Cheese Lover, Nih 10 Destinasi Pecinta Keju di Eropa


Reni  September 28, 2022  0 Comment

Siapa sih yang tidak suka keju? Bisa dibilang olahan dari susu ini menjadi favorit banyak orang. Hal ini lantaran keju mempunyai cita rasa yang khas dan bisa menggugah selera makan seseorang. Membuatnya dipilih sebagai topping favorit untuk dicampurkan bersama makanan maupun minuman. Ada banyak jenis keju tersebar di seluruh dunia, semuanya memiliki cita rasa dan keunikan masing-masing. Keju memang berasal dari Belanda, namun di Eropa juga ada banyak sekali berbagai jenis keju yang populer dikonsumsi. Sebagai pecinta keju tentunya Anda wajib mengunjungi salah satu destinasi pecinta keju di Eropa tersebut. Berikut selengkapnya:

1. Somerset, Inggris

Somerset
cheddaronline.co.uk

Bagi Anda penggemar keju cheddar, destinasi county Somerset Inggris wajib masuk list kunjungan Anda lantaran menyediakan keju cheddar berkualitas bagi dunia. 

Pembuatan keju di wilayah ini telah dimulai dari abad ke-12 sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman menyenangkan saat mengunjungi salah satu destinasi pecinta keju di Eropa ini.

Bukan hanya itu, di desa ini juga dapat melakukan tur sendiri. Anda bisa mengetahui Cheddar Gorge Cheese Company, belajar bagaimana proses pembuatan keju, mencicipi beberapa produk, dan membeli keju favorit sebanyak yang Anda inginkan.

Gotravelly

Master Cheese Pizza: Nikmati Lezatnya Pizza Dengan Keju Yang Lumer

Cobain Bakso Bakar Keju Di Buka Baju Surabaya

2. Wisconsin, Amerika Serikat

Wisconsin
visitmadison.com

Wisconsin dikenal sebagai pusat negara keju Amerika. Hal ini lantaran memiliki lebih dari 600 jenis keju dari negara bagian. Maka tidak heran, mereka menjadi tanah air susu negara.

Untuk itu, Anda harus mengunjungi salah satu toko keju tertua yang disebut Fromagination yang terletak di Madison ini. Toko ini juga menawarkan berbagai macam pilihan keju lokal, dan menyelenggarakan kelas pembuatan keju sendiri yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan Anda.

Selain itu, Anda dapat mencicipi rasa keju rogue river blue, asal Amerika Serikat yang telah dinobatkan menjadi keju terbaik di dunia 2019-2020. Keju tersebut juga menjadi keju Amerika Serikat pertama yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi.

3. Emilia Romagna, Italia

Emilia Romagna
italiarail.com

Italia terkenal akan mozzarella, gorgonzola yang kaya, provolone pedas, dan ricotta yang lembut. Wilayah Emilia juga termasuk rumah bagi keju parmesan yang terkenal, dan dikenal sebagai raja keju Italia.

Anda bisa mengunjungi toko-toko lokal saat melakukan destinasi pecinta keju di Eropa untuk mencicipi beberapa Parmigiano-Reggiano tradisional dan melihat langsung proses pembuatannya.

4. Pag Island, Kroasia

Pag Island
guide.michelin.com

Kroasia populer dengan rasa masakannya yang segar dan lezat lantaran memiliki keju yang khas. Salah satu keju paling disukai penduduk setempat yaitu Paski sir, atau keju Pag, yang diproduksi sendiri di pulau Pag Kroasia tersebut.

Keju keras dan tua yang dimilikinya mempunyai rasa pedas, asin, dan dapat dibandingkan dengan parmesan Italia. Keju ini diproduksi menggunakan susu domba kecil. Saat mengunjungi Pag, Anda wajib mencoba mencampurkan keju dengan anggur lokal dan prosciutto untuk merasakan pengalaman kuliner yang otentik selama berkunjung di destinasi pecinta keju di Eropa.

5. Normandia, Prancis

Normandia
lafemmemange.wordpress.com

Wilayah Normandia memiliki sebuah museum keju yang berbentuk keju. Bahkan di desa dengan nama yang sama, Anda bisa mencicipi keju khas pedesaan setempat. Mengunjungi museum ini Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang keju camembert, termasuk proses pembuatan, sejarah dan akan mendapatkan banyak sampel keju. 

Maka tak heran, camembert berada di posisi nomor satu keju buatan Prancis yang terkenal. Untuk cara menilai Camembert bisa dilakukan dari bentuk, tekstur, aroma, dan rasanya. Biasanya kejunya harus utuh dan kulitnya tertutup jamur putih. Sementara bagian dalamnya harus lembut dan kenyal saat ditekan oleh jari serta aromanya harus tercium sedikit berjamur dan rasanya kaya dan asin.

6. Oaxaca, Meksiko

Oaxaca
sauanis.com

Meksiko menyediakan berbagai macam keju lezat, dan Oaxaca termasuk keju yang paling terkenal di negara tersebut. Dinamakan Oaxaca atsu Asadero lantaran menyerupai mozzarella, namun rasa dan teksturnya serupa mentega. 

Sementara itu, “Asadero” sendiri mempunyai makna “dapat dipanggang” dikarenakan keju ini dapat meleleh dengan baik dan cocok untuk dipanggang dan akan lebih sempurna untuk dicampurkan dengan berbagai hidangan Meksiko.

Keju tersebut sering disajikan untuk quesadillas ataupun burger sehingga banyak ditemukan dalam bentuk lembaran dan disebut dengan queso quesadilla. Warna dari keju Oaxaca sendiri putih sedangkan rasanya ada yang tawar hingga manis.

7. Alkmaar, Belanda

Alkmaar
getyourguide.com

Belanda juga termasuk negara yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan keju terbaik di Eropa. Pasar yang wajib Anda datangi adalah Alkmaar Cheese Market di Waagplein Square, Kota Alkmaar. Destinasi itu akan menyuguhkan segala jenis keju terbaik, termasuk edam and gouda.

Selain itu, Alkmaar memiliki museum keju yang telah mengumpulkan banyak alat yang digunakan untuk memproduksi keju sepanjang sejarah, dan dapat menjelaskan perbedaan pembuatan keju secara tradisional dan menggunakan pabrik. 

Museum ini juga menyediakan tempat untuk anak-anak bermain, sehingga mereka dapat memainkan berbagai jenis permainan dengan nyaman. Ada juga film dan presentasi interaktif yang dapat memberikan pemahaman yang baik tentang pembuatan keju di Belanda tanpa merasa jenuh.

8. Asturias, Spanyol

Asturias
turismoasturias.es

Asturias sering disebut tanah keju Spanyol. Maka bagi Anda pecinta keju wajib mengunjungi destilasi keju di Spanyol ini. Apalagi, setiap lembah di Asturias menghasilkan jenis kejunya sendiri.

Meliputi keju biru, keju asap, hingga lebih dari 100 jenis keju yang dapat ditemukan di wilayah ini. Namun, yang paling populer adalah keju Cabrales, yang juga menjadi ikon negara ini berkat rasanya yang kuat.

9. Setubal, Portugal

Destinasi Pecinta Keju di Eropa
getyourguide.com

Ada berbagai jenis keju yang diproduksi di Portugal, dan Azeitão termasuk keju paling terkenal yang diproduksi di kota Setubal ini. Keju ini diproduksi di kota dengan nama yang sama menggunakan susu domba.

Keju Azeitão memiliki ciri khas tekstur lembut dan rasa yang kuat, membuatnya banyak disukai pecinta keju. Anda juga dapat berkunjung sembari mencicipi anggur di José Maria da Fonseca Wines.

Selain itu, meskipun tekstur, rasa, dan bentuk tiap kejunya mungkin berbeda dari satu daerah ke daerah di Portugal tersebut, tetapi tradisi keju negara itu tetap konsisten. Rahasia dagang mereka telah diturunkan dari generasi ke generasinya dan hingga hari ini pun, banyak keju masih dibuat dengan tangan.

10. Bern Canton, Swiss

Bern Canton
id.pinterest.com

Swiss terkenal akan keju Emmentaler. Jenis keju klasik yang dikenal dengan lubang, berasal dari wilayah Bern Canton, diambil dari namanya lembah sungai Emme. Keju ini paling banyak diekspor dari semua keju yang ada di Swiss dan dibuat dengan susu alpine mentah sehingga mendapatkan rasa khas.

Saat melakukan kunjungan Anda dapat melakukan tur di sepanjang rute keju Emmentaler, hingga memungkinkan untuk bertemu beberapa pembuat keju lokal sambil menikmati indahnya pedesaan yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Itulah 10 destinasi pecinta keju di Eropa yang jangan sampai Anda lewatkan untuk dikunjungi bersama para pecinta keju lainnya. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply