Wisata Kuliner Sidoarjo Terbaik dari Dapur Legendaris yang Lezat!


Jehan  September 4, 2023  0 Comment

Wisata Kuliner Sidoarjo – Tahukah kamu, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang satu ini banyak dikunjungi para pecinta kuliner sebagai destinasi untuk berburu rasa dapur Nusantara yang lezat nan menggoda.

Tentu saja ada berbagai macam lokasi tempat kuliner yang dapat kamu temukan di setiap sudut Sidoarjo dengan cita rasa dan menu andalannya masing-masing. Sebagai kawasan kota yang memiliki hasil daerah unggulan dibidang tambak, Sidoarjo tidak sekadar menyambutmu dengan satu jenis perjalanan kuliner itu saja loh.

Yakin, mau memilih tempat makan tanpa menghiraukan rekomendasi rasa dari kearifan lokal yang menjadi destinasi kuliner terbaik dari GoTravelly? jangan sampai menyesal deh. Cari tahu di mana saja wisata kuliner di Sidoarjo di bawah ini, lalu coba dan buktikan sendiri soal rasa yang akan kamu dapatkan di setiap tempatnya.

Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo

1. Kupang Pak Misari Sidoarjo

lontong kupang wisata kuliner sidoarjo
flickr.com

Saat kamu ke Sidoarjo, tentu saja menikmati sepiring porsi Kupang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Jika masih bingung makanan seperti apa sih Kupang itu? maka untuk memberi penjelasan lebih mudah, kamu akan menikmati sajian yang mirip dengan kerang.

Pilihan makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu pecinta seafood. Hanya saja bentuk dan ukuran antara kupang dan kerang berbeda. Kupang memiliki ukuran relatif jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kerang yang kamu ketahui.

Saat memesan satu porsi Kupang, kamu tidak hanya mendapatkan porsi kupang berkuah yang dilengkapi dengan irisan lontong saja. Melainkan juga ada lentho, yakni sebuah makanan pelengkap yang terbuat dari singkong yang ditaburkan pada bagian atas makanan yang membuat sajian Kupang menjadi semakin nikmat.

Baca juga :  10 Penyetan Enak di Sidoarjo, Sepiring Nasi Mana Cukup

Sebagai tambahan, biasanya tersedia sate kerang juga. Kamu bisa menambah sate kerang untuk menjadi pelengkap hidanganmu. Rasa dari sajian ini dikenal unik dan nagih, perpaduan aroma Kupang dengan pasta fermentasi udang (petis) dan perasan jeruk nipis menghasilkan rasa manis, asam, dan asin sekaligus.

Yakin, kamu enggak penasaran dengan salah satu wisata kuliner dari Sidoarjo yang satu ini? Oh ya, jangan lupa saat memesan minuman, kamu bisa memilih air kelapa hijau yang dapat menetralkanmu sehabis menikmati Kupang ya! Ingin tahu di mana tempat terbaik lainnya untuk kuliner yang satu ini, cari tahu di sini yuk.

2. Bakso Cak Pitung  

bakso enak di sidoarjo
freepik.com

Mampir ke Jawa Timur tentu akan terasa kurang jika tidak menikmati salah satu varian makanan lezat mereka, yakni bakso! Setiap daerah dikenal memiliki seleranya masing-masing untuk menyajikan menu yang satu ini.

Termasuk di Sidoarjo, menu bakso seringkali menjadi tujuan wisata kuliner yang dipilih saat berada di kota tersebut. Di sana, kamu akan menemukan cita rasa kuah yang kaya akan kaldu.

Salah satu tempat menikmati bakso yang cocok dijadikan sebagai wisata kuliner Sidoarjo adalah Cak Pitung. Tempat makan yang satu ini selalu ramai dan dipadati oleh para pecinta bakso dan kuliner lainnya.

Lokasinya yang berada di sebuah kawasan kampung tersebut, tidak menghalangi para pecinta bakso untuk tetap memilih datang ke sana. Selain rasa lezat yang dapat kamu temukan di sana, ada berbagai macam varian bakso yang mereka miliki, seperti bakso tetelan, udang, jamur, jagung, keju, mercon, kasar, halus, dan telor. Jika sobat GoTravelly suka dengan rasa pedas, maka bakso mercon yang ada di sana harus kamu coba.

Baca juga :  5 Pemandian Air panas Terkenal di Mojokerto

Apabila kamu tertarik untuk menikmati wisata kuliner Sidoarjo yang satu ini, jangan kaget ya saat datang ke lokasi kamu akan menemukan antrian panjang yang ada di sana. Selain bakso Cak Pitung, kamu juga bisa menemukan kuliner bakso lainnya di sini.  

3. Rawon Gadjah Mada Sidoarjo

rawon wisata kuliner sidoarjo
unsplash.com

Sobat GoTravelly, apakah kamu sudah tahu jika Rawon pernah terpilih menjadi salah satu hidangan berkuah yang lezat dari seluruh dunia melalui halaman kuliner dari Taste Atlas? Salah satu makanan terlezat milik Jawa Timur ini dapat kamu temukan di Sidoarjo.

Ada berbagai lokasi yang dapat kamu temukan di sini, ketika ingin menikmati rawon dari Jawa Timur. Salah satunya adalah Rawon Gadjah Mada. Tempat makan legendaris yang satu ini tidak boleh kamu abaikan begitu saja ketika sedang mencari tujuan wisata kuliner di Sidoarjo.

Rawon Gadjah Mada menyuguhkan rasa lokalitas enak dan lezat melalui kuah rawon mereka yang kental dan kuat dengan kaldu daging. Selain itu, ada berbagai macam pilihan lauk yang dapat kamu nikmati selagi menyantap rawon di sana, seperti tempe, telor asin, perkedel, berbagai macam jeroan sapi, dan masih banyak lainnya.

4. Seafood di Kalanganyar Wisata Kuliner Sidoarjo

kalanganyar seafood sidoarjo
freepik.com

Jika sebelumnya GoTravelly merekomendasikan Kupang sebagai hasil tambak utama, maka selanjutnya, kamu harus memberikan waktu beristirahat dengan mengisi perut di salah satu wisata kuliner Sidoarjo yang ada di Kalanganyar berikut ini.

Kalanganyar merupakan sebuah nama dari salah satu desa yang ada di Sidoarjo. Kawasan tersebut menjadi pusat hasil ikan lainnya. Di sana, kamu akan disambut dengan berbagai macam hasil komoditas ikan, seperti bandeng, udang windu, gurami, nila, dan masih banyak lainnya.

Baca juga :  Berlibur ke Negeri Kincir Angin? Cobain 7 Minuman Khas Belanda

Tentu saja, Kalanganyar akan menjadi tempat terbaik untuk kamu yang menyukai sajian ikan segar yang diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Jika datang ke Kalanganyar, kamu akan disambut oleh banyak tempat makan bergaya gubuk.

Selain tempat berkuliner, Kalanganyar juga menjadi salah satu kawasan yang menjadi destinasi memancing. Apakah kamu hobi memancing? kamu bisa melakukan aktivitas hiburan tersebut.

Lalu jika beruntung mendapatkan ikan di sana, kamu juga bisa meminta pihak rumah makan untuk langsung mengolah hasil tangkapanmu. Jika menurutmu memancing terlalu melelahkan, langsung saja pilih ikan segar mereka dan tunggu sajian lezat datang ke hadapanmu!

5. Balungan Dinosaurus Sidoarjo

balungan dinosaurus wisata kuliner sidoarjo
instagram.com

Setelah mengetahui kuliner legendaris dari Sidoarjo, maka selanjutnya kamu harus coba rasa lezat yang kekinian dari Balungan Dinosaurus. Sebuah tempat yang menjadi wisata kuliner Sidoarjo terbaru ini viral karena memiliki menu dengan nama yang unik.

Mengapa Balungan Dinosaurus? karena menu andalan mereka adalah daging iga dengan ukuran jumbo. Tempat makan yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi saat sedang berlibur bersama keluarga atau teman.

Sebagai pelengkap untuk menikmati olahan daging di sana, Balungan Dinosaurus juga memiliki menu pelengkap nasi putih dan nasi goreng sapi. Selain itu, olahan daging yang dapat kamu pilih di sana, seperti sop daging, tongseng, iga mercon, sate kronyos, iga bakar dinosaurus, dan masih banyak lainnya.

source: https://www.youtube.com/@riasukmawijaya

Sobat GoTravelly, setelah tahu di mana saja tempat wisata kuliner dari Sidoarjo, yuk temukan jejalajah rasa selanjutnya bersama GoTravelly. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengambil kesempatan bebas untuk berbagai kisah dari perjalanan berlibur atau kulineranmu di sini setiap saat.



Leave a Reply