Wisata

7 Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran 2018

Tips mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018 mencoba memberikan cara dan langkah yang efektif untuk mudik aman, nyaman, dan terencana. Memasuki awal Mei 2018, jumlah pemudik yang mempersiapkan diri kembali ke kampung halaman semakin bertambah. Sementara, tiket kereta api, baik reguler maupun tambahan, telah dapat dipesan semenjak Maret – April 2018.

Bagi yang tidak ingin mengantri dan berjubel dengan calon pemudik lain di loket – loket pemesanan tiket di stasiun, maka silahkan menggunakan internet untuk pemesanan dan pembelian tiket kereta api. Beberapa situs resmi milik PT KAI maupun agen perjalanan online telah membuka pelayanan untuk tiket mudik ke berbagai wilayah yang dilalui jalur kereta api di Indonesia. Tetapi pastikan untuk memperhatikan beberapa tips berikut:

 

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil dan Lancar

Pro.Co.Id

Kelancaran dalam penggunaan internet sangat tergantung pada koneksi jaringan. Apabila koneksi jaringan melemah, maka kemungkinan untuk membuka situs yang melayani pemesanan tiket kereta api pun akan sulit. Karena itu pastikan bahwa jaringan internet baik LAN maupun WIFI terkoneksi dengan baik.

Pengguna paket data, usahakan berada di wilayah yang memiliki konektifitas tinggi. Koneksi 4G akan lebih kuat dibandingkan koneksi jaringan 3G di wilayah yang sama. Oleh karena itu, jika ponsel pintar yang dimiliki mendukung jaringan 4G, sebaiknya segera upgrade SIM card yang mendukung layanan ini.

Apabila internet terkoneksi dengan baik, namun situs layanan tiket tetap susah terbuka, maka kemungkinan situs tersebut sedang ramai dikunjungi. Cobalah untuk merefresh page tersebut. Selain itu, bisa juga dengan mengganti mesin pencari. Gunakan google chrome, alih – alih Mozilla. Juga dapat menggunakan layanan google mobile melalui ponsel pintar.

 

2. Pantau Terus Pergerakan Tiket

kai.id

Setelah situs terbuka, segera lakukan pencarian. Apabila diperlukan, buka beberapa situs yang melayani penjualan tiket kereta api sekaligus. Hasil pencarian dalam setiap situs terkadang akan menampilkan data yang berbeda, baik untuk jumlah tiket yang tersedia maupun harga yang ditawarkan. Pergunakan tab mesin pencari semaksimal mungkin agar tidak kehilangan tiket yang diincar.

Setelah tiket untuk rute yang dituju telah ditemukan dan harga yang diberikan sesuai, segeralah untuk melakukan pemesanan. Apabila perlu, pesan tiket pulang – pergi sekaligus. Ingat bahwa setiap pemudik cenderung kembali lagi ke perantauan. Dengan demikian, tidak hanya tiket kereta untuk mudik yang susah dicari, tiket kereta untuk balik pun akan dengan cepat ludes terbeli.

 

3. Lakukan Pembayaran Maksimal 40 Menit Setelah Tiket Terpesan

news.detik.com

Setelah pemesanan dilakukan, segera lakukan pembayaran. Untuk pemesanan online, tanda jadi pembelian adalah setelah pembayaran dilakukan. Gunakan setiap layanan mobile banking yang dimiliki, baik itu SMS banking, internet banking, maupun mesin ATM. Jika memiliki kartu kredit, maka dapat pula menggunakannya. Biaya tambahan mungkin akan dikenakan, tergantung kebijakan dari masing – masing situs layanan tiket.

Jika melakukan pembayaran melalui sistem debet di ATM ataupun transfer langsung melalui teller di bank, jangan sampai melebihi batas waktu yang ditetapkan. Usahakan untuk melakukan pembayaran maksimal 40 menit setelah pemesanan. Apabila melebihi batas waktu yang ditetapkan, kemungkinan pemesanan tiket akan batal secara otomatis. Dengan demikian, pemesanan ulang perlu dilakukan dan dengan catatan bahwa tiket yang incaran masih tersedia.

 

4. Cari Alternatif Rute

epinium.com

Apabila rute langsung ke kota tujuan telah habis, cobalah untuk mencari alternatif rute. Sebagai contoh tiket Jakarta – Yogyakarta telah habis dipesan hingga H+1 lebaran. Sementara jadwal cuti maksimal hingga H+4 lebaran. Maka, waktu cuti harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Cobalah untuk mencari tiket dengan alternatif stasiun yang lain. Misalnya tiket kereta api dari Gambir – Yogyakarta Tugu telah habis, maka bisa dicoba dengan rute Pasar Senen – Yogyakarta Lempuyangan. Meskipun kemungkinan jenis kereta api yang tersedia berbeda, tetapi tujuannya tetap sama.

Alternatif lainnya, cobalah untuk mencari tiket Jakarta – Kutoarjo atau Jakarta – Solo. Kemudian teruskan perjalanan dari Kutoarjo – Yogyakarta ataupun Solo – Yogyakarta dengan menggunakan kereta Prameks. Tiketnya dapat dibeli langsung melalui loket di stasiun. Jika tidak kebagian tiket Prameks, gunakan alternatif moda yang lain seperti bus AKAP, taksi, maupun travel.

 

5. Pesan Tiket Terusan

uangteman.com

Apabila kota tujuan dengan alternatif kota terdekat berjarak cukup jauh dan tidak dilayani oleh kereta api komuter, maka pesanlah tiket terusan. Contohnya untuk tujuan Yogyakarta, tersedia alternatif kereta api dari Jakarta – Cilacap. Sehingga diperlukan kereta api lain untuk meneruskan perjalanan dari Cilacap ke Yogyakarta. Maka tiket yang dipesan adalah tiket kereta api Jakarta – Cilacap dan Cilacap – Yogyakarta.

Pemesanan tiket terusan mungkin akan sedikit merepotkan, tetapi cukup untuk mengamankan rute mudik. Meskipun diperlukan tenaga ekstra untuk memindahkan barang dari satu kereta ke kereta lain, perjalanan mudik tetap terasa lebih nyaman karena tidak perlu menghabiskan waktu cuti yang terbatas dalam kemacetan lalu lintas Lebaran. Bahkan kadang, tiket terusan dengan rute alternatif ini bisa jadi lebih murah daripada tiket langsung ke kota tujuan.

Apabila traffic di semua situs layanan penjualan tiket kereta api terlalu padat hingga tidak mau dibuka meski sudah di refresh dan berganti mesin pencari, cobalah untuk menggunakan cara tradisional berikut:

 

6. Pesan Tiket di Loket Stasiun

kelanakota.suarasurabaya.net

Pesanlah tiket secara langsung di loket pemesanan yang terdapat di stasiun. Selain melalui kasir, beberapa stasiun telah dilengkapi dengan mesin penjual tiket otomatis. Jadi, jika kasir terlalu penuh dengan antrian, amatilah sekeliling dan temukan mesin pencari otomatis ini. Karena mesin ini belum terlalu populer, maka antriannya cenderung lebih sedikit daripada antrian di loket. Bahkan kadang tidak ada yang mempergunakan karena tidak mengerti cara pemakaiannya.

Bacalah petunjuk dan cara pemesanan dengan cermat. Masukkan kota tujuan dan tanggal keberangkatan. Setelah tiket terkunci, lakukan pembayaran. Apabila pembayaran dilakukan langsung, usahakan agar uang yang dipakai tidak terlipat maupun robek. Apabila ada lipatan maupun robekan, mesin tidak akan mau membaca uang tersebut.

 

7. Pesan Tiket di Agen Tiket Resmi

abhtf.com

Malas berjalan ke stasiun karena jaraknya terlalu jauh, maka pergilah ke mini market terdekat. Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, dan Indomaret yang tersebar di berbagai sudut kota telah bekerja sama dengan PT KAI. Di minimarket ini, tiket kereta api ke berbagai tujuan tersedia.

Selain minimarket, tiket kereta api juga dapat dipesan melalui agen perjalanan dan biro wisata, kantor dan agen pos, serta TIKI JNE. Tentu saja pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan mendatangi kantor dan agen terkait. Harga tiket di minimarket maupun agen resmi lainnya sama dengan harga tiket resmi yang ditetapkan oleh PT KAI. Jadi, tidak perlu risau karena tidak akan ada perbedaan harga antara tiket yang dijual di loket stasiun, maupun tiket yang dijual di agen resmi.

Demikian beberapa tips mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018, semoga bermanfaat dan rencana mudik lebaran dapat terlaksana dengan aman dan nyaman!

Join The Discussion