7 Tempat Wisata Terbaik Melihat Beruang Kutub di Alam Liar


prita  September 2, 2022  0 Comment

Wisata melihat beruang kutub di alam bebas tentu menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa seru. Polar bear atau beruang kutub merupakan salah satu binatang yang menggemaskan dan rasanya hampir mustahil untuk bisa melihatnya di Indonesia. Hal tersebut karena beruang kutub hanya bisa bertahan hidup di daerah dengan suhu yang sangat dingin, sementara Indonesia merupakan negara tropis yang didominasi dengan cuaca panas. Beruang kutub masuk dalam kategori hewan yang dilindungi karena populasinya terancam punah.

Untuk melihat binatang ini pun cukup sulit dan hanya ada segelintis negara yang memiliki tempat wisata khusus memperlihatkan beruang kutub ini. Beruang kutub memang masih menjadi primadona untuk dilihat bagi wisatawan. Tak heran, wisatawan kerap rela mengantri untuk melihat secara langsung hewan tersebut. Nah, untuk kamu yang ingin melihat langsung beruang kutub di alam bebas, berikut ini adalah daftar tempat yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Churchill, Kanada

Chirchill
wildernesstravel.com

Wisata melihat beruang kutub yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Churchill. Churchill juga dikenal sebagai ‘Ibu Kota Beruang Kutub di dunia’ karena tempat ini merupakan tempat paling mudah diakses untuk melihat beruang kutub.

Berlokasi di Teluk Hudson di Manitoba, kota kecil ini memiliki bandara yang melayani penerbangan secara teratur dari Winnipeg. Tak hanya itu, disini juga kamu akan menemukan sejumlah penginapan yang menawarkan tur untuk mengamati beruang kutub di alam bebas.

Biasanya beruang kutub berkumpul disini saat akhir musim panas, mereka menunggu air teluk membeku sehingga mereka bisa menuju ke es untuk berburu anjing laut. Kamu akan melihat gerombolan beruang kutub ini hidup dengan bebas di habitatnya. Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk fotografi, lho.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

2. Nunavut, Kanada

Nunavut
destinationnunavut.ca

Nunavut merupakan wilayah di Kanada dimana kamu bisa melihat segala jenis satwa liar Arktik, termasuk beruang kutub. Di sebelah Nunavut, terdapat pantai barat Teluk Hudson yang menjadi rute migrasi beruang kutub yang mena menjadi perhentian terakhir bagi beruang dalam perjalanan mereka untuk mencari es di sepanjang Polar Bear Aller.

Nunavut adalah sebuah pemukiman kecil yang bisa dicapai dengan pesawat dari Churchill dan menjadi salah satu wisata melihat beruang kutub yang cukup populer. Di musim panas, kamu bisa menyaksikan mereka berburu anjing laut. Jika kamu berkunjung di bulan Maret, kamu bisa menyaksikan anak beruang kutub muncul dari sarang mereka untuk pertama kali.

Selain beruang kutub, disini kamu juga bisa melihat satwa lait yang hidup bebas, seperti narwhal yang disebut sebagai ‘unicorn laut’.

3. Kaktovik, Alaska

Kaktovik
smithsonianmag.com

Jika berbicara tentang wisata melihat beruang kutub di alam bebas, tentunya Alaska juga wajib untuk masuk dalam daftar. Alaska merupakan bagian terluar Amerika Serikat di bagian utara. Sudah bukan rahasia lagi jika orang-orang yang tinggal di Alaska umumnya memiliki pekerjaan yang didedikasikan untuk alam bebas.

Di Alaska, ada sebuah desa kecil bernama Iñupiat Eskimo di Kaktovik, yang menjadi salah satu destinasi favorit untuk melihat beruang kutub di alam bebas. Dampak perubahan iklim pada es laut di Alaska telah menyebabkan peningkatan besar pada beruang kutub yang tinggal di desa tersebut. Beruang pernah menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berburu es dan penduduk setempat telah mencatat lebih banyak induk yang membangun sarang di sekitar pantai.

Di Kaktovik ini kamu bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal yang menawarkan wisata melihat beruang kutub menggunakan perahu. Populasi beruang kutub yang sangat banyak di tempat ini membuatmu tidak kesusahan untuk melihat mereka secara langsung. Masyarakat setempat diizinkan untuk menangkap paus bowhead dalam jumlah terbatas dan bangkainya akan di tinggalkan di kawasan pantai sehingga menjadi tempat berkumpulnya beruang kutub yang lapar.

4. Wrangel Island, Rusia

Wrangel Island
amusingplanet.com

Berada tak jauh dari Alaska, ada sebuah pulau yang juga menjadi tempat wisata melihat beruang kutub, yaitu Wrangel Island. Pulau yang merupakan bagian dari Rusia ini memang bersebelahan dengan Alaska dan tak banyak penduduk yang menempati pulau ini, sehingga satwa liar seperti beruang kutub bisa berkembang biak dengan baik.

Wrangel Island ini juga sering disebut sebagai Bangsal Bersalin Beruang Kutub karena memiliki kepadatan sarang beruang kutub tertinggi di dunia, dengan lebih dari 500 induk melahirkan anak disini setiap tahunnya. Tak heran, jika kamu berkunjung kesini akan melihat banyak anak-anak beruang kutub yang lucu.

Menuju Wrangel Island ini tidaklah mudah karena pulau ini terisolasi dan lokasinya cukup terpencil, serta kamu harus bersiap untuk berurusan dengan birokrasi Rusia. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan tur dengan pemandu yang berpengalaman jika ingin masuk kesana. Meskipun begitu, Wrangel Island ini bisa menjadi tempat yang unik untuk bisa menyaksikan beruang kutub di alam bebas.

5. Franz Josef Land, Rusia

Franz Josef Land
apex-expeditions.com

Wisata melihat beruang kutub yang tak kalah menakjubkan ada di Franz Josef Land. Franz Josef Land ini merupakan bagian dari Taman Nasional Arktik Rusia dan merupakan cagar alam atau pangkalan militer era perang dingin, yang merupakan pulau paling utara di Oblast Arkhangelsk yang jaraknya hanya sekitar 560 mil di bawah Kutub Utara.

Tidak ada pemukiman manusia permanen disini sehingga satwa liar berkembang pesar dan menjadikannya tempat paling sempurkan untuk melihat beruang kutub di alam bebas. Tak hanya beruang kutub, disini kamu juga bisa melihat rubah arktik dan walrus.

Lokasinya yang tidak dihuni oleh manusia ini membuat akses untuk menuju kesini cukup sulit. Sebagian besar pengunjung datang melalui pemecah es Rusia yang bertenaga nuklir 50 Let Pobedy. Namun, opsi lain yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke kawasan ini adalah dengan Ocean Adventurer dari Murmansk dan dari dek kamu sudah bisa melihat beruang kutub dari jarak yang cukup dekat.

6. Svalbard, Norwegia

Melihat Beruang Kutub di alam liar
explorersweb.com

Peluang untuk melihat beruang kutub di Kepulauan Svalbard, Norwegia ini juga termasuk yang terbaik di dunia. Beruang kutub tinggal disini sepanjang tahun dan jumlah populasinya lebih tinggi dibandingkan dengan manusia. Tak heran jika banyak wisatawan yang memilih Svalbard ini menjadi salah satu destinasi wisata melihat beruang kutub.

Kemungkinan besar disini kamu hanya bisa melihat beruang kutub dari atas kapal. Saat musim dingin, mereka biasa menghabiskan waktu untuk berburu di atas gumpalan es. Saat musim panas, mereka akan menghabiskan waktu mereka berkeliaran di garis pantai yang terisolasi untuk mencari makan di kawasan yang tanpa akses jalan darat dan jauh dari pemukiman manusia.

7. Greenland

Greenland
nationalgeographic.co.uk

Wisata melihat beruang kutub yang terakhir adalah Greenland. Pemerintah Greenland menggunakan beruang kutub sebagai lambang nasional negara mereka sehingga sudah bisa dipastikan jika kamu akan menemukan beruang kutub lebih banyak disini.

Beruang kutub cenderung hidup di bagian paling utara Greenland Barat dan Greeland Timur Laut, beberapa bagian negara yang paling tidak bisa diakses dan jarang bagi penduduk setempat atau pengunjung untuk melihat beruang kutub secara tidak sengaja. Kamu bisa naik kapal ekspedisi yang digunakan oleh penyedia layanan tur untuk melihat beruang kutub ini dari jarak yang cukup dekat.



Leave a Reply