Tips

7 Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api Lebih Mengasyikkan

Jelang musim liburan baik hari raya Idulfitri atau kenaikan kelas, tiket kereta api senantiasa ludes diburu para traveler. Dibandingkan dengan kendaraan darat seperti bus, kereta api jelas menjadi pilihan terbaik. Kalau Anda hendak liburan lokal di Pulau Jawa, sebaiknya memang mempertimbangkan moda transportasi darat satu ini. Pasalnya, seluruh wilayah di Pulau Jawa sudah terintegrasi dengan kereta api. Selain itu, traveling dengan kereta api tak kalah menarik lho! Penasaran? Yuk, simak

7 alasan travelling dengan kereta api lebih mengasyikkan

1. Tidak akan menemui kemacetan

travelling dengan kereta api

Bridestory.com


Kenapa kereta api selalu menjadi transportasi favorit banyak orang? Tentu kelebihan yang dimiliki membuat tiket kereta api selalu laris manis bak kacang goreng. Ya, kelebihan utama kereta api adalah tidak akan menemui kemacetan layaknya kendaraan darat lain seperti bus atau mobil pribadi.
Momen tingkat kemacetan di jalur jalan raya meningkat antara lain menjelang akhir pekan, libur nasional atau hari raya begitu tinggi tidak mengganggu jalur kereta api. Anda masih menolak traveling dengan kereta api? Pikirkan sekali lagi ya!

2. Ketepatan waktu

alasan kereta api lebih nyaman
media.amtrak.com


Ketepatan waktu pemberangkatan dan pemberhentian kereta api lebih baik dibandingkan dengan kendaraan lain. Anda tidak perlu takut dengan perubahan jadwal, pengalihan arus lalu lintas dan masalah kompleks lalu lintas darat seperti bus umum atau kendaraan pribadi.
Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal perjalanan sehingga efisiensi waktu perjalanan tidak sia-sia. Kendala utama kereta api yang terlambat atau tertunda keberangkatan karena masalah teknis masih bisa diminimalisir dengan baik. Ketepatan waktu pemberangkatan dan lama perjalanan ini akan mendukung produktifitas Anda, bukan?

3. Memiliki tingkat keamanan lebih baik

keamanan dalam kereta
control4.com


Alasan traveling dengan kereta api banyak dipilih para turis adalah tingkat keamanan yang lebih terjamin. Hal ini bisa Anda bandingkan dengan menikmati liburan menggunakan transportasi umum lain seperti bus, mobil atau kendaraan roda dua. Kereta api yang memiliki jalur rel kereta api lebih minim tingkat kecelakaan. Anda bisa melihat data statistik di Indonesia yang menunjukkkan angka kecelakaan tersebut lebih rendah dibandingkan jalur darat yang lain.
Keamanan berada di kereta api juga lebih baik dibandingkan Anda memilih kendaraan darat seperti bus. Tingkat kriminalitas yang melibatkan pengguna kereta api lebih rendah dibandingkan dengan bus. Tidak menutup kemungkinan terjadi hal demikian namun risiko tersebut bisa diminimalisir dengan baik. Traveling dengan kereta api sangat cocok untuk pilihan akomodasi liburan Anda.

4. Memberikan kenyamanan ekstra

tips travelling dengan menggunakan kereta
destinasian.com


Memilih traveling dengan kereta api kelas ekonomi tidak selamanya memiliki konotasi negatif lho! Meskipun Anda memang harus berdesakan atau duduk berhimpitan dengan penumpan lain, kenyamanan menikmati perjalanan menggunakan kereta api tetap lebih maksimal dibandingkan dengan bus. Rasa capek berada dalam perjalanan jauh tetap bisa Anda nikmati.
Selain itu, kenyamanan kelas ekonomi tidak selalu buruk kok. Anda bisa memilih tiket kereta ekonomi Sancaka yang memiliki fasilitas kursi nyaman, AC, colokan listrik dan ruang untuk kaki lebih luas. Ingin mendapatkan kenyamanan ekstra? Anda tentu harus mengeluarkan uang lebih untuk memesan tiket kereta kelas eksekutif yang memiliki fasilitas lebih menawan. Mendapatkan bantal dan selimut untuk beristirahat selama perjalanan belasan jam, siapa yang bisa menolak?

5. Bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan

jalan jalan dengan kereta api

Eskipaper.com


Apa yang membuat tiket kereta api selalu banyak diminati dibandingkan tiket bus antarkota? Ternyata pengalaman dan suasana perjalanan yang menjadi alasan traveling dengan kereta api menjadi pilihan. Anda bisa menikmati perjalanan berjam-jam tanpa bosan memandangi pemandangan alam. Perbukitan hijau, hamparan sawah dan suasana pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota besar menjadi keunikan tersendiri.
Anda juga bisa bercengkerama dengan teman atau penumpan lain dalam kereta. Tak hanya bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa saja mendapatkan keuntungan lain seperti menambah teman atau jaringan baru. Penumpang kereta api juga bisa menemui teman di gerbong lain dan lebih leluasa bergerak untuk menghilangkan pegal. Anda bisa berkeliling ke gerbong lain, berjalan ke toilet, restorasi dan lain-lain. Coba bandingkan dengan naik bus yang memaksa penumpang untuk duduk tenang di bangku!

6. Lokasi stasiun berada di jantung kota

perjalanan dengan kereta api
flitto.com


Traveling dengan kereta api menjadi pilihan karena kemudahan akses yang diberikan. Apalagi kebanyakan stasiun memang berada di jantung kota sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menemukan transportasi umum lain menuju ke tempat tujuan. Kalau liburan menuju ke destinasi wisata, kelebihan ini jelas menjadi incaran para traveler. Anda bisa mulai langkah liburan dari stasiun kereta api yang strategis.

7. Harga tiket yang lebih murah

tiket kereta murah
journeyera.com


Alasan paling mendasar mengapa traveling dengan kereta api lebih disukai dibandingkan menggunakan moda transportasi lain adalah harga tiket yang lebih murah. Anda bisa menghemat biaya akomodasi perjalanan dengan mendapatkan promo tiket murah meriah.
Tak hanya jalur penerbangan saja yang sering memberikan diskon promo tiket, kereta api juga bisa menawarkan hal yang sama lho! Tentu Anda harus rajin mengecek situs KAI langsung untuk mendapatkan informasi terkait. Siapa tahu Anda bakal mendapatkan potongan harga fantastis. Anda hanya perlu aktif mencari informasi mengenai promo atau diskon harga tiket murah meriah. Penawaran perjalanan yang lebih nyaman dengan harga tiket yang terjangkau, siapa yang hendak menolak? Traveling dengan kereta api bakal meminimalisir budget pengeluaran Anda kok.
7 alasan traveling dengan kereta api di atas menjadi dasar pertimbangan untuk Anda yang hendak liburan atau mudik. Apalagi Anda tak perlu mengantri di loket untuk mendapatkan tiket kereta api karena kemudahan akses online. Tinggal klik via gadget saja, Anda bisa mendapatkan harga tiket murah tanpa ribet. Lebih praktis dan hemat, bukan?

Bagaimana cara mendapatkan harga tiket kereta api yang murah?
Kalau Anda merencanakan liburan bersama keluarga atau pasangan, sebaiknya mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari termasuk akomodasi perjalanan. Ingin menghemat anggaran akomodasi, Anda bisa memilih traveling dengan kereta api khususnya tiket kelas ekonomi. Harga tiket kelas ekonomi jelas lebih murah dibandingkan tiket bisnis atau eksekutif. Toh, kelas ekonomi kereta api sudah dilengkapi AC sehingga Anda tidak bakal kepanasan selama perjalanan.
Supaya tidak bosan di dalam kereta, Anda bisa membawa kartu permainan atau kudapan ringan sebagai camilan penghilang rasa lelah. Jangan lupa untuk rutin mengecek harga online travel agent (OTA). Ada banyak aplikasi travel agent yang menawarkan tiket kereta api murah meriah sesuai kebutuhan. Mau liburan ke mana saja, tinggal klik dan pesan lewat online saja.
Yuk, tentukan agenda libur akhir pekan, akhir tahun atau libur hari raya sekarang juga! Anda yang ingin menghabiskan cuti pada hari weekdays pun tetap bisa mendapatkan tiket kereta api murah. Traveling dengan kereta api di seluruh kota Indonesia, kenapa tidak? Dijamin Anda bakal memiliki pengalaman tak terlupakan dengan naik kereta api yang nyaman, aman dan cepat.

Meta
Judul : 7 Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api
Deskripsi : Bagi Anda yang hendak merencanakan liburan bersama keluarga atau teman, wajib tahu 7 alasan kenapa traveling dengan kereta api wajib dipertimbangkan lebih lanjut.
Keyword : Traveling dengan kereta api

Join The Discussion