Vihara Buddha Tidur Mojokerto: Terbesar di Indonesia!

vihara bunda tidur mojokerto

gizeline | Traveler
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | Religious Place
24 Dec 2019


Vihara Buddha Tidur Mojokerto: Terbesar di Indonesia!
Jalan-jalan ke Mojokerto? Berkunjung ke Vihara Buddha Tidur ini adalah sebuah kewajiban lho guys! Katanya, Patung Buddha ini adalah yang terbesar di Indonesia. Semegah apa? Baca selengkapnya disini

How to Get There

Berawal dari kegabutan karena lama ngga jalan-jalan, akhirnya aku dan salah seorang teman memutuskan buat Bikepacker ke kota tetangga yaitu Mojokerto. Perjalanan dari kota Surabaya menuju Kota Mojokerto ngga memakan banyak waktu kok guys, cukup 1 sampe 1,5 jam perjalanan aja. Tapi ternyata ada banyak hal yang bisa dilihat di kota yang cukup bersejarah ini. Beberapa tempat wisata sempat aku datangi dan yang kali ini aku mau bahas adalah Buddha Tidur Maha Vihara Majapahit atau Wisata Patung Buddha Tidur.

Wisata Buddha Tidur ini berlokasi di Jalan Raya Trowulan, Mojokerto.  Sebenernya lokasinya cukup mudah dijangkau karena memang ada di pinggir jalan besar, banyak juga transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju kesana, seperti bus ataupun kereta. Tapi agar lebih mudah, kalian bisa naik kendaraan pribadi untuk menuju ke wisata religi yang cukup terkenal ini.

vihara bunda tidur mojokerto

What to Do

Wisata ini berada dalam sebuah perkampungan penduduk yang sering kali disebut sebagai kampung Mojopahit. Yup, sejarah kota Mojokerto ini memang sangat erat dengan kerjaan Mojopahit. Beberapa rumah penduduk di perkampungan ini pun memiliki bangunan rumah yang khas ala kerajaan yang didominasi dengan batu bata. 

Anyway, memasuki wisata ini pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000 aja per orangnya plus tiket parkir kendaraan yang kalian bawa. Karena kebetulan aku kemaren bawa motot, parkir yang dibebankan Cuma Rp 2.000 aja. Memasuki kawasan Vihara ini, terasa sekali keasriannya. Pepohonan dan bunga-bunga tumbuh subur dan terawat disini. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat akhir pekan. 

vihara bunda tidur mojokerto

Menurut kabar sih, patung Buddha ini disebut-sebut sebagai patung Buddha terbesar ketiga setelah yang ada di Thailand dan Nepal. Patung ini memiliki panjang 22 meter, tinggi 4,5 meter dan lebar 6 meter, hal inilah yang membuatnya menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia. Patung ini dibangun menghadap ke selatan yang mana dianggap sebagai kiblat bagi umat Buddha. 

vihara bunda tidur mojokerto

Awal mulanya, patung Buddha tidur ini dibentuk dengan bahan beton sebelum saat ini telah dilapisi dengan kuningan. Hal inilah yang membuatnya menjadi semakin terlihat megah dan menjadikannya sebagai salah satu ikon kota Mojokerto. Uniknya, patung ini dibangun diatas kolam ikan sehingga menampilkan pemandangan yang indah. Hal ini sebagai lambang bahwa Sang Buddha telah wafat. Ohya, kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengunjung disini adalah memberi makan ikan-ikan yang ada disini lho.

vihara bunda tidur mojokerto

Tak jauh dari situ, kalian juga bisa menemukan sebuah kolam bunga teratai yang cantik. Konon kolam bunga teratai ini melambangkan laut tempat abu Buddha Gautama dilarung. Kolan bunga teratai ini juga bisa jadi spot foto yang menarik lho guys.

vihara bunda tidur mojokerto

vihara bunda tidur mojokertoDisini juga ada miniatur Candi Borobudur

Selain ada patung Buddha, disini juga ada sebuah gedung bernama Sasono Bhakti. Gedung yang didominasi oleh warna kuning dan ‘diajaga’ oleh beberapa arca di sisi kanan kirinya ini berfungsi sebagai tempat ibadah dan mendengarkan ceramah. Tentunya hanya yang hendak beribadah saja yang diperbolehkan untuk masuk.

vihara bunda tidur mojokerto

Vihara Buddha Tidur ini memanglah sebuah tempat beribadah, namun masayarakat juga menyambut positif jika tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Nah guys, kalo kalian berkunjung ke Mojokerto jangan lupa untuk mendatangi wisata religi ini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore.
  • Karena tempat ini merupakan tempat ibadah, pengunjung yang datang harap menggunakan pakaian yang sopan.
  • Jangan mengganggu orang yang sedang beribadah.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan moment.
  • Jaga ketertiban.
  • Jaga kebersihan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY