10 Kota Dengan Jalur Tram Terbaik di Dunia


Reni  September 9, 2022  0 Comment

Tram merupakan alat transportasi berbentuk kereta dengan jalur khusus yang berada di dalam kota. Dalam sejarahnya, ada 10 kota dengan tram terbaik di dunia, sayangnya Indonesia tidak termasuk.

Sebenarnya, Indonesia pernah memiliki tram yang beroperasi pada 1869 di Batavia (Jakarta) dan 1889 di Surabaya. Sayangnya, pemerintah Indonesia yang kala itu masih dijajah Belanda tidak bisa mengelola sistem tram dengan baik.

Tramp di Indonesia menghilang di Jakarta pada 1962 dan 1970-an lenyap di Surabaya. Penyebabnya adalah manajemen pengelolaan yang buruk pada saat itu. Selain itu, pasokan listrik juga sering terhambat yang membuat tram mogok di tengah jalan.

Alhasil, Presiden Soekarno memutuskan untuk menghapus transportasi tram. Soekarno menganggap kalau tram tidak lagi sesuai dengan citra kota modern pada saat itu.

Berbeda dengan Indonesia, beberapa kota bisa mengelola sistem tram dengan baik dan masih beroperasi hingga saat ini. Bahkan, ada yang memiliki jalur unik hingga menjadikan tram sebagai transportasi vital di kotanya.

10 kota dengan tram terbaik yang tersebar di seluruh dunia:

1. San Francisco, Amerika Serikat

San Fransisco
sf.curbed.com

San Francisco, California, Amerika Serikat menjadi salah satu sistem tram terindah di dunia. Mereka memakai sistem kereta gantung yang menjadikannya paling unik dari semua kota penyedia jalur tram.

Terlebih, sistem kereta gantung di San Francisco masih digerakkan dengan cara manual, yang menjadikannya sistem terkuno di dunia. 

Baca juga :  10 Tempat Makan Malam Romantis di Jakarta dan Surabaya

Dari 23 jalur yang dibangung pada 1873, hanya tiga jalur yang masih beroperasi di San Francisco. Karena itu, jalur tram di San Francisco hanya dijadikan alat transportasi wisatawan untuk berwisata ke Pulau Alcatraz, Jembatan Emas Besar, dan Dermaga Nelayan.

Dari tiga jalur tram yang tersisa di San Francisco, California, mereka masih memiliki 62 stasiun yang masih aktif beroperasi.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

2. Wina, Austria

Wina
transportrail.com

Dioperasikan oleh Wiener Linien, tram yang ada di Kota Wina, Austria memiliki 525 gerbong sejak tahun 2013. Panjang keseluruhan lintasan tram di Wina mencapai 432,3 kilometer.

Dilaporkan sejak tahun 2013, tram di Wina telah membawa 293,6 juta penumpang per tahunnya. Dengan banyaknya penumpang, tram di Kota Wina menjadi transportasi paling vital di kota tersebut.

Tercatat tram di Wina juga menjadi jaringan terbesar kelima di dunia dengan panjang rute hingga 179,6 kilometer dan memiliki 1.071 stasiun.

3. Lisbon, Portugal

Kota Dengan Jalur Tram Terbaik di Dunia
railway-technology.com

Tram di Lisbon, Portugal sudah menyediakan pelayanan dengan daya listrik pada 30 Agustus 1901. Kota ini memiliki lintasan tram dengan total panjang hingga 76 kilometer.

Mereka memiliki enam jalur tram yang membelah perkotaan. Kendati hanya enam jalur, tramp di Lisbon masih terawat dengan baik dengan sistem yang sempurna.

Tram di Lisbon sempat berada di puncak kejayaannya pada tahun 1959. Ketika itu mereka memiliki 27 jalur.

4. Amsterdam, Belanda

Amsterdam
id.wikipedia.org

Jaringan tram di Amsterdam, Belanda dioperasikan oleh operator angkutan umum bernama Gemeentelijk Vervoerbedrijf sejak tahun 1943 hingga sekarang. Ini menjadi jaringan terbesar di Belanda dan salah satu yang terbaik di Eropa.

Baca juga :  10 Wisata Anak di Kuala Lumpur Jadi Tempat Asyik Liburan Keluarga

Hingga saat ini, tram di Amsterdam memiliki 14 rute dengan panjang lintasan hingga 200 kilometer. Salah satu rute terpanjangnya memiliki panjang lintasan hingga 80,5 kilometer.

Amsterdam sendiri memiliki 200 armada untuk mengangkut penumpangnya yang berjumlah ratusan juta jiwa per tahunnya.

5. Berlin, Jerman

Berlin
youtube.com

Berlin, Jerman menjadi kota dengan catatan sebagai salah satu jaringan tram tertua di dunia. Mereka sudah menggunakan tram sejak 1865.

Sistem tram di Berlin, Jerman terdiri dari 22 jalur dengan lebih dari 800 pemberhentian. Tercatat, sembilan dari 22 jalur yang ada menyediakan pelayanan selama 24 jam.

Dalam sejarahnya, jalur tram pertama di Berlin, Jerman adalah jalur pasokan udara di kawasan industri dekat stasiun Berlin-Gesundbrunnen. Sistem tram di Berlin melayani 174,7 juta penumpang per tahun.

6. Budapest, Hongaria 

Budapest
dailynewshungary.com

Sebagai salah satu kota budaya dan bersejarah di Eropa, Budapest, Hongaria juga memiliki sistem transportasi tram. Mereka memiliki total panjang lintasan hingga 156,85 kilometer dengan 36 rute sejak 2017.

Seluruh sistem pelayanan tram dioperasikan oleh Budapest Transit LLC dengan tenaga listrik mulai tahun 1887. Mayoritas tram di kota ini beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga 11 malam.

Mereka sudah memberikan pelayanan kepada 393,4 juta penumpang setiap tahunnya. Bahkan, 100 juta penumpang di antaranya tercatat penduduk asli Budapest.

7. Melbourne, Australia

Melbourne, Australia
unsplash.com

Negara tetangga Indonesia, Australia juga menjadi salah satu penyedia transportasi tram, lebih tepatnya berada di kota Melbourne. Tram di kota ini dioperasikan oleh Trem Melbourne 96 dengan rute antar kota, Victoria menuju Melbourne.

Tram Melbourne 96 sudah menggunakan sistem mobil listrik pada 1889 hingga sekarang. Sebelumnya, mereka menggunakan jalur tram kabel.

Baca juga :  7 Pasar Natal Terbaik di Eropa Destinasi Liburan Akhir Tahun

Tram di kota ini memiliki sistem jalur ganda sepanjang 250 kilometer dengan armada sebanyak 493 tram, 24 rute, dan 1.763 stasiun pemberhentian. Setiap tahunnya, tram di Melbourne melayani 206,3 juta penumpang.

8. Hong Kong, China

Hong Kong
ft.com

Dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Hong Kong masih tercatat sebagai kota di wilayah Republik Rakyat China, bukan sebuah negara. Sistem tram di Hong Kong bukan sebagai alat transportasi umum, melainkan kereta wisata.

Tram di Hong Kong ini menggunakan tenaga listrik dengan rute perjalanan dari Kota Kennedy ke Shau Kei Wan. Tramp di Hong Kong sudah ada sejak 1904 saat masih dikuasai Pemerintah Inggris.

Tram Hong Kong memiliki panjang lintasan 30 kilometer yang beroperasi mulai pukul 05.30 hingga 12.30 waktu setempat. Hong Kong memiliki satu tram unik bernomor 68 dengan atap terbuka yang dijadikan balkon.

9. Praha, Republik Ceko

Praha, Republik Ceko
getyourguide.com

Jaringan tram di Praha merupakan yang terbesar di Republik Ceko dengan panjang lintasan hingga 518 kilometer. Dioperasikan oleh Dopravní podnik hlavního města Prahy.

Mereka memiliki 857 tram sejak 2017 untuk melayani 25 rute setiap harinya. Jaringan tram di Praha, Republik Ceko beroperasi pada 04.30 hingga 01.00 keesokan harinya.

Tram menjadi transportasi paling vital di Praha. Buktinya, setiap tahun, tram di Kota Praha, Republik Ceko melayani 360 juta penumpang.

10. Toronto, Kanada

Toronto, Kanada
youtube.com

Toronto, Kanada memiliki jaringan tram yang dioperasikan oleh 501 Queen dan dikendalikan oleh Komisi Transit Toronto dengan rute timur menuju barat.

Tram di kota ini menggunakan listrik dengan daya 600V overhead DC yang melayani rute dari Neville Park Loop di timur hingga Long Branch Loop di Barat. 

Tram di kota ini sangat vital dan beroperasi selama 24 jam. Sebab, tram di Toronto, Kanada melayani lebih dari 52 ribu penumpang setiap harinya. 

Itulah kota dengan tram terbaik yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Ada yang sudah pernah merasakan naik tram di kota-kota tersebut?



Leave a Reply