10 Tips Travelling di Bulan Ramadhan Biar Tetap Bugar dan Nyaman


sisil angelin  May 13, 2019  0 Comment

Tips travelling di bulan Ramadhan akan sangat penting bagi anda yang sudah terlanjur booking pesawat untuk liburan atau memang memanfaatkan momen liburan murah di bulan yang suci dan penuh ampunan ini. Lalu apa saja tipsnya? Berikut ini adalah ulasannya Travelling di Bulan Ramadhan.

Tips Travelling di Bulan Ramadhan

Tips 1 : pilih tempat wisata yang tepat

pilih tempat wisata yang tepat

Traveloka.com

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika anda akan berwisata di bulan Ramadhan adalah mengenai tempat wisata yang akan anda kunjungi. Jika anda memilih wisata di Indonesia mungkin hal ini bukan hal yang perlu diperhatikan mengingat di Indonesia memang sebagian besar memiliki penduduk muslim. Hal ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan jika anda berwisata ke luar negeri.

Selain Indonesia tidak banyak negara yang memiliki mayoritas penduduk muslim, oleh karena yaitu tidak banyak tempat wisata yang ramah untuk wisatawan muslim. Untuk anda yang akan wisata ke luar negeri pada bulan Ramadhan , maka pastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi penduduknya. Pasalnya selain memastikan bagi anda untuk lebih mudah mencari makanan yang halal akan lebih mudah bagi anda untuk mendalami agama dan lebih mudah menjalankan ibadah.

Review tempat wisata

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Baca juga :  Mengenal Staycation dan 10 Manfaatnya Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

Getuk Pisang Diana Magetan (Oleh-Oleh Khas Magetan)

Tips 2 : rencanakan jadwal liburan

 rencanakan jadwal liburan
blog.pergi.com

Selain memilih tempat wisata dengan tempat. Salah satu hal penting lainnya untuk diperhatikan adalah mengenai jadwal liburan anda. Ketika anda akan liburan pada bulan Ramadhan, maka waktu merencanakan jadwal liburan dengan tepat akan sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya ketika menjalankan ibadah puasa waktu imsak dan waktu berbuka adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Pastikan anda sampai di tempat tujuan sebelum imsak atau sebelum buka. Hal ini penting untuk diperhatikan karena pada waktu berbuka anda juga harus menjalankan shalat tarawih. Hal ini menyebabkan wisata juga harus dihentikan terlebih dahulu. Selain itu perhatikan juga rencanakan tempat-tempat wisata yang pas pada jam-jam ibadah shalat. Jika anda mau anda juga bisa datang ke ke tempat ibadah setempat pada saat berbuka puasa. Dengan begitu anda bisa mendapatkan esensi berbuka puasa di negara-negara lain di Indonesia.

Tips 3: hindari negara dengan musim ekstrim saat wisata

hindari negara dengan musim ekstrim saat wisata
plesirankotatua.blogspot.com

Selanjutnya adalah mengenai musim yang ekstrim. Negara yang sedang mengalami musim yang ekstrim sebaiknya dihindari untuk dikunjungi terlebih pada bulan puasa. Mengapa? Hal ini disebabkan karena musim yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anda. Misalnya anda berkunjung ke negara yang terlalu panas. Kunjungan anda ke tempat wisata ini mungkin akan menyebabkan anda kehilangan banyak cairan pada saat wisata. Jika dilakukan pada saat puasa, maka akan menyebabkan dehidrasi.

Negara yang sedang berada pada musim dingin juga sebaiknya dihindari. Mengapa? Hal ini disebabkan karena musim dingin merupakan musim berkembangnya para virus. Jika daya tahan tubuh sedang tidak baik, maka hal ini dapat menyebabkan anda sakit pada saat wisata.

Baca juga :  9 Spot Bungee Jumping di Indonesia Siap Tantang Andrenalinmu

Tips 4 : Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman

Blibli.com

Pakaian yang nyaman juga merupakan hal yang penting. Pakaian yang nyaman sesungguhnya harus disesuaikan dengan cuaca yang sedang terjadi di tempat wisata anda. Tapi pada bulan puasa biasanya kondisi cuaca sangat panas sehingga akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat menyebabkan anda berkeringat lebih banyak. Hal ini perlu dihindari karena keringat yang terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini merupakan salah satu tips travelling di bulan Ramadhan yang wajib untuk anda ketahui.

Tips 5 : jangan skip sahur dan buka puasa

jangan skip sahur dan buka puasa
ahmadmuhaiminalfarisy.wordpress.com

Sahur dan buka puasa adalah salah satu hal yang paling esensial bagi anda yang berpuasa. Akan tetapi makan sahur dan buka puasa akan lebih penting lagi saat anda akan liburan. Hal ini disebabkan karena sahur dan buka puasa adalah salah satu waktu untuk mendapatkan sumber gizi saat liburan.

Penting bagi anda untuk mengetahui makanan yang akan anda makan pada saat sahur dan buka puasa di negara lain. Jika perlu masa sendiri makanan anda atau bisa juga mencari review tentang makanan untuk muslim di sana.

Tips 6 : minuman isotonik saat sahur dan buka puasa

minuman isotonik saat sahur dan buka puasa
hellosehat.com

Selain makan, salah satu minuman yang penting untuk dikonsumsi pada saat buka dan sahur adalah minuman isotonik. Hal ini dapat membantu anda memenuhi ion tubuh yang hilang saat wisata di bulan puasa.

Tips 7 : hindari membawa barang terlalu banyak

hindari membawa barang terlalu banyak

komunita.id

Minuman isotonik memang penting tapi minum sesuai dengan kadar yang dianjurkan. Setelah itu perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan air anda.

Tips 8 : siapkan obat-obatan

siapkan obat-obatan
hellosehat.com

Meskipun pada saat berpuasa, obat adalah hal yang penting untuk dibawa. Hal ini disebabkan anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di tempat wisata anda. Mungkin setelah anda mencari informasi mengenai cuaca di sana, ada mis informasi yang terjadi sehingga menyebabkan anda jatuh sakit. Jika hal ini terjadi, maka pilihan yang tepat adalah mengonsumsi obat-obatan yang anda kenal yang sudah pasti halal dan biasa anda konsumsi

Baca juga :  India Jorok? Berikut Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling di India

Tips 9 : jangan lupa bawa vitamin

jangan lupa bawa vitamin
npr.org

Seperti yang kita tahu, ketika kita berwisata kita akan lebih banyak berada di luar ruangan. Secara otomatis kemungkinan diri kita terpapar virus penyakit akan lebih besar. Jadi ketika wisata, ke mana pun anda pergi, maka hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah membawa vitamin.

Ketika anda wisata, minum vitamin sesuai dengan anjurannya. Salah satu jenis vitamin yang wajib untuk dibawa adalah vitamin c. Vitamin c memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu membawa vitamin c akan sangat penting untuk menjaga daya tahan anda sehingga wisata yang anda lakukan tidak terganggu.

Tips 10 : usahakan istirahat pada tengah hari

 usahakan istirahat pada tengah hari

Hipwee.com

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah mengenai aktivitas wisata anda, ketika anda berwisata di bulan Ramadhan, maka istirahat di tengah hari merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Wisata di tengah hari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari membantu meningkatkan energi anda dan juga menghindari terjadinya dehidrasi.

Seperti yang kita ketahui pada saat tengah hari kondisi matahari sedang panas-panasnya karena ada di atas kepala kita. Makin panas makin banyak energi dan air yang akan dikeluarkan tubuh untuk mengatasi hawa panas tersebut sehingga dapat menyebabkan dehidrasi karena air yang keluar dari tubuh lebih banyak dari air yang ada di tubuh. Hal inilah yang menyebabkan pada saat wisata di bulan Ramadhan sebaiknya menghindari kegiatan di tengah hari.

Demikianlah tips travelling di bulan Ramadhan yang bisa kami berikan. Semoga tips tersebut dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda yang akan menjalankan wisata di bulan tersebut. Selamat liburan ya!



Leave a Reply