Kzoldyeck | Tourist
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | Historical Places
18 May 2020


Museum Ullen Sentalu
Museum ini menceritakan tentang sejarah kota Solo dan Yogyakarta saat masih berupa kerajaan di masa lampau.

How to Get There

Untuk datang ke museum ini, yang paling disarankan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi/sewaan bersama keluarga atau kerabat karena letaknya yang jauh dari kota. 

What to Do

Kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu museum yang menjadi top-list saya. Museum ini bernama Ullen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong KM 25, Hargobinangun, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta 55582.

Museum ini diresmikan pada 1 Maret 1997 oleh Pak Haryono. Basicly, museum ini berisi tentang kisah serta beberapa benda peninggalan yang berkaitan dengan kerajaan di Jogja dan Solo. Untuk masuk ke museum ini, akan dikenakan entry pass sebesar Rp 40rb/orang (orang dewasa). Museum ini buka setiap hari (kecuali hari Senin) dari pukul 08.30 - 16.00 WIB (weekdays) dan 08.30-17.00 WIB (weekend).  

Museum Ullen Sentalu


Ketika berkunjung ke Ullen Sentalu, akan ada guide yang menemani karena bangunan seluas 1,2 hektar ini pasti akan membuat pengunjung bingung. Selain itu di museum ini juga dilarang untuk mengambil gambar yang ada di dalam Museum (kecuali di ruang istirahat).  Museum Ullen Sentalu Jogya


Saat tur museum, kami diajak berkunjung ke 3 bagian museum. Bagian pertama adalah ruangan yang berisi sejarah Jogja dan Solo. Terdapat beberapa lukisan serta foto - foto anggota keluarga kerajaan Jogja dan Solo. Guide yang ada akan menjelaskan tentang foto - foto atau lukisan yang dipajang (tapi jangan menyentuh karya yang ada yaaaa, it’s forbidden!)

Di bagian ke-2 dari museum, kita akan melihat koleksi surat - surat dari Putri Tinneke yang sangat bikin baper kalau kata Mba Rosa, guide yang menemani kami ketika tur museum :)

Surat - surat dari Putri Tinneke yang dipajang ada versi asli (dibagian atas), kemudian di bagian bawah ada versi ‘bagus’ atau salinan yang sudah diberi terjemahan bahasa Indonesia/Inggris (karena surat2nya ditulis dalam bahasa Jawa kuno).

Dari bagian ke-2, kami diajak untuk beristirahat sejenak di ruang istirahat yang sangat indah. Di ruangan ini kami diizinkan untuk mengambil foto dan juga kami disuguhi minuman (semacam jamu) dari keraton yang namanya Jamu Ratu Mas. 

berkunjung ke Museum Ullen Sentalu


Setelah beristirahat selama 15 menit, kami diajak mengunjungi bagian ke-3 yang berisi tentang budaya Jogja dan Solo, khususnya dalam hal batik. Di ruangan ini, Mba Rosa menjelaskan tentang perbedaan dari batik Jogja dan Solo serta makna dari motif - motif yang terkandung di dalam suatu batik. Something that I still exactly remember is DON’T USE ‘BATIK MOTIF PARANG’ for marriage.

Kemudian kami dibawa ke bagian taman untuk melihat arca - arca yang ada di Ullen Sentalu. Arca - arca ini merupakan koleksi museum atau pun pinjaman dari Dinas Pariwisata Yogyakarta. Di sini, kami juga dibawa ke suatu ruangan yang memperlihatkan perbedaan antara riasan pengantin wanita di Jogja dan Solo. Perbedaan nya adalah dari jumlah kembang/paes ageng di rambut (Solo : 7/9; Jogja : 5) dan juga jumlah kalung susun yang dikenakan sang pengantin wanita (Solo : 1; Jogja : 3). 

Tur museum ini berlangsung selama kira - kira 50 menit dan setelah tur berakhir, kami diperbolehkan mengambil foto - foto di bagian taman belakang. 

Museum Ullen Sentalu di jogya

Museum Ullen Sentalu wisata menarik di jogya

Selain museum, di Ullen Sentalu juga ada souvenir shop dan juga sebuah restaurant berkonsep unik yang bernama Beukenhof Restaurant 

wisata emnarik di jogya


Tips and Trick

Yang pertama, kalau datang ke sini, sebaiknya bersama - sama karena tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau kerabat.

Kedua, dari taman belakang tempat yang diizinkan mengambil foto, Merapi bisa terlihat saat cuaca cerah. So, bisa cek perkiraan cuaca sebelum datang ke sini yaaa. Tapi setiap SENIN, museum nya tutup, so pick the other day :)

Ketiga, setelah berkunjung ke Museumnya, bisa banget berkunjung ke souvenir shop atau resto nya karena worth to try. 

Keempat, jika ada rencana wisata tur Merapi, bisa dibarengkan dengan saat ke sini karena lokasi nya tidak terlalu jauh.

Kelima, PATUHI Peraturan untuk tidak ambil foto dan yang lainnya and enjoy the Tour! 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY