Suka Kulineran Malam? Kamu Mesti Cobain 10 Kuliner Malam Sidoarjo


Reni  January 27, 2020  0 Comment

Sidoarjo dikenal sebagai kota yang cukup terkenal di kawasan Jawa Timur karena letaknya memang strategis. Tak heran jika terdapat banyak kuliner malam Sidoarjo yang melayani berbagai jenis menu makanan. Tentu saja hal itu akan memanjakan lidah Anda ataupun sekedar mengobati rasa lapar kala mampir di kota tersebut.

Sebenarnya ada banyak sekali kuliner khas yang bisa Anda temui saat berada di kota Delta tersebut. Namun, tak semuanya bisa Anda dapatkan pada malam ataupun dini hari dan hanya beberapa saja yang menyediakan menu kuliner khusus malam hari. Berikut adalah kuliner malam di Sidoarjo

1. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada
travellingyuk.com

Terdapat rumah makan ini berada di Jalan Gajah Mada. Menu yang paling populer yaitu rawon. Cita rasanya bisa membuat Anda ketagihan ditambah pula dagingnya yang berukuran besar serta empuk. Belum lagi kuahnya yang hitam serta gurih alami dan pas sekali dinikmati pada saat cuaca dingin, termasuk malam hari.  

Anda bisa menikmatinya mulai jam 9.30 malam sampai 3 pagi. Jadi, sangat cocok untuk melepas lapar setelah perjalanan jauh lalu mampir ke tempat makan tersebut.

Gotravelly

Ngga Cuma Lumpur Lapindo, Sidoarjo Juga Punya Situs Candi Pari Yang Bersejarah

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

2. Rawon Al Abror

 Rawon Al Abror
kulinerkota.wordpress.com

Rawon yang satu ini biasa disebut juga dengan Rawon Pak Lhok. Letaknya berada di tempat yang sama dengan Rawon Gajah Mada, hanya saja di tempat makan yang berbeda. Keduanya biasa disebut dengan Rawon Setan karena memang buka pada jam malam hingga 3 pagi.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika ternyata sedang lapar di tengah malam ataupun dini hari. Anda bisa menikmati seporsi rawon lengkap dengan lauk khusus daging empal yang empuk serta kuah yang hitam gurih. Jika memang masih kurang daging atau lauk, Anda bisa menambahkan lauk lain seperti paru dan masih banyak lagi.

3. Nasi Pecel Dalu

Nasi Pecel Dalu
dimanaja.com

Mendengar namanya tentu sudah bisa ditebak. Nasi pecel tersebut bisa Anda dapatkan meskipun sudah larut malam. Warungnya berada di jalan Garuda 107 yang buka sejak pukul 10 malam sampai 4 pagi. Meskipun begitu, warung tersebut selalu ramai pengunjung bahkan pernah tak sampai jam 4 pagi sudah tutup karena kehabisan stok.

Suatu yang khas dari pecel ini adalah cita rasanya, sebab diberi bumbu kacang ekstra pedas. Hal itu tentu sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas. Selain itu juga tersedia berbagai jenis lauk mulai dari tempe, daging empal, paru, dan sebagainya, sehingga Anda bisa bebas memilih sesuai selera.

4. Penyetan Mbok Mah

Penyetan Mbok Mah

Berbicara tentang penyetan tentu sudah sangat biasa dan selalu tersedia di berbagai daerah dan tempat. Namun, kebanyakan warung penyetan hanya buka sore sampai malam sekitar pukul 10. Lain halnya dengan penyerangan Mbok Nah ini yang buka sejak malam sekitar isya sampai jam 3 pagi.

Adapun letaknya juga berada di jalan Gajah Mada, tepatnya di depan toko Sport Nation. Sebenarnya tidak ada yang khas dari menu penyetan tersebut, namun Anda bisa bebas memilih lauk sesuai selera mulai dari ikan laut, ayam, lele, tahu, tempe, telur, ikan mujair, dan ati ampela. Kemudian dilengkapi dengan sambal pedas serta sedikit manis yang menggugah selera.

5. Tahu Campur Abdi Rasa

Tahu Campur Abdi Rasa
dimanaja.com

Ada pula warung tahu campur Abdi Rasa yang buka sejak jam 6 malam hingga tengah malam. Sama halnya dengan tahu campur umumnya, namun ada sedikit yang khas dari kuliner tersebut yaitu paduan antara kikil, sayuran, dan bumbu yang nikmat. Hal itu tentu bisa menghilangkan kekhawatiran Anda jika ternyata lapar di tengah malam.

6. Warung Pak Be

 Warung Pak Be
instagram

Warung ini terletak di jalan Surabaya-Malang No.73-75, Daleman. Warung ini menyediakan beraneka sambel lengkap dengan ikannya. Ikan khas yang tersedia yaitu bebek tambak Gombong dan ayam goreng. Warung tersebut buka sejak pukul 10 malam sampai 3 pagi.

Jadi, jika Anda sedang perjalanan melewati jalan tersebut dan lapar menghampiri bisa langsung mampir dan menikmati nasi plus ayam ataupun bebek goreng. Untuk sambalnya Anda bisa bebas memilih sesuai selera dari yang cukup pedas sampai pedas sekali.

7. Sate Barongan

Sate Barongan
junantoherdiawan.com

Sate barongan dapat Anda temui di Satay Restoran yang berlokasi di jalan Raya Wonocolo nomor 85, Sepanjang, Sidoarjo. Soal jalan buka Anda tak perlu khawatir sebab mereka stay 24 jam siang malam.

Satu porsinya terdiri dari 10 tusuk dengan isian daging kambing yang sudah dibakar matang dengan teknik khusus. Kemudian dilumuri dengan sambal kacang serta sedikit kecap yang membuatnya lebih nikmat. Tekstur dagingnya sangat lembut dan kenyal, sehingga tak ada salahnya Anda mampir dan mencobanya. 

8. Soto Buntut Choirul

Soto Buntut Choirul
garnesia.com

Warung cak Choirul ini letaknya tak jauh dari pusat keramaian, tepatnya Jalan Mandala, Semambung, Sidoarjo. Selain itu juga tak jauh dari bandara Juanda, sehingga selalu ramai dikunjungi pembeli.

Tempat makan yang buka setiap jam 6 sampai 10 malam ini menyediakan berbagai jenis soto yang tak hanya buntut saja. Diantaranya yang terkenal lagi yaitu soto daging, soto daging istimewa, soto buntut goreng, soto iga,dan soto iga goreng. Jika Anda makan di sini tidak akan terkendala soal pilihan. Begitupun dengan rasanya yang gurih serta khas membuat banyak orang ketagihan.

9. Warung Sedap Malam Krian

Warung Sedap Malam Krian
warung-sedap-malam.business.site

Warung ini berada di jalan Raya Krian, Bibis, Krian, Sidoarjo. Meskipun tampak sederhana, namun menyajikan aneka menu tradisional yang dapat Anda nikmati pada malam hingga dini hari. Jadi, Anda tak perlu bingung jika ternyata kelaparan waktu tengah malam.

Warung sedap malam ini menyediakan nasi rawon, kare, pecel, campur, bali, dan sebagainya. Beberapa menu tersebut mempunyai cita rasa yang cukup khas, sehingga ramah bagi semua jenis lidah. Jika Anda kebetulan sedang lewat jalan tersebut pada malam hari, tak ada salahnya untuk mampir dan mencoba salah satu menunya.

10. Warkop dan Sego Lento Tabokan

kuliner malam sidoarjo
eastjavatraveler.com

Kuliner khusus malam di Sidoarjo yang patut dicoba karena yaitu sego lento Tabokan. Anda bisa menemuinya di jalan Karangnongko, Pekarungan. Harganya sangat ramah dan terjangkau. Satu porsinya hanya dibanderol 7 sampai 10 ribu. Selain tersedia aneka kopi, juga ada beberapa menu tradisional.

Salah satunya yang populer yaitu lauk pelengkap berupa lento. Lento sendiri merupakan olahan kacang-kacangan yang dicampur dengan bumbu khusus lalu dikepal dan digoreng. Rasanya gurih yang biasanya disandingkan dengan gorengan lainnya seperti tahu, tempe, telur dadar. Nasi lento ini lebih nikmat lagi karena dilengkapi dengan sambal khas.

Anda tertarik untuk mencoba salah satu kuliner malam Sidoarjo? Jika memang iya, jangan lupa untuk mampir ke salah satu tempat makan di atas. Terlebih jika Anda berdomisili di kota tersebut maupun sekitarnya yang sayang sekali jika hanya melewatkannya apalagi sedang kondisi perut kosong setelah perjalanan jauh dari luar kota.



Leave a Reply