10 Jalur Pendakian di Eropa Dengan Panorama Memukau


prita  March 16, 2021  0 Comment

Eropa memang menjadi salah satu destinasi impian banyak wisatawan dari berbagai dunia. Tak hanya karena keindahan kota-kotanya yang dipenuhi bangunan klasik juga modern, namun Benua Biru ini juga memiliki keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Khususnya bagi pendaki dan pecinta alam. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Eropa dengan cara mendaki, tak ada salahnya untuk mencoba Jalur pendakian di Eropa

1. Mont Blanc, Perancis

Mont Blanc
gadventures.com

Jika kamu tertarik untuk melakukan pendakian di Eropa, pastinya kamu tidak akan untuk melewatkan gunung yang satu ini. Mont Blanc merupakan gunung tertinggi di Eropa Barat dengan ketinggian mencapai 4810 meter diatas permukaan laut.

Gunung indah ini memang sangat memikat para pendaki karena tidak hanya memiliki pemandangan di puncak yang epic, tapi juga memiliki lembah megah yang membentang dari Perancis, Swiss hingga talia. Jalur pendakian disini biasanya dimulai dari Chamonix Perancis dan akan melewati beberapa desa di kawasan Alpine yang indah, seperti Courmayeur di Italia.

Review wisata

Museum Ullen Sentalu

Tempo Gelato, Tempat Makan Gelato Paling Hits Di Jogja. Ada Puluhan Varian!

2. Norwegian Fjords, Norwegia

Norwegian Fjords
scandinaviastandard.com

Norwegia juga menawarkan sebuah jalur pendakian di Eropa yang cukup memukau dan menantang untuk dicoba. Jalur pendakian ini dikenal dengan Norwegian Fjords.

Fjords merupakan surganya para pendaki. Disini kamu akan menemukan banyak rute pendakian terbaik. Beberapa rute yang cukup direkomendasikan karena keindahannya adalah Trolltunga, Geirangerfjord, Himakana, Langfossen atau Preikestolen. Disini kamu bebas untuk mendirikan tenda bila ingin bermalam dan menikmati keindahan alam bebas. Selain itu, jika kamu tidak ingin berkemah, kamu juga bisa memilih beberapa akomodasi yang bisa dikunjungi, seperti hotel.

3. Mount Triglav, Slovenia

Mount Triglav
travelsewhere.net

Jalur pendakian di Eropa lainnya yang cukup menarik untuk dicoba adalah Slovenian Mountain Trail yang telah menghubungkan pegunungan vertiginous Slovenia, yaitu Pohorje, Julian Alps, Kamnik-Savinja Alps dan Karavanke, termasuk Mount Triglav yang menjadi puncak tertinggi di Negara tersebut.

Pendakian bisa dimulai dari kota Alpine Maribor dengan jalur jarak jauh akan melewati pegunungan dan lembah yang indah. Kamu juga bisa melalui dataran Pannonian kemudian melintasi dataran dan perbukitan hingga akhirnya tiba di perkebunan Anggur Mediterania sebelum berakhir di desa pesisir Ankaran. Tak perlu khawatir soal akomodasi, kamu bisa menemukan sederet pondok yang berjajar di sepanjang jalur ini yang mana jalur ini menghubungkan lima kota di Slovenia.

4. Retezat Mountains, Romania

Retezat Mountains
tripadvisor.com

Retezat Mountains di Romania memang menjadi salah satu jalur pendakian di Eropa yang kurang dikenal untuk dikunjungi, namun kawasan ini menawarkan jalur pendakian yang menarik sehingga banyak pendaki yang menyebutnya sebagai ‘Hidden Gem’ atau permata yang tersembunyi.

Pegunungan Retezat ini telah memikat banyak pendaki yang gemar mejelajah petualangan baru. Gunung ini menjadi rumah bagi 20 puncak dengan puncak tertinggi setinggi 2.509 meter diatas permukaan laut, yaitu Puncak Paleaga yang menjadi jalur pendakian yang sangat populer. Disana kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan yang membentang dari kawasan pegunungan ini, dengan lanskap bergulir dibawahnya dan danau glacier yang indah. Tak heran jika pegunungan ini menjadi salah satu kawasan margasatwa UNESCO yang dijaga cukup baik.

5. Kungsleden, Swedia

Kungsleden
novo-monde.com

Kungsleden merupakan sebuah jalur pendakian di Eropa yang cukup terkenal dan menarik perhatian banyak pecinta alam. Berada di utara Swedia yang ekstrim, Kungsleden juga disebut sebagai The Kings’s Trail dan menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Kungsleden membelah salah satu kawasan hutan belantara terbesar di Eropa Barat yang masih tersisa. Biasanya jalur pendakian ini dikunjungi para pendaki data musim panas dan pada musim dingin menjadi jalur ski lintas alam yang seru. Kungsleden seolah menawarkan pemandangan bagaikan negeri dongeng yang sangat menawan, seperti Gletser Arktik, Tundra dan Hutan Birch juga Gunung Kebnekaise yang luar biasa.

6. England’s Coast to Coast, Inggris

England’s Coast to Coast
gorunningtours.com

Bila kamu tertarik dengan salah satu jalur pendakian di Eropa yang memiliki pemandangan alam indah namun juga terdapat bangunan bersejarahnya, kamu bisa mencoba berkunjung ke England’s Coast to Coast di Inggris.

Rute sepanjang 309.000 kilometer ini akan membawamu dari Laut Iralndia menuju Laut Utara dengan melalui kawasan bersejarah dan bentang alam yang luar biasa. Kamu akan diajak melalui jalan Alfred Wainwright dati St Bees Head yang akan berakhir di Robin Hood’s Bay. Kamu akan melewati kastil dan reruntuhan Romawi, lembah dan tebing yang sangat indah.

Tak hanya itu, kamu juga akan melewati tiga taman nasional yang cukup terkenal di Inggris, yaitu Lake District National Park, Yorkshire Dales Natonal Park dan North York Moors National Park.

7. Tour de Monte Rosa, Italia

Tour de Monte Rosa
zermatt.ch

Tour de Monte Rosa juga menjadi salah satu jalur pendakian di Eropa yang cukup menarik perhatian banyak pendaki. Berada di Italia, perjalanan di pegunungan dengan ketinggian 4.636 meter diatas permukaan laut ini memang tidak mudah, namun menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Setiap harinya ada pendakian dan turunan curam diatas es dan bebatuan. Selain kondisi glasial, ada juga pada rumput alpine dan lembah berhutan untuk dilewati. Mulai dari punggung balkon bukit, kamu bisa menikmati keindahan panorama puncak setinggi lebih dari 4000 meter diatas permukaan laut, yaitu Matterhorn yang megah di Zermatt, Swiss.

8. Canary Island, Spanyol

Canary Island
caminoways.com

Spanyol tak hanya menawarkan keindahan pantai dan lautnya saja, lho. Disini pun kamu bisa menemukan salah satu jalur pendakian di Eropa yang memiliki pemandangan luar biasa, tepatnya di Canary Island atau Pulau Canary.

Pulau ini memiliki tiga jalur pendakian yang masing-masing memiliki keindahannya tersendiri. Jalur pertama adalah Tenerife, yang mana jalur ini menawarkan keindahan gunung berapi, hutan pinus, jurang dan jalur pesisir tertinggi ketiga di dunia. Jalur kedua disebut dengan Gran Canaria, yang mana jalur ini memiliki lembah dramatis dan garis pantai berbatu untuk dijelajahi sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah. Jalur pendakian terakhir di pulau ini adalah La Gomera yang juga memiliki pemandangan tak kalah indah. Jika kamu ingin mejelajah lebih jauh, kamu bisa mendaki El Hierro.

9. Laugavegurinn, Islandia

Laugavegurinn
bemytravelmuse.com

Islandia juga memiliki salah satu jalur pendakian di Eropa yang menawarkan keindahan yang luar biasa, yaitu Laugavegurinn. Nama Lauvegurinn bila diterjemahkan berarti ‘Hot Spring Route’ atau Rute Pemandian Air Panas.

Meskipun disebut dengan nama demikian, jalur pendakian ini ternyata dipenuhi Gletser yang luas, gunung berapi yang masih aktif, lebah hijau yang indah dan oegunungan Technicolor yang akan memanjakan matamu sepanjang perjalanan. Bahkan, panorama yang beragam tersebut terlihat berubah drastic hanya dalam beberapa mil saja. Tak hanya itu, kamu wajib mencoba untuk mandi di salah satu pemandian air panas yang mampu menghangatan tubuhmu yang lelah selama pendakian.

10. Plitvice Lakes National Park, Kroasia

Pltvice Lakes National Park
gourmetroaming.com

Jalur pendakian di Eropa yang terakhir adalah Pltvice Lakes National Park di Kroasia. Kawasan ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang paling digemarik para pecinta alam dan pendaki.

Disini kamu akan menemukan 16 danau yang tersebar dalam taman nasional seluar 300 kilometer persegi yang dipisahkan oleh air terjundan hutan yang menjadi rumah bagi berbagai macam hewan. Kawasan ini menawarkan 8 rute hiking yang sangat terlindungi dengan baik, tak heran jika menjadi salah satu tempat mendaki terbaik di Eropa.



Leave a Reply