang Penebus Andes, Chile
merdeka.com

Patung Yesus satu ini dibangun diatas pegunungan yang berada diatas permukaan laun Andes yang berbatasan langsung dengan Argentina. Menjadi salah satu patung Yesus terkenal di dunia, Kristus Sang Penebus Andes telah memulai pembangunannya sebelum abad 19. Patung ini menjadi salah satu ikon yang sangat penting karena dianggap sebagai bentuk atau simbol perdamaian antara Chile dan Argentina. Peresmiannya ini menjadi penanda bagi perdamaian kedua Negara atas sengketa perbatasan.

Baca Juga : 11 Tempat Wisata di Chile, Keindahan Alamnya Bikin Detak Kagum

9. Patung  Christ of the Abyss, Laut Mediterania

 Patung  Christ of the Abyss, Laut Mediterania
bbc.com

Berbeda dengan patung Yesus lainnya, patung satu ini menjadi populer dan terkenal karena keunikannya yang berlokasi di dasar lautan. Tepatnya berada di dibawah laut Mediterania antara Camogli dan Portofino.  Patung ini sendiri dibuat menggunakan bahan perunggu setinggi 2.4 meter. Meski hanya setinggi itu, namun keberadaannya di dasar laut menjadikan patung satu ini lebih estetik.

Baca Juga :

Berkunjung Ke Graha Maria Annai Velangkanni

10. Patung Cristo della Minerva, Roma

Patung Cristo della Minerva, Roma
flickr.com

Mendengar nama Michelangelo mungkin kamu akan sedikit memiringkan kepala sambil berkata”sepertinya pernah dengar”, ya, seniman satu ini merupakan seniman yang namanya seringkali disandingkan dengan seniman terkenal lainnya yakni Leonardo da Vinci. Michelangelo sendiri telah melahirkan berbagai karya terkenal di dunia seperti patung David, patung  Moses, dan lukisan di alngit-langit Kapel Sistina. Seniman yang terkenal akan karya renaissance nya ini juga menciptakan satu patung Yesus yang kini menjadi patung Yesus terkenal di dunia. Bernama Cristo della Minerva, patung ini berlokasi didalam gereja Santa Maria Sopra di Minerva. Sang seniman menyelesaikan pembuatan patung ini pada tahun 1521.

Baca Juga :

Gereja Hati Kudus Yesus, Palasari

Itulah tadi 10 patung Yesus terkenal di dunia yang dapat kamu kunjungi jika berniat untuk melakukan perjalanan wisata rohani ke luar negeri. Semoga menginspirasi.



Leave a Reply