10 Rekomendasi Rawon Enak di Jawa Timur, Kuahnya Gurih Mantap!


sisil angelin  April 23, 2019  0 Comment

Apa yang dipikiran anda jika mendengar kata rawon enak Jawa timur? Ketika mendengar kata rawon pasti sudah bisa membayangkan kelezatan dari makanan berkuah khas Jawa Timur ini, bukan? Rawon adalah salah satu masakan yang memiliki wujud seperti soto namun berkuah hitam pekat serta dilengkapi dengan irisan daging sapi yang semakin membuat masakan satu ini menjadi lebih nikmat. Yang membuat hitam kuah dari rawon  tersebut adalah keberadaan kluweh yang dijadikan sebagai bumbu campuran pada rawon.

Jika anda berkunjung ke daerah Jawa timur maka anda akan banyak sekali menemukan beberapa warung atau rumah makan yang menyajikan masakan rawon. Namun tidak semua tempat makan rawon di Jawa Timur enak.

Tempat Makan Rawon Enak di Jawa Timur

1. Rawon setan

Rawon setan

cookpad.com

Tempat pertama adalah bernama rawon setan. Rumah makan ini menyajikan menu rawon dan lainnya yang sangat legendaris. Rumah makan rawon ini sudah banyak dikunjungi berbagai tokoh – tokoh terkenal di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan ketika anda masuk ke dalam anda akan melihat berbagai  bingkai foto yang berisikan foto artis yang pernah makan di tempat ini. Selain menjadi langganan para artis, rawon setan juga digemari oleh beberapa orang juga. Hal ini karena rasa rawon di tempat ini sangat enak dan siap menggoyang lidah penikmatnya

Rawon setan berada di jalan Embong Malang no 78 Surabaya. Letaknya persis di  seberang hotel JW Marriot. Setiap hari ya tempat ini ramai Seko dikunjungi . Disebut dengan nama.rawon setan karena bukanya hanya pada malam hari saja.

Baca juga :  Top 11 Tempat Romantis di Jogja Enak Terkenal Juga
Review kuliner

Rawon Pak Pangat: Rawon Legendaris Ketintang Surabaya!

Pecel Rawon Pucang Moroseneng – Solusi Sehat Saat Lapar Di Malam Hari

2. Rawon kalkulator

Rawon enak dan rekomended  selanjutnya adalah rawon Kalkulator. Rumah makan rawon ini berada di daerah kawasan. Taman Bungkil Surabaya. Ada  hal yang spesial dari masakan rawon di tempat ini. Rawon kalkulator disajikan yang disiram pada nasi putih hanya dan juga dilengkapi beberapa makanan lainnya misalnya saja kentang, tempe, tahu sebagainya. Selain itu tidak lupa ditambah dengan irisan kecambah dan bawang merah goreng.

Dinamakan dengan julukan rawon kalkulator karena kemampuan dari penjualan yang mampu menghitung dengan sangat cepat. Sehingga pelayanannya menjadi memuaskan.

3. Rawon pak Pangat

 Rawon pak Pangat
ruliretno.com

Tempat makan dengan menu rawon di Jawa timur adalah bernama rawon pak Pangat.  Tempat makanan ini sudah mempunyai banyak sekali cabang di seluruh kota Surabaya. Yang paling menarik  dari tempat maka ini adalah adanya tiga menu pilihan yang bisa anda pilih untuk menemani sajian rawon misalnya saja daging suwir yang  mirip abon, rawon campur dan rawon krengsengan. Dari ketiga jenis rawon itu, rawon suwirlah yang paling banyak diminati dan juga menjadi idola bersama. Pada saat anda ke Jawa timur  tidak akan sulit menemukan rumah makan rawon pak pangat

4. Warung makanan Tegal Bu Lilik

Warung makanan Tegal Bu Lilik

detikFood.com

Warung Kana Tegal Bun Lilik merupakan salah satu warung masakan Tegal yang .juga menyediakan menu rawon. Satu porsi nasi rawon di tempat  ini dihargai sekitar delapan belas ribu. Selain nasi rawon , tempat ini juga menyediakan berbagai macam menu lainnya misalnya nasi cumi, nasi pecel, nasi rames dan sebagainya. Anda juga bisa menikmati rawon dengan ditemani perkedel dan otak sapi. Setiap hari tempat ini sangat ramai sekali pengunjungnya

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Jogja Harga Murah Cocok Buat Keluarga Rekomended

5. Rawon  Nguling

Rawon  nguling aslinya bernapas di sebelah  timur jembatan pembatas antara kabupaten  Pasuruan dan Probolinggo. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Yang khas dari tempat makan rawon enak di Surabaya ini adalah kuahnya yang berwarna hitam dan sedikit agak encer  serta ditambah lagi dengan potongan daging sapi yang sangat empuk plus kecambah pendeknya yang akan menggugah selera. Selain itu, warung makan ini sudah membuka cabang pada beberapa tempat salah satunya adalah di jalan Rajawali dan jalan Kutai . Sehingga para penggemarnya tidak perlu jauh ke ujung timur kota Surabaya untuk menikmatinya

6. Rawon Pucang

Rawon Pucang

travelaper.com

Dinamakan dengan rawon Pucang karena tempat makan ini berada di jalan Pucang Anom. Seperti makanan yang dijual pinggir jalan, rumah makan ini sangat sederhana dan ala kadarnya. Harga seporsi rawi ya pun juga murah terjangkau. Selain itu, rawon di disini dilengkapi dengan daging empal. Jam buka dari warung nasi rawon Pucang ini adalah setelah jam pulang kantor yaitu sekitar magrib sampai dengan teknologi gah malam. Setiap hari, warung ini tidak pernah sepi pengunjung karena kelezatan yang ditawarkan . Jadi fix ya kalau ke Surabaya wajib datang ke sini

7. Nasi rawon ibu soepinah

 Nasi rawon ibu soepinah

detikFood.com

Jika banyak orang bilang rasa tidak pernah bohong , ada baiknya anda membuktikan sendiri dengan dagang ke rawon enak di Jawa timur bernama warung nasi rawon ibu soepinah. Menang banyak tempat makan yang menjual menu rawon di Surabaya, tapi katanya sih tidak senikmat rasa menu rawon di tempat ini. Banyak orang g yang mengatakan juga rawon disini bikin nagih. Warung nasi rawon ibu soepinah sudah ada sejak tahun 1966 dan legendaris di kalangan pecinta ya kuliner. Nasi rawon disini dilengkapi dengan irisan daging empal.dan Sri dengan yang akan dijamin membuat anda ingin balik kesini untuk menikmatinya. Selain enak, harganya pun tidak mahal kok.

Baca juga :  21 Makanan Khas Jogja Sederhana Tapi Enaknya Kebangetan

8. Nasi rawon Gajah  Mada

Nasi rawon Gajah  Mada

Travelingyuk.com

Nasi rawon Gajah Mada berapa di daerah Jalan Raya Jemursari no 17 Wonocolo. Tempat ini buka mulai pukul 12.00 – 23.00. Aslinya tempat ini berada di daerah Sidoarjo yang sangat dikenal dengan citarasa yang aduhai. Harganya juga sangat murah terjangkau bagi semua kalangan. Lokasinya yang sangat strategis yang berada di deretan  Jalan Frontage, membuat tempat ini selalu ramai dan mudah ditemukan. Di tempat ini menyediakan berhasil varian rawon yang berbeda – beda.

9. Warung rawon mbok Yem

Warung rawon mbok Yem

superadventure.co.id

Warung nasi rawon legendaris di Jawa Timur selanjutnya adalah warung rawon mbok Yem. Tempat makan ini jika dilihat sangatlah kecil dan berada pinggir jalan. Selain itu tempatnya juga sangat terlihat sederhana. Meskipun kecil dan sederhana, jangan salah ya tempat ini menyajikan menu rawon yang siap enak sekali. Warung ini terkenal dengan nasi rawonnya yang mempunyai cita rasa bumbu yang sangat kuat dan tajam. Selain itu juga kuahnya yang sangat hitam pekat.  Selain itu, harganya juga murah

10. Nasi rawon Surabaya

Nasi rawon Surabaya
backpackerjakarta.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan warung makan nasi rawon Surabaya? Tempat ini selalu menjadi tempat singgah bagi semua orang yang sedang berkunjung ke Surabaya untuk menikmati makanan rawon enak di Jawa timur. Ada yang spesial disini dimana nasi rawonnya dilengkapi dengan daging sapi dengan irisan besar dan kuah yang segar sekali tentunya. Jika anda tidak suka rawon, anda bisa menikmati menu lain yang ditawarkan tentu saja dengan rasa yang enak juga. Anda juga bisa menikmati berbagai macam sate yang disediakan.

Nah itu tadi 10 rekomendasi tempat makan rawon yang enak di Jawa Timur. Semoga bisa menjadi tempat destinasi kuliner ketika berada di Surabaya..



Leave a Reply